Wednesday, 9 March 2016

Cara Menghilangkan Pusing Dengan Bernapas

cara menghilangkan pusing dengan bernapas ampuh

Cara Menghilangkan Pusing Dengan Bernafas

cara menghilangkan pusing
Pusing kepala bisa menyerang siapapun kapanpun. Tanpa mengenal waktu dan tempat, rasa pusing ini bisa menjadi serangan yang menyebalkan bagi kita.
cara menghilangkan pusing
Bagaimana dengan rasa pusing yang muncul ketika Anda sedang jalan ke mall, mungkin Anda sedang berencana nonton film di bioskop ataupun sekadar berbelanja.
cara menghilangkan pusing
Pernahkah Anda mengalami pusing ketika jalan ke mall? Saya pernah, hehehe.
cara menghilangkan pusing
Rasa pusing tersebut saya dapatkan karena menghirup terlalu banyak gas CO di parkiran motor yang berada di basement sebuah mall.
cara menghilangkan pusing
Parkiran basement beberapa mall memiliki sirkulasi udara yang buruk. Kurang baiknya sirkulasi udara di area basement ini membuat kita enggan berlama - lama di parkiran tersebut.

Pusing secara tiba - tiba saat jalan - jalan ke mall adalah sesuatu yang menyebalkan. Pasti tak ada satu orang pun yang mengharapkan hal tersebut terjadi.

Jalan - jalan yang seharusnya menyenangkan menjadi sesuatu yang kurang mengenakkan.
cara menghilangkan pusing
Ketahui Penyebabnya
cara menghilangkan pusing
Dalam kasus saya tersebut, saya tiba - tiba pusing karena udara di basement yang tidak sehat karena buruknya sirkulasi udara di tempat itu, sehingga membuat knalpot kendaraan bergumul di sana seperti tidak ada jalan keluar bagi mereka.

Pertama kali mengalami kejadian (pusing mendadak) ini yaitu ketika saya sedang berada di basement PIM (Palembang Indah Mall) tahun 2010 lalu, saya masih mengingatnya karena hal tersebut merupakan pengalaman yang cukup menggelikan. Anda jauh - jauh dari kota kecil yang berada 140 kilometer dari Palembang, sampai Palembang Anda keracunan gas buang dari kendaraan yang ada di parikiran sebuah mall. Kan ga lucu.
cara menghilangkan pusing
Bagaimana cara mengatasinya jika Anda terserang pusing secara tiba - tiba seperti ini?

Beberapa orang mungkin akan menganjurkan Anda untuk meminum obat, beberapa lainnya mungkin menganjurkan Anda untuk pulang dan beristirahat di rumah.
cara menghilangkan pusing
Eits, tunggu dulu, jika Anda tidak bersedia untuk istirahat dan pulang ke rumah ketika diserang pusing secara tiba - tiba seperti ini dan Anda pun enggan untuk mengonsumsi obat, maka saya punya tips yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan pusing tersebut dengan cepat.

Caranya adalah dengan bernapas! Ya, Anda tidak salah baca, cara yang saya akan ajarkan kepada Anda adalah cara bernapas yang baik dan bisa digunakan saat Anda mengalami pusing mendadak seperti yang pernah saya alami.
cara menghilangkan pusing
Kebanyakan dari kita ternyata bernapas dengan cara yang kurang tepat. Kita selalu bernapas dengan cara yang keliru.

Suatu hal yang wajar, menurut saya, karena guru biologi saat kita sekolah dulu pun juga tidak pernah mengajarkan ini.
cara menghilangkan pusing
Lalu, bagaimana sih cara bernapas yang benar, yang juga bisa Anda gunakan juga untuk mengobati pusing dengan cepat? You'll got that way.

Bernapas dengan benar

Dasar dari kesehatan tubuh kita adalah aliran darah yang sehat, yaitu sistem yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh. Jika kita memiliki sirkulasi darah yang sehat maka kita akan panjang umur dan sehat.
cara menghilangkan pusing
Lalu, apakah yang mengendalikan sistem peredaran darah tersebut? Pernapasan.

Bernapas bukan hanya proses yang bisa mengendalikan aliran oksigen ke sel tubuh. Bernapas ternyata juga mengendalikkan aliran cairan limfa, yang berisi sel darah putih untuk melindungi tubuh.
cara menghilangkan pusing
Manusia memiliki cairan limfa yang jumlahnya empat kali lebih banyak dibandingkan darah di dalam tubuhnya.
Sel tubuh bergantung pada sistem limfa sebagai satu - satunya cara untuk membuang bahan beracun yang sangat banyak dan cairan yang berlebihan yang membatasi jumlah oksigen.
cara menghilangkan pusing
Jika sistem limfa dimatikan selama dua puluh empat jam, manusia bisa meniggal dunia karena protein darah dan cairan yang berlebihan terjebak di sekitar sel.

Aliran darah memiliki pompanya sendiri, yaitu jantung yang kita miliki. Tapi, berbeda dengan sistem limfa. Sistem limfa tidak memiliki pompanya sendiri.

Satu - satunya cara yang bisa membuat limfa bergerak adalah dengan bernapas panjang dan gerakan otot. 
cara menghilangkan pusing
Jadi, jika Anda ingin memiliki aliran darah yang sehat dengan sistem limfa dan kekebalan tubuh yang baik, maka Anda harus menarik napas panjang dan menghasilkan gerakan yang merangsangnya.

Tapi, sayangnya ada banyak sekali program kesehatan yang tidak mengajarkan cara membersihkan tubuh dengan cara yang baik seperti ini.
cara menghilangkan pusing
Dr. Jack Shields, seorang ahli limfa yang amat dihormati dari Santa Barbara, California, pernah melakukan penelitian tentang sistem kekebalan tubuh. Dia memasukkan kamera di dalam tubuh orang - orang untuk melihat apa yang merangsang pembersihan sistem limfa. Dia menemukan bahwa bernapas panjang melalui perut merupakan cara yang paling efektif untuk melakukannya. Cara ini menciptakan sesuatu yang mirip dengan alat penyedot yang menyedot limfa melalui aliran darah dan meningkatkan kecepatan tubuh dalam membuang racun. Dan, yang menarik adalah : menarika napas panjang dan berolahraga bisa mempercepat proses ini lima belas kali lebih cepat.
Sebegitu pentingnya menarik napas ini ya, setuju?
cara menghilangkan pusing
Saya yakin, selama ini Anda juga termasuk salah satu orang yang bernapas dengan sembarang. Tepatnya, Anda bernapas dengan cara yang kurang tepat. Tak ada yang salah, hanya kurang tepat saja.

Nah, kalau sekarang Anda sudah paham betapa pentingnya menarik napas panjang, maka Anda bisa sangat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.
cara menghilangkan pusing
Tipsnya sederhana, jika Anda kerepotan untuk bernapas panjang di sepanjang hidup Anda, Anda cukup menggunakannya di saat - saat tertentu, misalnya saat Anda keracunan gas seperti kasus yang sedang kita bahas sekarng.

Pusing yang saya alami dalam kasus ini termasuk disebabkan oleh keracunan. Saya menyebutnya seperti itu karena saya yakin gas CO dan gas lain dari knalpot kendaraan telah masuk terlalu banyak ke dalam darah dan mengurangi jumlah oksigennya.
cara menghilangkan pusing
Untuk menyiasatinya, ikutilah petunjuk di bawah ini.

Gunakan rasio ini untuk memperbanyak oksigen di dalam darah Anda yang kemudian akan membuat limfa Anda bekerja membersihkan racun di dalam tubuh yang Anda sayangi.
cara menghilangkan pusing
Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Tarik napas dalam satu hitungan
  2. Tahan napas sebanyak empat hitungan
  3. Hembuskan napas sebanyak dua hitungan
Jika Anda menarik napas dalam empat detik, berarti Anda harus menahan napas Anda selama 16 detik, dan menghembuskannya dalam 8 detik.
cara menghilangkan pusing
Jika Anda menarik napas dalam lima detik, maka Anda harus menahan napas Anda selama 20 detik, kemudian menghembuskannya dalam waktu 10 detik.

Dengan cara inilah Anda benar - benar memberikan darah Anda oksigen yang kemudian mengaktifkan sistem limfa Anda, bak alat penyedot debu yang akan menghilangkan racun dari dalam tubuh Anda.
cara menghilangkan pusing
Pengetahuan ini saya dapatkan dari buku Unlimited Power karya dari Anthony Robbins, sebuah buku yang powerfull dari seorang guru yang senantiasa mengajar dengan penuh semangat.

Setelah membaca buku tersebut, saya langsung menggunakan rasio ini dalam bernapas untuk memperbaiki kondisi kesehatan saya. 
cara menghilangkan pusing
Salah satu keadaan yang sering membuat saya harus menggunakan rasio ini yaitu saat saya mengalami pusing saat mengendarai motor di jalan raya. Banyaknya kendaraan dengan knalpot bocor di Jogja (termasuk TJ-nya jogja) sering kali membuat saya pusing, apalagi jika sewaktu mengemudi tersebut saya belum makan.
cara menghilangkan pusing
Bagaimana dengan Anda, apakah Anda tertarik untuk menggunakan rasio ini? 

Semoga bermanfaat!

Cara Menghilangkan Pusing Dengan Bernafas


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon