Monday, 31 August 2015

Tips Mahir Main Gitar Dalam Waktu Sebulan

Mahir Main Gitar Dalam Waktu Sebulan? Mungkin ga ya? Mungkin banget!

Mahir bermain gitar bukanlah hal mustahil bagi siapapun. Setiap orang yang mau belajar, mencari jalan untuk menggapai mimpinya, suatu saat akan dipertemukan kepada jalan - jalan menuju impian tersebut. Ketika jalan - jalan tersebut ditemukan, pastilah Anda akan semakin dekat dengan mimpi -  mimpi Anda, apapun itu.

Dalam usaha untuk menjadi mahir dalam bermain gitar, usaha yang dilakukan akan lebih mudah jika Anda memiliki sebuah gitar, gitar milik sendiri. Kalaupun bukan milik Anda sendiri, minimal gitar milik ayah, kakak atau adik sahabat, yang berarti jikapun pinjam Anda bisa pinjam setiap hari, bisa memakainya setiap saat.

Jika situasinya jauh dari yang sudah disebutkan barusan, atau dengan kata lain Anda tidak memiliki seseorangpun di rumah yang bisa dipinjam gitarnya, lalu bagaimana jadinya? Anda tetap bisa meminjam gitar milik teman Anda.

Yang penting, sebagai syarat pertama Anda harus selalu bersama dengan sebuah gitar. Tidak perlu dua gitar, cukup satu gitar saja, hehehe. Ingat bahwa Anda harus punya keinginan untuk bisa mahir bermain gitar dulu sebelum mencari sebuah gitar untuk dipinjam.

Yang harus Anda lakukan adalah bermain gitar disetiap waktu kosong yang Anda miliki. Jangan biarkan waktu kosong Anda terbuang percuma, buatlah waktu tersebut bermanfaat dengan menggunakannya untuk belajar sesuatu yang baru, salah satunya belajar bermain gitar.

Dulu, saat pertama kali belajar bermain gitar, saya melakukan hal yang Anda baca barusan. Saya mengambil gitar orang tua saya, memegangnya, lalu memainkannya sebisa saya di setiap waktu kosong yang saya miliki.

Saking kepinginnya bisa bermain gitar, saya sampai - sampai meletakkan gitar milik ayah saya di sebelah saya waktu tidur. Tempat tidur saya waktu itu mepet dinding, sehingga gitarnya bisa diletakkan di sisi tempat tidur yang memepet dinding tersebut.
Dengan cara itu, saya bisa memainkan gitar setiap sebelum tidur dan waktu bangun. Lalu ketika selesai mengerjakan sebuah pekerjaan rumah, saat pertama kali belajar gitar ini saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama dan tepatnya saat kelas satu SMP, saya langsung mencari gitar dan mencoba memainkannya.

Tahukah Anda seberapa bagus permainan saya saat itu? Saya hanya bisa main kunci A minor dan E minor. Waktu itu lagu peterpan (sekarang NOAH) sedang populer - populernya di kalangan masyarakat. Lagu tersebut kira - kira liriknya seperti ini :

Pikiranku tak dapat kumengerti
Kaki di kepala, kepala di kaki
Pikiranku patutnya menyadari
Apa yang harus dan tak harus kucari


Naaah, kebayang kan seberapa mudahnya kunci tersebut? Patut diingat bahwa ketika Anda baru belajar--belajar bermain gitar-- janganlah membandingkan diri Anda dengan teman Anda yang lebih jago.

Teman Anda pasti pernah melewati level yabg sama seperti yang Anda lewati saat ini. Mereka juga pernah belajar terbata - bata saat mencoba bermain gitar dan mendapati jari - jari tangan mereka sakit karena senar - senar gitar. Mereka yang jago, juga pernah seperti Anda, melewati level awal, belajar bermain gitar dasar.

Anda harus bersyukur karena telah mulai belajar gitar hari ini! Karena masih banyak orang - orang yang belum atau bahkan tidak tertarik sama sekali blajar bermain gitar.

Tips berikut akan membantu Anda untuk belajar bermain gitar dengan efektif :

  • Luangkan waktu khusus untuk bermain gitar setiap hari. Luangkan setidaknya dua jam sampai tiga jam sehari untuk belajar bermain gitar
  • Carilah lagu - lagu yang kunci (chord) - nya sederhana supaya Anda bisa memetik gitar sesuai dengan tempo aslinya
  • Kuasai/ belajarlah lagu - lagu yang memiliki tempo lambat - sedang lebih dulu
  • Sabar dan ikhlas ketika belajar, percayalah bahwa setiap hari permainan Anda semakin baik
  • Pastikan jari - jari Anda sudah merasakan sakitnya menekan - nekan senar gitar sebelum Anda beranjak tidur
  • Terakhir, bertanyalah kepada teman yang menurut Anda paling jago dalam bermain gitar, mintalah saran kepadanya tentang lagu - lagu apa yang sebaiknya Anda pelajari sebagai pemain gitar pemula atau guitarist newbie, atau mintalah tips - tips kepadanya cara - cara supaya bisa bermain gitar dengan baik
  • Jika Anda pada mula - mula belajar gitar, bermain menggunakan gitar yang jelek, fret - fretnya sudah kempot, kurang nyaman di tangan, bersyukurlah karena kita sama, (ternyata kita sama eh ternyata kita sama) hehehe. Cobalah suatu waktu, atau ketika sudah satu minggu belajar menggunakan gitar yang jelek, cobalah memainkan gitar yang bagus, pinjam saja dari teman, saudara atau siapapun yang memiliki gitar yang lebih baik daripada gitar yang selama ini Anda pakai untuk belajar.

Tips ini mengajarkan Anda untuk larut sepenuhnya saat belajar memainkan gitar. Dengan larut sepenuhnya Anda akan menjadi semakin mengerti, semakin khidmat, semakin bisa menikmati proses belajar Anda.

baca jugaCara belajar gitar dengan cepat versi wikihow

Jangan lupa untuk belajar dari teman - teman yang sudah mahir lebih dulu daripada Anda. Jangan sungkan untuk belajar dari buku, internet atau youtube.

Belajar dari youtube akan lebih baik dibandingkan dengan belajar dari buku, tapi jika tidak memiliki koneksi internet yang memadai, sebaiknya belajar dari teman - teman Anda yang sudah jago atau setidaknya sudah bermain gitar lebih baik dari Anda. Semoga tips ini bermanfaat.



Artikel Terkait

4 komentar

Thanks brow artikelnya, sangat membantu untuk motifasi. Jd semakin giat belajar gitarnya, hehe..

sama2 mas
semangat terus belajar gitarnya :)

sip... meski umur udah kepala 3, tp pengin belajar nih, supaya bisa ngajarin anak..

Saya sudah satu bulan belajar gitar dan alhamdulillah udah bisa menguasai kunci kunci dasar. Yg aga sulit dan lambat proses nya itu kunci balok gan, contoh nya FM GM BM Itu susah nya minta ampun, kadang suku timbul rasa prustasi. Suka kesel sendiri gitu..hehe


EmoticonEmoticon