Monday, 29 February 2016

ReviewBuku : It's My Start Up Lahandi Baskoro

Review buku : It's My Start Up Lahandi Baskoro

credit to : whizisme


Hai sahabat, kali ini saya akan mengajak Anda melihat sedikit lebih dalam buku dari Lahandi Baskoro yang merupakan senior content strategist di Kaskus.

Buku ini berisi 50 tips yang menurut saya seperti sebuah panduan ringkas untuk membesarkan sebuah start up. Semua tips yang disajikan sangat berguna bagi Anda yang baru pertama kali memulai bisnis, namun saya yakin semua tips di sini sudah familiar bagi Anda yang sudah menjalani bisnis di bidang start up.

Bisa dibilang, jika Anda sudah cukup lama berkecimpung di dunia startup, buku ini bukanlah buku yang tepat untuk Anda beli. Tapi, bagi Anda yang suka belajar dan sangat terbuka, bisa jadi ada beberapa tips yang belum pernah Anda dengar sebelumnya.

TAPI untuk Anda yang baru kenal dunia start up hanya mengawang - awang, atau tahu kulit luarnya saja, maka buku ini adalah buku yang tepat untuk Anda baca.

Kalau saya sendiri, jujur saya suka buku ini. Bener.

Oke, review akan membahas tentang apa yang dibahas dalam buku ini.

Bagian yang bagus

Sisi yang bagus dari buku ini adalah isinya yang merupakan tips - tips mumpuni untuk memulai atau menjalankan start up. Penyajiannya yang menarik dengan memberikan kasus beserta contoh start up dan founder yang pernah menghadapi masalah yang dibahas di sini.

Lalu, bagian pembukaannya yang brillian menurut saya. Yaitu statement dari Lahandi bahwa selama ini embel - embel mahasiswa IPK kecil dan drop out adalah pengusaha sukses merupakan informasi yang cukup sesat.

Di bagian depan ini Lahandi menunjukkan bahwa banyak sekali start up sukses yang didirikan oleh founder yang memiliki gelar pendidikan tinggi seperti gelar doktoral (s3) yang dimiliki oleh pendiri google, Sergey Brin dan Larry Page.

Salah satu hal yang dibahas di dalam buku ini adalah masalah pembagian saham ketika merintis sebuah startup. Lahandi menyampaikan bahwa pembagian saham adalah hal yang krusial jika startup yang di rintis menuai sukses.

Jika start up mengalami kegagalan, maka hal semacam ini bukanlah masalah. Tapi, ketika start up berhasil, maka hal seperti ini bisa menimbulkan kekacauan bagi para foundernya.

Tak hanya menyarankan untuk melakukan pembagian porsi saham di awal, Lahandi juga menyarankan bagi para founder start up agar pembagiannya disesuaikan dengan porsi kerja. Intinya adalah agar pembagian dilakukan secara adil.

Sama seperti buku - buku bisnis lainnya, salah satu pesan yang disampaikan Lahandi di sini juga menekankan bahwa setiap startup yang berhasil pasti bekerja keras untuk bertemu keberhasilan yang diharapkan.

Ia mencontohkan dengan kisah Bill Gates yang tidak pernah cuti seharipun dari Microsoft saat Bill berusia 20an.

Jika saran - saran tersebut cukup mainstream, maka ada juga saran yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Contohnya adalah tips ke #11 yang berjudul "Kalau Mentok, Pivot!". Di tips ke sebelas, Lahandi memaparkan beserta contoh start up yang dalam perjalanannya menemui jalan buntu. Misalnya, traffic yang stagnan bahkan cenderung tidak bertambah.

Pivot adalah tindakan untuk mengubah arah dari suatu start up.

Stickybits dijadikan contoh oleh Lahandi untuk menyampaikan makna dari bagian ini.

Stickybits adalah aplikasi yang bisa meletakkan pesan digital melalui barcode untuk kemudian dibaca oleh pengguna stickybits yang lain.

Startup ini berhasil mendapatkan investasi 300ribu USD. Tetapi, dalam perjalanannya, Stickybits kesulitan menarik user, bahkan para developernya pun ternyata hampir tidak pernah menggunakan Stickybits..

Mendapati hal seperti ini, Billy memutuskan untuk melakukan pivot dengan mengembangkan platform di mana user bisa membuat daftar lagu, memainkannya, dan berbagi dengan user lainnya.

Platform baru tersebut dinamai turntable.fm.

Pada 2011, satu juta lagu diputar setiap hari di turntable.fm. Pada 2012, turntable.fm memiliki 1,2 juta anggota.

Startup ini akhirnya mendapatkan investasi 7 juta USD, di mana Lady Gaga termasuk salah satu investornya.

Pivot yang dilakukan :

Dari konsep Stickybits di mana user bisa sharing informasi melalui media sticker dan barcode, berubah menjadi turntable.fm di mana usernya bisa sharing list lagu sesuai tema yang mereka susun.

Saya sendiri baru tahu istilah tentang pivot yang digunakan di dunia start up ini. Jadi apa yang disampaikan oleh Lahandi di sini adalah tips - tips yang memang sudah dikenal dan dipahami oleh founder - founder start up yang sudah berhasil.




Tingkat kerenyahan :

Buku ini ditulis dengan font yang besar - besar, sebetulnya seluruh buku ini bisa Anda habiskan dalam satu dua jam.

Sudah ditulis dengan font yang besar, berisi foto, terus juga renyah atau enak dibaca. Level renyahnya saya kasih 4. Alasannya, ya, karena memang gaya penyampaiannya mudah membuat pembaca paham akan isinya. Easy to read.

Review buku : It's My Start Up Lahandi Baskoro



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon