Monday, 31 August 2015

Marketing Planning Roadmap dari Markplus Institute

Marketing Planning Roadmap
What to Plan Before You Run?

Menjalankan sebuah usaha tidak pernah lepas dari kegiatan marketing. Aktivitas marketing sudah menjadi bagian dari sebuah bisnis. Bisnis adalah bisnis, ada potensi gagal di samping hasil yang akan didapat. Pada dasarnya sukses adalah ketika persiapan bertemu dengan kesempatan.
Ada kata kunci yang wajib diimani dalam kalimat tersebut, persiapan adalah hal yang wajib sebelum memulai sebuah usaha. Menentukan target pasar,  membuat alokasi anggaran, bagaimana strategi marketing yang akan dipakai, semua itu adalah bagian dari persiapan sebelum memulai sebuah usaha.
Di edisi Juli, majalah Marketeers membahas perihal penyebab kegagalan UKM di Indonesia. Salah satunya adalah karena UKM kehabisan dana ketika beroperasi. Banyak UKM yang mati di tengah jalan karena kehabisan dana.
Kesalahan ini sering terjadi di level pebisnis pemula. Salah satunya usaha bubur ayam yang sudah pernah saya dan dua orang teman kuliah jalanlan, usaha ini juga lupa merencanakan budgeting dengan benar dan serius. Biaya marketing adalah hal yang luput dari perhatian kami waktu itu, di samping ongkos bayar gaji karyawan yang memang juga luput saat perencanaan di awal kami memulai usaha tersebut.
Biaya marketing haruslah disiapkan, walau bagaimana pun, sekecil apapun usaha yang Anda jalankan, tetap memerlukan marketing sebagai pendongkrak penjualan. Jika hanya memiliki modal minim, perhatikanlah baik - baik kira - kira berapa biaya marketing yang bakal Anda perlukan. Membuat pamflet, brosur, iklan di media sosial, endorsement tokoh - tokoh terlenal, beriklan di koran lokal, sejatinya memetlukan biaya yang tidak sedikit.
Untuk mengetahui berapa besar anggaran yang diperlukan, tentu Anda harus tahu dulu siapa konsumen Anda, siapa target pasar Anda. Hal ini terkait dengan bagaimana Anda akan menjalankan marketing perusahaan yang Anda jalankan, mau seperti apa bentuknya.
Di lansir dari majalah Marketeers edisi Juli yang fokus membahas tentang UKM, kami menyajikan kembali marketing roadmap yang bisa Anda aplikasikan untuk usaha yang sedang Anda jalankan.
Semakin baik jawaban Anda mengenai pertanyaan - pertanyaan di bawah ini, maka akan semakin baik juga strategi marketing yang akan Anda jalankan. Berikut adalah daftar hal - hal apa saja yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha :
Business Lanscape Analysis
Perubahan apa saja yang mewarnai industri Anda baik secara teknologi, politik - hukum, ekonomi, sosial budaya dan pasar?
Siapa pelanggan Anda? Bagaimana perilaku mereka?
Siapa pesaing Anda? Apa kekuatan dan kelemahan mereka?
Apa ancaman dan peluang yang Anda hadapi? Apa kelemahan dan kekuatan Anda?

Segmentation and Targeting
Bagaimana Anda membagi Pasar ke dalam kelompok segmen secara geografis, demografis, psikografis dan perilaku?
Segmen mana yang Anda pilih?
• Berapa besar pasar dan pertumbuhan masing - masing segmen?
• Bagaimana tingkat kompetisi di setiap segmen?
• Bagaimana kekuatan Anda di setiap segmen?

Positioning - Differentiation - Brand
Apa merek yang akan Anda gunakan? Sudahkah merek tersebut Anda pastikan unik?
Bagaimana Anda memposisikan merek tersebut di pasar? Merek tersebut ada di kategori industri mana dan apa yang membedakan dengan merek lain?
Bagaimana Anda membuktikan bahwa merek Anda berbeda dengan merek lain di kategori yang sama?

Marketing Mix and Selling
Deskripsikan produk Anda terutama keunikannya dibandingkan produk sejenis
Berapa harga dari produk Anda? Apakah harga tersebut kompetitif dan sesuai dengan harapan pelanggan? Apakah Anda menghasilkan keuntungan dengan harga tersebut?
Bagaimana Anda mendistribusikan produk tersebut? Di mana saja produk Anda akan tersedia?
Bagaimana Anda mengomunikasikan produk tersebut kepada calon pelanggan?
Bagaimana Anda menjual produk Anda?

Service and Process
Bagaimana Anda melayani pelanggan yang membeli produk Anda? Apa pelayanan purna jual Anda? Bagaimana Anda menjaga loyalitas pelanggan Anda?
Bagaimana Anda memastikan pengalaman pelanggan selalu positif? Apakah proses bisnis Anda berjalan sesuai harapan pelanggan?

Scorecard/ Evaluation
Apakah Anda sudah memenuhi bahkan melampaui harapan pelanggan?
Apakah Anda sudah memenuhi bahkan melampaui harapan karyawan?
Apakah Anda sudah memenuhi bahkan melampaui harapan investor?

Bagaimana? Menarik bukan? Sudahkah Anda menanyakan pertanyaan - pertanyaan tersebut saat melakukan persiapan sebelum memulai usaha Anda? Mungkin ada beberapa yang sudah dan ada beberapa pertanyaan yang belum sempat Anda tanyakan terhadap diri Anda sendiri sebagai pemilik usaha.
Semoga tulisan tentang marketing planning roadmap ini membantu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon