Saturday, 5 March 2016

Cara Menambah Disk C Pada Windows 7


Cara Menambah Disk C Pada Windows 7


Kasus nyata tentang menambahkan ruang yang tidak terisi untuk partisi sistem

Masalah ini berkaitan dengan kebutuhan ruang penyimpanan di komputer kita terutama pada partisi yang menjadi bagian utama tempat komputer kita menaruh file instalasi dari program yang kita jalankan.

Saya mengalami masalah ini sewaktu menginstall Autodesk Inventor yang membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 20 giga untuk menginstallnya, sedangkan sisa disk C : saya hanya tersisa 3 giga byte saja.

Yang bisa saya atau mungkin Anda lakukan pertama kali adalah menyiutkan (shrink) partisi dari disk lain dan nantinya akan dimasukkan ke disk C.

Saya yakin, Anda yang datang ke halaman ini pastilah mengalami masalah seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Di mana, setelah Anda menyiutkan (shrink) partisi dari disk lain yang masih tersedia ternyata partisi yang sudah Anda shrink ini tidak bisa di masukkan ke disk volume lainnya karena tombol Extend Volume nya yang tidak aktif entah karena alasan apa.

Cara Menambah disk C Pada Windows 7

Analisis masalah dan pengenalan solusi

Masalah yang terjadi di sini adalah Windows built-in Disk Management membutuhkan unallocated space yang berdekatan, atau dengan kata lain unallocated space tersebut masih berada di dalam partisi yang sama dengan disk atau partisi yang akan ditambah.

Dengan jauhnya unallocated disk dengan disk yang akan ditambahkan, maka tugas yang dikerjakan dengan tombol Extend Volume ini tidak bisa dijalankan.

Karena keterbatasan ini, hal yang lebih buruk adalah Windows Disk Management-nya tidak bisa memindahkan partisi sama sekali, hanya bisa menambah dan mengurangi partisi dari disk atau partisi yang sama.

Tapi tenang, saya memiliki pilihan terbaik untuk menyelesaikan masalah yang satu ini, yaitu dengan menggunakan sebuah tools yang bisa berjalan di beberapa sistem operasi windows (Windows 10, Windows 8.1/8, Windows 7, Vista, XP and 2000 home users) dan salah satunya Windows 7.

Alat yang saya maksud adalah AOMEI Partition Assistant ProfessionalAlat ini bisa membantu kita untuk menambahkan ruang untuk partisi sistem dengan mudah, yang tentunya Anda harus membuat unallocated space-nya terlebih dahulu.

Dan, kabar baiknya ada versi gratis yang bisa kita gunakan kapanpun tanpa batas waktu. Anda bisa mendownloadnya di halaman ini.

Sedangkan untuk perangkat komputer yang berjalan dengan Windows Server 2003, 2008, atau 2012, AOMEI Partition Assistant Server merupakan pilihat terbaik untuk mengatasi masalah serupa.

Panduan untuk menambah ruang yang tidak terisi untuk sistem partisi di Windows 7


  • Sebelum mengikuti langkah ini, silakan download AOMEI Partition Assistant Professional (PA Pro) terlebih dulu agar memahami langkah - langkah yang kami berikan di sini.
  • Tutorial ini ditulis berdasarkan masalah yang dijelaskan di awal, jika Anda tidak mendapati unallocated space di layar Anda, Anda bisa mengikuti petunjuk tentang Shrink Partisi di Windows 7.
1. Jalankan AOMEI Partition Assistant untuk mendapatkan informasi tentang partisi komputer Anda seperti yang muncul di gambar di bawah ini :

Cara Menambah disk C Pada Windows 7

2. Klik kanan pada partisi D dan pilih "Move Partition". Pada jendela pop-up, tarik partisi D ke sebelah kanan.

Cara Menambah disk C Pada Windows 7

3. Klik "OK". Anda dapat menemukan unallocated space dipindahkan ke belakang disk C:. Klik kanan pada system partition dan pilih "Resize Partition", di jendela pop-up, tarik handle kanan partisi C: ke sebelah kanan untuk menambah ruang dengan tambahan dari unallocated space.

Cara Menambah disk C Pada Windows 7

4. Klik "OK" untuk mereview perubahan halaman. Untuk menyimpan perubahan, klik apply pada toolbar. Tombol lainnya, seperti "undo", "redo" ataupun "discard, semuanya digunakan untuk melakukan koreksi.

Beberapa saat kemudian, Anda akan mendapati bahwa penambahan unallocated space ke partisi sudah selesai dilakukan prgram.

Cara Menambah disk C Pada Windows 7

Inilah Cara Menambah disk C Pada Windows 7 yang bisa Anda lakukan. Saya yakin, jika Anda mencobanya, maka Anda pasti bisa melakukannya


Cara Menambah Disk C Pada Windows 7



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon