Wednesday, 4 November 2015

Hati - hati Belanja Online di Bukalapak.com, atau Anda Akan Mengalami ini

Bukalapak.com merupakan salah satu situs jual beli online yang ada di Indonesia saat ini. Berdiri sejak tahun 2010, situs jual beli ini terus konsisten dalam menyediakan pasar online yang bisa digunakan oleh siapapun di Indonesia. Semua masyarakat Indonesia bisa berjualan sekaligus berbelanja meng kan satu buah akun melalui situs tersebut. 

Bukalapak boleh disebut sebagai pasar bebas yang modelnya sama dengan situs jual beli lainnya, karena semua orang, tanpa syarat - syarat khusus, bisa menjajakan barang dagangannya di situs ini. Tapi ada yang membedakan bukalapak dengan situs jual beli yang lain, yaitu setiap transaksi pembelian semuanya di bukalapak wajib melalui rekening milik bukalapak, atau dengan kata lain transfer pembeli dikirim ke rekening bank PT. Bukalapak, setelah barang sampai di pembeli barulah pedagang mendapatkan uangnya.

Apakah Anda pernah belanja di bukalapak.com? Jika Anda belum pernah belanja melalui situs tersebut, lanjutkanlah membaca Tulisan ini. Hal pertama yang akan saya sampaikan dalam tulisan ini adalah tentang pengalaman saya ketika membeli sebuah item yang dijual oleh salah satu pedagang di bukalapak.com.

Pertama kali menggunakan bukalapak.com, saya hanya membukanya lewat browser. Dan aktifitas itu, browsing barang di bukalapak, baru satu bulan terakhir ini saya lakukan. Jujur saja, Saya baru berniat mendownload aplikasi bukalapak di Google Playstore ketika Saya melihat info lomba blog di halaman utama situs tersebut. Oke, karena penasaran, akhirnya Saya mendownload aplikasi yang bisa dipasang tanpa membayar sepeser rupiahpun alias gratis tersebut, dan langsung menggunakannya saat itu juga untuk berbelanja.

Sekali lagi, jika Anda belum pernah berbelanja melalui bukalapak.com, teruslah membaca tulisan ini sampai tuntas.

Aplikasi bukalapak hanya berukuran 7 MB, jika dipasang di smartphone Android atau iPhone Anda, tentu saja aplikasi ini tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan. Proses installnya pun mudah dan cepat. 7 megabyte tidak terlalu menyedot kuota internet untuk dipakai mendownload aplikasi yang akan membuat Anda jatuh cinta ini. Apalagi jika Anda seorang shopaholic, Anda pasti akan suka menggunakan aplikasi bukalapak di smartphone. Cobalah.

Setelah terpasang, dengan rasa penasaran yang besar, Saya pun langsung menggunakan aplikasi bukalapak untuk belanja sebuah barang.


Proses pembelian barang di situs bukalapak.com memang sangat mudah dan cepat. Apalagi, sekarang ada aplikasi untuk Android dan iOS. Ukurannya yang ringan tidak membuat smartphone Saya yang hanya memiliki random access memori atau RAM sebesar 1 Gb menjadi lag, perpindahan dari satu menu ke menu lainnya terhitung cepat.

Pada tulisan ini, sekali lagi, Saya ingin menunjukkan kepada Anda mengenai pengalaman Saya belanja di bukalapak.com. Tujuan Saya membagikan pengalaman ini adalah agar juragan - juragan semua semakin cerdas dalam berbelanja online dan bisa membedakan mana situs jual beli yang aman dan mana yang kurang aman atau tidak aman. Jangan sampai Anda tertipu hanya karena berbelanja online.

Proses pembelian item atau barang di bukalapak

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum membeli barang adalah mendefinisikan secara spesifik tentang barang yang ingin Anda beli. 

Misalnya Saya ingin membeli sebuah komoditas dengan alasan supaya memenuhi syarat untuk bisa berpartisipasi di kompetisi blog yang diselenggarakan oleh bukalapak.com. Nah, jadilah saat itu Saya menginginkan barang yang murah, biaya kirimnya juga murah, yang penting Saya pernah melakukan pembelian di bukalapak  tahu bagaimana prosesnya, dan tahu bagaimana rasanya belanja di bukalapak.

Teruskanlah membaca sampai selesai supaya Anda tahu alasan kenapa belanja di bukalapak.com itu aman dan tidak membuat was - was.

Oh iya, sebelum membeli, sebaiknya Anda mendownload terlebih dahulu aplikasi bukalapak untuk smartphone melalui perangkat Android atau perangkat iOS Anda. Alasannya adalah membeli melalui aplikasi akan memberikan pengalaman berbeda dibanding melalui browser. Aplikasi bukalapak di android ini ringan, sehingga Saya pribadi menyarankan supaya Anda mendownloadnya jika ingin berbelanja online melalui situs bukalapak.com, seperti yang Saya lakukan ini.

Menginstall aplikasi bukalapak di playstore
Aplikasi bukalapak sudah terpasang
Setelah terinstall, buka aplikasinya dan login terlebih dahulu jika sudah memiliki akun bukalapak. Bagi Anda yang belum memiliki akun bukalapak, Anda bisa membuat atau mendaftarkan sebuah akun untuk Anda terlebih dahulu, caranya mudah dan ga ribet, dijamin.

Login ke akun bukalapak

Setelah login, ayo lanjut berbelanja. Saya sudah mengetahui barang seperti apa yang harus Saya dapatkan, berikut ini poin - poin dari item yang saya cari :

  • Harganya murah
  • Biaya kirimnya juga murah
Karena Saya menginginkan barang yang murah dan biaya kirim yang juga murah, jadi saya melakukan hal seperti di bawah ini, perhatikan screenshootnya.

Pertama, Saya anggap barang yang paling murah bisa Saya dapatkan di kategori Food, lalu diantara sub kategori food itu yang memungkinkan ada makanan dengan harga yang murah adalah di sub kategori Cemilan/Snack. Akhirnya Saya sampai di tahap seperti pada gambar di bawah ini, yaitu di mana Saya memilih sub kategori Cemilan/Snack.


Mudahnya belanja melalui aplikasi bukalapak

Pilih sub kategori Cemilan/Snack
Setelah memilih kategori tersebut, maka akan muncul di layar smartphone Saya seluruh item jenis cemilan/snack dari SELURUH INDONESIA. Sub kategori snack bukalapak memiliki item - item dengan rentang harga mulai dari Rp5.000 - Rp30.000 yang jumlahnya banyak. Ini yang Saya cari, item dengan harga murah.

Setelah mendapatkan snack dengan harga yang sesuai dengan budget saya, maka Saya tinggal mencari item yang ongkos kirimnya juga rendah. Sehingga, hal yang Saya lakukan berikutnya adalah menyeleksi lokasi seller atau pedagang yang berada dekat dengan alamat tempat tinggal Saya. Semakin dekat alamat seller, semakin murah biaya pengiriman. Proses penyeleksian seller tersebut bisa dilakukan menggunakan tombol FILTER yang dicontohkan pada gambar di bawah.

Camilan yang dijual di bukalapak (belum di filter)
Seller yang saya cari adalah seller yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Filter yang saya lakukan untuk menekan ongkos kirim adalah dengan cara mencari seller yang berada dekat dengan Saya. Caranya seperti di bawah ini.

Supaya ongkos kirimnya murah, carilah seller yang berada di Kota yang sama dengan Anda
Saya memilih Provinsi DIY supaya biaya kirim lebih murah


Pilih Semua Kota/Kabupaten

Selesaikan proses filter dengan menekan tombol CARI
Setelah menekan tombol cari, maka akan muncul tampilan layar seperti ini :

Hasil pecarian setelah di filter


Wah, akhirnya muncul snack dengan harga yang lebih murah. Di gambar tersebut Anda lihat kan ada penjual yang menjual snack seharga Rp10.000,-. Yak, betul, di situ ada Basreng yang harganya cuma sepulih ribu saja. Kebetulan, Saya tahu apa itu Basreng, dulu waktu KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Cisurupan, Garut, Saya sempat nyobain snack khas Sunda ini. Karena cocok, akhirnya saya pilih untuk membeli basreng tersebut. Saya klik gambar basrengnya, lalu layar beralih ke tampilan produk seperti di bawah ini.

Gambar lapak basreng bagian atas


Hebatnya bukalapak ini adalah setiap pengguna bisa mengecek biaya kirim terlebih dahulu tanpa memasukkan barang yang akan dibeli ke dalam keranjang belanja. Perhatikan gambar di bawah ini.

Ini lapak penjual basreng setelah Saya scroll layarnya ke bawah
Tuh lihat, Saya bisa cek biaya kirim melalui menu ESTIMASI yang ada di pojok kanan.
Anda bisa cek ongkos kirim dengan cara yang simple seperti ini. Pilihlah sesuai budget atau keinginan Anda


Setelah mendapatkan biaya kirim yang sesuai dengan keinginan Saya, murah tapi cepat sampai, Saya memilih jasa pengiriman snack yang Saya beli menggunakan jasa ekspedisi JNE Reguler dengan biaya pengiriman hanya Rp9.000,- dan waktu pengiriman yang hanya 1 sampai 2 hari saja.

Lanjut ke proses berikutnya. Saya sudah yakin nih srob mau beli camilan/snack dari seller ini. Kalau sudah yakin dan sudah cek biaya kirim sesuai dengan keinginan Anda atau tidak, jika sesuai, klik tombol BELI.

Setelah klik tombol beli, permintaan kita Akan diproses

Setelah mengklik tombol beli tadi, akan ada menu pop up yang muncul. Menu ini muncul untuk memastikan jumlah barang yang ingin Anda beli, satu buah, satu lusin, satu kodi, bebas, Anda bisa pilih sesuai jumlah yang Anda inginkan. Enaknya lagi, Anda juga bisa tahu harganya, jika Anda beli satu, harga satu buahnya akan muncul di layar, begitu juga dengan beli dua, tiga, empat, dan seterusnya.

Setelah memastikan jumlah barang yang Anda beli, lanjutkan pembelian dengan menekan tombol BAYAR TRANSAKSI INI. Lihat gambar.


Tunggu beberapa detik, maka Anda akan masuk ke sistem pembayarannya bagian 1. Pertama, Anda harus memasukkan alamat Anda ke dalam form yang sudah disediakan, karena Saya sudah memiliki akun bukalapak, maka alamat Saya sudah terisi secara otomatis seperti ini. Saya sarankan Anda membuat akun bukalapak supaya mudah untuk berbelanja di lain waktu.

Lanjut dengan scrolling layar ke bawah untuk melihat apa saja menu yang disuguhkan pada halaman isian alamat ini, di bawah form alamat (jika Anda scroll layar ke bawah), Anda bisa meninggalkan pesan ke Seller melalui kotak CATATAN UNTUK PENJUAL seperti yang saya lakukan, Saya meninggalkan pesan kepada penjual seperti ini "kirim ya gan, hohoho".

ini adalah tampilan metode pembayaran bagian 1 setelah di scroll ke bawah

Klik lanjut, lalu Anda akan masuk ke bagian 2 dari sistem pembayaran bukalapak, tampilannya seperti ini :


Metode pembayaran yang disediakan oleh bukalapak sangat bervariasi, bisa melalui BukaDompet, Transfer Bank, Mandiri Clickpay, CIMB Clickpay/rek. Ponsel, BCA KlikPay atau bisa juga bayar via Indomaret. Anda bisa pilih sesuai dengan keinginan Anda, pilih mana yang paling pas. 

Saya sendiri memilih menggunakan metode pembayarang menggunakan bukadompet. Saldo bukadompet tersebut bisa ditopup melalui transfer via atm juga. Nah, kalau saldo bukadompet Saya ini isinya Saya dapatkan karena Saya menjual earphone minggu lalu, duit dari pembeli ditahan oleh pihak bukalapak hingga barangnya diterima oleh si pembeli, setelah si pembeli mengkonfirmasi bahwa barangnya sampai maka tim bukalapak baru akan mentransfer uang dari si pembeli ke Saya. 

Hebatnya, jumlah uang yang Saya terima tidak berkurang waktu itu, Saya terima pas sesuai dengan jumlah yang dibayar oleh si pembeli. Artinya, bukalapak tidak ambil untung dengan memotong uang yang didapat pedagang yang berjualan melalui situs jual beli mereka. Kredit untuk bukalapak atas hal tersebut.

Lanjut lagi ke cerita pengalaman Saya belanja di bukalapak. Setelah memastikan rincian yang ditampilkan di layar sudah benar, maka hal mudah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengeklik tombol LANJUT yang ada di bagian paling bawah layar (lihat gambar sebelumnya). Setelah mengeklik tombol lanjut, tampilan layar akan menjadi seperti ini :

Tampilan layar ketika proses pembelian selesai

Di gambar tersebut ada penjelasan dari bukalapak.com bahwa JIKA barang tidak dikirim oleh pelapak dalam waktu 4 x 24 jam atau 4 hari, maka uang yang kita miliki akan dikembalikan oleh bukalapak.com ke bukadompet milik user.

Belanja online di bukalapak adalah belanja online yang paling aman saat ini di Indonesia karena pembeli melakukan pembayaran melalui rekening bank milik bukalapa jika melalui transfer bank. Artinya, uang Anda tidak langsung sampai ke seller. Seller hanya akan menerima uang setelah barang benar benar sampai ke pembeli.

Selain itu, sebagai pembeli saya juga bisa mengecek pengiriman barang secara realtime dan langsung tanpa perlu mengecek di halaman website kurir yang pembeli gunakan, tapi bisa dicek secara langsung di halaman transaksi di aplikasj bukalapak.com seperti pada gambar berikut :

Anda bisa mengecek status pembelian Anda melalui menu transaksi yang ada di aplikasi bukalapak

Di bagian atas ada 5 lingkaran yang menjadi tanda untuk setiap proses yang berlangsung. Dalam versi saya, saya menyebut lingkaran - lingkaran tersebut sebagai 

Lingkaran pertama : Proses beli sampai bayar
Lingkaran kedua : Sudah dibayar
Lingkaran ketiga : Sudah dikirim
Lingkaran keempat : Sudah diterima pembeli
Lingkaran kelima : Transaksi selesai

Lingkaran tersebut akan berwarna hijau jika proses yang dimaksud sudah terjadi. Karena tahap yang sudah terjadi baru sampai tahap sudah bayar, maka yang berwarna hijau hanya dua lingkaran saja. 

Karena sudah pernah menjual barang, maka Saya bisa cerita sedikit bagaimana lingkaran ketiga bisa menjadi hijau. Lingkaran tersebut akan berwarna hijau setelah seller memasukkan nomer resi ke kotak yang tersedia pada layar transaksi penjualan si penjual. Intinya, setelah nomer resi tersebut dimasukkan maka lingkaran ketiga akan berubah warna menjadi warna hijau, artinya barang pesanan pembeli sudah dikirim oleh si penjual.

Dua tombol paling kanan adalah tombol milik pembeli. Artinya, dua tombol terakhir ini baru akan menjadi hijau setelah pembeli memberikan konfirmasi bahwa barang yang ia beli sudah sampai (lingkaran keempat), dan tombol kelima diakhiri dengan pemberian feedback positif dan negatif yang diberikan oleh pembeli. Setelah memberi feedback ke penjual, barulah warna lingkaran terakhir akan berubah menjadi hijau.


Performa Aplikasi bukalapak.com di Android
Untuk aplikasi yang baru Saya install ini, Saya benar - benar acungkan jempol, dua jempol, untuk bukalapak.com. Pasalnya, ada perbedaan yang besar saat membuka bukalapak melalui browser dan aplikasi. Aplikasi bukalapak sangat ringan digunakan, sangat enak melihat tampilan berubah saat Saya membuat tampilan layar berpindah dari menu ke menu. Tampilannya juga menarik, ukuran thumbnail sangat pas, enak dilihat, menu - menu seperti estimasi juga sangat membantu pembeli dalam menyeleksi pilihan barang yang akan dibeli, hingga menyeleksi seller yang menyediakan biaya pengiriman sesuai dengan budget yang dimiliki pembeli, dan menu filterny juga mudah digunakan oleh pembeli dalam mencari barang sesuai dengan kriteria yang pembeli butuhkan. Overall, secara keseluruhan, aplikasi ini bernilai 4,5 dari 5 bintang.

Anda bisa mendownload aplikasi bukalapak.com untuk Android dan juga iOS. Download aplikasinya di sini

Link download :
Android
iOS

Dan cobalah mengunjungi bukalapak.com melalui browser Anda jika Anda sedang menggunakan komputer pribadi, karena ada diskon menarik dari seller - seller bukalapak.com setiap minggu. Pastikan, jika Anda ingin belanja di pasar horizontal, atau pasar yang terdapat banyak penjual, Anda belanjany hanya di bukalapak.com, karena cuma di situ tempat belanja online yang aman, mudah dan terpercaya saat ini.







Artikel Terkait

21 komentar

Judulnya apa... Yang diceritain apa... Hadeuh... -_-"

Semoga bukalapak selalu update fitur" keren yang bisa membantu penjual dan pembeli.. :)

Judul ama yang diceritain beda, lo plin plan atau gimana?

Buat pemilik website ini maupun penulisnya.. jika mau nulis berita atau artikel usahakan yg relevan. Judul dengan konten yang anda sampaikan sama sekali tidak relevan dan bertele-tele. Jika anda seorang yang dibayar oleh buka lapak untuk mempromosikan aplikasi mereka, lebih baik sampaikan saja seperti itu. Kami para pembaca sangat merasa tidak nyaman membaca konten anda. Memang bermanfaat, tapi sama sekali tidak bermutu. Terimakasih.

Judulnya menjebak, nulis artikel panjang lebar tapi judulnya tidak tepat.. hadeh..

Trik yang bagus bikin orang penasaran, dan akhirnya merasa kecewa :v :v

Bangke juga nih orang hahahahahaa...
Judul nya bikin gue mo maki² bukalapak karena udah buat lo kecewa makan tuh kripik murahan....
Hsahahahahahaaa

ntar kl di bilang goblok sampeyan tsinggung pdahal sy ga da niat bilang goblok tp sampeyan yg mulai dgn halusss

Mungkin ini orang punya dua artikel yang berbeda dengan Blog yg beda juga
yang pertama ingin menjatuhkan BukaLapak dan yang kedua ingin Mengagkat BukaLapak Tapi judulnya ketuker hahahaha
kalau menurut gue secara pribadi saat ini cuma BukaLapak yg memberikan keuntungan baik Pedagang dan pembeli udah gitu aman, gk ribet dan gk ada Deposit saldo 500 ribu untuk pedagang kaya penyedia layanan online shop tetangga sebelah ( gak perlu sebutin nama nanti dianggap menjatuhkan lagi )
masalah kelakuan buruk pedagang hampir semua penyedia online shop di seluruh dunia pasti ada dan banyak

ini yg blog ini kayak kesurupan yach, pas buat judul mungkin lagi kumat trus pas lagi ngetik isinya baru sadar hadeehhh

judulnya memancing orang untuk membaca hadehh

Antara judul dengan isi berlainan. Kalau memang ingin mengenalkan aplikasi androidnya ya. Berikan judul Mudahnya Berbelanja dengan Aplikasi Bukalapak misalnya.

Mudah-mudahan artikel lainnya ga begitu ya mas.

Makasih memang aplikasinya bermanfaat.

bukan cuma pelapak yang ga bener. pembeli pun juga banyak yang ga beres di bukalapak. Hati2 dengan akun " zcalatore " di bukalapak. buyer tidak punya tanggung jawab

This comment has been removed by the author.

Ini yg posting mumet,ngalor ngidul blas gak jelas yang dimaksug,aku ini puluhan kali transaksi bukalapak lewat app semua & sukses semua blm ada kompalain.satu lagi selain bukalapak aku jg gunakan tokopedia dan sama bagusnya .

Cieeee... Jago PHP niiihh... Ceritanya pgn jd penulis tp banyak d bully.. Wkwkwkwkwk...

Saya beri masukan. Klau belanja di lazada sudah transfer tpi blom di vertifikasi
Sebelum habis jam kadaluarsa pembayaran tagihannya. Lakukan hal berikut
1. Buka menu lain di apps lazada
2.informasi
3.hubungi pelapak
4. Cari pembayaran dan pencairan dana
5. Konfirmasi pembayaran trus klik mengapa saya tranfer sesuai tagihan tapi belom tervertifikas
6. Tekan hubungi bukalapak

Dan nanti muncul tanya sebagai buat pembeli. Judul di buat apa yang anda pesan. Detail tulis detail tagihan barang yang anda pesan. Dan jangan lupa lampirkan foto transfer ke bank bukalapak.
Pengalaman saya. Setelah saya kirim di seperti di atas langsung tervertifikas
Semoga berhasik gan.


EmoticonEmoticon