Friday, 4 March 2016

Fakta Terbaru Tentang R.A. Kartini (2016)


Fakta Tentang R.A. Kartini 2016

fakta ra kartini
Fakta tentang R.A. Kartini ini paling banyak dibaca di Bulan April loh. Bagaimana dengan Anda, kapan Anda membaca artikel ini? Kasih tahu saya dengan meninggalkan komentar di bawah ya.
fakta ra kartini
Fakta - fakta seputar Raden Ayu Kartini atau R.A. Kartini ini kami buat dengan tujuan untuk pembelajaran kita sebagai bangsa Indonesia agar senantiasa menghargai sejarah pahlawan - pahlawan yang sudah berjasa untuk negeri ini.
fakta ra kartini
R.A Kartini mungkin tidak sendirian dalam memperjuangkan emansipasi wanita, namun kita perlu memahami apa yang membuat R.A. Kartini mau memperjuangkan hak - hak wanita Indonesia.
fakta ra kartini
Untuk lebih mengenal R.A. Kartini, mari kita membaca tulisan yang berisi fakta tentang Raden Ajeng Kartini berikut ini : 

fakta ra kartini
1. R.A Kartini Lahir di Jepara
Fakta Terbaru Tentang R.A. Kartini
Tugu R.A Kartini di Jepara
fakta ra kartini
Raden Ayu Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, tanggal 21 April 1879. Hari lahir R.A. Kartini selalu diperingati setiap tahun oleh bangsa Indonesia. Peringatan hari kartini ini biasanya diikuti dengan berbagai kegiatan. Jika di sekolah, peringatan hari lahir R.A. Kartini dilakukan dengan cara memakai batik dan itu hanya untuk siswa perempuan saja.
fakta ra kartini
2. R.A Kartini berasal dari keluarga bangsawan

fakta ra kartini
R.A Kartini merupakan keturunan keluarga bangsawan Jawa atau priyayi. Ayah dari R.A Kartini bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, yang semasa R.A Kartini lahir sedang menjabat sebagai Bupati Jepara. 
fakta ra kartini
Ibunya dari Raden Ayu Kartini bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara.
fakta ra kartini

3. R.A Kartini adalah seorang muslimah


fakta ra kartini
Lahir dari keluarga keturunan guru agama di Telukawur, Jepara, maka sejak lahir R.A Kartini adalah penganut Islam. Dari kakeknya Kyai Haji Madirono atau ayah dari ibu R.A Kartini, nilai - nilai islam mengalir kuat di darah wanita yang di kemudian hari menjadi tokoh nasional Indonesia karena perjuangannya terhadap kesetaraan kedudukan wanita tersebut.fakta ra kartini
Dari trah ayahnya, R.A Kartini memiliki hubungan kekerabatan dengan HB VI (Raja Yogyakarta).
fakta ra kartini 4. Perempuan tertua diantara saudara kandungnya


fakta ra kartini
5. R.A Kartini merupakan anak kelima dari sebelas bersaudara (kandung dan tiri). Dari saudara kandungnya, ia merupakan perempuan tertua.
fakta ra kartini
Silsilah saudara kartini :

  1. R.M. Sosroningrat (saudara laki - laki)
  2. P.A. Sosrobusono, Bupati Ngawi (saudara laki - laki)
  3. R.A. Sosroaditjokro (saudara laki - laki)
  4. R.M. Sosrokartono – Drs – (saudara laki - laki)
  5. R.A. Kartini 
  6. R.A. Roekmini (saudara perempuan)
  7. R.A. Kardinah, Isteri Bupati Tegal (saudara perempuan)
  8. R.A. Kartinah (saudara perempuan)
  9. R.A. Sosromuljono (saudara laki - laki) 
  10. R.M. Sumantri Sosrohadikusumo (saudara laki - laki)
  11. R.M. Sosrorawito (saudara laki - laki)
6. Cucu Pangeran Ario Tjondronegoro IV
fakta ra kartini

fakta ra kartini

R.A Kartini memiliki kakek bernama Pangeran Ario Tjondronegoro IV diangkat bupati pada umur 25 tahun. dan dikenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati pertama yang memberi pendidikan Barat kepada anak-anaknya 

fakta ra kartini
7. R.A Kartini dinikahi Bupati Rembang ketujuh Djojo Adiningrat pada 12 November 1903.
fakta ra kartini
8. Pada 13 September 1904, R.A Kartini melahirkan anak semata wayangnya, yang dinamai Singgih/ RM Soesalit.

fakta ra kartini
9. Pada 17 September 1904, empat hari pasca-melahirkan, R.A Kartini meninggal dunia di Rembang. Saat itu umurnya menginjak 25 tahun.


