Saturday, 12 March 2016

Review Film Pirates of Silicon Valley (1999)

Review Film Pirates of Silicon Valley (1999)

Review film pirates of silicon valley 1999aa


Halo sahabat, hari ini saya baru saja nonton film ber-genre bisnis yang judulnya, yap, benar, Pirates of Silicon Valley, sebuah film historikal yang menceritakan tentang perjalanan perusahaan teknologi terbesar di dunia. Film ini sendiri dibuat di akhir abad 20, 1999.

Jika Anda masuk ke halaman ini melalui search engine google dengan mengetik keyword "review film pirates of silicon valley", pasti ada alasan yang membuat Anda sampai ke halaman ini. 

Dan, mungkin alasan tersebut adalah : Anda sedang belajar bisnis dan baru saja membaca artikel yang menuliskan rekomendasi film - film apa saja yang disarankan untuk ditonton oleh seorang pebisnis.

Jika benar alasan Anda membaca review ini karena alasan tersebut, berarti Anda sedang tertarik untuk segera menonton film ini.

Baiklah, mari saya beritahu Anda poin utama  tentang film ini.

Film ini bercerita tentang kisah perjalanan Apple Computer dan Microsoft di masa - masa awal berdirinya kedua raksasa teknologi tersebut.

Ada beberapa tokoh utama di dalam film ini, Steve Jobs dan Steve Wozniak dari Apple Computer, serta ada Bill Gates, Paul Allen dan Steve Balmer dari Microsoft.

Tokoh - tokoh dari Microsoft dan Apple Computer ini bisa disajikan dalam satu film karena memang keduanya memiliki sejarah yang saling bersangkutan. Sebagai informasi, Apple dan Microsoft sempat bekerja sama di masa awal berdirinya mereka.

Di bagian awal, alur cerita film ini dimulai dari kisah Steve Jobs bersama Steve Wozniak (co-Founder Apple Computer) di lingkungan kampus U.C Berkeley.

Film ini sebenarnya lebih banyak membahas Steve Jobs dan Apple Computer, mulai dari perusahaan sampai kehidupan pribadi Steve Jobs.

Sesuai judulnya, film ini menceritakan bagaimana kedua raksasa teknologi ini tumbuh besar dengan visi masing - masing namun seolah - olah menjadi perompak dalam menjalankan bisnisnya. 

Ada satu quote yang diulang berkali - kali dalam film ini :

Good artist copy, Great artist steal

Quote yang berulang kali diucapkan oleh tokoh - tokoh utama di film ini seolah menggambarkan bahwa menjalani bisnis dengan gaya seorang pirates adalah sebuah keharusan jika ingin berhasil.

Emh, maksudnya seperti ini, kalau saya pribadi mengartikannya bahwa seorang perompak atau pirates adalah sosok yang selalu antusias, semangat dan ambisius dalam melakukan misinya.

Selain itu, seorang pirates jika sudah berniat merompak pasti akan merompak sampai berhasil. Jika ditulis ke sebuah kalimat bunyinya seperti ini, lakukan sekarang atau tidak sama sekali, do or die.

Namun, jangan lupakan juga sisi liar dari seorang pirates. Cerdik. Saya lebih senang menggunakan kata cerdik daripada licik, karena kata cerdik lebih pantas digunakan di sini.

Poin Utama

Ada sebuah hubungan dari judul film ini dengan apa yang menjadi cerita utama yang disampaikan di dalam film berdurasi 1 jam 37 menit ini.

Hal tersebut adalah kisah bagaimana sistem operasi Windows atau OS Windows dan sistem operasi Machintos atau Mac OS dibuat. Di film ini, ceritanya, Apple Computers dan Microsoft, dalam membuat sistem operasinya masing - masing, ternyata "mengadopsi" ide dari sebuah program (sistem komputer) yang lebih dulu dibuat oleh Xerox.

Inilah bagian yang sangat cocok dengan quote good artist copy, great artist steal yang banyak diungkapkan di scene - scene sebelumnya. Pada saat itu, baru Xerox saja yang menciptakan sistem operasi yang sangat bagus user interfacenya.

Dua perusahaan ini, dengan caranya masing - masing membuat sistem operasi baru dengan melakukan modifikasi dan perbaikan yang membuat sistem operasi dari Xerox tersebut menjadi lebih baik.



Poin - poin penting yang berkaitan dengan kewirausahaan :


Ada pelajaran - pelajaran penting yang disampaikan film ini untuk semua wirausahawan di dunia, itulah mengapa film ini direkomendasikan untuk ditonton bagi setiap orang yang memiliki minat di bisnis.

Apa saja pelajaran kewirausahaan yang bisa kita petik dari film ini? Berikut poin - poinnya :

Team Work dan Co-founder
Film ini mengajarkan bagaimana dua perusahaan teknologi tersebut berdiri dengan team work yang baik dan didirikan lebih dari satu orang.

Dalam membangun perusahaan, memang sebenarnya lebih baik perusahaan tersebut dibangun dengan beberapa orang atau ada co-foundernya.

Review film pirates of silicon valley 1999a


Saran ini sebenarnya berlaku untuk berbagai jenis bisnis apapun bentuknya, bukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi saja. Membangun bisnis bersama seorang co-founder atau beberapa co-founder bisa menjaga konsistensi Anda dalam keadaan naik atau turunnya perusahaan.

Karena merintis sebuah perusahaan bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu kerja keras dan benar - benar harus tahan banting. Nah, di sinilah salah satu peran co-founder, yaitu menjadi teman satu visi yang akan selalu ada bersama Anda bagaimana pun kondisi perusahaan yang Anda bangun.

Founder dan co-founder di dalam film :

Apple Computer
Founder : Steve Jobs
Co - Founder : Steve Wozniak

Microsoft
Founder : Bill Gates
Co - Founder : Paul Allen

Review film pirates of silicon valley 1999

Dalam memilih co-founder, hal yang perlu diperhatikan adalah Anda dan co-founder memiliki keahlian yang berbeda. Steve Jobs dan Bill Gates memiliki kemampuan memimpin dan negosiasi, sedangkan co - founder mereka memiliki keahlian pemrograman komputer yang tidak dimiliki Steve dan Gates.

Pilihlah co-founder yang memiliki keahlian yang berbeda dengan Anda supaya bisa saling melengkapi.

baca juga : Review buku How to Win Friends & Influence People karya Dale Carnegie

Inovasi atau ATM (Amati Tiru Modifikasi)

Inovasi adalah sesuatu yang penting dalam berbisnis. Apple Computer melakukan inovasi yang sangat revolusioner dengan komputer yang berukuran kecil pada saat itu.

Microsoft fokus kepada pengembangan user interface yang jauh lebih baik untuk sebuah sistem operasi pada saat itu.

Kerjasama dengan Perusahaan yang Sudah Lebih Dulu Berhasil

Apple Computer meroket dengan cepat bukan hanya karena mereka memiliki produk revolusioner. Produk yang baik, jika tidak diketahui oleh banyak orang juga akan percuma.

Apple Computer di awal berdirinya, dari sewaktu masih di garasi rumah orang tua Steve Jobs, mereka bekerja sama dengan Intel, perusahaan raksaasa di bidang teknologi komputer saat itu.

Lalu, bagaimana dengan Microsoft? Microsoft bekerjasama dengan IBM untuk sistem operasi windows yang mereka ciptakan.

Review film pirates of silicon valley 1999aa
adegan ketika microsoft menawarkan kerjasama ke IBM
Dengan bekerjasama dengan perusahaan besar, maka perusahaan kita yang baru kita rintis juga akan cepat besar karena penjualan menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan dalam jumlah yang massiv daripada dijual sendiri tanpa bekerja sama dengan raksasa - raksasa yang telah berhasil lebih dulu.

Distribusi lebih penting daripada produk

Masalah ini memang tidak dibahas cukup banyak di dalam film ini. Tetapi ada satu adegan yang cukup menjelaskan mengapa Microsoft bisa berhasil melampaui Apple Computer hari ini.

Microsoft membuat produk yang bisa dipasang di semua komputer, sedangkan Apple lebih memilih untuk membuat produk yang bisa mereka jual sendiri.

Di film tersebut, sewaktu Bill Gates mengusahakan sebuah kontrak kerjasama dengan IBM, ia menjelaskan bahwa sistem operasi yang mereka miliki tidak hanya bisa dipakai di komputer - komputer yang dibuat oleh IBM, tetapi bisa juga digunakan di komputer - komputer buatan perusahaan komputer lainnya.

Inilah yang membuat Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia saat ini.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon