Monday, 21 March 2016

Perencanaan Bisnis Dalam Hal Posisi

Perencanaan Bisnis Dalam Hal Posisi



Saat membuat rencana bisnis, baik menggunakan business plan ataupun menggunakan business model canvas generation, pasti ada satu dari pertimbangan perencanaan tersebut yang membahas tentang posisi.

Beberapa hari lalu ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman di noyvesto.net, dari sana saya mempertimbangkan untuk membuat satu tulisan yang khusus membahas perencanaan bisnis dalam hal posisi, definisi dari posisi dalam perencanaan bisnis ini termasuk penting, itulah kenapa positioning ini selalu dibahas ketika merencanakan sebuah bisnis.

Arti dari Posisi (positioning) dalam Perencanaan Bisnis

Positioning atau penentuan posisi dalam perencanaan bisnis berarti menentukan di mana posisi harga produk dari bisnis yang sedang kita rencanakan dibandingkan dengan bisnis lain yang sama persis

Dalam bahasa yang lebih sederhana positioning bisa juga diartikan dengan range harga yang akan Anda tawarkan untuk bisnis sejenis yang sama persis produk atau layanannya. 

Misalnya, Anda kepingin membuat bisnis kue cubit, sebelum memulai bisnis tersebut Anda (misalnya) sudah tahu bahwa di kota Anda sudah ada orang lain yang membuat kedai kue cubit yang modelnya juga sama dengan Anda. Misal, Anda ingin membuat kue cubit gerobakan, di kota Anda sudah ada (misalnya) lima kedai gerobakan kue cubit dengan brand yang berbeda - beda.

Nah, di dalam bisnis itu ada istilah segmen pasar yang pada dasarnya terbagi menjadi tiga golongan, yaitu menengah, atas dan bawah. 

Tiga golongan ini berisi calon pembeli yang perlu perlakuan berbeda, misalnya segmen golongan atas yang terdiri dari orang - orang kaya, tentu saja orang - orang di golongan ini--dalam membuat keputusan untuk melakukan pembelian--pasti mempertimbangkan hal - hal tertentu seperti kebersihan, kesehatan, kualitas, sisi prestisius, tempat yang bagus dan pelayanan yang wow.

Lalu ada golongan bawah yang biasanya pembelinya tidak terlalu mementingkan nilai prestisius, tempat yang bagus, asalkan makanan tersebut harganya murah, banyak (bisa bikin kenyang) dan rasanya enak, biasanya tipe produk seperti ini adalah produk yang dicari oleh segmen pasar golongan bawah.

Dan terakhir ada golongan kelas menengah, seperti apa mereka? Cobalah menganalisa kira - kira seperti apa calon buyer dari segmen golongan menengah ini, saatnya melatih sense of businessmu gan, hehehe.

Nah, jadi dalam merencanakan bisnis jangan lupa untuk memutuskan produk atau layanan Anda akan diperuntukkan oleh segmen pasar yang mana. Ingat tadi ada tiga segmen pasar, yaitu :
  1. Golongan atas
  2. Golongan Menengah
  3. Golongan bawah
Di sinilah Anda bisa menentukan posisi bisnis Anda, di segmen atas, menengah atau bawah Anda akan menjual produk atau layanan Anda.

Dalam contoh kasus kue cubit di atas, Anda sudah tahu bahwa di kota Anda sudah ada kedai kue cubit sebanyak lima buah dan semuanya berjenis gerobakan.

Nah, dari bentuk kedainya saja sebenarnya kita sudah tahu bahwa di kota Anda tersebut pebisnis kue cubit di sana baru menyasar segmen (anggaplah) segmen golongan bawah. Nah, jika Anda "bijaksana" sebenarnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi dua segmen yang masih kosong, segmen menengah dan segmen atas.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pemosisian yang akan Anda lakukan dengan kemampuan calon pembeli yang akan Anda tarik. Jika kota tempat Anda akan membuka bisnis adalah kota yang jumlah orang kayanya sedikit, berarti (sebenarnya) lebih aman bagi Anda untuk membuat bisnis yang nantinya menyasar segmen menengah dan bawah. 

Ingat bahwa membuat bisnis pada dasarnya tujuannya adalah menyelesaikan masalah masyarakat. Jika Anda ingin menyelesaikan masalah untuk segmen golongan atas tetapi di kota Anda tidak ada atau hanya ada sedikit sekali segmen golongan atas, maka hati - hati nanti bisnis Anda tidak ada pembelinyal

Atau Anda juga bisa membuat bisnis Anda tersebut menyasar dua segmen, segmen menengah dan bawah. Anda bisa melakukannya (mungkin) dengan cara membuat produk yang menarik, berkualitas, tempat jualannya memiliki tempat duduk yang nyaman dengan wifi gratis tapi harganya terjangkau.

Posisikan produk Anda di segmen menengah, atas atau bawah.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon