Sunday, 27 September 2015

Cara sederhana untuk membantu Anda belajar lebih baik

Pastikan Anda mendapatkan sesuatu ketika belajar.

dari : The Little Book of Talent : 52 Tips for Improving Your Skills :

"Hasil suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengikuti strategi B [membaca sepuluh halaman sekaligus, kemudian menutup buku lalu menulis ringkasannya dalam sebuah halaman] dapat mengingat lebih lama 50 persen materi yang baru selesai dibaca daripada orang yang mengikuti strategi A [membaca sepuluh halaman empat kali berturut-turut dan mencoba untuk menghafalkannya] . Hal ini karena salah satu aturan yang paling mendasar dari berlatih mendalami (memahami) ini : Learning is reaching (belajar adalah mencapai)." 


Maksudnya adalah ketika kita belajar, berarti kita sedang berusaha meraih sesuatu. Dalam konteks ini, sesuatu yang dimaksud adalah pemahaman. Pemahaman tentang sesuatu yang sedang Anda pelajari. Dengan demikian, jika Anda kurang paham tentang suatu hal, pasti penyebabnya adalah Anda kurang baik dalam mempelajari hal tersebut. Tidak paham berarti tidak belajar. Kurang paham, kurang baik dalam belajar.

Di sisi lain, menutup buku dan menulis ringkasan memaksa Anda untuk mencari tahu poin-poin kunci (satu hal untuk dicapai, dipahami), proses dan mengatur ide-ide sehingga mereka masuk akal (lebih mencapai), dan menuliskannya di halaman (masih lebih mencapai, bersama dengan pengulangan). Persamaan adalah selalu sama: Lebih banyak yang dicapai (dimengerti) adalah efek dari lebih banyak belajar.


Jadi, jika dengan melakukan pengulangan yang Anda dapatkan hanyalah hafal, bukan paham, berarti Anda berhasilnya hanya sedikit, karena esensi dari belajar adalah Anda sampai ke tingkat pemahaman yang baik dari apa yang sedang Anda pelajari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon