Saturday, 30 January 2016

Full Review Kereta Api Bima beserta video youtube info tiket online dan jadwal

Full Review Kereta Api Bima beserta video youtube info tiket online dan jadwal. Kali ini noyvesto.net akan membahas review tentang Kereta Api Bima. Alhamdulillah saya sendiri pernah menggunakan Kereta Api Bima saat kulakan ke Jakarta tahun 2014 lalu. Waktu itu saya memilih Kereta Bima karena berangkatnya paling malam dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Iya, Kereta Bima adalah kereta terakhir yang berangkat dari Tugu Railway Station.


Full Review Kereta Api Bima beserta video youtube info tiket online dan jadwal


Naik kereta api merupakan pilihan terbaik apabila ingin menempuh perjalanan antar kota dengan tingkat ketepatan waktu datang dan berangkat yang tepat. Kondisi jalan nasional yang belum baik di beberapa titik terkadang menyebabkan macet panjang dan akhirnya memperlama waktu tempuh para pengguna bus dan mobil. Selain itu, menggunakan bus atau travel pun terkadang membutuhkan waktu untuk berhenti di rumah makan karena mobil dan bus tidak memiliki restorasi seperti kereta api, hehehe.

Kali ini noyvesto.net akan membahas review tentang Kereta Api Bima. Alhamdulillah saya sendiri pernah menggunakan Kereta Api Bima saat kulakan ke Jakarta tahun 2014 lalu. Waktu itu saya memilih Kereta Bima karena berangkatnya paling malam dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Iya, Kereta Bima adalah kereta terakhir yang berangkat dari Tugu Railway Station. 

Oke, tanpa panjang lebar, yuk lihat review lengkap tentang Kereta Api Bima melalui review di bawah, ada video youtubenya juga, info tiket serta jadwal perjalanan Kereta Bima.

Full Review Kereta Api Bima beserta video youtube, info tiket dan jadwalnya


Kereta Api Bima edisi Batik
Kereta Api Bima edisi Batik. Foto oleh kereta-api.co.id



Jadwal Kereta Bima

Berbeda dengan kereta ekonomi, kereta eksekutif tidak berhenti di banyak stasiun, begitu juga dengan Kereta Bima. Kereta Bima hanya berhenti di stasiun - stasiun tertentu saja di sepanjang perjalanannya. Kereta Bima melayani rute Malang - Gambir, makanya harga tiketnya begitu mahal yang disebabkan oleh panjangnya rute yang dilalui oleh kereta ini.

Total jarak tempuh perjalanan Kereta Api Bima ini, yaitu sejau 907 kilometer. Kecepatan minimum kereta bima adalah 60kpj dan maksimal 100 kpj. Tidak heran jika kereta ini terlihat kencang sekali jika kita kebetulan melihatnya dalam laju optimalnya di jalan.


Di bawah ini adalah tabel yang berisi jadwal keberangkatan Kereta Bima dari masing - masing stasiun yang dihampiri oleh Kereta Bima ini. Berikut ini jadwalnya :
Jadwal Perjalanan KA Bima Mulai 1 April 2015
StasiunKedatanganKeberangkatan
KA 43/46 (Malang-Surabaya Gubeng-Gambir)
Malang-14.25
Lawang14.4814.52
Sidoarjo15.4915.56
Surabaya Gubeng16.1917.00
Mojokerto17.3617.40
Jombang18.0218.05
Nganjuk18.4018.50
Madiun19.3119.38
Solo Balapan20.5220.58
Yogyakarta21.4522.00
Karanganyar23.2523.27
Purwokerto00.2400.30
Cirebon02.2702.35
Jatibarang03.0503.07
Jatinegara05.1605.18
Gambir05.29-
KA 44/45 (Gambir-Surabaya Gubeng-Malang)
Gambir-16.45
Jatibarang19.0019.02
Cirebon19.3119.38
Purwokerto21.3421.40
Sumpiuh22.2022.28
Kebumen23.0723.16
Kutowinangun23.2523.40
Yogyakarta00.4601.05
Solo Balapan01.5302.00
Madiun03.1603.25
Nganjuk04.0604.08
Jombang04.4304.46
Mojokerto05.0905.12
Surabaya Gubeng05.4806.20
Sidoarjo06.4406.46
Lawang07.4307.47
Malang08.10-

Tiket

Harga tiket Kereta Bima adalah yang tertinggi di antara kereta api lainnya. Hal ini mungkin dikarenakan jarak tempuh Kereta Bima adalah yang terjauh diantara kereta eksekutif lainnya.

Untuk tiketnya, Anda bisa membelinya secara online jika Anda tidak memiliki waktu untuk membeli tiket secara langsung di stasiun kereta api terdekat. Saya sendiri menyarankan supaya Anda membeli tiket secara online karena pemesanan dan pembayarannya cepat dan mudah.

  • Online
Tiket kereta api yang saat ini bisa dipesan tanpa mengharuskan kita ke stasiun memang sangat membantu calon pengguna kereta api. Tak perlu mengantre, bisa sambil duduk atau tidur - tiduran di kasur kita bisa memesan tiket kereta api.

Sebagai kereta api kelas eksekutif dan memiliki harga tiket yang mahal, Kereta Bima bisa dibeli langsung di stasiun pada hari H keberangkatan karena kemungkinan besar tiketnya masih tersedia. Kecuali, jika Anda berkeinginan untuk berangkat di dekat hari libur nasional seperti lebaran, hari raya waisak, natal ataupun long weekend maka Anda perlu memesan jauh - jauh hari supaya tidak kehabisan tiket.

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan tiket online kereta api. Anda bisa memesan tiket lewat situs - situs ini. Berikut daftarnya :


mudahnya memesan  Tiket Kereta Bima jogja gambir
Screenshoot situs dari resmi Kereta Api Indonesia kereta-api.co.id


 


Review Kereta Api Bima Jogja - Gambir

Seperti yang sudah saya ceritakan di awal bahwa saya pernah coba naik kereta bima dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Gambir. Tiketnya memang ke Gambir, tapi kalau ke Jakarta biasanya saya turun di Jatinegara. Selalu. Alasan kenapa saya lebih menyukai turun di Jatinegara jika ke Jakarta yaitu karena Stasiun Jatinegara dekat dengan shelter atau halte TJ, Trans Jakarta. Dari pintu keluar stasiun, ambil kanan, sudah, Anda hanya perlu menaiki tangga jembatan layang yang di bagian tengahnya terhubung dengan halte Trans Jakarta. Itulah alasannya, hehehe.

Kereta Bima. Emm, kalau saya ingat - ingat dulu alasan kenapa saya memilih Kereta Bima untuk ke Jakarta karena jadwal tibanya yang paling siang dibanding kereta lain yang berangkat dari Yogyakarta. Hal ini wajar, karena kereta ini saat itu berangkatnya jam 22.30 Waktu Indonesia Barat, paling terakhir berangkat dari Stasiun Tugu, jadi wajarlah kalau kereta ini sampai paling siang di Jakarta.

Interior Kereta Bima tidak jauh beda dengan kereta eksekutif lainnya. Sama seperti kereta eksekutif lain, Kereta Bima juga memiliki tempat duduk model single seat. Kalau foto yang ada di bawah, itu bukanlah foto dari interior Kereta Bima, foto tersebut hanya sebagai ilustrasi saja, hehehe. Tapi tenang, isinya tidak jauh beda kok dengan yang ada di foto ini, paling - paling yang berbeda hanyalah warna kursinya saja.

Kereta eksekutif terkenal dengan tempat duduknya yang lapang, sehingga membuat penumpang nyaman untuk melewati waktu - waktu perjalanan di atas kereta. Yang paling membedakan kereta eksekutif dengan kereta lainnya adalah tingkat kebisingan yang rendah. Kereta kelas eksekutif dari PT. Kereta Api Indonesia--termasuk Kereta Bima--memiliki kadar polusi suara yang lebih kecil dari kelas lain. Ini pasti karena setiap bagian celah kereta yang tertutup dengan sangat rapat dan baik.

Dari dalam kereta, penumpang bisa melihat pemandangan yang indah di luar sana dengan cukup lapang. Kereta ini memiliki jendela yang besar, sehingga membuat mata penumpang lebih leluasa dalam melihat ke luar. Kalau naik kereta saya paling suka duduk di dekat jendela. Di perjalanan siang hari, menghabiskan waktu di atas kereta dengan melihat pemandangan di luar sangatlah menyenangkan, hehehe. Tapi, waktu menaiki Kereta Bima itu kan perjalanannya malam hari, jadi saya lebih memilih tidur dan tidak perduli apakah duduk di dekat jendela atau di dekat lorong.

Interior Kereta Api Eksekutif. Foto oleh : kereta-api.co.id
Kereta eksekutif memiliki toilet yang lebih baik dari kereta kelas bisnis dan ekonomi. Saya paling suka toilet yang ada di KA Argo Parahyangan. Toiletnya bersih, rapih. Argo Parahyangan memiliki toilet duduk, wastafle keramik dan kaca yang lebar. Namun, karena KA Argo ini dalam sekali ada banyak sekali keretanya, jadi belum tentu Anda menemukan toilet seperti yang saya ceritakan barusan. Untuk toilet kereta Bima, kurang lebih sama seperti kereta eksekutif lainnya.

Jika ingin memesan tiket kereta kelas eksekutif, termasuk Kereta Bima, pesanlah tiket jauh - jauh hari. Ini dikarenakan harga tiket yang lebih murah dibanding jika kita memesan mendekati hari keberangkatan. Sejak dirombak oleh Pak Jonan, PT. KAI memberlakukan sistem tarif yang bervariatif dari sisi harga. Ada yang murah, menengah dan mahal. Secara psikologis, ketika seseorang memesan tiket kereta api pasti orang tersebut memilih tiket yang harganya lebih murah, nah, dengan demikian orang yang memesan belakangan akan mendapatkan harga sisa, yaitu harga yang paling mahal. Jadi, belilah tiket kereta api--kelas apapun--jauh - jauh hari.


Video Youtube

Video youtube Kereta Api Bima ini adalah video dari para traveller kereta api yang noyvesto.net kumpulkan dari situs youtube.

oleh mas Wanda Fathoni Putra Dengan judul "Interior Kereta Api Eksekutif Bima Surabaya - Malang pp"




yang cukup lengkap ada video berjudul "[TripReport]Naik Kereta Api Eksekutif Bima" oleh masTri Bayu priangga yang isinya cukup panjang. Ada video cabin view dan outdoor view dari dalam kabin Kereta Api Bima.

Dua video ini cukup kok untuk mengurangi rasa penasaran Anda tentang interior Kereta Api Bima. Bagi Anda yang ingin menjajal Kereta Bima, video review dari mas - mas yutubers ini--Mas Tri Bayu Priangga dan mas Wanda Fathoni Putra--bisa menjadi gambaran awal Anda.

Dengan selesainya Anda membaca tulisan ini sampai poin video review di atas, berarti berakhirlah pula review tentang Kereta Api Bima dari noyvesto.net. Untuk sahabat yang tinggal di Yogyakarta, Kereta Bima sangat bagus untuk diandalkan jika sahabat ingin ke Jakarta dan baru bisa berangkat di atas jam sepuluh malam.


baca juga : 

Full Review Kereta Api Bima beserta video youtube info tiket online dan jadwal

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon