Tuesday, 8 March 2016

Biaya Akuisisi Keuntungan | Wawasan Bisnis

Tags


Biaya Akuisisi Keuntungan (on editing)


Biaya akuisisi keuntungan ini adalah sesuatu yang seru untuk sahabat ketahui. 

Dalam berbisnis, entah apa pun bentuknya, pasti ada yang namanya biaya akuisisi. Biaya produksi bisa juga disebut sebagai biaya akuisisi.

Biaya akuisisi di sini adalah biaya yang diperlukan untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang ditawarkan. 

Misalnya, saya menjual sepatu futsal dengan brand atau merek yang bermacam - macam. Dari semua sepatu tersebut ada sepatu yang biaya modalnya, misal, 200 ribu rupiah. 

Sepatu - sepatu tersebut saya jual di sebuah kios milik saya sendiri. Kios ini bangunannya menyatu dengan rumah saya. Selain itu, saat ini kios tersebut masih bisa saya urus sendiri, sehingga saya tidak memerlukan satu karyawanpun. Dengan begitu, berarti saya tidak memerlukan biaya untuk membayar karyawan.

Sepatu yang modalnya 200 ribu rupiah ini saya jual dengan harga 350 ribu rupiah. Dari sana, berarti saya mengambil keuntungan mendekati 57%. 

Karena tidak memerlukan karyawan, berarti semua keuntungan ini tidak perlu saya bagi ke orang lain, hanya perlu dipisahkan untuk dijadikan modal kembali dan untuk makan saya dan keluarga.

Dari penjualan tersebut, berarti saya memerlukan uang sebesar 200 ribu rupiah untuk mendapatkan uang lagi sebanyak 150 ribu rupiah dengan cara berjualan sepatu.

Inilah yang namanya biaya akuisisi.

Biaya akuisisi memiliki nilai yang berbeda - beda tergantung bisnisnya. Bisnis jenis trading atau jual beli (beli barang, terus dijual kembali) adalah salah satu jenis bisnis yang biaya akuisisinya rendah.

Berbeda dengan bisnis yang memerlukan proses produksi, seperti restoran, manufaktur dan lain - lain.

Restoran, sesederhana apapun pasti memerlukan orang yang bertugas sebagai koki. Jika pemilik usaha memiliki waktu dan bersedia menjadi koki, maka hal ini bisa mengurangi biaya produksi.

Tapi, jika pemilik tidak memiliki waktu sehingga membutuhkan orang lain untuk menjadi koki, dari situ berarti pemilik memerlukan biaya tambahan untuk membayar koki.


Biaya Akuisisi Keuntungan

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon