Friday, 26 February 2016

Motivasi Jim Rohn : Nasehat Jim Rohn Agar Kaya Raya

Motivasi Jim Rohn  :

Nasehat Jim Rohn Agar Kaya Raya




Jim Rohn adalah guru dari segala guru. Saya pribadi tahu tentang Jim Rohn dari audiobooknya Tung Desem Waringin. Lewat audiobook itulah saat pertama kali saya mendengar nama Jim Rohn.
Motivasi Jim Rohn
Tung Desem sendiri adalah murid dari Anthony Robbins, sedangkan Tony Robbins adalah murid dari Jim Rohn, maka wajar jika ketiganya berkaitan. Tony sendiri hidupnya mulai berubah 180 derajat ketika membantu memasarkan seminar yang dibawakan oleh Jim Rohn.

Sedangkan tentang Tony Robbins sendiri, saya pertama kali tahu namanya dari buku biografi ......... oke bukan hal yang penting untuk diteruskan. Back to topic.

Tulisan ini sebenarnya adalah intisari dari video rekaman seminar Jim Rohn di situs youtube.com. Saya berharap tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

Dalam video di youtube tersebut, Jim Rohn mengajarkan banyak hal yang bisa diaplikasikan dan diterapkan oleh siapapun.

Lalu, apa saja nasihat dari seorang Jim Rohn agar seseorang bisa lebih makmur? Mari simak ulasan dari saya di bawah ini.

Untuk hidup lebih makmur, Jim menyarankan kepada kita untuk :
  1.  Belajar lebih dari satu keterampilan
  2.  Belajar lebih dari satu bahasa
  3.  Sadar bahwa kita dibayar karena memberi nilai di pasar (lingkungan)
Mari kita bahas satu per satu. Anda siap?

Oke,
Motivasi Jim Rohn

1. Belajar Lebih Dari Satu Keterampilan


Jim mengatakan bahwa jika kita ingin lebih makmur hidupnya maka kita harus belajar lebih dari satu keterampilan.

Jim juga menyampaikan kepada audiensnya tentang keterampilan apa saja yang ia miliki saat berusia 25 tahun seperti yang tertulis di bawah ini.
Motivasi Jim Rohn
  1. Memeras sapi
  2. Mencari pelanggan (marketing)

Dengan dua keterampilan tersebut, maka wajar apabila Jim Rohn pada usia 25 tahun hidup begitu pas - pasan.

Pesan di poin pertama ini benar adanya, minggu lalu saya malah ketemu contoh nyatanya di Jogja.

Hal tersebut saya lihat saat menemani adik saya meperbaiki sepeda di sebelah toko sepeda yang ada di barat pasar Kranggan. Tujuan asli kami adalah toko sepeda, karena kami memerlukan beberapa sparepart untuk mengganti sparepart lama yang rusak.

Di sebelah toko sepeda ini ada tempat servis sepeda. Emm, sebenarnya di sini bukan cuma sepeda yang bisa diperbaiki, tetapi becak juga bisa diperbaiki di sini.

Tempat servis tersebut adalah milik bapak - bapak tua, sebut saja Pak Jojo. Pak Jojo ini usianya sekitar 65 tahun.

Hebatnya, walaupun sudah 65 tahun, Pak Jojo ini tetap semangat bekerja. 

Aslinya, Pak Jojo adalah juru parkir di toko sepeda yang kami kunjungi, karena saat kami ke sana, Pak Jojo sedang menggunakan rompi parkir berwarna oranye seperti yang dipakai oleh juru parkir lain.

Yang menarik di sini adalah Pak Jojo bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak dibanding hanya mengurus parkiran saja. 

Toko sepeda tersebut tiap dua jamnya hampir selalu ada pengunjung. Dengan lokasi bengkelnya yang berada dekat dengan toko, maka bengkel Pak Jojo tidak sulit ditemukan.

Biaya servis yang diminta Pak Jojo untuk jasa servisnya mulai dari sepuluh ribu rupiah. Ini tergantung tingkat kesusahannya, jika pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperbaiki satu sepeda cukup banyak, maka biaya servisnya juga nambah.

Di sinilah keunggulan jika kita memiliki lebih dari satu keterampilan. Dalam bahasa desa, keterampilan disebut hard skill. Ya, hard skill seperti sebuah modal besar untuk lebih makmur.

Hari itu, Pak Jojo membawa uang lebih dari enam puluh ribu rupiah. Saya menyebut jumlah tersebut karena biaya servis yang Pak Jojo terima dari kami saja adalah empat puluh ribu rupiah karena memang banyak pekerjaan yang harus dilakukan Pak Jojo untuk it memperbaiki sepeda kami. Iya, itu baru kami, masih banyak orang lain yang butuh bantuan Pak Jojo.

Melihat bapak ini saya jadi senyum - senyum sendiri karena saya mendapatkan contoh dari apa yang dikatakan mister Jim di youtube.

Lalu, Jim Rohn juga mengatakan seperti ini : 
"Kuasailah keahlian ini : mempromosikan dan menghargai. Sibuklah menghargai orang lain sehingga Anda sendiri tidak membutuhkan penghargaan."
Benang merah dari kata - kata Jim Rohn di atas adalah relationship. Dua hal tersebut, mempromosikan dan menghargai, adalah kegiatan yang baik dilakukan untuk menjalin dan menjaga suatu hubungan. 

Siapa sih yang tidak senang dipromosikan dan dihargai (atau diakui)? Pasti semua orang akan senang jika mendapatkan pengakuan, penghargaan dan dipromosikan.

Selanjutnya..

2. Pelajari Lebih Dari Satu Bahasa


Belajar bahasa, kata - kata memberikan dampak yang luar biasa. Kata - kata memang memberi dampak yang luar biasa. Bahasa itu bisa mempengaruhi seseorang loh. Bener.

Bahasa adalah bagian utama dalam komunikasi, bahasa bisa menjadi penghubung dua orang atau lebih. Di bab ini, bahasan bahasa hanya membahas bahasa, seperti english, spanish, bukan bahasa tubuh atau yang lainnya.

Percayakah Anda bahwa dengan menguasai lebih dari satu bahasa akan membuat seseorang lebih makmur? Saya 100% percaya!

Mungkin kita bisa mulai mencari tanda - tandanya dengan memperhatikan ke sekeliling kita, barangkali ada teman atau saudara kita yang bekerja di luar negeri, atau bisa juga bekerjanya di dalam negeri tetapi harus menggunakan bahasa asing karena di tempat kerjanya pekerjanya berasal dari banyak negara.

Bagaimana gaji mereka yang bekerja dengan menggunakan bahasa asing atau bekerja di luar negeri? Lebih besar atau lebih rendah atau sama kah dengan gaji mereka yang hanya menguasai satu bahasa, bahasa nasional?

Menurut Jim Rohn, belajar bahasa itu tidak tergantung ada gurunya atau tidak. Tidak juga tergantung pada seberapa mampu seseorang mempelajari bahasa. Yang ada hanyalah mau belajar  atau tidak.

Lalu, apakah Anda mulai tertarik untuk belajar bahasa baru? 

3. Sadari Bahwa Kita Dibayar Karena Memberi Nilai di Pasar


Setiap orang, entah itu urusan kerja seperti karyawan ataupun wirausahawan, maupun di dalam kehidupan sosial, pasti kita dibayar berdasarkan nilai yang mereka kasih ke pasar.

Seseorang yang diangkat menjadi ketua organisasi biasanya karena semasa jadi anggota ia banyak membantu organisasi yang ia tempati. 

Seseorang juga dihargai karena banyak membantu orang lain di dalam kehidupan sehari - hari, itulah kenapa ada seseorang di dalam masyarakat yang dituakan atau dijadikan tokoh masyarakat.

Di dalam dunia kerja, mereka yang dibayar tinggi adalah mereka yang memberi nilai lebih besar daripada yang lain. Namun, harus kita ingat bahwa nilai besar tidak melulu berarti tenaga yang lebih besar.
Motivasi Jim Rohn
Seseorang yang bekerja sebagai PR atau public relation bisa jadi dibayar lebih mahal walaupun ia tidak mengeluarkan tenaga yang lebih banyak pada tingkat yang sama. 

Ini karena seorang public relation yang bisa membuat perusahaan mendapatkan deal - deal atau kerjasama besar yang menguntungkan perusahaan.

Perusahaan mana pun pasti berani membayar lebih kerja dari karyawannya jika kerja yang dilakukan si karyawan bisa menghasilkan nilai yang lebih besar.
Motivasi Jim Rohn
Maka dari itu, ketika bekerja jangan mau jadi pekerja biasa saja. Berikanlah yang terbaik, bantulah perusahaan Anda menjadi perusahaan yang semakin baik. Dengan begitu, nilai Anda pasti akan naik dengan sendirinya.

Jika Anda bisa membuat perusahaan tempat Anda bekerja, misalnya dengan adanya Anda perusahaan menjadi lebih baik, birokrasi jadi lebih baik, profit perusahaan bertambah, maka pastilah perusahaan akan sulit untuk melepaskan Anda.

Anda minta naik gajipun kemungkinan besar pasti gaji Anda akan dinaikkan. Tapi jangan coba - coba minta naik gaji kalau kerja Anda sama saja seperti saat pertama kali Anda mulai bekerja, karena perusahaan bisa mencari orang lain kalau hanya untuk menggantikan orang yang hanya bisa mengikuti SOP saja.

Dalam lanjutan seminarnya, Jim Rohn juga menyampaikan kalimat bijak seperti ini :



"Lebih keraslah Anda dalam memperbaiki diri, lebih keras dari Anda bekerja.


Jika Anda keras dalam bekerja, Anda bisa mencari nafkah.




Jika Anda keras dalam memperbaiki diri, Anda akan hidup makmur."


Filosofi : 

Sukses adalah sesuatu yang kita tarik dengan menjadi orang yang menarik. Sukses bukanlah sesuatu yang kita kejar. Jadilah menarik bagi pasar.

5 Hal lainnya yang harus kita lakukan selain menguasai lebih dari satu keterampilan, lebih dari satu bahasa dan sadar bahwa kita dibayar karena memberi nilai ke pasar (lingkungan). Lima hal tersebut adalah sebagai berikut :

5 Gagasan dasar untuk meningkatkan nilai di pasar

Jim Rohn Supaya menjadi kaya raya

catat : *Pastikan semakin hari Anda semakin bernilai bagi pasar

Menurut Jim Rohn, pendapatan seseorang ditentukan terutama oleh filosofi mereka. Bukan karena ekonomi yang sedang susah atau sedang bagus. Saya dan Anda hanya perlu bekerja untuk memperbaiki diri, kata dia begitu. Motivasi Jim Rohn

5 gagasan dasar tersebut adalah sebagai berikut :

    1. Personal Filosofi    

Kita dipengaruhi apa yang kita tahu.

Personal filosofi adalah pembimbing dalam memutuskan tentang apa yang harus kita lakukan dan tidak perlu kita lakukan. Dari informasi yang didapat, apa yang sudah kita pelajari dan ketahui, dari sanalah kita memutuskan sesuatu.

Semakin banyak belajar, semakin banyak yang kita tahu. Dengan semakin banyak yang kita tahu maka kita akan lebih mudah untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Belajar ada banyak cara, belajar langsung dari orang lain, belajar dari buku, belajar dari audiobook, video di youtube atau belajar langsung (learning by doing).

Sistem pembimbing filosofi memberi dua hal :
  1. Membantu melihat bahaya 
  2. Membantu melihat peluang

"Minimalkanlah bahayanya dan maksimalkanlah peluangnya". Caranya gimana?

B.E.L.A.J.A.R

Dengan belajar, kita tahu apa yang sebaiknya kita lakukan dan apa yang sebaiknya tidak kita lakukan. Setelah belajar kita tahu mana yang menyebabkan celaka dan mana yang tidak. That's why.

Belajar dari pengalaman pribadi (learning by doing) akan memberikan kesan yang mendalam kepada kita. Alhamdulillah saya mengalami hal tersebut, sangat "berkesan", hehehe.

Salah satu cara melakukan hal yang benar adalah melakukan hal yang tidak benar di awal, benar kan? Ya, tapi belajar dengan cara mengalaminya sendiri sangat menguras tenaga dan waktu. Motivasi Jim Rohn




Supaya cepat, belajarlah dari pengalaman orang lain, yaitu bisa dengan minta diajari langsung dengan yang bersangkutan, atau melalui buku dan audiobook yang dibuat oleh orang - orang yang sudah teruji pengalaman hidupnya.

Sakit loh learing by doing itu sebenarnya, tapi dari sanalah mental ini akan ditempa. Saya dan Anda hanya perlu mempercepat jatah gagal yang memang harus ktia terima itu terlewati semua sampai kita bertemu jatah untuk berhasil. Ngono.

"Jika Anda berubah, maka hal lainnya  akan berubah untuk Anda. Itu jika Anda siap melakukan perubahan. " - Jim Rohn
Motivasi Jim Rohn
Tips untuk bagian 1 ini : 
  1. Bawalah terus buku catatan, catat apapun yang bernilai untuk cara berpikir Anda di masa depan. Jangan percaya pada ingatan Anda.
  2. Belajar dari pengalaman orang lain, baik kepada yang sudah berhasil ataupun yang belum berhasil. Negatif atau positif. Sebenarnya, belajar dari kegagalan orang lain adalah sesuatu yang bernilai, tapi sayangnya orang gagal tidak mengadakan seminar untuk itu. Inilah yang membuat saya berani menulis tentang kisah kegagalan saya di usaha sebelumnya, karena saya merasa bahwa orang lain tidak perlu melakukan hal yang sama. Jika ada gagasan yang bagus, tulislah, renungkanlah.

3 Cara belajar dari orang lain :
  1. Belajar dari apa yang Anda lihat
  2. Belajar dari apa yang Anda dengar. Jadilah pendengar yang selektif.
  3. Baca buku yang diperlukan. Bacalah semuanya. Jika Anda bercita - cita jadi insinyur mesin yang tokcer, maka bacalah semua buku tentang permesinan, itulah maksud buku yang diperlukan.
Pastikan kita menyesuaikan apa yang Anda lakukan dengan apa yang kita lihat dan dengar dari orang lain. Sortir apa yang kita baca, lakukan mana yang pantas dicoba.

    2. Perilaku    


Belajarlah dari masa lalu, tetapi jangan hidup di dalamnya. Jadikan ia mentor. Banyak orang mundur hanya karena gagal pada langkah pertama.

Perilaku "mundur dari perang" tersebut biasanya dilakukan oleh mereka yang melakukan sesuatu hanya karena coba - coba, tanpa memiliki tujuan.

Hal tersebut tergantung pada.....

Bagaimana perasaan Anda tentang masa depan

Memiliki mimpi dan tidak memiliki mimpi akan membuat perbedaan perilaku di antara dua orang atau lebih dalam melewati ujian yang sama.

Contohnya, ada dua orang mahasiswa baru, yang satu hanya ingin kuliah dan lulus empat tahun, dengan nilai yang "cukup" tanpa angka yang spesifik. Lalu, maba satunya memiliki tujuan bahwa dia harus jadi mahasiswa berprestasi semasa ia kuliah. 

Orang yang memiliki tujuan dan tidak memiliki tujuan ini apakah melewati masa kuliah-nya dengan cara yang sama? Motivasi Jim Rohn

Tidak, karena pastilah yang bercita - cita untuk menjadi mahasiswa berprestasi berusaha sebaik mungkin melewati masa kuliahnya dengan cara yang bisa membuatnya menjadi mahasiswa berprestasi.

Seperti mendapatkan IPK yang tinggi, memenangkan beragam kejuaraan tingkat perguruan tinggi, dan ikut beberapa organisasi. Motivasi Jim Rohn

Oleh karena itu, pada bagian ke dua ini Jim Rohn menyarankan kita untuk :
  • Belajar menentukan tujuan. Tentukan apa yang kita inginkan.
Daftar tujuan hidup adalah hal yang sangat penting. Lebih penting daripada les, bimbingan belajar, sekolah dan sejenisnya. Seseorang yang tidak sekolah tinggi - tinggi pun banyak yang berhasil karena memiliki tujuan. 

Alim Markus (SD tidak tamat), Basrizal E. Koto (lulusan SD), Dahlan Iskan (lulusan SMA), dan Susi Pudji Astuti (SMP) adalah segelintir nama yang membuktikan bahwa memiliki tujuan atau mimpi lebih penting dari apapun.

Buat goal yang membuat Anda bersemangat, detil dan letakkan di tempat yang mudah Anda temukan. Tempel di dinding kamar Anda dalam ukuran besar, misalnya.

Bagaimana perasaan Anda tentang orang lain

Lalu, bagaimana perasaan Anda tentang orang lain. Jim Rohn menyarankan kita untuk menjadi seorang leader (act initiator) dalam lingkup apapun di kehidupan yang kita jalani.

To be a Leader, kata Jim Rohn, ingatlah bahwa kita semua saling membutuhkan. Suatu saat kita akan membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup.

Bagaimana perasaan Anda tentang diri Anda sendiri
Motivasi Jim Rohn
Apakah Anda merasa :
  • Percaya diri (wajib)
Percaya diri mutlak diperlukan untuk memberikan nilai bagi pasar. Jika saya tidak percaya diri tentang hasil tulisan saya, mungkin sampai hari ini tidak akan ada orang yang tahu kalau saya suka menulis.

Dalam menulis pun saya berusaha untuk memberikan nilai bagi pembaca, yaitu berupa tulisan yang berkualitas dan enak dibaca. Awalnya memang malu, tetapi saya harus percaya diri.

Percaya diri muncul ketika kita menyelasaikan atau mampu menyelesaikan apa yang kita ingin lakukan.

    3. Aktifitas    


Dalam hidup ini kita juga dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan. Satu - satunya cara untuk mengubah imaginasi menjadi kenyataan adalah dengan melakukan aktifitas seperti usaha dan kerja.

Jim menyarankan kita untuk bekerja selama enam hari dan cukup satu hari untuk beristirahat.

The rule :
  • 6 Hari kerja, 1 hari istirahat
  • Jangan diubah angkanya 5 hari kerja, 2 hari istirahat pun tidak boleh
Jika Anda istirahat terlalu lama, rumput liar akan memenuhi kebun.

6 hari kerja, 1 hari untuk
  • spiritualitas
  • pertemanan
  • perubahan langkah
Membiasakan kerja enam hari penuh bisa jadi membuat Anda terlatih untuk memberikan sesuatu yang lebih bagi.

Intinya adalah menggunakan waktu dengan seefektif mungkin, perbanyak jam terbang. Dan ingat bahwa repetition is mother of skills. Motivasi Jim Rohn

    4. Belajarlah untuk Mengukur Kemajuan    


Menjalankan program untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik namun tidak pernah mengukur seperti apa progresnya adalah hal yang kurang tepat.

Anda harus tahu posisi Anda hari demi hari, lebih baik, sama, atau lebih jelek dari hari sebelumnya. 

Untuk poin keempat ini saya bisa memberikan contohnya kepada Anda karena saya pernah melakukannya.

Jadi, ceritanya tahun lalu saya ingin memperbaiki ibadah saya, maka saya buatlah tabel menggunakan microsoft Excell untuk merekam ibadah harian saya.

Kolom paling kiri saya isi dengan jenis ibadah yang bisa dilakukan dalam satu harinya, seperti shalat wajib, rawatib, puasa (senin kamis), shalat tahajud dan duha. Urutan ibadahnya saya urutkan sesuai dengan jadwal ibadah.

Kolom kedua sampai ujung adalah kolom rekaman harian. Satu hari satu baris. Nah, setiap selesai ibadah, tabel tersebut saya coreti dengan tanda contreng, jika tidak maka saya kosongkan.

Dengan cara itu, maka saya tahu seminggu ini saya ibadahnya rajin atau tidak. Fungsinya lebih ke evaluasi dan memotivasi agar melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Bagaimana dengan program diet atau target pendapatan harian? Anda pasti bisa membuat tabel kemajuan Anda sendiri.


    5. Gaya Hidup    Motivasi Jim Rohn


Belajar hidup dengan baik juga merupakan hal yang penting. Gaya hidup yang baik akan membuat Anda sehat sepanjang waktu.

Ketika Anda sehat sepanjang waktu, maka kesempatan Anda untuk memberikan nilai yang lebih kepada pasar lebih besar. Artinya kapanpun Anda bisa bebas beraktifitas.

Anda bisa terjaga sepanjang hari dengan tubuh yang sehat. Yang artinya Anda bisa melakukan usaha dengan totalitas penuh untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dan lagi.

Inti dari hidup adalah belajar untuk menjalani hidup yang lebih baik, termasuk gaya hidup, kita sebaiknya memperbaikinya waktu demi waktu.

Inti dari poin ke lima ini adalah ketika Anda sehat, maka Anda bisa leluasa memberi nilai ke pasar dengan energi yang prima.
Motivasi Jim Rohn
Hmm, tulisan ini sudah sampai akhir kalimat. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan, kritik atau saran, Anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak.

Artikel Terkait

3 komentar

Saya pernah menyimak video jim rohn, anda mengulasnya lg dgn jelas d sini.. thank u pak..

Terima kasih Mas telah berbagi. Salam Sukses berkelimpahan


EmoticonEmoticon