Saturday, 8 August 2015

Review - Earphone Basic IE70HD atau Jimbon Basic


Jimbon Basic atau yang memiliki nama lengkap sebagai BASIC IE70 HD adalah salah satu earphone dari playbasic yang menyasar pasar menengah ke bawah.

Hal ini bisa disimpulkan dari harga earphone ini sendiri. Dengan uang Rp125.000,- (seratus dua puluh lima ribu rupiah) Anda sudah bisa membawa pulang earphone satu ini. Di pasaran, earphone ini dijual dengan satu jenis warna saja, yaitu hitam penuh atau full black. Dalam satu paket penjualannya earphone ini disertai dengan earmuff tambahan sebanyak 2 pasang (4 earmuff) dan semuanya berwarna hitam. Selain itu juga disertakan sebuah pocket atau kantung sebagai tempat menaruh si Jimbon Basic ini.

Jimbon Basic memiliki konektor (jack) berlapis kuningan dengan diameter 3.5 mm, dengan demikian Jimbon Basic IE70HD ini bisa dipakai di semua jenis smartphone. Iphone, Ipad, Ipod, Blackberry, Nokia (Microsoft) dan semua vendor smartphone android bisa dipasangi Jimbon. Dilansir dari sebuah laman blog, sang penulis yang juga merupakan seorang audio enthusiast mengatakan : "Jika bass yg perfect itu suaranya 'DUG', bass yg kurang baik dan terkontrol itu 'DUUNGGG' nah si POD 007 ini bassnya 'DUNG'."

Maksudnya bahwa masih ada sedikit gema di bassnya, yang terkadang membuat impact menjadi kurang fokus terutama di genre metal. Tapi di genre lainnya, bass seperti ini sangat membuat fun. Karakter seperti ini bisa dibilang favorit bagi kebanyakan orang (awam). Oh iya, terkait kata awam yang saya gunakan di sini, penulisannya sengaja dilakukan karena ada kumpulan orang yang menggemari peralatan mendengar musik seperti ini, yaitu audio enthusiast. Seorang audio enthusiast pasti tahu dan kenal baik jenis - jenis earphone seperti ini.

Tetapi, bagi seorang awam ataupun pendengar musik biasa, mereka harus baca - baca berbagai referensi dulu supaya paham kaitannya kualitas barang dan harga yang ditawarkan, sehingga tidak akan heran kenapa ada orang - orang yang mau membeli sebuah earphone dengan harga yang begitu mahal yang harganya bisa sampai 2 juta rupiah.

Dengan harga Rp125.000,- dan memang dihadirkan untuk kelas entry level, Jimbon Basic IE70HD ini adalah pilihan yang tepat.Anda tidak akan menyesal membelinya. Uniknya, untuk menikmati kualitas sesungguhnya earphone ini minimal harus digunakan lebih dulu minimal selama 50 jam. Setelah itu kualitas suara terbaiknya akan keluar dengan sendirinya.

Jimbon IE70HD ini sangat pas, tidak terlalu maju tidak juga terlalu mundur, tidak ketebalan tapi juga tidak terlalu tipis. Terimakasih untuk suara bassnya yang dalam, membuat mid seolah-olah jauh posisinya dengan bass. Midnya sendiri cuma memiliki kualitaa standar, tidak ada desahan emosional yang luar biasa dari penyanyi. Vokal berasa agak ringan, sangat lepas tapi kurang berbobot.

Tiap lagu yang melalui earphone ini terasa halus lembut, tidak ada suara-suara aneh, CLEAR (tanpa noise), tidak ada peak-peak tajam menyakitkan. Tipikal earphone yang enak untuk didengarkan berlama-lama.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon