Wednesday, 26 August 2015

Gunung Prau (Dieng Wonosobo) : Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncaknya

Gunung Prau (Dieng Wonosobo) : Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncaknya


Gunung Prau yang ada di kawasan wisata Dieng Kabupaten Wonosobo ini adalah satu dari banyak gunung yang ada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung setinggi 2560 meter di atas permukaan laut ini terkenal sebagai salah satu tempat untuk melihat sunrise.
Gunung Prau Dieng Wonosobo
Gunung Prau merupakan tempat yang paling top untuk melihat sunrise, hal ini diketahui dari beberapa pendaki, yang menulis pengakuan seperti itu (sebagai tempat golden sunrise yang bagus) melalui blog pribadinya. Bahkan, ada yang mengatakan kalau view sunrise dari atas gunung ini adalah yang terindah se-Asia Tenggara, katanya-sih-gitu. Apakah benar? Silahkan lanjutkan membaca.

teaser video dari Damar Trijati UGM dari puncak gunung prau


Gunung Prau Dieng Wonosobo
Untuk memastikan kebenaran berita ini Anda bisa melihat berbagai foto yang diunggah oleh beberapa website ataupun blog - blog pendaki yang pernah menikmati sunrise di sini. Atau Anda juga bisa melihatnya di sini : Kumpulan Foto Sunrise dari Puncak Gunung Prau Wonosobo di bawah beserta keterangan gambarnya. Jangan lewatkan foto - foto yang ada di bawah.
Gunung Prau Dieng Wonosobo

Sah - sah saja jika sunrise dari puncak Gunung Prau disebut - sebut oleh beberapa orang yang pernah melihat pemandangan matahari terbit dari puncaknya sebagai pemandangan sunrise yang indah. Sampai - sampai ada juga yang mengatakannya sebagai yang terindah se-Asia tenggara.

Gunung Prau Dieng Wonosobo
Penilaian ini terkait sudut pandang atau pandangan yang mungkin saja tidak didapatkan darie puncak gunung - gunung lain. Seperti apa sih view yang dimaksud?


Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
Empat Gunung dari puncak Gunung Prau. Foto : koleksi pribadi
Gunung Prau Dieng Wonosobo
Empat gunung di depan matahari menjadikan penampakan matahari terbit dari atas sini unik Bro!

Puncak Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, serta Gunung Merapi dan Merbabu di Yogyakarta, terlihat jelas dari puncak Gunung Prau. Awan tebal menyelimuti lereng keempat gunung, menyisakan separuh bagiannya saja.

Keempat gunung tersebut terletak di sisi timur Gunung Prau. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, meskipun terlihat kecil, penampakannya di pagi hari menghasilkan siluet yang indah di tengah - tengah garis biru dan oranye yang membentang di ufuk timur saat waktu masih menunjukkan pukul 05.10 WIB.

Ketika matahari mulai muncul, kilauan sinar oranye kekuningan terpapar jelas dari sisi timur. Di depan matahari, keempat gunung lain dengan tegas menggambarkan bahwa penampakan sunrise dari puncak Prau tiada duanya.
Gunung Prau Dieng Wonosobo
Gunung Prau memaksa semua orang mulai keluar dari tenda saat waktu masih subuh. Tak ada yang mau ketinggalan melihat sunrise dari sini, karena memang itulah yang dicari di sini. Ketika garis kuning di ufuk timur masih sangat tipis, memandang langit dari puncak Prau adalah pilihan.

Gunung Prau Dieng Wonosobo
Tidak seperti di kota yang sudah terlalu banyak terpapar cahaya, yang menyulitkan mata untuk melihat bintang. Sekalipun pernah melihat bintang dari kota, tapi jumlah bintangnya tidak sebanyak jika Anda melihat langit dari tempat yang minim cahaya, salah satunya puncak Gunung Prau ini.

Jika beruntung atau ketika cuaca sedang cerah, Anda bisa mendapatkan semua yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya dari puncak Prau.

Baca juga : Gunung Raung dan Sisi Mistis Sampai Puncaknya


Jalur pendakian Gunung Prau yang dibahas di beberapa paragraf berikut adalah jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng. Jalur Patak Banteng ini merupakan jalur teramai. Hampir 90% lebih pendakian di Prau melewati jalur Patak Banteng ini.
Gunung Prau Dieng Wonosobo
Gunung Prau memiliki jalur pendakian yang pendek (via Patak Banteng). Keseluruhan jalan yang ditapaki di jalur ini adalah jalan berpasir, jika Anda melakukan pendakian di musim panas (kemarau), bawalah masker yang cukup untuk dipakai saat mendaki dan turun. Masker akan sangat berguna untuk menyaring debu yang beterbangan ketika Anda menapaki track pendakian.
Gunung ini adalah salah satu gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Karena, pendakian dari basecamp hingga ke puncaknya hanya memakan waktu 2 sampai 3 jam, tidak terlalu panjang bukan?


Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
Bukit Teletubies di pagi hari dari atas Gunung Prau. foto : koleksi pribadi

Track pendakian Gunung Prau memiliki tingkat kesulitan yang berbeda - beda di setiap pos-nya. Dari basecamp ke pos 1 misalnya, medan yang dilewati masih mudah,karena masih di area perumahan warga. Dari basecamp, pendakian diawali dengan menaiki tangga yang berjumlah sekitar 106 anak tangga.


Setelah melewati anak tangga ini, barulah perjalanan Anda melewati tanah berpasir dimulai. Melewati perkebunan warga, menyusuri jalan ini hingga ke pos satu bukanlah hal yang sulit.

Setelah jalan bertanah habis, Anda akan memasuki jalur kendaraan, sebuah jalan yang tersusun dari batu dan tanah, dengan lebar jalan kurang lebih dua setengah meter.
Gunung Prau Dieng Wonosobo

Oh iya, dari basecamp ke pos satu atau sebaliknya Anda juga bisa memilih untuk naik ojek yang akan mengantarkan Anda ke pos satu atau ke basecamp. Ongkosnya? Cukup dengan 20 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati fasilitas ojek ini. Lumayan kan, selain menghemat tenaga, Anda juga berkontribusi bagi perekonomian daerah setempat. Hehehe.
Gunung Prau Dieng Wonosobo

Dari pos satu sampai pos tiga, tingkat kesulitannya tidak jauh berbeda. Dari pos satu sampai ke pos dua, Anda masih akan melewati perkebunan warga. Ada dua sampai empat warung yang akan Anda lewati sampai Anda bertemu plang pos dua.
Gunung Prau Dieng Wonosobo

Jalur pendakian mulai sedikit berubah ketika perjalanan berlangsung dari pos dua sampai pos tiga. Medan yang awalnya masih cukup mudah dari basecamp sampai pos dua, di pertengahan jalan dari pos dua menuju pos tiga, jalan yang dilewati mulai memberi tantangan.

Anda harus cermat memilih jalan untuk ditapaki. Salah - salah Anda bisa saja terperosok dan jatuh. Belum terlalu sulit di sini, masih ada yang lebih menantang, yaitu jalur setelah pos tiga menuju ke puncak Prau.

Pos tiga, dari sini tingkat kesulitan medannya meningkat drastis, Anda harus ekstra hati - hati dalam memilih ke mana Anda akan meletakkan kaki. Semakin ke atas, jalan semakin menyempit, menyisakan jurang di kiri dan kanan. Semakin menantang.
Gunung Prau Dieng Wonosobo
Melewati jalur yang sulit ini tidak usah buru - buru. Pelan - pelan saja, nanti juga akan sampai ke atas kok, hehehe. Yang jelas, jalan setelah pos tiga ini akan cukup sulit. Sebaiknya, jika mendaki beramai - ramai Anda saling menunggu sesama teman satu grup. Hal ini berkaitan dengan keamanan sesama anggota grup, jadi harus saling perhatian ketika melewati jalan dari pos tiga sampai ke puncak.
Gunung Prau Dieng Wonosobo

Meskipun track yang dilewati tidak terlalu panjang, dengan medan yang menantang seperti ini menjadikan Gunung Prau sebagai gunung yang patut dicoba oleh pendaki pemula sekalipun.

Gunung Prau Dieng Wonosobo

Bakal Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
Bakal munculnya matahari di puncak gunung prau. foto : koleksi pribadi
Foto di atas tersebut saya ambil saat matahari mulai menampakkan diri. Kalau tidak salah, foto itu diambil saat waktu masih menunjukkan pukul 4.45 subuh. Kalau melihat langsung saya jamin penampakannya lebih indah.



Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
Saya pun setuju tentang puncak Prau sebagai sunrise terindah se Asia Tenggara. 
Foto : dok. pribadi
Menilik sebutan Gunung Prau sebagai sunrise terindah se-Asia Tenggara yang disebut oleh beberapa blogger, menurut saya pribadi julukan tersebut sudah tepat. Sunrise dari puncak gunung prau memang amboi indahnya. 
Gunung Prau Dieng Wonosobo 
Durasi penampakan sunrise dari sini cukup panjang, dari jam setengah lima subuh Anda harus sudah stay memandang ke arah barat siap dengan segelas kopi, hmmm pasti nikmat.
Gunung Prau Dieng Wonosobo

Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
Gunung Merapi dan Merbabu di atas puncak Gunung Prau. Foto : koleksi pribad
Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
Pilihlah waktu yang tepat untuk ke sini, hindari musim hujan. foto : koleksi pribadi

Gunung Prau Dieng Wonosobo

Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncak Gunung Prau Wonosobo
 Setuju ya kalau surise di sini adalah sunrise terindah se Asia Tenggara?
Foto : koleksi pribadi

Bagaimana? Menarik bukan? Apakah Anda tertarik mendaki ke puncak Gunung Prau setelah melihat foto - foto di atas? Kalau iya, berangkatlah hanya pada saat musim panas. Alasannya, ya, karena kan di sini tempatnya melihat golden sunrise terindah se Asia Tenggara

Nah, kalau musim hujan tentu saja akan sulit mendapati golden sunrise dari sini karena di musim hujan langit cenderung berawan. Bulan yang tepat untuk mendaki Gunung Prau, menurut pendaki - pendaki lain, adalah bulan Agustus - september. 

Saat mendaki ke Gunung Prau ini, saya dan tim melakukannya di minggu terakhir Bulan Agustus 2015. Beruntung, kami pun bisa menikmati golden sunrise dari puncak gunung ini.

Gunung Prau adalah gunung yang wajib dikunjungi jika kamu adalah seorang sunrise hunter. Udah, percaya deh, ini tempat yang paling T.O.P untuk melihat sunrise yang dekat dengan Yogyakarta.


Tertarik melihat sunrise dari puncak Gunung Prau? Jangan ragu - ragu, itu adalah hal yang worth it untuk dilakukan, hehehe.


Jadi, kapan mau ke Gunung Prau? hehehe..


Satu lagi. Sebagai referensi tambahan, Anda bisa membaca beberapa informasi tentang Gunung Prau di beberapa website berikut :



Gunung Prau (Dieng Wonosobo) : Sunrise Terindah se Asia Tenggara di Puncaknya

Gunung Prau Dieng Wonosobo Gunung Prau Dieng Wonosobo Gunung Prau Dieng Wonosobo Gunung Prau Dieng Wonosobo Gunung Prau Dieng Wonosobo

Artikel Terkait

5 komentar


EmoticonEmoticon