Wednesday, 20 January 2016

Kisah Keberhasilan Besar Bapak Soichiro Honda

Sepeda motor pertama yang diproduksi Honda dan dilepas ke pasar ( foto atas). Soichiro Honda dan motor ciptaannya (foto bawah). foto : arsip japanesestation.com
kisah soichiro honda

Kisah ini dikutip dari buku Awaken The Giant Within karya Antony Robbins. Semoga menjadi bahan pelajaran yang baik dan penambah inspirasi bagi sahabat - sahabat semua. kisah soichiro honda

Seperti semua perusahaan, sebesar apapun, Honda Corporation memulainya dengan keputusan dan sebuah keinginan besar untuk mencapai sebuah hasil. kisah soichiro honda

Pada 1938, Ketika masih sekolah, Soichiro Honda mengambil semua yang dimilikinya dan menggunakannya untuk mendirikan sebuah bengkel kecil tempat dia mulai mengembangkan konsep cincin piston miliknya. Dia ingin menjual karyanya ke Toyota Corporation, sehingga dia bekerja siang dan malam, lengannya berlepotan minyak pelumas, tidur di bengkel, selalu percaya bahwa dia bisa menghasilkan sesuatu. Dia bahkan menggadaikan perhiasan istrinya untuk mempertahankan usahanya. Namun, ketika akhirnya dia menyelesaikan cincin piston tersebut dan menunjukkannya ke Toyota, dia diberi tahu kalua cincin piston tersebut tidak memenuhi standard Toyota. Dia kembali bersekolah selama dua tahun, di sana dia mendengar tawa terbahak – bahak para guru dan temannya ketika mereka membicarakan tentang betapa aneh rancangannya. kisah soichiro honda
kisah soichiro honda
Namun, bukannya memusatkan perhatian pada pengalaman yang menyakitkan hati tersebut, dia memutuskan untuk terus memusatkan perhatian pada cita – citanya. Akhirnya, setelah dua tahun, Toyota memberi Mr. Honda kontrak yang diimpikannya. Hasrat dan keyakinannya terbayar karena dia tahu apa yang diinginkannya, kemudian bertindak, tahu apa yang berhasil, dan terus mengubah pendekatannya sampai dia mendapatkan apa yang diinginkannya. Kemudian muncul masalah baru.
kisah soichiro honda
Pemerintah Jepang sedang bersiap – siap untuk perang dan mereka menolak untuk memberikan beton yang diperlukan untuk membangun pabriknya. Apakah dia berhenti sampai di sana? Tidak. Apakah dia memusatkan perhatiannya pada betapa tidak adilnya kejadian ini? Apa ini berarti impiannya telah sirna? Sama sekali tidak. Sekali lagi, dia memutuskan untuk memanfaatkan pengalaman tersebut dan mencari strategi lain. Dia dan timnya menemukan proses untuk membuat beton mereka sendiri dan kemudian membangun pabrik mereka. Selama perang, pabrik itu dibom dua kali sehingga menghancurkan sebagian besar peralatan produksi. Tanggapan Honda? Dengan cepat dia mengumpulkan timnya dan mengambil kaleng bensin tambahan yang telah dibuang oleh pesawat tempur Amerika Serikat. Dia menyebutnya “Hadiah dari Presiden Truman” karena mereka menyediakan bahan baku yang dibutuhkannya untuk proses produksi—bahan baku yang tersedia di Jepang pada saat itu. Akhirnya, setelah bertahan melalui semua ini, gempa bumi meratakan pabriknya dengan tanah. Honda memutuskan untuk menjual produksi pistonnya kepada Toyota.
kisah soichiro honda
Da adalah pria yang mengambil keputusan bulat untuk berhasil. Dia memiliki hasrat yang besar dan keyakinan pada apa yang sedang dilakukannya. Dia memiliki strategi yang hebat. Dia mengambil tindakan besar. Dia terus mengubah pendekatannya, tetapi dia tetapp tidak mendapatkan hasil yang diinginkannya. Namun, dia memutuskan untuk tetap gigih.
kisah soichiro honda
Setelah perang, kelangkaan bensin besar – besaran menimpa Jepang dan Mr. Honda bahkan tidak dapat mengendarai mobilnya untuk membeli makanan bagi keluarganya. Akhirnya, dalam keadaan putus asa, dia mengikatkan sebuah mesin kecil ke sepedanya. Selanjutnya, para tetangganya bertanya apakah bisa membuat “sepeda bermesin” untuk mereka. Satu per satu mereka ikut menggunakan sepeda bermesin sampai dia kehabisan mesin. Dia memutuskan untuk membangun pabrik yang memproduksi mesin untuk penemuan barunya, tetapi sayangnya dia tidak memiliki modal.
kisah soichiro honda
Seperti sebelumnya, dia memutuskan untuk mencari jalan apapun itu! Jalan keluarnya dalah dengan memohon bantuan kepada 18.000 pemilik took sepeda di Jepang dengan menulis surat pribadi kepada mereka. Dia mengatakan kepada mereka bahwa mereka ikut berperan dalam membangun kembali Jepang melaluai gerakan yang dapat diberikan oleh penemuannya dan meyakinkan 5.000 di antara mereka untuk memberikan modal yang dibutuhkan. Namun, sepeda motornya hanya dijual kepada sebagian besar para penggemar berat sepeda karena sepeda motor itu terlalu besar dan memakan banyak tempat. Jadi, dia melakukan penyesuaian terakhir dan membuat sepeda motor yang lebih ringan dan kecil. Dia menamakannya “The Super Cub” dan berhasil dalam “satu malam,” sehingga membuatnya mendapatkan penghargaan Kaisar. Kemudian, dia mulai mengekspor sepeda motornya ke generasi tua Eropa dan Amerika Serikat. Dilanjutkan pada tahun tujuh puluhan dengan mobil yang menjadi sangat terkenal.
kisah soichiro honda
Saat ini, Honda Corporation mempekerjakan lebih dari 100.000 orang baik di Amerika Serikat maupun Jepang dan dianggap sebagai salah satu pabrik mobil terbesar di Jepang, yang penjualannya mengalahkan semua pabrik mobil kecuali Toyota di Amerika Serikat. Perusahaan tersebut berhasil karena satu pria memahami kekuatan dari sebuah keputusan yang benar – benar berkomitmen yang dilaksanakan terus menerus, apapun kondisinya.

kisah soichiro honda
Honda jelas mengetahui bahwa terkadang ketika Anda mengambil keputusan dan bertindak, dalam jangka pendek mungkin kelihatannya tidak berhasil. Agar berhasil, Anda harus memiliki fokus jangka panjang.
kisah soichiro honda

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon