Sunday, 24 January 2016

Tips - tips pendukung cara belajar gitar dengan cepat versi wikihow



Artikel ini adalah lanjutan dari Cara Belajar Gitar dengan Cepat versi wikihow dan merupakan pendukung dari artikel tersebut. Jika sahabat belum membaca artikel tadi, silahkan sahabat membaca artikel itu lebih dulu agar sahabat bisa mengambil manfaat dari artikel ini dengan lebih optimal.

Setelah mengetahui langkah demi langkah cara belajar gitar dengan cepat versi wikihow tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait proses belajar yang akan sahabat lakukan. Ada tips dan peringatan yang harus sahabat perhatikan. Poin - poinnya akan dijabarkan di bawah ini. 

baca juga : Lirik Lagu Yogyakarta dari Kla Project. Apa yang istimewa?

Tips

  • Dibanding berlatih di sesi yang lama tapi jarang, lebih baik di sesi yang pendek tapi sering. Otak Anda akan mampu mengingat kunci dan pola lebih cepat dan akan lebih mudah bagi jari Anda jika Anda baru mulai.
  • Bayar lebih untuk gitar bagus. Jika Anda mencari gitar pertama Anda, tapi Anda tidak yakin soal waktu bermain Anda atau berlatih, belilah yang murah dulu. Setelah Anda lebih yakin dan lebih mahir, belilah gitar yang lebih bagus. Beberapa gitar bisa saja memiliki kualitas yang parah yang membuat Anda tidak menikmati bermain gitar. Hal seperti jarak dari senar dan papan fret itu penting.
  • Pelajari cara berbeda untuk mengecek apakah yang Anda mainkan fals atau tidak. Butuh waktu untuk itu.
  • Coba cari video belajar gitar dari situs seperti TocarGuitar YouTubeSongsterr, danultimate Guitar
  • Jangan terlalu keras dengan diri Anda jika kunci Anda salah. Ingat, ini baru pertama. Pelan-pelan saja dan akan segera menguasainya.
  • Jika Anda punya program pengedit audio seperti GarageBand or Audacity, Anda bisa memilih bagian tertentu dari lagu untuk memaikan bagian itu saja. Ini membantu proses belajar Anda.
  • Ganti senar Anda secara reguler, mungkin tiap bulan jika Anda berlatih tiap hari. Anda akan terkagum dengan peningkatan dari suara yang dihasilkan.
  • Jika Anda punya teman yang lebih mahir bermain gitar, coba bermain bersamanya seminggu sekali. Meski dia lebih hebat, Anda akan bisa mengurangi waktu normal yang biasa diperlukan untuk belajar dengan bermain bersamanya, melihat dan mempelajari cara bermainnya.
  • Jika Anda ingin sumber belajar tambahan, Anda bisa pergi ke perpustakaan dan mencari beberapa buku.
  • Coba rekam sesi latihan Anda untuk mengecek progres belajar Anda. Ketika Anda tidak mungkin tidak menyadari secara langsung perbedaanya, Anda akan bisa melihat itu dalam waktu pendek.
  • Kumpulkan tablature dari artis yang berbeda. Anda bisa mencari tab gratis di internet. Tulis judul lagunya, penyanyi, dan kata “guitar tab” di kolom pencarian. Anda akan punya banyak pilihan. Tidak peduli genre apapun, selama Anda menikmatinya, mainkan saja.
  • Gunakan senar nylon sampai jari Anda cukup kuat untuk bermain senar logam.
  • Bernyanyilah! Atau minta teman yang bisa bernyanyi. Ini akan membantu ritme dan pendengaran Anda. Jika Anda bermain bersama gitaris lain, jangan sekedar menirukan apa yang mereka mainkan.
  • Mudah untuk mempelajari dasar bermain sendiri. Tapi akan tiba saatnya Anda membutuhkan seorang instruktur. Artikel ini hanya untuk memulai belajar, bukan untuk mengatakan bahwa instruktur itu tidak penting.
  • Pilih lagu untuk berlatih secara strategis. Satu sumber yang mengajarkan ini adalahNobsguitar Newsletter. Ada cara berbeda untuk meningkatkan permainan Anda melalui pemilihan lagu, kebanyakan termasuk mencoba memasukkan tehnik dari satu lagu ke lagu lain. Pilih bagian yang Anda suka, bagian yang bisa Anda mainkan, dan bagian yang menantang skil Anda.
  • Ambil catatan tentang bagaimana perasaan Anda dan sebagus apa Anda bermain setiap latihan. Jika Anda berlatih setiap hari, Anda akan melihat perbedaan besar.
  • Jika Anda kidal Anda perlu berpikir lebih hati-hati saat memilih gitar. Gitar kidal akan lebih natural bagi Anda, dan mungkin saja itu pilihan yang tepat. Bagaimanapun jika Anda memilih gitar biasa, akan lebih banyak pilihan dan lebih mudah untuk belajar dari orang lain. Pertimbangkan dulu sebelum membuat pilihan Anda.

Peringatan 

  • Jangan malu untuk bermain di depan orang lain, gitaris yang lebih hebat. Mereka pernah memilki skil seperti Anda, dan mereka mengingatnya. Mereka juga suka berbagi dan pamer ke pemain baru.
  • Bermain gitar bisa membuat jari Anda menderita. Anda bisa meletakkan es di semangkuk air dan rendam jari Anda disitu selama semenit atau sekedar siram air dingin ke jari Anda. Hal ini akan mencegah lepuh dan mempercepat tumbuhnya kapal.
  • Beli penyetem gitar elektrik, Anda bisa menghemat banyak senar dan hati-hati saat menyetem, terutama sinar pertama.
  • Sebelum memberli, mainkan banyak gitar yang berbeda di toko gitar. Toko ini biasanya memiliki ratusan gitar. Jangan tertekan untuk membeli sesuatu yang tak ada pilihan, penjualan memaksa, atau malu bermain di depan orang.
  • Jangan Pernah memakai senar logam di gitar klasik, ini tidak akan menahan tensi dari senar lgam. Ada yang akan tertekuk atau putus, leher, atas, atau jembatan. Badan itu dibangun dengan beda dan tidak bisa saling mengganti. Anda bisa memakai senar “slik & stell” di gitar yang bersenar logam, tapi itu akan terdengar lebih lembut, dan kurang bagus.
  • Awasi sudut dari pergelangan kiri Anda. Karena Anda belajar sendiri, tidak ada guru yang mengatakan bahwa Anda memegang pergelangan dengan salah. Jika Anda menekuknya terlalu banyak, Anda bisa mencederai diri sendiri. Tahan itu lurus! Jika Anda tidak yakin dengan itu, tunjukkan tehnik Anda pada orang yang lebih berpengalaman dan tanyakan soal posisi pergelangan Anda.
  • Untuk mencegah tangan fret Anda cedera, pastikan kapal Anda dicek. Ambil papan penyangga ke tangan Anda seminggu sekali. Menyangga dan mengisi kapal Anda itu penting. Berjalannya waktu, bagian terluar dari kulit akan mengelupas. Sangat penting pada saat itu untuk menyangga kapal, atau Anda berisiko senar terjebak di kapal Anda saat berganti kunci.

referensi : wikihow.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon