Wednesday, 3 February 2016

Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya

Saat ini penggemar sepak bola tidak hanya senang melihat pertandingan langsung tim kesayangannya, beberapa dari mereka terkadang merasa tertarik untuk melihat statistik lengkap pertandingan yang sudah dilihatnya.

Dahulu, statistik pertandingan sepakbola tidak bisa diakses oleh semua orang. Hal ini dikarenakan memang belum adanya website yang bisa diakses oleh publik terkait statistik pertandingan sepakbola.

Sekarang Anda ataupun saya bisa melihat statistik lengkap tentang dunia sepakbola melalui sebuah website bernama WhoScored.

Ya, whoscored adalah sebuah portal web yang berisi data statistik pertandingan sepakbola dari seluruh dunia.

Di website tersebut ada statistik dari 500 kompetisi, 10.000 tim dan 100.000 pemain sepakbola dari seluruh dunia.

Liga Indonesia memang belum ada  di sana. Tapi, jika Anda memiliki tim kesayangan berasal dari luar negeri, maka Anda bisa melihat statistik tim kesayangan Anda beserta pemainnya di website yang satu ini.

Supaya sahabat tahu seperti apa sih whoscored.com ini, yuk lihat review saya saat melihat statistik dari tim kesayangan saya, Manchester United dan Anthony Martial, berikut ini.

Review whoscored.com sebagai portal tatistik sepakbola terlengkap

Di bagian akhir tulisan ini saya akan memberikan Anda direct link menuju ke website yang reviewnya sedang kita bahas ini. Usahakan Anda membaca review ini hingga selesai, barulah menuju ke whoscored.

Oke. Whoscored memiliki website yang sangat update. Sebelum dan sesudah pertandingan website ini menampilkan poster besar, tepatnya empat poster besar terkait pertandingan yang akan berlangsung.

Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 1. Tampilan home dari whoscored.com
Nah, pada gambar 1 di atas ada poster hasil pertandingan Arsenal vs Southampton dengan Alexis Sanchez dan Sadio Mane sebagai model dan stadion Emirates Arsenal sebagai latar.

Tampilan tersebut akan selalu update sesuai dengan pertandingan yang akan berlangsung.

Setahu saya poster yang ditampilkan hanya tim - tim besar eropa saja yang sering mejeng di home page tersebut.

Baca juga : Mau lihat tayangan ulang pertandingan fullmatch tim kesayangan Anda? Ini websitenya

Kalau tim - tim dari liga di Amerika Serikat dan Portugal sepertinya jarang ditampilkan di halaman utama.

Di bawah ini saya ingin menunjukkan kepada sahabat saat saya sedang mencari informasi statistik dari Manchester United.

Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 2. Halaman statistik Manchester United
Dari gambar 2 di atas saya bisa melihat tampilan halaman statistik Manchester United. Anda bisa melihat history seluruh pertandingan dalam satu musim dengan mengklik tab Fixtures yang berwarna hijau di sebelahnya tab Summary.

Kotak sebelah kanan berisi statistik Manchester United seperti tingkat kedisiplinan pemain (jumlah kartu merah dan kuning), goal rata - rata per pertandingan, akurasi passing, dan masih banyak lagi seperti yang tertera di gambar 2.

Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 3. Karakter Manchester United di whoscored
Whoscored juga merangkum karakter dari sebuah klub terkait bagaimana gaya permainan yang dimainkan dalam setiap pertandingan. 

Uniknya, whoscored juga merangkum kekuatan dan kelemahan sebuah tim. Seperti pada gambar 3 yang menunjukkan bahwa Manchester United memiliki kelemahan pada duel - duel di udara.

Statistik tersebut sepertinya dikalkulasi dari jumlah duel yang dimenangkan oleh pemain Manchester United yang sudah dilakukan dalam satu musim ini.

Jika musim depan sebuah klub berganti pelatih, yang biasanya gaya permainan timnya juga ikut berubah, maka data pada gambar 3 tersebut akan diperbarui.

Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 4. Anda juga bisa melihat ringkasan pemain terbaik dari sebuah tim
Jika Anda ingin mengetahui siapa pemain terbaik saat ini di tim kesayangan Anda, Anda bisa melihatnya di Team Top Players.

Seperti pada gambar 4 yang berisi daftar 5 pencetak goal terbanyak sementara dalam satu musim, pemain dengan tingkat agresifitas tertinggi (pengoleksi kartu kuning dan merah terbanyak), penampilan terbanyak dalam semusim dan masih banyak lagi.

Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 5. Anda pun juga bisa melihat rangkuman formasi terbaik dari tim kesayangan Anda

Lalu, ada pula yang namanya rangkuman formasi terbaik. Ini disusun berdasarkan capaian kemenangan yang didapatkan sebuah tim apabila pemain - pemain di dalam the best formation ini bermain.
Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 6. Daftar pemain, lengkap dengan statistik

Selanjutnya ada rangkuman secara keseluruhan statistik dari para pemain dalam sebuah klub. Anda bisa mengurutkannya sesuai dengan data yang Anda inginkan.


Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 7. Halaman statistik Anthony Martial
Pada gambar 7 di atas Anda bisa melihat laman statistik dari Anthony Martial. Pada bagian yang ditunjukkan oleh gambar 7, bagian tersebut adalah bagian profil dari Martial.

Data seperti nama pemain, usia, tanggal lahir, tinggi dan berat badan, negara asal pemain dan posisi yang mampu diperankannya.



Mau Lihat Statistik Lengkap tentang Sepakbola? Ini dia websitenya
gambar 7.  Ada pula ringkasan karakter pemain dan kontribusinya di pertandingan terakhir

Nah, bukan cuma karakteristik tim saja. Ternyata whoscored juga merangkum karakteristik pemain. Anthony Martial menurut whoscored memiliki kehebatan dalam hal dribbling dan asist.

Gaya bermain Anthony Martial juga dijabarkan, seperti suka mendribble bola, suka bermain dengan umpan - umpan pendek dan sering dijatuhkan oleh lawan.

Apa yang ditampilkan whoscored tentang gaya bermain Martial menurut saya semuanya benar, karena Martial memang suka menggiring bola dari sisi kiri dan kanan, dan senang bermain umpan - umpan pendek.

Bagaimana dengan statistik tim kesayangan Anda beserta pemain - pemainnya? Yuk lihat langsung di whoscored melalui link di bawah ini.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon