Wednesday, 3 February 2016

Ribang Kemambang Hari Ini : Ribang Kemambang di 2016


Ribang Kemambang Hari Ini : Yuk Main ke Sini!



Ribang Kemambang adalah taman wisata alam yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lahat. Saat masuk ke Ribang Kemambang rasanya tak berbeda seperti di Kebun Raya Bogor.  
Ribang kemambang
Eit, jangan protes dulu. Ini karena Taman Wisata Alam Ribang Kemambang saat ini tidak lagi memiliki kebun binatang yang terawat dan hanya menyisakan kebunnya saja.
Ribang kemambang
Kalau dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor, ya memang cukup jauh selisihnya. Di sana sangat terawat dan di sini belum. Di sana pengelolaannya sudah sangat baik sedangkan di sini belum.
Ribang kemambang
Namun, tak perlu khawatir, saat ini pemkab Lahat sedang berusaha membenahi TWA Ribang Kemambang. Mengutip kalimat dari Pak Saifudin Aswari di sindonews tahun 2012 lalu, kabarnya pemkab memerlukan membutuhkan 7 Milyar Rupiah untuk renovasi Ribang Kemambang.
Ribang kemambang
Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena sekalipun pemerintah sudah berusaha menggelontorkan dana dan berupaya semaksimal mungkin untuk mengelolanya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga, upaya tersebut tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.
Ribang kemambang
Senang rasanya membaca berita di sindonews tersebut (linknya saya sertakan di bagian paling bawah), namun sayangnya saya membaca tanggal terbitnya berita tersebut belakangan.

Di luar harapan ternyata berita tersebut sudah usang. Saya mengiranya berita tersebut baru, dan membayangkan pasti besok - besok Ribang Kemambang menjadi lebih baik lagi.
Ribang kemambang
Walau statement dari Pak Bupati tersebut beliau ungkapkan pada 2012 lalu, saya pribadi tetap salut karena terakhir kali ke sana tempat tersebut akhirnya sudah menjadi lebih baik. Berarti usaha yang dilakukan pemkab sepertinya sudah menemukan titik terang.

Saya tidak tahu tiga tahun itu waktu yang lama atau tidak untuk memperbaiki Ribang Kemambang menjadi seperti yang sekarang ini. Namun, tetap saja menurut saya kita harus berterimakasih kepada Pak Aswari untuk perbaikan Ribang Kemambang ini.

Kalau dilihat - lihat, pembenahan yang sudah dilakukan ini merupakan titik awal alias belum berakhir. Bisa saja sehabis lebaran ini Ribang Kemambang akan lebih baik lagi, ya mudah - mudahan saja yah, hehehe.

Dengan sedikitnya jumlah pengusaha di Lahat, wajar bila Pak Wari kesulitan mendapatkan dana dari pihak ketiga. Yang sabar ya pakbup.
Ribang kemambang
Nah, sekarang waktunya melihat beberapa perubahan yang ada di ribang kemambang. Dalam tulisan ini saya tidak menuliskan seluruhnya karena memang saya belum memiliki materi yang lengkap jika harus menuliskan semuanya. Ada beberapa perubahan. Yuk simak.

   Ribang Kemambang dalam Foto :   

Ribang Kemambang, jadilah lebih baik supayo kami pacak jalan - jalan ke sano. Mangke kami ado bada maen nga anak, bini samo cucung.

Ribang Kemambang di 2016
gambar 1. Jalan aspal yang kokoh
Sudah beberapa tahun belakangan ini Ribang Kemambang sudah memiliki jalan beraspal. Sekarang kalau ke sini enak, tak perlu takut ada lubang, karena jalannya yang sudah muluss.

Secara keseluruhan jalan untuk kendaraan di Ribang Kemambang sudah beraspal, termasuk jalan turunan ke jembatan danau.

Jalan yang ada pada gambar 1 tersebut adalah jalan menuju ke STIE Lahat. Di sebelah kiri jalan ini ada danau kecil yang biasa digunakan oleh orang - orang untuk mancing.


Ribang Kemambang di 2016
gambar 2. Jalan setapak ke danau
Untuk ke pinggir danau kecil ini, pengunjung harus melewati jalan setapak berukuran satu meter. Di kanan dan kiri jalan ini adalah tanah berumput. Ribang kemambang

Di sebelah kanan jalan setapak ini ada banyak pepohonan, tempat ini (sebelah kri) biasanya dipakai sebagai lokasi untuk foto prewedding. Ribang kemambang

Ribang Kemambang di 2016
gambar 2a. Lokasi yang biasa digunakan untuk mengambil foto prewedding

Di sebelah kirinya ada menara flying fox ribang kemambang. Saya kurang tahu kapan wahana flying fox tersebut beroperasi. Saat ke sini sebenarnya saya datang di hari Minggu, tapi tak ada tanda - tanda wahana tersebut akan atau sudah digunakan. Atau memang belum digunakan kali ya? Mohon dikoreksi.


Ribang Kemambang di 2016
gambar 3. Menara wahana flying fox di Ribang Kemambang

Itu dia menara yang saya maksud. Gimana teman - teman, sebenarnya ini sudah pernah dioperasikan atau belum ya? Ada yang tahu? Ribang kemambang

Gazebo Gazebo Gazebo

Ribang Kemambang di 2016
gambar 4. Gazebo di Ribang Kemambang Lahat

Nah, perbedaan mencolok di sini ada pada gazebo - gazebo baru yang ada di beberapa titik. Ribang Kemambang sebetulnya enak untuk jalan - jalan bersama keluarga, sehingga gazebo - gazebo ini pasti membuat warga Lahat senang.

Untuk memaksimalkan gazebo ini Anda sebaiknya membawa tikar, karena gazebo - gazebo tersebut lantainya kotor. Ribang kemambang

Iyap, orang - orang kalau naik ke sini masih menggunakan alas kaki, sehingga tak ayal jika lantai gazebo - gazebo di sini ada bekas sandal ataupun sepatu.
Ribang kemambang

Ribang Kemambang di 2016
gambar 5. Atap gazebo di Ribang Kemambang

Sama seperti gazebo lain yang pernah saya lihat, gazebo ini memiliki atap yang terbuat dari jerami kering. Keren dab!

Tiang - tiang kayunya yang bersih dan bagus adalah tanda kalau gazebo ini baru, saya kurang tahu gazebo di ribang kemambang ini sudah ada sejak kapan.


Ribang Kemambang di 2016
gambar 6. Melihat danau dari gazebo

Duduk - duduk di gazebo sambil melihat - lihat ke danau sepertinya enak. Waktu saya coba rasanya memang enak, apalagi kalau ke sini ramai - ramai sambil makan bersama - sama kawan atau keluarga. Ribang kemambang

Sayangnya, di sini belum ada kantin atau orang yang berjualan makanan. Mungkin kalau nanti Ribang Kemambang sudah ramai bakal ada pedagang di dalam TWA kebanggaan warga Lahat ini.
Ribang kemambang
Baca juga : Tempat makan mie golek yang enak di Lahat, di mana sih? Ini dia!


Ribang Kemambang di 2016
gambar 7. Gazebo menghadap ke danau

Gimana, kalau lihat foto di atas, Anda tertarik ke sini belum? Ribang kemambang

Oh iya, jika ke sini Anda harus membayar tiket masuk, untuk satu motor biayanya lima ribu rupiah. Harga yang murah menurut saya. Lumayan kan jalan - jalan sambil berkontribusi untuk keuangan kabupaten, hehehe.



Ribang Kemambang di 2016
gambar 8. Jembatan danau di Ribang Kemambang
Ribang kemambang memiliki sebuah jembatan yang memudahkan pengunjung untuk menyebrang ke sisi danau yang lain.  Ribang kemambang

Biasanya di sekitar jembatan ini ada orang - orang yang sedang menghabiskan waktu dengan memancing. Ribang kemambang

Ribang Kemambang di 2016
gambar 9. Mancing di danau Ribang Kemambang
Ribang kemambang

Kurangnya kesadaran akan kebersihan

Waktu ke sana, saya melihat sampah berserakan, baik di gazebo maupun di sekitarnya. Awalnya saya tidak melihat kotak sampah, sehingga menurut saya ya jangan salahkan pengunjung kalau sampah plastik mereka berserakan di mana - mana.

Ribang Kemambang di 2016
gambar 10a. Sampah plastik yang malang

Ribang Kemambang di 2016
gambar 10b. Ayo buang sampah di kotak sampah
Ternyata saya salah, di dekat gazebo ini ada tempat sampah berwarna biru dan kuning. Cukup disayangkan mengapa masih ada saja orang yang tidak kuat mengangkut plastik kecil ke tempat sampah. Ribang kemambang


Ayo bareng - bareng kita jaga kebersihan di Kota Lahat dengan kesadaran diri masing - masing untuk membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan.

Ribang Kemambang di 2016
gambar 11. Kotak sampah yang ada di Ribang Kemambang
Yuk, sayangi Lahat! Sudah saatnya slogan yang sudah sering kita dengar tersebut kita amalkan dalam kegiatan sehari - hari kita. Menyayangi Lahat berarti kita melestarikan warisan budaya untuk generasi - generasi yang lebih muda.

Kunjungilah lokasi - lokasi wisata yang ada di Lahat, jaga kebersihannya dan jangan lupa untuk "bangga jadi orang Lahat" jika sudah mengamalkan slogan sayangi lahat!

Yuk ke Ribang Kemambang!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon