Thursday, 29 October 2015

Jalur Pendakian Gunung Prau (ini foto treknya) Via Dieng Wonosobo


Jalur+pendakian+gunung+prau+dieng+wonosobo

Jalur Pendakian Gunung Prau (ini foto treknya) Via Dieng Wonosobo

Biar semakin semangat mendaki gunung prau, ini ada video dari Damar Trijati dari puncak gunung prau. Enjoy guys.



Loncat ke :










  • Alamat Basecamp Patakbanteng


  • Jalur Pendakian Gunung Prau yang pernah saya lewati adalah jalur pendakian via Patak Banteng. Nah, ini adalah jalur teramai untuk mencapai bagian atas Gunung Prau.

    Mendaki gunung manapun sejatinya butuh persiapan. Mulai dari kesehatan fisik, mental, perlengkapan mendaki, makanan hingga tenda, semuanya harus disiapkan.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Pada gunung yang sama, perbedaan rasa lelah akan signifikan tergantung kapan pendaki naik. Mendaki di siang hari berbeda dengan mendaki di malam hari. Energi yang keluar akan lebih banyak jika mendaki di siang hari.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Cuaca yang panas memaksa tubuh bekerja lebih keras. Akibat tubuh yang bekerja lebih keras ini adalah kebutuhan air yang lebih banyak daripada mendaki di malam hari.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Tapi, pada dasarnya beberapa gunung memiliki jenis trek yang sama. Gunung berapi pasif akan terlihat hijau karena banyak tanaman yang bisa tumbuh di tanahnya. Sedangkan gunung berapi aktif akan memiliki tanah yang gersang, berbatu, dan susah untuk didaki.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Lalu, bagaimana dengan Gunung Prau? Bagaimana trek pendakian Gunung Prau yang terletak di Kabupaten Wonosobo ini?

    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    + Klik untuk memperbesar
    jalur pendakian gunung prau via patak banteng
    sumber : infopendaki.com


    Seberapa sulit mendaki Gunung Prau? Jika Anda baru pertama kali menaiki gunung ini dan ingin mengetahui bagaimana trek menuju ke puncaknya. Anda sedang membaca artikel yang tepat. Saya berjanji akan memberikan informasi selengkap - lengkapnya mengenai trek pendakian Gunung Prau yang saya daki akhir Agustus 2015 lalu.
    Jalur pendakian yang pernah saya lewati adalah jalur Pathak Banteng. Teruskanlah membaca jika Anda memang berniat melewati jalur ini, karena informasi yang saya berikan dalam tulisan ini hanya mengenai trek pendakian Gunung Prau melalui jalur Pathak Banteng.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Basecamp pendakian jalur Pathak Banteng letaknya ± 50 meter di timur jalan utama kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Gang atau belokan menuju ke basecamp ini sendiri hanya berjarak 300 meter dari gerbang utama Dieng Plateau, kanan jalan.

    Awal kata saya ingin menyampaikan bahwa jalur pendakian Pathak Banteng ini pendek, namun makin ke atas makin sulit. Total waktu untuk sampai ke area camping dari basecamp adalah 2 jam, jika lebih santai lagi bisa 2,5 jam baru sampai atas.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Pendakian dimulai dari pendaftaran pendaki di basecamp. Setiap pendaki wajib mendaftarkan diri di sini. Setelah menyelesaikan registrasi dan mendapatkan peta kecil yang didapat saat registrasi tadi, ayo teruskan membaca, kami melanjutkan perjalanan.

    Kami mulai menapaki jalan setapak setelah meninggalkan basecamp. Jalan setapak ini di ujungnya memiliki 120an anak tangga yang harus dilewati pendaki menuju pos 1.

    Oh iya, sekadar informasi Dataran Tinggi Dieng ini bisa ditempuh dari Jogja dengan waktu tempuh kurang lebih dua sampai tiga jam setengah jika ditempuh menggunakan sepeda motor dengan kelajuan rata - rata 50 km per jam.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Setelah melewati anak tangga terakhir, perjalanan pendaki akan dilanjutkan dengan melewati jalan bertanah yang berdebu. Salah satu saran yang dapat saya sampaikan adalah gunakanlah masker atau sepupunya masker yang fungsinya juga untuk memfilter partikel - partikel dari debu tebal di sepanjang perjalanan ke puncak.

    Jalan terus menanjak, Anda akan melewati area perkebunan sampai ketemu jalan berbatu. Jalan berbatu yang saya maksud adalah jalan berukuran 3 - 4 meter yang biasa dilewati oleh mobil pickup pengangkut produk perkebunan. 
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Selain dengan berjalan kaki, Anda juga bisa memilih naik ojek gunung untuk mencapai pos 1. Biayanya duapuluh ribu rupiah per orang. Lumayan untuk menghemat energi jika Anda punya persiapan uang yang cukup banyak.

    Baca juga : 4 Obyek Wisata Dieng Terbaik untuk Dikunjungi
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Jalan berbatu ini jangan dibayangkan sebagai jalan berbatu versi seadanya. Jalan berbatu ini sudah rapih, permukaannya rata dan kokoh. Sama seperti jalan berbatu yang ada di trek pendakian Gunung Sumbing.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Jika berjalan kaki dan melewati perkebunan sebelum masuk jalan ini, Anda harus berjalan setidaknya 150 meter untuk sampai ke pos 1. Kemiringannya lumayan, yaitu antara 15 - 20 derajat. 
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Pos 1 jalur, Sikut Dewo, ini ditandai dengan berakhirnya  perjalanan pendaki menapaki jalan berbatu. Jalan berikutnya sampai ke puncak adalah tanah kuning berdebu. Ketebalan pasir halus (lebih pantas disebut sebagai partikel debu karena mudah melayang) selepas melewati pos 1 tidak begitu tebal. 

    Dari sini Anda akan terus menanjak. Jangan khawatir, ada bonus di beberapa titik. Di titik tertentu bahkan ada booooonuuuuuuus atau bonus yang panjang karena trek mendatar yang lumayan jauh. Ingat bahwa pendakian hanya 2 jam  jadi jangan terlalu berharap panjang trek datar lebih dari 50 meter.

    Adanya warung
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Di perjalanan, Anda tak perlu khawatir kehabisan makanan atau air minum. Ada beberapa warung yang menyediakan gorengan, pisang, tongkat, air minum sampai nasi bungkus. Warung terakhir lokasinya setelah tempat pembuangan plastik sebelum pos 2. Setelah pos 2 tak akan ada lagi warung - warung seperti itu.

    Baca juga : 


    Kalau bekal Anda kurang, beli saja di warung tersebut. Harganya tidak jauh beda dengan harga di minimarket. Lumayan, kan, warung - warung ini bisa diandalkan untuk menambah bekal kalau - kalau bekal Anda kurang.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Perjalanan menuju ke pos dua mulai sedikit lebih serius. Setelah warung terakhir, pendaki mulai meninggalkan area perkebunan warga setempat dan masuk ke hutan. Hutan ini tidak begitu rimbun karena tanahnya sendiri hanya selebar 20 - 40 meter, yang ditengahnya bisa dilewati pendaki dengan pohon - pohon tertanam di kedua sisinya sepanjang jalur, sampai atas.

    Masuk ke pos dua, ambillah nafas sebentar untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan yang lebih serius. Hehe.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Trek dari pos 2 menuju pos 3 cukup mencuri perhatian Anda, memaksa Anda untuk fokus memilih ke mana kaki Anda harus melangkah. Dengan beban carrier di punggung, Anda harus memilih pijakan dengan baik, supaya tubuh Anda bisa terus seimbang saat melangkah.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Foto - foto berikut sengaja saya abadikan supaya Anda tahu persiapan seperti apa yang harus Anda lakukan untuk mendaki Gunung Prau. Keindahan di puncaknya pastilah mengundang banyak orang untuk datang.

    jalur pendakian gunung prau patak banteng
    Jalan Awal Pendakian Gunung Prau
    Jalan ini adalah jalan yang berada di sebelah basecamp pendakian Gunung Prau. Di sebelah kiri jalan ini adalah area basecamp pendakian. Jalur pendakian Gunung Prau melalui Patak Banteng memiliki jalan setapak seperti ini akan sahabat temui sampai 40 meter ke depan jika berjalan kaki hingga pos 1. 
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Pilih naik ojek atau berjalan kaki, itu terserah sahabat. Clue yang saya kasih di sini adalah jarak dari basecamp hingga pos 1 tidak terlalu jauh. Jadi, silahkan sahabat pilih sendiri mana yang lebih baik.

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    di awal pendakian gunung prau Anda akan melewati puluhan anak tangga dari beton seperti ini.

    Anak tangga ini jumlahnya tidak lebih dari 150. Wah, kok bisa tahu sih, ngehitungin ya kak? Hooh bener, yang menghitung jumlah anak tangga ini adalah teman saya yang ada dalam foto di atas, Kang Ade Supendi. Jumlahnya ga mendekati 150 juga, tetapi untuk memperlebar keakuratan jadi saya ambil angka 150, hehehe. Yang jelas, jumlahnya di atas 100 anak tangga ya.

    jalur pendakian gunung prau patak banteng
    Pos 1 gunung prau : Sikut Dewo

    Di sebelah kiri jalan berbatu ini adalah pos 1. Pos 1 di sini hanya berupa tanda saja, tidak ada bangunan khusus sebagai tanda pos 1. Jika sahabat menaiki ojek, sahabat akan turun di depan sini (lihat foto di atas). Sekali lagi, pos 1 ini tidak terlalu jauh dari basecamp.

    Jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng ini, sekali lagi, menyediakan pilihan bagi sunrise hunter untuk melewati jalan dari basecamp sampai ke pos pertama, yaitu Anda bisa memilih naik ojek atau berjalan kaki. Pertanyaannya sederhana, Anda sunrise hunter atau pecinta alam? hehehe.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    jalur pendakian gunung prau patak banteng
    Jalur Pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Pos 2 pendakian gunung prau, cukup banyak orang yang memanfaatkan lokasi ini untuk istirahat. Bisa untuk menunggu rombongan. foto : noyvesto.net 2015

    Kalau yang ini adalah pos ke tiga. Pos ketiga lumayan rimbun, sahabat bisa beristirahat sejenak di sini dengan cukup nyaman. Istirahatnya jangan lama - lama ya, nanti bisa - bisa masang tendanya di malam hari. Kalau malam, di area campnya ini anginnya kenceng dan tidak kenal ampun, dijamin bikin kedinginan. Jadi lebih baik sampai di atas sebelum jam setengah enam sore.

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Gunakan sendal gunung atau sepatu gunung saat mendaki gunung prau ini. foto ; noyvesto.net 2015

    Menggunakan alas kaki yang tepat akan memudahkan sahabat menapaki langkah demi langkah tanjakan di Gunung Prau ini. Di beberapa titik ketebalan pasirnya cukup tebal, jadi jika memakai sandal kaki akan kotor. 
    Jalur pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Menggunakan sepatu sepertinya pilihan yang paling pas di sini, karena selain hawanya yang dingin jika mulai mendaki di jam setengah dua sore, sehingga memakai sepatu tidak akan membuat gerah.

    jalur pendakian gunung prau patak banteng
    jalur pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Sesekali sebelum melanjutkan perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan yang ada di belakang. Di beberapa titik rerimbunan pohonnya tidak terlalu lebat, sehingga bisa melihat pemandangan kawasan wisata Dieng Plateau dari sana. Jalur pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Menunggu teman adalah pekerjaan yang mulia, hehehe. Meskipun jalurnya mudah, tidak banyak cabang, malah cuma ada satu jalur, tetap ingat temanmu yang paling belakang ya. Jangan ditinggal, nanti njenengan repot sendiri, hehehe.

    jalur pendakian gunung prau patak banteng


    Semakin ke atas perjalanan semakin menantang. .foto ; noyvesto.net 2015

    Jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng di beberapa titik memang menuntut "rasa awas" yang lebih dari para pendaki. Contohnya seperti pada foto di atas di mana ada seorang pendaki yang harus memegang tanah dengan sedikit menunduk untuk melewati jalur pendakian.

    Pas melewati bagian ini saya juga melakukan hal yang sama. Anda memang harus merelakan tangan Anda kotor oleh debu saat melewati jalur ke puncak Gunung Prau ini.
    jalur pendakian  Gunung Prau Dieng Wonosobo

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    jalur pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo
    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Perlahan - lahan pendaki menapaki jalur yang curam setelah pos III. foto ; noyvesto.net 2015
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    jalur pendakian gunung prau patak banteng
    Ini pos II. foto ; noyvesto.net 2015
    Jalur pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo via patak banteng

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Lumayan tebal loh pasir di jalur pendakian ini. Di foto atas, itu adalah jalan setelah pos II. Menurut pengalaman saya, saya sih menyarankan Anda agar menggunakan alas kaki berupa sepatu.

    Jika menggunakan sandal, tak apa. Tapi jangan ditambah dengan kaus kaki juga ya, soalnya percuma, kaki Anda tetap akan kemasukan debu. Memang, debunya tidak sebanyak kalau tidak memakai kaus kaki.

    Tapi, kalau pakai kaus kaki saat menggunakan sandal berarti Anda juga harus mencuci kaus kaki. Tak masalah kalau Anda tidak keberatan, silahkan pilih mana yang sahabat suka.
    Jalur Pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo
    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Cukup terjal, perhatikan keseimbangan badan saat melewati bagian ini. foto ; noyvesto.net 2015
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Mendekati puncak, pendaki akan disambut oleh anak tangga ini. foto ; noyvesto.net 2015
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Teman - teman pendaki dari daerah lainnya sedang mengantre menapaki anak tangga ini. foto ; noyvesto.net 2015

    Anak tangga yang terbuat dari bambu ini berada di akhir pendakian. Sampai di tahap ini pendaki perlu bersabar karena biasanya ada pendaki di depan yang sedang mengambil napas alias beristirahat sejenak. Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Dari sini pendaki bisa menikmati pemandangan dengan leluasa. foto ; noyvesto.net 2015

    Walaupun seterik ini, sinar matahari menyorot langsung ke tubuh, untunglah rasanya tidak terlalu panas. Angin di titik ini cukup sering menyapu hawa panas yang menempel di tubuh. Kalau lelah, bolehlah beristirahat sebentar dan menikmati pemandangan di bawah. Yang penting, jangan lupa ke pinggir apabila Anda memutuskan untuk beristirahat. Kalau di tengah kan ngehalangin jalan pendaki lain, hehehe. Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo

    jalur pendakian gunung prau patak banteng

    Bagaimana, cukup sulit, bukan? Makin ke atas, treknya memang makin sulit. Kalau capek istirahat, ambil nafas, baru lanjut lagi kalau dirasa istirahatnya sudah cukup. Semakin ke atas, karena treknya semakin sulit, Anda akan sering menggunakan tangan Anda juga untuk melangkah, seperti merangkak. Tapi merangkak ke atas. Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo

    Dari pos 3 menuju puncak itu debunya semakin tebal. Berjalanlah di barisan paling depan supaya tidak terhambur debu karena langkah kaki orang yang ada di depan Anda. 
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Gantilah masker Anda dengan masker yang baru jika masker yang Anda pakai sudah rusak. Oh iya, menggunakan tongkat bisa menjadi pilihan untuk mempermudah Anda mendaki. Tongkat bisa dibeli di warung yang ada sebelum pos 2 tadi. Kaca mata tidak terlalu dibutuhkan, baik untuk mengurangi silau matahari ataupun untuk mengamankan mata dari debu. 
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Jika naik sore, jam 2 jam 3, matahari tidak akan mengganggu Anda. Adanya pohon - pohon besar di sisi kiri dan kanan trek juga membuat angin yang ada di lereng tidak mengganggu, tidak menyapu debu - debu, sehingga tidak mengganggu mata.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Memakai sepatu juga merupakan ide yang lebih baik daripada menggunakan sandal. Namun, bukan berarti jalur ini tidak disarankan menggunakan sandal. Di jalur ini, menggunakan sandal masih ok, saya sendiri saat mendaki menggunakan sandal waktu itu.

    Demikianlah ulasan dari kami tentang trek atau jalur pendakian Gunung Prau. Sulit atau tidaknya itu tergantung dari teman - teman pendaki sekalian. Jika sudah berpengalaman, tentu saja trek gunung ini bukan apa - apa.
    Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo
    Gunung Prau cocok untuk teman - teman yang ingin mencoba aktifitas mendaki gunung, yang belum pernah sekalipun mendaki gunung.

    Baca juga : 
    Golden Sunrise Terindah se - ASEAN dari puncak Gunung Prau
    Gunung Raung dan Sisi Mistis Sampai Puncaknya
    Jalur pendakian Gunung Sumbing dan foto treknya

    Treknya yang pendek, ditempuh hanya dalam waktu 2 - 3 jam saja, serta view pemandangan pagi hari di atasnya yang wow pasti akan membuat teman - teman yang baru satu kali mendaki kepingin mencoba untuk mendaki gunung lagi.

    Saya tunggu diskusinya tentang trek pendakian Gunung Prau melalui kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mendaki. Gaes.


    Bonus




    + klik gambar untuk lihat foto sunrise dari puncak prau


    jalur pendakian gunung prau patak banteng


    Alamat basecamp gunung prau :
    Jalan Dieng Km. 25 Patakbanteng, Kejajar, Wonosobo. 56354



    Jalur pendakian  Gunung Prau Dieng Wonosobo

    pencarian terkait : jalur pendakian gunung prau, pendakian gunung prau, jalur pendakian prau, jalur pendakian gunung prau via patak banteng, jalur pendakian gunung prau via pathak banteng, jalur pendakian prau via patak banteng

    Jalur Pendakian Gunung Prau (ini foto treknya) Via Dieng Wonosobo


    Artikel Terkait