Wednesday, 16 March 2016

Review Film Jerry Maguire (1996) Film Bisnis

review film jerry maguire

Review Film Jerry Maguire (1996)

review film jerry maguire
Film Jerry Maguire merupakan salah satu film yang diperankan oleh Tom Cruise. Di sini Tom Cruise--seperti biasa--menjadi pemeran utama dalam film, yaitu sebagai sosok Jerry Maguire.

Film Jerry Maguire diangkat dari kisah nyata seorang agen atlet olahraga dari Orange Country yang membuat Cameo berjudul "Troy Aikman's Agent" dan membuat sang produser tertarik untuk mengangkat kisahnya ke layar box office.
review film jerry maguire
Agen tersebut bernama Leigh Steinberg, seorang agen atlet olahraga yang telah mengurus--sebanyak--300 atlet ketika berusia 41 tahun. Angka yang fantastis.
review film jerry maguire
Di dalam ceritanya, film ini mengisahkan perjalanan Jerry Maguire yang bekerja di perusahaan agen olahraga ternama di Amerika Serikat pada masa itu, SMI atau Sport Management International.
review film jerry maguire
Di SMI, Maguire adalah seorang agen yang paling laris, memiliki banyak klien. Menurut cerita di dalam film tersebut, Maguire mengurus 72 atlet dan melayani 264 telepon setiap harinya. Ia merupakan salah satu orang yang berjasa bagi pertumbuhan perusahaan tersebut.
review film jerry maguire
Kemampuan Maguire dalam membangun dan menjaga relasi adalah hal yang membuatnya mampu memikat banyak atlet untuk dijadikan klien. Maguire begitu dicintai oleh orang - orang di sekelilingnya, para atlet yang menjadi klien serta rekan kerjanya. Ia memiliki kemampuan persuasi yang sangat baik.
review film jerry maguire
Persuasi yang saya maksud di sini adalah persuasi yang sebenarnya, di mana seseorang yang bisa melakukan persuasi dengan natural memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik, intonasi suara yang top, gerak tubuh yang pas dan pilihan kata yang tepat, memiliki rasa ketertarikan yang tinggi terhadap lawan bicara, dan semuanya seperti yang disampaikan Dale Carnegie dalam buku "How to Win Friends & Influence People".
review film jerry maguire
Dengan cara yang sangat memikat perhatian itulah dia mendapatkan dan menjaga klien - kliennya.
review film jerry maguire
Namun, kisah kecakapannya dalam menangani banyak atlet ini tidak berlangsung sepanjang film, hal ini karena awal dari kisah dalam film ini adalah perjuangan Maguire saat keluar dari SMI, saat ia didepak dari perusahaan yang ia  besarkan.
review film jerry maguire
Pemecatan tersebut berawal dari sebuah "memo" yang ditulis oleh Maguire. Memo ini merupakan akumulasi dari pikiran - pikiran Maguire di mana ia berpikir bahwa ketika satu orang agen menangani terlalu banyak atlet, maka pasti ada kekurangan di sana.
review film jerry maguire
72 atlet untuk satu orang agen, misalnya, banyaknya klien yang dilayani membuat sang agen sulit memiliki hubungan yang lebih intim dengan atlet yang menjadi klien mereka, ini karena agen yang pasti akan sangat sibuk untuk mengurus atlet - atlet lainnya, sehingga tidak ada waktu untuk hubungan yang lebih intim.
review film jerry maguire
Intim yang saya maksud di sini misalnya si agen bisa ke rumah si atlet, mengobrol seharian, bertemu keluarga si atlet, makan malam bersama, dan lain - lain. Praktek yang dilakukan oleh agen SMI selama ini hanya seperti hubungan jual beli, tidak lebih dari itu.
review film jerry maguire
Jerry Maguire menuangkan pendapatnya ke dalam sebuah memo yang kemudian ia print dan copy sebanyak seratusan lembar. Semua kopian memo tersebut disebarkannya ke semuar rekan kerja di kantornya melalui loker - loker pribadi mereka.
review film jerry maguire
Hal baik yang ia dapatkan adalah ia mendapati rekan - rekan kerjanya menyukai pendapat yang ia sampaikan melalui memo tersebut. Salah satu dari mereka berkata "akhirnya ada salah satu orang yang melakukannya", mengartikan bahwa pendapat Maguire dalam memo tersebut sama seperti apa yang dipikirkan oleh mereka dan mereka sudah menunggu suatu saat ada salah satu dari mereka yang mengatakan hal tersebut kepada semua orang di SMI.

Sayangnya, pimpinan perusahaan tidak menyukai ide revolusioner tersebut dan memilih untuk menggunakan cara lama dalam menangani atlet - atlet mereka. Maguire keluar dari kantor tersebut dengan seorang rekan yang bersedia berjuang bersamanya mendirikan perusahaan agen olahraga baru yang berjalan sesuai dengan visi seperti yang tertulis di memo itu.

Itulah awal dari cerita tersebut
review film jerry maguire
Beruntung, sebelum meninggalkan kantor, ia mendapatkan satu klien yang benar - benar bersedia untuk diageni olehnya. Rod Tidwell menjadi satu - satunya atlet yang bersedia mengambil resiko untuk diurus oleh Maguire dan lepas dari nama besar SMI.
review film jerry maguire
Untu diingat bahwa reputasi besar perusahaan akan memudahkan si atlet untuk mendapatkan kontrak - kontrak baru dari sponsor. Ok, Tidwell tetap melakukannya.
review film jerry maguire
Secara garis besar, masa - masa awal Jerry Maguire bersama rekan kerja satu - satunya yaitu Dorothy Doyd melewati masa - masa awal perusahaan baru tersebut sangatlah sulit. Ceritanya memang tidak semiris cerita perjuangan founder airbnb yang rela hanya makan sereal sepanjang waktu ketika modal usaha mereka menipis, namun ada pelajaran yang bisa diambil dari film ini.
review film jerry maguire
Apa saja pelajaran yang bisa kita ambil tersebut. Ini dia :
review film jerry maguire
Poin - poin Penting yang Berkaitan dengan Kewirausahaan
review film jerry maguire
review film jerry maguire
Tahan Banting
review film jerry maguire
Hari pertama jadi pengangguran Gan :D
Tahan banting sepertinya sudah menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Mungkin Anda pernah dengar kalau orang yang berhasil itu adalah orang - orang yang sudah banyak gagal lalu berhasil.
review film jerry maguire
Di dalam film ini, Jerry Maguire juga mengalami hal serupa, ia mengalami kegagalan berkali - kali, namun ia tidak menyerah. Di masa - masa awal menjalankan bisnisnya, Maguire ditolak berkali - kali oleh para atlet yang merupakan potensial leadnya.
review film jerry maguire
Sekalipun ada dua atlet yang berhasil ia kontrak, satunya berhianat di tengah jalan. Berpaling ke SMI melalui agen Bob Sugar.
review film jerry maguire
Rasa frustasi kerap kali datang ketika seseorang mengalami kegagalan yang bertubi - tubi, begitu juga yang dialami oleh Jerry Maguire. Tapi, seorang pengusaha sukses memang memiliki perbedaan dari pengusaha yang gagal, Maguire berhasil bangkit satu kali lebih banyak dari jumlah jatuhnya hingga ia menemukan keberhasilan yang ia cari.
review film jerry maguire
Kepemimpinan dan Perusasif
Dia menunjukkan caranya berekpresi sekalipun dengan anak kecil
Dalam film ini, sosok Maguire diperankan sangat baik oleh Tom Cruise. Ibarat persenjataan untuk perang, Maguire merupakan pejuang yang memiliki peralatan yang lengkap. Dalam urusan hubungan atau relationship, Maguire memiliki segalanya, ia pandai mendapatkan hati orang lain, tidak heran jika orang - orang senang dan sangat terkesan dengan kehadirannya.

Jangan hanya menilai wajah ganteng Tom Cruise saja, sobat, saat menonton film ini, hehehe. Perhatikan juga bagaimana toko Maguire ini berbicara, perhatikanlah sorot matanya, gerak mekanis senyumnya yang memikat, ayunan tangan, nada suara dan penampilannya yang rapih.
review film jerry maguire
Lalu, perhatikan juga bagaimana tokoh Maguire ini berbicara dengan orang lain, ia pendengar yang sangat baik, ia menaruh perhatian yang tinggi terhadap lawan bicaranya, contohnya, tatapan mata, senyum, membuat dirinya sama dengan lawan bicaranya (dari nada suara, raut wajah) poin ini bisa disebut feedback, lalu ia tak lupa bertanya tentang hal penting yang dimiliki lawan bicaranya, seperti kabar istri, anak, keluarga dari lawan bicaranya. Emm, ada lagi, Maguire adalah sosok yang tidak sungkan memberi pujian, pujian yang tulis. Lihat bagaimana saya menuliskan tiga kata terakhir dengan sebuah garis bawah. itu bagian yang penting.
review film jerry maguire
Oh iya, masih ada lagi ternyata, karena saya menulisnya kepemimpinan dan persuasif, jadi saya juga harus menjelaskan apa hubungannya antara paragraf - paragraf sebelumnya (di poin ini) dengan kepemimpinan dan persuasif. 
review film jerry maguire
Sebetulnya, dua kata tersebut seperti sesuatu yang mubazir jika harus di tulis bersamaan. Ketika seseorang melakukan bagian - bagian atau tindakan - tindakan kepemimpinan, maka dengan mudah ia akan mempersuasi orang lain.
review film jerry maguire
Lalu, bagaimana melakukan tindakan - tindakan kepemimpinan tersebut? Caranya adalah dengan menjadi pendengar yang baik bagi lawan bicara, memberi reward (pujian dan penghargaan) kepada rekan kerja atau bawahan, tertarik dengan minat lawan bicara, tidak mengkritik mengeluh, dan lain - lain, yang menurut saya Anda bisa mempelajarinya di buku How to Win Friends & Influence People.

Lalu, bagian terakhir.

Motivator atau Inspirator
review film jerry maguire
adegan ketika Jerry memotivasi Tidwell
Bagian ini adalah bagian yang satu paket dengan poin kedua, ingat bahwa untuk melakukan persuasif kita harus melakukan pendekatan yang benar dengan orang lain, ini berlaku juga ketika kita ingin memotivasi orang lain. i just write the rule. from many books.
review film jerry maguire
Siapa yang mau mendengarkan kita jika kita tidak pernah menanamkan pengaruh apapun dari diri kita ke satu orang pun. Kita harus melakukan pendekatan terlebih dahulu sebelum menyampaikan motivasi kepada orang lain.
review film jerry maguire
Di film ini, Jerry Maguire adalah sosok yang tidak hanya jago mendengarkan tetapi juga jago berbicara. Maguire yang sudah terbiasa berbicara cepat untuk mendapatkan kontrak ketika bernegosiasi, ia terlatih untuk berbicara atau menyampaikan pesan dengan baik.
review film jerry maguire
Salah satu adegan di film Jerry Maguire
review film jerry maguire
Hmm, sepertinya hanya tiga poin ini saja yang bisa saya rangkum dan sampaikan kepada sahabat untuk review film Jerry Maguire ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa beri feedback dengan berkomentar melalui kolom komentar di bawah.
review film jerry maguire

Review Film Jerry Maguire (1996) Film Bisnis

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon