Sunday, 4 October 2015

Kaskus FJB-ers Bahagia karena adanya tombol SUNDUL sejak Oktober 2015

Kaskus sebagai komunitas terbesar di Indonesia selalu berupaya meningkatkan fitur dan kualitas website kaskus itu sendiri. Di samping fasilitas forum online, kaskus juga tak jarang mengadakan acara offline, acara sungguhan, di waktu - waktu tertentu. Belum lagi acara - acara yang diselenggarakan oleh kaskuser regional di masing - masing daerah.

Meskipun kaskus sering mengadakan kegiatan - kegiatan offline (kopdar - kopdar gitu), tapi, tetap saja fitur online kaskus (tampilan antar muka website, kecepatan loading halaman, layanan rekber, serta perlindungan dari spamers - spamers terkutuk) tidak luput dari perhatian kaskuser. Sehingga, setiap ada perbaikan pada website kaskus, pasti para kaskuser bereaksi. Reaksinya tentu kadang positif dan kadang negatif.

Kali ini saya ingin menunjukkan salah satu reaksi positif dari kaskuser. Dari salah satu kaskuser pengguna setia forum jual beli kaskus. Yaitu. Saya sendiri.

KASKUS. Pertama kali mendengar tentang forum ini waktu kelas dua SMA. Itupun belum tahu kaskus itu aslinya apa. Hanya mendengar sepintas, samar - samar, dan kebetulan saat itu belum tertarik mencari tahu ataupun membuka laman www.kaskus.com saat itu.

Kaskus merupakan rumah bagi bermacam jenis komunitas yang ada di Indonesia. Di dalamnya ada forum untuk sesama pecinta satwa, fotografi, ataupun pecinta kendaraan, seperti bismania kaskus. Keberadaan kaskus telah menjadi penghubung orang - orang dengan minat yang sama supaya dapat berkenalan dan bertukar informasi di sebuah thread.

baca juga : Cara menyundul lapak di kaskus lewat hp dan komputer terbaru

Tahun 2012 saya mendaftarkan sebuah akun di situs ini. Lalu, tahun berikutnya, karena lupa alamat email yang dipakai untuk akun pertama, akhirnya saya mendaftarkan sebuah akun baru lagi untuk tujuan jual beli online. Saat itu saya mencoba berjualan jam tangan lewat kaskus, yang juga merupakan pertama kalinya saya memanfaatkan kaskus untuk berdagang.

Alhamdulillah. Ada hasilnya. Kaskus dengan forum jual beli (FJB) nya memang banyak membantu. Saat itu, saya hanya memanfaatkan kaskus untuk menjual semua jam tangan yang saya dagangkan. Memang ada, selain melalui kaskus, cara lain yang saya gunakan untuk menjual jam tangan yang saya jual, yaitu melalui metode reseller dan dropshipping, dengan partner dropship dan resellernya beberapa teman yang bersedia bekerja sama.

Dari kedua cara tersebut, pendapatan dari beriklan di kaskus adalah yang paling besar porsinya, entah itu dengan pengiriman ke luar kota ataupun dengan cara bayar di tempat, COD atau cash on delivery. Disebut sebagai yang paling besar memberi andil dalam penjualan, karena, selain intensitas pembeli yang datang (untuk membeli) itu didapat dari kaskus. Terimakasih tentunya untuk kaskus. Dari total omset yang didapat, 3/4 nya dari pembeli yang dirujuk oleh iklan yang saya pasang di kaskus.

Fungsi "sundul gan" di FJB kaskus

Jika Anda sering berjualan di forum jual beli kaskus, Anda pasti tahu betul tentang sundul menyundul, mulai dari fungsinya sampai step by step melakukannya. Menyundul sebuah thread fjb berguna untuk mengembalikan thread (thread kalau di fjb berarti lapak) ke halaman 1 fjb kaskus sesuai dengan kategorinya.

Misalnya, Anduy menjual laptop, maka ia harus mensetting kategori barang dagangannya di kategori komputer, lalu pilih sub kategorinya, misal sub kategori laptop. Dengan cara ini, lapak yang Anduy buat bisa dicari dengan mudah jika user (pembeli) mencari lapak laptop dengan mensortir kategori lapak yang dicari. Jika tidak ada sub kategori, lapak - lapak di kaskus akan bercampur aduk, yang berakibat lapak sulit dicari, dan resikonya adalah barang yang dijual sulit laku karena lapaknya susah ditemukan.

Meskipun sudah ada si sub kategori yang benar, lapak yang Anda buat lama kelamaan akan turun, turun, turun dan lenyap dari halaman pertama sub kategori. Tenggelamnya lapak - lapak ini menjauhi halaman pertama + urutan pertama, karena banyaknya seller yang menjual melalui kaskus, sedangkan urutannya sendiri secara default, yang paling awal adalah yang paling baru dibuat atau disundul. Sundul?

Cara nyundul di kaskus FJB

Menyundul sebuah lapak di FJB kaskus bisa dilakukan dengan mudah sekarang. Per 1 Oktober 2015 kaskus menambahkan tombol baru di thread FJB kaskus, yaitu tombol "sundul" yang diberi warna latar hijau.

Penjual tinggal memencet, mengklik, atau menekan tombol sundul ini untuk mengembalikan lapaknya ke halaman pertama. Tombol sundul ini bisa digunakan lagi setelah tujuh jam (lebih) sejak digunakan. Artinya, ada jeda tujuh jam lebih untuk bisa digunakan kembali. Sehingga dalam sehari tombol ini bisa digunakan dua sampai tiga kali.

Dulunya.

Untuk mengembalikan lapak ke halaman pertama sub kategori, sundulan harus dilakukan dengan cara mereply atau memberi balasan atau komentar di lapak yang dibuat. Reply bisa dilakukan dengan menuliskan satu karakter, atau kalimat panjang, terserah si penjual. Kultur di kaskus menunjukkan bahwa kata yang sering digunakan adalah "sundul gan". Saya sendiri juga menggunakan frasa ini ketika menyundul lapak saya di kaskus, kadang - kadang menambahinya dengan beberapa kata untuk membuatnya menjadi sebuah kalimat yang ah sudahlah.

Lalu. Apa yang terjadi dengan kaskus setelah negara api menyerang. Eh, maksudnya setelah tombol sundul dipasang di forum jual beli, ah sudahlah, ini yang nulis gimana sih. Aaaaaaaaaah sukijan. Loh loh loh. Kok bawa - bawa pakde le.le.

Setelah tombol tersebut dipasang, sebagai pengguna yang aktif di fjb tentu saya bahagia, seperti seller lainnya. Soalnya, kalau dulunya harus scroll ke bawah sampai box reply, atau klik reply untuk pindah ke halaman box reply, lalu nulis "sundul gan" atau kata - kata lainnya. Sekarang. Tinggal pencet "SUNDUL".

Terimakasih kaskus. Semoga makin inovatif, makin bermanfaat sebagai The Largest Indonesian Community. Cendolnya dong gan. Hehehe.

Itulah cerita singkat tentang reaksi salah satu seller fjb kaskus. Semoga tombol sundulnya bisa banyak membantu seller kaskus semua.

Artikel Terkait

2 komentar

sekarang saya mau iklan koq ga bisa2 yah, katanya the other delivery services you enterred is to short, itu knapa ya? mohon pencerahannya dong agan yg baik :)

Halo Rialina,
Sekarang itu ketika kita pasang iklan di kaskus, sebelum lapak kita terbit, kita wajib mengisi jasa delivery services (pos, jne, tiki). nah, kalau ada jasa pengiriman lain yang ingin digunakan, kita bisa mengisi bagian other delivery services, mungkin kita bisa mengisinya dengan wahana atau indah cargo atau yang lainnya. terjawab ga mbak Rialina? :)


EmoticonEmoticon