10. R.A Kartini meninggal dalam pangkuan suaminya (menurut cerita para abdi-dalem yang melihat peristiwa itu, diambil dari banyak sumber).

fakta ra kartini
11. Makam R.A Kartini berada di Desa Bulu, 17 km dari kota Rembang, berbentuk pesanggrahan dengan cungkup atap berbentuk joglo. Tak hanya makamnya, di dekatnya ada juga makam suami dan putranya.

fakta ra kartini
12. Namanya diabadikan sebagai nama empat jalan raya di Belanda: Kota Amsterdam, Utretch, Veerlo, dan kota Harleem.
  • Utrecht : Di Utrecht Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat merupakan salah satu jalan utama, berbentuk 'U' yang ukurannya lebih besar dibanding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Che Guevara, Agostinho Neto.
Jalan Ra kartinistraat di utrecht
Jalan Ra kartinistraat di utrecht
Jalan Ra kartinistraat di utrecht
Jalan Ra kartinistraat di utrecht
Jalan RA Kartinistraat di Utrecth
  • Venlo: Di Venlo Belanda Selatan, R.A. Kartinistraat berbentuk 'O' di kawasan Hagerhof, di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.
KartiniStraat di Venlo, Belanda
  • Amsterdam : Di wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya adalah nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah: Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.
fakta ra kartini
Ra Kartinistraat di amsterdam belanda
R.A KartiniStraat, Amsterdam
  • Haarlem : Di Haarlem jalan Kartini berdekatan dengan jalan Mohammed Hatta, Sutan Sjahrir dan langsung tembus ke jalan Chris Soumokil presiden kedua Republik Maluku Selatan.
fakta ra kartini
kartinistraat di haarlem Belanda
Raden Adjeng Kartini Straat, Harleem
13. R.A Kartini tak suka dipanggil dengan sebutan Raden Ayu dan lebih suka dipanggil Kartini saja. Bahkan diketahui, dia menanggalkan gelar itu karena tahu artinya.
fakta ra kartini
14. R.A Kartini adalah seorang kutu buku, penulis, istri setia, pejuang, dan peduli nasib miris kaumnya.
fakta ra kartini
15. Tahun 1911, Mr. JH. Abendanon (Kepala Dinas Pendidikan saat itu) menerbitkan kumpulan surat-surat milik Raden Ayu Kartini (R.A Kartini) berjudul Door Duisternis tot Licht (versi bahasa Belanda) dan Letters of a Javaness Princess (versi bahasa Inggris).
fakta ra kartini
Letters of a Javaness Princess dan Door Duisternis tot Licht
fakta ra kartini
16. Sebelas tahun kemudian, tepatnya tahun 1922, Balai Pustaka menerbitkan buku ini dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran, yang diterjemahkan oleh Armijn Pane, seorang sastrawan pujangga baru.

fakta ra kartini
17. Pada 2 Mei 1964, Presiden Sukarno mengeluarkan Kepres RI No. 198 Tahun 1964 yang menetapkan bahwa R.A Kartini adalah Pahlawan kemerdekaan Nasional. Tidak hanya itu, hari lahirnya dijadikan hari nasional yang dikenal sebagai Hari Kartini.
fakta ra kartini

18. Komposer WR. Supratman membuat sebuah lagu nasional berjudul Ibu Kita Kartini untuk mengenang jasa dari R.A Kartini.
fakta ra kartini
19. R.A Kartini hanya diizinkan sekolah sampai jenjang ELS (Europese Lagere School). Saat ini umurnya sudah menginjak 12 tahun. Dia mendapat pelajaran bahasa Belanda sampai sini.
fakta ra kartini
Mulai umur 12 tahun R.A Kartini harus tinggal di rumah. Istilahnya adalah dipingit (tidak diizinkan keluar rumah, kecuali bersama mahram atau keluarga).
fakta ra kartini
Itulah dia fakta - fakta tentang R.A Kartini terbaru dari noyvesto.net, semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat dan bisa membuat Anda terinspirasi oleh salah satu sosok pahlawan nasional kita, Raden Adjeng Ayu Kartini.
fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini fakta ra kartini

Fakta Tentang R.A. Kartini 2016

Artikel Terkait

1 komentar so far

Selamat hari lahir RA Kartini 21-04-2016, semoga sikap-sikap baiknya selalu menjadi teladan bagi anak-anak perempuan dan wanita indonesia saat ini


EmoticonEmoticon