Thursday, 18 February 2016

Search intent adalah? : apa itu Search Intent

search intent adalah noyvestonet

Search intent adalah. Walaupun sering berselancar di internet, tetapi hampir sebagian besar dari kita tidak tahu apa yang dimaksud dengan "search intent" atau yang dalam bahasa Indonesia adalah "maksud pencarian".

Search intent berkaitan dengan jenis keyword (kata kunci) yang kita masukkan ke search box atau kotak pencarian di mesin pencari google, bing, yahoo dan lain - lain.

Ternyata, setiap kata kunci yang kita masukkan ke dalam kotak pencarian itu memiliki nilai atau arti yang berbeda - beda.

Search intent diartikan sebagai apa maksud atau tujuan dari pencarian yang dilakukan
panduanim.com 

Mengutip dari panduanim.com (baca : panduan Internet Marketing dot kom), search intent diartikan sebagai maksud atau tujuan dari pencarian yang dilakukan.

Saat berhadapan dengan search engine, seseorang bisa memasukkan keyword seperti ini :

  1. "sejarah batik"
  2. "beli batik"
  3. "harga batik"
  4. "rekomendasi kemeja batik di bawah 100ribuan"
Nah, saat menuliskan kata kunci tersebut, secara wajar hasil yang diharapkan user adalah sebagai berikut :
  1. Ingin mengetahui sejarah batik mulai dari siapa penemunya pertama kali, di mana kerajinan batik dimulai, kapan ditemukan, dan informasi lainnya terkait sejarah batik.
  2. Sudah 90%yakin ingin membeli batik dan ingin mencari penjualnya.
  3. Ingin mengetahui harga batik secara umum. Biasanya pencarian dengan keyword seperti ini dilakukan seseorang sebelum ia melakukan pembelian. Atau dengan kata lain, si pencari informasi ingin tahu kisaran harga normal "saat ini" berapa, agar tahu toko mana yang menjual dengan harga mahal dan mana yang menjual dengan lebih murah ataupun dengan harga normal.
  4. Ingin tahu rekomendasi kemeja batik yang bagus di harga Rp1 hingga Rp100.000
Bener ga?

Dengan mengetahui maksud atau tujuan (intent) dari suatu pencarian, maka google pun akan menampilkan hasil yang sesuai dengan tujuan pencarian Anda. Bisa disimpulkan, inilah cara kerja google sesungguhnya.

Sebagai brand "mesin pencari" yang mendominasi pasar, google berusaha memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi yang diinginkan secepat mungkin.

Algoritma search engine Google dirancang sedemikian rupa hingga seolah - olah paham apa yang sedang kita butuhkan ketika melakukan pencarian.

Seseorang yang mengetik "beli batik" berarti--saat itu juga--ia ingin mengetahui di mana tempat beli batik.

Bahkan, jika kita sudah login terlebih dahulu ke akun google, dan akun kita tadi sudah disetting mengizinkan google untuk mengakses informasi lokasi terkini dari posisi real kita, maka posisi real kita yang terbaca oleh google ini akan mempengaruhi hasil pencarian pada SERP (Search Engine Result Page) google.

Seperti contoh di bawah ini...... 

hasil pencarian berdasarkan akun

Ketika hasil pencarian kita didasarkan pada akun google kita (terkait history penelusuran sebelumnya, lokasi terkini, dll), maka hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Pada gambar tersebut hasil pencarian yang dilakukan dengan keyword "beli batik" menampilkan hasil berupa peta lokasi dua toko batik terkenal di dekat lokasi saya berada .

Di baris pertama ada Batik Distro Indonesia di Jalan Belibis, Wonocatur, Banguntapan, Bantul. Serta ada Batik Unik di Perum Sidoarum Blok 3, Jalan Kepondang, Godean.

Bahkan, untuk dua hasil pencarian teratas tersebut google juga menyertakan peta lokasi kedua toko. Agar toko Anda bisa muncul di hasil pencarian google maps Anda bisa melakukannya dengan membuat akun google bisnisku.

Hebatnya, jika dilihat dari hasil tersebut, google lebih memilih untuk mendahulukan kepentingan user daripada menampilkan iklan dari klien mereka.

Mengapa demikian? Karena saat browsing dan melakukan pencarian menggunakan kata kunci "beli batik" saya sudah log in ke akun google saya. Bisa dilihat pada gambar di atas bahwa saya sudah login (lihat bagian kanan atas foto).

Hasil pencarian tersebut didasarkan pada akun google saya, dengan melakukan log in, maka google tahu saya sedang berada di mana karena saya memperbolehkan google untuk melacak lokasi saya.

Sedangkan pada hasil pencarian global, searching tanpa log in ke akun google, maka hasil pencarian dengan kata kunci "beli batik" akan seperti pada gambar berikut.

hasil pencarian global

Dalam SERP (Search Engine Result Page) di atas kita bisa melihat bahwa google menampilkan hasil pencarian di baris pertama dan kedua dengan halaman milik klien mereka, yaitu zalora dan tokopedia.

Hasil pada foto, sekali lagi, adalah hasil pencarian publik (perhatikan bagian kanan atas pada ikon bola dunia).

Nah, sekarang kita sudah sedikit banyak membahas tentang Search Intent. Tapi itu baru sedikiiit. Untuk lebih lengkapnya mari simak uraian berikutnya tentang Search Intent google di bawah.

Search Intent : Upaya Google untuk Mempermudah Anda dalam Mencari


Search intent bisa kita kelompokkan ke dalam empat kategori berikut.

  1. Search Intent Informational
  2. Search Intent Navigational
  3. Search Intent Commercial Investigation
  4. Search Intent Transactional
Mari kita bahas satu satu.

1. Search Intent Informational
search intent adalah noyvestonet


Search intent informational. Dari namanya saja Anda mungkin bisa menebak seperti apa search intent jenis ini.

Ya, search intent informational biasanya digunakan ketika seseorang membutuhkan suatu informasi dengan cepat.

Sebagai contoh :

  1. "Kalori tahu"
  2. "siapa ayah dari Joey Alexander"
  3. "dollar ke rupiah"
  4. "tanda - tanda demam berdarah"
  5. "Presiden Amerika"
Keempat kata kunci tersebut merupakan kata kunci yang dicari dengan maksud untuk mendapatkan informasi.

"Kalori tahu" dicari karena seseorang ingin tahu seberapa besar nilai kalori dalam sekian gram tahu. 

"Siapa ayah Joey Alexander" atau "siapa ayah dari Joey Alexander" adalah kata kunci yang saya cari tadi pagi setelah saya menonton video Joey Alexander di Grammy Awards beberapa hari lalu.

Saat mengetik keyword tadi saya kepingin tahu informasi ayah dari Joey Alexander. Karena saya penasaran siapa sosok ayah pianis dunia berusia 12 tahun asal bali ini. 

Lalu ada keyword "dollar ke rupiah". Nah, hasil pencarian dengan kata kunci "dollar ke rupiah" sekali lagi menunjukkan bahwa google ingin membantu user menemukan informasi dengan cepat.


Pernah ga Anda mendapatkan hasil pencarian seperti pada gambar di atas? Yaitu ketika Anda mendapati jawaban langsung oleh search engine google yang berada paling atas di dalam sebuah kotak. Persis seperti gambar di atas.

Lalu ada juga yang seperti pada gambar di bawah.

Ketika kita mengetik kata kunci "presiden amerika", maka google akan menjawabnya langsung, sama seperti Anda bertanya tentang kurs dollar ke rupiah.

Nah, kotak seperti ini dinamakan quick answer box yang dalam bahasa Indonesia artinya "kotak jawaban cepat".

Karena fitur quick answer box ini kita tidak perlu masuk ke halaman website manapun karena jawabannya langsung tersedia.

Jika Anda memiliki blog dan salah satu artikel Anda mengandung keyword dengan search intent jenis informational ini--terutama keyword yang bersaing langsung dengan quick answer box--maka bisa dipastikan halaman dengan target keyword seperti itu akan sepi pengunjung.

Selanjutnya kita akan membahas tentang.....

2. Search Intent Navigational
search intent adalah noyvestonet


Search intent navigational ini biasanya dipakai ketika user sudah tahu mau ke mana.

Dalam bahasa saya search intent navigational ini adalah keadaan saat seorang user menggunakan google sebagai tempat transit saja.

Meskipun hasil pencarian di halaman 1 (pejwan) ada sepuluh baris halaman, tetap saja user sudah tahu harus ke mana. Dengan demikian halaman lain PASTI diabaikan bahkan tidak akan dibaca oleh user.

Contohnya..

Ketika mengetik "kaskus fjb" di kotak pencarian google, bisa dipastikan user ingin menuju halaman fjb.kaskus.co.id/.




Dengan demikian, saya 100% yakin bahwa user tidak akan mengklik hasil pencarian lain walaupun url hasil pencarian lainnya juga memiliki domain induk yang sama, yaitu kaskus.co.id.

Contoh lain dari search intent navigational adalah sebagai berikut :
  1. "Garuda Indonesia"
  2. "Kaskus Lounge"
  3. "OLX Jogja"
  4. "driver laptop asus"

Nah, semua keyword (4 keyword) di atas pasti digunakan ketika seseorang sedang ingin :
  1. ke halaman resmi garuda indonesia
  2. ke halaman kaskus Lounge
  3. ke halaman OLX untuk area pencarian Jogja
  4. ke halaman download driver asus
Jadi, saat kata kunci bertipe navigational diketik oleh seseorang, berarti saat itu ia hanya memanfaatkan google sebagai tempat transit sementara saja.

Search intent navigational ini tidak melulu untuk mencari website - website terkenal. Terkadang search intent navigational juga digunakan untuk menemukan website yang baru beberapa waktu sebelumnya dibuka, tapi kita lupa url tujuan secara detil.

Mudahnya membuat website dan banyaknya variasi TLD (Top Level Domain) seperti *.net, *.com, *.bis, *.info, *.co.id membuat hampir setiap orang bisa membuat domain dengan sama persis namun hanya berbeda ekornya saja.

Inilah salah alasan mengapa search intent navigational digunakan, yaitu agar user tidak masuk ke alamat yang salah.

3. Search Intent Commercial Investigation
search intent adalah noyvestonet


Saat hendak membeli sebuah produk, baik melalui internet ataupun membeli langsung di pasar, seseorang ingin tahu seperti apa kualitas barang yang ia beli atau bisa juga untuk mengetahui di mana tempat membeli yang rekomended.

Yap, kata terakhir barusan bisa menjelaskan segalanya.

Seseorang terkadang butuh "rekomendasi" terkait pilihan barang yang baik untuk dibeli sebelum benar - benar melakukan pembelian.

Keyword jenis ini dipakai untuk mempelajari barang atau jasa yang ingin kita beli atau gunakan.

Sebagai contoh, ada beberapa keyword yang termasuk commercial investigation, diantaranya :
  1. "hp samsung di bawah 1.5 juta"
  2. "harga yamaha N-Max februari 2016"
  3. "Tempat test toefl Jogja"
  4. "kursus nyetir mobil Sleman"
Keyword jenis ini biasanya digunakan oleh seseorang yang benar - benar ingin membeli sesuatu. Agar tidak kecewa, maka membaca review atau mengecek harga pasaran adalah hal yang harus dilakukan.

itulah search intent commercial investigation.

4. Search Intent Transactional


search intent adalah noyvestonet


Search intent transactional ini merupakan tingkatan tertinggi dari semua jenis search intent yang sudah kita bahas sebelumnya.

Seseorang yang menggunakan keyword transactional adalah mereka yang benar - benar sudah siap untuk membeli suatu produk secara online.

contoh dari keyword transactional adalah sebagai berikut.
  1. "kemeja batik zalora"
  2. "sepatu futsal nike 'nama toko' "
  3. "iphone 4s 32gb second olx Jogja"

Bagi seorang IMers (Internet Marketers) yang menjual produk atau jasa keyword ini adalah keyword yang bernilai tinggi dan persaingannya sulit. 

Hal ini disebabkan karena keyword jenis ini memiliki tingkat konversi yang tinggi (baca : menghasilkan transaksi pembelian) meskipun volume pencariannya tidak banyak.

Saat menggunakan kata kunci ini kita biasanya menyertakan nama toko, itulah kenapa saya bilang bahwa pengguna keyword transactional adalah orang yang benar - benar sudah siap untuk membeli.

Sudah siap untuk membeli bisa diartikan bahwa dia sudah tahu di mana tempat membelinya, sehingga  saat menggunakan keyword transactional seseorang juga menyertakan nama toko dalam pencarian.
Itulah yang dimaksud search intent dan bagaimana orang menggunakannya. Semoga artikel berjudul Search intent : Yuk Pelajari apa itu Search Intent ini bermanfaat dan semoga membantu.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon