Tuesday, 29 September 2015

Feynman Technique - metode cepat untuk memahami hal yang baru Anda baca



Setiap pembaca blog ini pasti suka mempelajari hal baru, iya kan? Saya yakin Anda semua demikian adanya. Selain ingin menambah ilmu, apakah Anda juga berupaya mengetahui seberapa besar ke-kurangtahuan Anda terhadap suatu hal?

Jika iya, berarti tulisan ini adalah tulisan yang wajib untuk Anda baca. Di bawah ini ada sebuah video (berbahasa Inggris), yaitu sebuah video tentang Feynman Technique yang dijelaskan secara detil oleh Scott Young.
Feynman Technique adalah sebuah metode sederhana dan cara yang efektif untuk mempelajari hal baru dan juga berguna untuk mengidentifikasi celah dari pengetahuan yang kita miliki.
Ini adalah salah satu teknik yang digunakan oleh Scott untuk menyelesaikan seluruh kurikulum ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technolog (MIT) dalam waktu setahun.





The Feynman Technique 
The Feynman Technique The Feynman Technique
Langkah 1. Pilih sebuah konsep yang ingin Anda pahami
Ambillah sebuah kertas kosong dan tuliskan konsep yang ingin Amda pahami tadi di bagian paling atas kertas.

Langkah 2. Berpura - puralah bahwa Anda sedang mengajarkan konsep tadi ke seseorang
Tulislah penjelasan Anda tentang topik tersebut, seperti seolah - olah Anda sedang mencoba menjelaskan topik ini kepada seorang siswa baru. Jika Anda bukan seorang pengajar, anggap diri Anda sebagai pengajar, guru atau dosen. Di sinilah Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa yang Anda pahami dan di mana kekurangan Anda dalam memahami konsep yang sedang Anda pelajari.

Langkah 3. Jika Anda kepentok saat menjelaskan, ambil dan baca ulang lagi buku Anda
Kapanpun Anda merasa bahwa Anda sudah kepentok pikirannya, sudah tidak bisa menjelaskan lebih jauh tentang apa yang Anda pelajari, kembalilah lagi ke sumber referensi Anda, entah itu buku ataupun seseorang yang bisa mengajari Anda, pelajari ulang bagian per bagian dari materi tersebut.
Pelajari ulang sampai Anda merasa cukup dan Anda yakin bisa menuliskannya dengan sejelas - jelasnya di atas kertas.

Langkah 4. Gunakan bahasa yang sederhana
Tujuan dari The Feynman Technique adalah Anda mampu memahami dan menjelaskan kembali ke orang lain dengan menggunakan bahasa Anda sendiri, bahasa yang mudah Anda pahami. Bukan bahasa textbook. Jika penjelasan Anda membingungkan secara kata - kata, itu berarti kemungkinan bahwa Anda tidak mengerti tentang konsep tersebut sebaik yang Anda pikirkan. Atau dengan kata lain, ketika Anda tidak mampu menjelaskan, sama artinya bahwa Anda belum paham, dan penilaian Anda tentang seberapa paham Anda ketinggian jika Anda tidak bisa menjelaskan.
Cobalah untuk menyederhanakan bahasanya, gunakan bahasa Amda sendiri, bahasa yang mudah Anda pahami. Atau buat sebuah analogi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi tentang konsep yang dipelajari.


Itulah step by step untuk menerapkan Feynman Technique. Semoga Anda tertarik untuk mencoba pendekatan ini dalam setiap usaha Anda mempelajari sesuatu. Semoga membantu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon