Saturday, 27 February 2016

Situs Pencari Kerja Terpercaya bagi Fresh Graduate

Situs Informasi lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia



Situs lowongan kerja telah mempermudah pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang tepat. Di Indonesia situs pencari kerja sudah menjadi andalan bagi setiap perusahaan maupun pelamar untuk saling bertemu.

Saya yakin, salah satu dari Anda yang sedang membaca tulisan ini pastilah seorang jobseeker yang baru saja lulus. Selamat datang dan izinkan saya membantu Anda dalam mencari situs pencari kerja yang tepat.

Situs pencari kerja di Indonesia saat ini jumlahnya sudah cukup banyak. Saking banyaknya, terkadang membuat Anda bingung mau masuk ke mana. Selain itu, informasi yang ada di dalam situs - situs tersebut tak jarang isinya kurang lebih sama.

Tetapi, dari beragam situs ini ada beberapa yang merupakan situs major yang digunakan banyak perusahaan untuk mencari partner baru mereka. Sayangnya, beberapa situs major ini belum diketahui oleh banyak pencari kerja.

Lalu, apa saja situs major yang dipercaya perusahaan tersebut untuk mendapatkan sarjana - sarjana baru yang potensial?

    1. ECC UGM    



ECC UGM atau Engineering Career Center Universitas Gadjah Mada awalnya dibuat untuk memudahkan sarjana teknik UGM dalam mencari pekerjaan. Dalam perjalanannya, ECC berubah dari yang awalnya diperuntukkan hanya untuk sarjana teknik UGM saja sekarang bisa untuk semua lulusan dari jurusan apapun.

Bukan hanya itu, ternyata membership ECC UGM tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa UGM saja, tetapi untuk semua mahasiswa dari kampus manapun.

Kelebihan dari ECC UGM adalah job fair offline yang bernama Careerdays UGM di Grha Saba Pramana UGM yang diadakan sebanyak empat kali dalam satu tahun. Lalu, proses demi proses seleksi (seperti panggilan wawancara kerja tahap 1, tes kesehatan atau psikotes) juga akan diumumkan melalui website ECC UGM.

Semua informasi dalam satu website. Wow.

Selain menjadi jembatan antara perusahaan dengan para sarjana, ECC UGM juga menyediakan layanan konseling online dan offline, serta pelatihan leadership dan publik speaking bagi anggotanya. Ya, untuk bisa menikmati layanan ini, Anda harus mendaftar keanggotaan ECC UGM dulu.

Bagi mahasiswa maupun alumni UGM memberhip ECC bisa mereka dapatkan secara gratis. Sedangkan untuk sarjana dari luar UGM, untuk mendapatkan keanggotaan ECC UGM ini harus mendaftar dan membayar keanggotaan ECC UGM, kalau tidak salah biayanya hanya 100 ribu.

Biaya tersebut masih terhitung murah, karena keanggotaan ECC UGM yang didapat adalah keanggotaan life time atau seumur hidup. Meskipun Anda tidak berencana menjadi jobseeker seumur hidup, tetapi membership tersebut akan berguna lagi ketika Anda ingin mencari pekerjaan baru.

Jika Anda berminat untuk mendaftar keanggotaan ECC UGM, Anda bisa melihat alur pendaftaran ECC UGM bagi alumni non UGM bisa di lihat di sini

Keberadaan ECC UGM ini sebaiknya Anda manfaatkan jika Anda berada di provinsi sekitar D.I. Yogyakarta, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Banten.

Oh iya, keunggulan dari Career Center seperti ini, yaitu Anda bisa melamar ke banyak perusahaan dalam satu hari di satu tempat, yaitu di Careerdays UGM.

baca juga : Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduate

Kekurangan dari website ECC UGM ini belum ada layanan bagi alumni yang ingin berwirausaha. Sebenarnya ECC UGM sudah mulai program entrepreneurship bagi alumninya seperti program inkubasi usaha, tetapi secara website memang belum.

Jika Anda adalah mahasiswa di Jogja dan pernah melihat nasi onigiri atau nasi yang dibungkus dengan selembar rumput laut yang dijual di toko - toko kecil, nah itu adalah usaha dari mahasiswa UGM yang dibina oleh ECC UGM. Doakan saja supaya program untuk alumni yang ingin berwirausaha akan ada di lima tahun ke depan.

Jadi, Anda tidak perlu repot untuk mengirimkan berkas ke banyak alamat yang menghabiskan banyak biaya.

    2. ITB Career Center    


ITB Karir

ITB Career Center adalah portal karir bagi mahasiswa ITB. Sama seperti ECC UGM, membership ITB Career Center juga bisa didapatkan oleh mahasiswa atau alumni dari perguruan tinggi lainnya. Prosedur pendaftarannya bisa Anda lihat di sini.

Berbeda dengan ECC UGM, ITB Career Center memberikan beberapa pilihan keanggotaan bagi Anda. Keanggotaan yang bisa dipilih adalah 3 bulan, 6 bulan dan seumur hidup.

ITB Career Center juga memiliki job fair bagi member ITB Career Center. Acara job fair di ITB ini bernama Titian Karir Terpadu ITB. Dan setiap member ITB Career Center bisa mengikuti Titian Karir Terpadu tanpa biaya atau gratis.

Titian Karir Terpadu ITB dilaksanakan selama tiga hari di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) ITB. Bagi Anda yang berada di Jakarta, Jawa Barat dan Banten, Titian Karir Terpadu ITB ini bisa menjadi andalan untuk mencari kerja.

Nah, di ITB Career Center ini Anda bisa melakukan konsultasi karir secara online juga. Kelebihan ITB Career Center ini yaitu sudah memiliki program untuk pengembangan kewirausahaan. Jadi, bagi Anda yang ingin berwirausaha juga bisa konsultasi atau mengikuti program kewirausahaan dari ITB Career Center.

Website ITB Career Center bisa anda akses di sini

Itulah dua situs pencari kerja yang cocok untuk fresh graduate. Dua pusat karir dari dua universitas besar di Indonesia ini bisa diakses oleh mahasiswa dari kampus manapun.

Jika ada informasi tentang kampus lain yang menyediakan fasilitas pusat karir seperti ECC UGM dan ITB Career Center yang diperuntukan untuk semua alumni dari perguruan tinggi manapun, Anda bisa memberitahu kami informasi kampus mana yang mempunyai pusat karir yang serupa seperti yang dimiliki UGM dan ITB melalui halaman kontak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon