Friday, 15 January 2016

Pengaruh template blog ke jumlah visitor

Beberapa waktu lalu, tepatnya 25 Desember 2015 saya memutuskan untuk mengganti template blog saya ke template baru seperti yang Anda lihat saat ini. Mengubah template blog merupakan hal yang memakan waktu, sehingga cukup membuat dilema saat memutuskan untuk mengganti template atau dibiarkan saja. Template yang saya gunakan saat ini adalah template pertamax blue dari kang rian. Alhamdulillah ada yang gratisan tapi bagus seperti ini.

Kang rian memperbolehkan pengguna template ini untuk menghapus kredit yang ada di footer template. Syaratnya mudah, pengguna hanya perlu membayar 50 ribu rupiah sebagai royalti atas template yang bagus ini. Menurut saya, harga tersebut sangatlah murah untuk template sebagus ini. Bagus karena tampilannya bisa menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pembaca, sehingga navigasi dan membaca blog menjadi nyaman bagi pengunjung.

Saya sendiri sampai artikel ini dipublish memang masih belum bisa menghilangkan link ke kang rian karena memang sayanya yang belum membayar royalti untuk template ini. hehehe. Sudah ada rencana untuk membayarnya, supaya bisa dihilangkan kreditnya, tapi belum sekarang, adalah nanti waktunya. Yuk masuk ke materi yang akan kita bahas, yaitu pengaruh template blog ke jumlah visitor.

Template atau desain tampilan website itu ternyata memiliki pengaruh yang besar juga terhadap jumlah pengunjung yang datang ke website kita. Hal tersebut bisa Anda lihat melalui screenshot di bawah. Screenshot tersebut adalah screenshot statistik blog noyvesto.net dari Desember sampai Januari 2016.

Pengaruh utamanya adalah dari struktur template itu sendiri. Struktur template yang saya maksud adalah letak judul yang berada di awal tulisan, berulang setelah tulisan, terdapat di tab browser, dll. Intinya judul dari tulisan berulang terlihat di satu halaman, atau berada di banyak lokasi dalam satu halaman.

statistik blog noyvesto.net Desember - Januari

Selain struktur, kecepatan loading halaman juga mempengaruhi jumlah pengunjung di blog atau website. Hal ini dikarenakan kecepatan loading setiap perangkat handphone atau komputer masing - masing orang yang berbeda - beda. Semakin cepat loading sebuah halaman website untuk kecepatan internet yang paling lambat, maka jumlah pengunjung website tersebut pasti akan ramai.

Artinya, setiap orang dengan kecepatan akses internet yang beragam akan merasa nyaman saat masuk ke website yang memiliki tampilan web yang ringan dan dinamis.

Desain tampilan juga memiliki pengaruh loh. Pengaruh tampilan ini terletak pada kenyamanan mata saat membaca isi blog atau website. Tahukah Anda bahwa hampir semua website atau blog dengan kunjungan yang mencapai ratusan ribu per hari memiliki tampilan yang berwarna putih polos dengan warna tulisan hitam yang mudah terbaca dan nyaman di mata? Cobalah perhatikan website authorized seperti detik.com, bola.net, dan lain - lain, pasti tampilan belakangnya berwarna putih. Betul bukan?

Kenyamanan mata pengunjung blog juga diperhatikan oleh setiap pemilik website loh ternyata. Ga heran kalau ternyata blognya jadi ramai dikunjungi.

Dari penjabaran di atas, bisa disimpulkan bahwa jika sebuah blog memperhatikan hal - hal di bawah ini, maka jumlah visitornya akan bertambah. Hal - hal yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  • Kenyamanan mata
  • Kecepatan loading halaman
  • Struktur

Tiga hal tersebut secara langsung memang mempengaruhi jumlah kunjungan. Namun, jangan lupa bahwa google panda, algoritma terbaru google, menghitung juga lamanya sebuah halaman dibaca oleh pengunjung, yang berarti kualitas konten adalah hal yang paling menentukan dalam akuisisi pengunjung blog ataupun website. Semakin lama halaman website dibuka, berarti halaman tersebut berisi informasi yang bermanfaat, penting, dan tulisannya enak dibaca sehingga orang lain betah berlama - lama membaca halaman tersebut.

Di luar konten yang baik dan berkualitas top, template website juga memiliki pengaruh terhadap jumlah kunjungan, seperti yang dijabarkan dalam tulisan ini. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon