Friday, 4 September 2015

ReviewBuku - Great Leaders GROW Ken Blanchard & Mark Miller


ReviewBuku - Great Leaders GROW Ken Blanchard & Mark Miller



Dua penulis karya bestseller dunia The Secret, Ken dan Mark, kembali menghadirkan karya brillian. Saya pernah hampir membeli buku The One Minute Manager karya Ken Blanchard, namun tidak jadi. Pasalnya buku tersebut berisikan cerita. Masalahnya terletak pada : saya tidak membaca buku tersebut sampai habis.

Maklum, saya baca pas di Gramedia Sudirman, Jogja, karena isinya yang dominan cerita, akhirnya saya tidak jadi membeli.

Terus, kenapa buku lainnya--dari Ken Blanchard--seperti yang reviewnya sedang Anda baca ini saya beli? Sederhana saja, karena harganya waktu saya beli itu cuma 37ribu. Berbeda dengan The One Minute Manager yang seingat saya harganya lebih mahal.

Saya tidak bersedia membeli the One Minute Manager karena harganya yang mahal dengan isi per halaman yang sedikit. Lalu modelnya seperti novel. 

Maklum, waktu itu saya belum tahu bahwa memang seperti itulah gaya penulisan Ken. Di samping itu, saya sendiri merupakan pembaca buku nonfiksi yang gaya penulisannya mayoritas sama, naratif. Jadi sedikit aneh waktu baca buku Ken Blanchard ini.

Jangan salah, gaya penulisannya yang renyah seperti novel membuat buku ini sangat menarik untuk dibaca. Saya sendiri selesai membaca buku ini hanya dengan sekali baca loh.

Cerita dalam novel tersebut berisi pengetahuan dan nasehat seputar kepemimpinan. Dengan tokoh - tokoh fiktif, yaitu Blake Brown dan Debbie Brewster sebagai tokoh utama, pesan inti dari buku ini disampaikan dengan baik.

ReviewBuku - Great Leaders GROW Ken Blanchard & Mark Miller


Cerita bermula ketika Jeff Brown, ayah Blake yang juga seorang pemimpin hebat dan terkenal di jajaran perusahaan top, meninggal dunia.

Sesaat sebelum meninggal, Jeff mengucapkan sebuah kalimat yang terngiang di kepala Blake selama berhari - hari.

Kau bisa menjadi seorang pemimpin. Begitulah kata sang ayah. Blake yang akan lulus kuliah tiga bulan lagi itu bertemu dengan Debbie di pemakaman ayahnya.


Blake terkesima dengan Debbie yang belum pernah ditemuinya ternyata tahu cukup banyak hal tentang dirinya. Debbie sendiri merupakan rekan kerja sang ayah. Jeff telah memberi pengaruh yang sangat besar dalam karirku, begitu cerita Debbie kepada Blake.

Bermula dari pertemuan di acara pemakaman itulah cerita di mulai. Debbie yang merasa berhutang budi kepada Jeff menawari Blake jika memang membutuhkan sesuatu ia dipersilahkan menghubungi Debbie.
Debbie mengutarakan rahasia kepemimpinan yang membuat Jeff, ayah Blake, menjadi seorang pemimpin hebat. Bertumbuh, yang dalam bahasa inggris ditulis GROW, menjadi kata kunci sepanjang kisah di dalam novel pengembangan diri ini.

Oleh Debbie, Blake diberitahu rahasia tersebut dengan cara yang mudah diingat. Merujuk pada kata GROW, Debbie menjelaskan beberapa poin sederhana tetapi sangat penting dalam kepemimpinan.

Poin - poin tersebut adalah :

  • Gain Knowledge (Mendapatkan Pengetahuan)
  • Reach Out to Others (Menjangkau Orang Lain)
  • Open Your World (Membuka Duniamu)
  • Walk Toward Wisdom (Berjalan Menuju Kebijaksanaan)

Kepemimpinan bukan sekadar fungsi jabatan atau posisi, tetapi bla bla bla bla. Dalam buku tersebut dikisahkan sebuah proses pemecahan masalah di perusahaan tempat Blake bekerja. Di situ juga dikisahkan bagaimana Blake menanamkan pengaruh kepada orang - orang yang baru ia temui di kantor. Lalu, bagaimana menjadi bernilai atau berkontribusi kepada perusahaan.

Satu hal yang menjadi pertanyaan saya beberapa tahun belakangan juga terjawab di sini. Bukan sebuah jawaban pasti, tetapi menurut saya cukup relevan.

Pertanyaan yang sering saya ajukan kepada diri saya sendiri tersebut adalah Bagaimana pemimpin - pemimpin berkarakter Great Driver itu membuat perubahan.

Jika Kamu tahu Ignatius Jonan, yak benar, Bapak Revolusi Kereta Api (gelar buatan saya sendiri) yang berhasil membuat perubahan 270,5° di salah satu BUMN strategis, PT. KAI.

Pernahkah Kamu bertanya - tanya bagaimana proses mengubah sebuah budaya organisasi, di dalam buku ini Kamu akan menemukan jawabannya. Bagaimana mengidentifikasi masalah, mencari akar sesungguhnya dari masalah - masalah, lalu bagaimana mengimplementasikan strategi yang dibuat untuk menyelesaikan akar masalah tersebut.?...?..

Penasaran? :) Dapatkan di toko buku terdekat gan. Hehehe.


ReviewBuku - Great Leaders GROW Ken Blanchard & Mark Miller



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon