Friday, 1 January 2016

Keseimbangan antara kerja keras dan bersosial, sulit namun bukan berarti tidak bisa

Keseimbangan dalam hidup, seperti apa keseimbangan hidup yang dimaksud di sini? Keseimbangan yang dimaksud di sini adalah seimbang antara bekerja dalam usaha menggapai cita - cita dan berhubungan sosial. Ada sebuah kecenderungan yang akan dialami oleh hampir kebanyakan orang ketika membawa dirinya bekerja ekstra keras, kecenderungan tersebut adalah terbengkalainya hubungan dengan orang lain.

Ada sebuah aturan yang harus dipegang oleh setiap pemenang. Aturan tersebut adalah "tidak menyalahkan keadaan ataupun orang lain". Yap, Anda harus memegang prinsip tersebut jika ingin mengubah hidup Anda menjadi lebih baik hari demi hari. Kita adalah pemegang kontrol dari setiap keadaan atau kondisi yang kita alami. Mulai dari situasinya sampai level emosi kita sendiri.

Lalu, apa hubungannya hal tersebut dengan keseimbangan? Pada dasarnya setiap pemenang memegang erat prinsip penuh daya tersebut karena pastilah mereka sadar bahwa setiap kejadian yang mereka alami dalam kehidupan ini berada dalam kontrol mereka.

Ketika orang terdekat Anda marah, sebal, ataupun terganggu dengan aktifitas Anda yang menyebabkan Anda seperti lupa kepada orang terdekat Anda tadi, Anda harus mendengarkannya, 

Oh iya, ketika menulis artikel ini saya bukanlah orang yang sudah bisa dengan baik mengatasi masalah seperti ini. Justru, saat ini saya sedang berusaha keras memperbaiki diri saya, mengevaluasi tindakan saya yang menyebabkan munculnya ketidakseimbangan ini. Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengedukasi diri saya sendiri, karena biasanya saya menjadi lebih paham ketika menulis.

Anda mungkin akan berada dalam situasi di mana orang terdekat Anda memprotes kesibukan Anda yang sudah berlebih. 31 Desember 2015 atau tadi malam tepatnya, saya tertarik untuk melihat profil Elon Musk di internet. Dengan mengetikkan nama Elon Musk pada kotak pencarian google akhirnya saya mendapatkan halaman pertama yang berisi informasi tentang nama tersebut. Wikipedia berada paling atas.

Karena reputasi wikipedia yang sudah diakui akhirnya saya memilih mengunjungi website tersebut untuk membaca profil Elon Musk. Elon merupakan sosok luar biasa, ia merupakan seorang serial entrepreneur yang bekerja super keras setiap harinya, hal tersebut terbukti dengan rangkaian prestasinya dalam mengorbitkan startup buatannya menjadi settle. Hebatnya seorang serial entrepreneur adalah mereka menjalankan startup sampai settle dan masing - masing startup bisa saja berbeda disiplin ilmu, yang artinya Anda harus belajar hal baru ketika membuat startup baru.

Inilah Elon Musk, Tony Stark dalam dunia nyata. Elon merupakan pendiri PayPal, x.com, Space X, Tesla Motors, Solar City dan Hiperloop. Masing - masing bisnis ini memiliki latar belakang disiplin ilmu berbeda. Mulai dari yang berbasis teknologi internet, desain grafis, pemrograman komputer dan web, yang di sini ada Paypal dan x.com. Lalu ada lagi ilmu aeronautika yang berkaitan dengan teknik mesin, fisika serta ilmu kedirgantaraan dan antariksa, ini untuk Space X. 

Setelah Space X ada Tesla Motors, sangat keteknikmesinan dan keteknikelektroan. Dan sisanya mungkin bisa Anda cari sendiri di google tentang Solar City dan Hiperloop. Elon dikenal sebagai sosok yang senang membaca, ketika menjalankan startup baru bisa dipastikan ia memperlajari dengan tekun disiplin ilmu yang menunjang startupnya tersebut. Orang gila! iya, orang ini benar - benar extra ordinary. Luar biasa.

Di kotak ringkasan bagian kanan dari situs wikipedia ada data diri Elon dan beberapa daftar orang terdekatnya. Nah, ini yang disayangkan. Pada bagian tersebut ditulis bahwa Elon pernah menikah sebanyak dua kali, dua - duanya berujung perceraian. Saat ini Elon diketahui belum menikah untuk yang ketiga kalinya.

So what? This is Elon, not You? Not me, right? Yap, benar. Ada Bill Gates, Jack Ma, Mark Zuckerberg dan mungkin masih banyak lagi contoh lainnya. Ketika Anda mendengar nama ini, apakah Anda berpikir bahwa mereka adalah orang yang santai, punya waktu banyak dan bisa hidup enak tanpa perlu bekerja keras? Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena mereka adalah orang yang sama seperti Elon Musk, sama - sama pekerja super keras (Superhard Worker). 

Meski sudah memiliki pengakuan dari seluruh dunia bahwa mereka adalah salah satu dari sekian orang - orang dengan predikat "terkaya di dunia" versi majalah forbes, mereka bukanlah orang - orang yang suka bersantai. Kebiasaan mereka, rutinitas pemenang mereka sewaktu membangun bisnisnya di awal - awal tidak serta merta hilang ketika mereka telah mendapatkan kekayaan. Mereka tetap bekerja keras, karena kerja keras telah menjadi kebiasaan dari mereka, sudah di luar kepala.

Selain Elon Musk, mereka adalah orang - orang hebat, orang - orang yang seimbang. Bisa juga disebut beruntung, yap, mereka memiliki pasangan yang mengerti mereka. Mellinda Gates, Priscillia Zuckerberg? Yap, Anda boleh mengatakan mereka (Bill Gates dan Zuckerberg) beruntung.


Pernahkah Anda mendengar istilah wanita karir? Umumnya ketika mendengar kata wanita karir kita akan membayangkan seorang wanita yang semangat bekerja, hidup untuk bekerja, tetapi belum menikah, tidak memiliki suami (janda), ataupun sudah menikah tetapi anak - anaknya tidak diurus dengan baik. Iyap, itulah yang disebut wanita karir, secara otomatis kita membayangkan hal tersebut ketika mendengar istilah wanita karir, meskipun tidak setiap wanita karir seperti demikian.

Tapi fenomena ini sangat pas untuk menggambarkan keseimbangan hidup. Setujukah Anda dengan pendapat bahwa seorang pekerja keras sangat fokus menyelesaikan pekerjaannya? Harusnya iya, karena ada orang - orang seperti ini di dunia, pasti ada orang - orang yang bekerja dengan passion, sungguh - sungguh, bekerja untuk jangka waktu lima tahun sepuluh tahun. Seperti nama - nama yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, hidup tidak seimbang bukanlah satu - satunya pilihan sekalipun Anda adalah seorang pekerja keras. Kita selalu bisa memilih pilihan terbaik dalam hidup ini. Jika ada pilihan untuk bekerja super keras dan bisa berbagi kehangatan dengan keluarga dan orang lain, kenapa tidak?

Keseimbangan itu sulit, tetapi sulit bukan berarti tidak bisa. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon