Sunday, 18 October 2015

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss

Taman Sari Keraton Yogyakarta berlokasi di selatan Jalan Malioboro dan alun - alun utara kota Yogyakarta. Taman Sari yang merupakan bagian dari Keraton Kesultanan Yogyakarta hingga kini kondisinya masih terawat dengan baik.

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss



Taman Sari, begitulah objek wisata ini diberi nama. Objek wisata yang satu ini letaknya tidak begitu jauh dari kilometer nol Jalan Malioboro Jogja, jika dijangkau dengan kendaraan. Jika backpackeran dan ingin ke Taman Sari Anda bisa menaiki becak dengan biaya 20ribu sampai 50ribu rupiah saja. Bisa sih, ke sini dengan berjalan kaki dari kilometer nol, namun tempatnya lumayan memakan waktu dan tenaga jika Anda berjalan.
Taman Sari
Sesuaikan saja waktu Anda, cukup atau tidak untuk menuju ke Taman Sari dengan berjalan kaki. Duapuluh sampai tigapuluh menit, bisa lah Anda sampai ke Taman Sari. Banyak kok yang berjalan kaki, mulai dari turis domestik sampai turis mancanegara ada loh. Jadi Anda tidak akan sendirian jika menempuh perjalanan dari kilometer nol ke sini.
Taman Sari
Jika tertarik untuk ke Taman Sari, Kami menyarankan supaya Anda lewat Jalan Kauman, karena di sana Anda akan melewati toko - toko kaos, tas, kerajinan di sepanjang jalan. Jalan kauman sebenarnya pusatnya konveksi pakaian di Yogyakarta, tetapi ada juga toko - toko yang menjual oleh - oleh.
Taman Sari
Bertanyalah, tak perlu sungkan, maka Anda akan sampai ke Taman Sari. Mumpung liburan Men, cobalah kesempatan untuk menyapa warga jogja. Berusahalah untuk tidak menggunakan google. Hehe.
Taman Sari
Seperti apakah Taman Sari?
Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss
kredit foto : travelblog.ticktab.com

Taman Sari itu bentuknya seperti, seperti apa ya? Supaya jelas, tengoklah gambar - gambar yang ada di bawah. Jika dijelaskan dengan tulisan Taman Sari adalah taman air yang cantik. Setiap sisinya memiliki dinding besar dengan tinggi dua sampai empat meter, khas bangunan - bangunan buatan Belanda. Taman Sari memang taman air, bukan kolam ikan, jadi wajar ya kalau Anda tidak melihat ikan waktu ke sini.
Taman Sari
Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss
kredit foto : wikimedia.org

Posisi masing - masing tembok Taman Sari tepat mengarah ke utara, selatan, timur dan barat. Tembok berwarna putih berdiri dengan kokoh, sungguh elok untuk dijadikan background saat berfoto.

Di Taman Sari ada beberapa tempat menarik di samping taman airnya itu sendiri, ada masjid bawah tanah yang bisa dikunjungi oleh semua wisatawan. Masjid bawah tanah ini bentuknya melingkar 360 derajat berbentuk selongsong seperti sebuah kue donat.

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss
kredit foto : akusenang.com
Saya menyebutnya seperti kue donat karena di bagian tengah dari bangunan masjid bawah tanah ini ada bolongnya, atau ada bagian bolong yang terisi oleh tangga yang menghubungkan pintu - pintu bangunan masjid. Kalau ditebak - tebak, sepertinya tempat ini dulunya adalah tempat bilal mengumandangkan adzan. Seperti apa bentuknya, ini dia.

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss
kredit foto : rri.co.id
Anyway, waktu saya ke masjid bawah tanah ada sepasang pengantin yang sedang membuat foto prewedding, kalau dipikir - pikir tempat ini memang bagus untuk dijadikan lokasi foto pre-wedding. Tertarik untuk ke sini sama pacar? Ayo, ke sini saja, siapa tahu dengan datang ke sini doa Anda terkait jodoh akan terkabul, hehehe.

Dekat dengan beberapa lokasi wisata

Taman wisata air ini memiliki air mancur di beberapa sudut. Taman Sari adalah tempat yang nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik. Harga tiketnya yang murah, sungguh bersahabat bagi saku - saku mahasiswa. Lokasinya yang tidak begitu jauh pun membuat Anda yang memiliki waktu berlibur yang terbatas cocok bila mengunjungi tempat ini.
Taman Sari
Selain dekat dengan kilometer nol malioboro, Taman Sari juga dekat dengan Keraton Kesultanan Yogyakarta yang berada di utaranya. Lalu, Anda juga bisa sekalian ke alun - alun selatan yang ada di selatan Taman Sari. Ada juga Masjid Gedhe Kauman, masjid bersejarah yang tiang dan atapnya berbahan kayu besar. Masjidnya memiliki taman air juga, tapi yang di Masjid Gedhe ini ada ikannya. Masjid Gedhe sangat nyaman untuk dikunjungi, cocok bagi Anda yang juga ingin mengunjungi objek wisata religi sekaligus bersejarah.

Sedia air dan jajanan
Taman Sari
Di dalam Taman Sari tidak ada pedagang, sehingga Anda harus menyiapkannya lebih dulu sebelum memasuki taman air ini. Lebih enak jika Anda menyiapkannya lebih dulu sebelum masuk daripada Anda masuk lalu haus dan harus ke luar dulu untuk membeli makanan.
Ada sih pedagang, seingat kami cuma ada satu. Anda bisa beli minuman atau jajanan di warung ini. Letaknya itu di dekat masjid bawah tanah Taman Sari.

Gunakan jasa tour guide
Taman Sari
Jika Anda datang ke sini sekalian ingin menambah pengetahuan, ingin tahu cerita - cerita di setiap sudut Taman Sari di samping, ehem, foto foto, Anda bisa meminta seorang pemandu wisata untuk menemani Anda berkeliling Taman Sari. Tidak ada tarif khusus, Anda bisa membayar jasa guide ini dengan sukarela. Eits, tapi ingat ya, walaupun sukarela, berilah guide tersebut tip atau bayaran yang layak.
Jika Anda membawa wisatawan asing ke sini, Anda bisa memilih guide yang sesuai dengan bahasa turis yang Anda bawa. Tanyakan saja ke loket untuk meminta ditemani oleh seorang guide yang bisa bahasa Jerman, misalnya.

Ringkasan
  • Buka : Setiap hari, 8.00 sampai 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000,-
  • Prakir
  • motor Rp2.000,-
  • Mobil Rp5.000,-

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss
foto koleksi : noyvesto.net
baca juga artikel serupa :

Taman Sari Keraton Yogyakarta (foto - foto) Hadiningrat Joss

Artikel Terkait

2 komentar

Salah satu tempat favorit saya saat liburan ke Jogja ini. Asik buat foto foto

iya, tempatnya menarik utk dijadikan objek foto :)


EmoticonEmoticon