Thursday, 28 April 2016

Cari Tahu Karakter Seseorang dari Gaya Bicaranya Gan! Belajar Psikologi

belajar psikologi

Belajar Psikologi Seseorang dari Cara Ia Berbicara

Belajar psikologi merupakan hal yang saya sukai, karena dari situ saya sadar bahwa setiap manusia itu memang diciptakan berbeda - beda dan pengalaman hidup bisa membentuk bagaimana seseorang berperilaku dalam hidupnya di masa depan.

Saat belajar tentang psikologi ini saya lebih banyak mendapatkannya dari buku - buku yang bisa didapatkan di toko buku, psikologi merupakan ilmu yang menarik, membuat kita belajar bahwa dalam menghadapi orang lain itu ada tekniknya, ada caranya.

Belajar psikologi bukanlah hal yang menarik untuk setiap orang, ada orang yang peduli dan ada juga yang tidak, suatu hal yang wajar, karena setiap orang memiliki minat yang berbeda beda terhadap sesuatu,  jadi wajar apabila belajarnya pun berbeda.
belajar psikologi
Saat berbicara dengan orang lain terkadang kita mendapatkan respon - respon tertentu dari lawan bicara kita. Semakin dewasa, sebenarnya seseorang akan mulai terbiasa memperhatikan respon - respon ini, berbeda dengan masa ketika seseorang berada di bangku sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, biasanya kita belum terlalu  peduli dengan hal seperti ini.
belajar psikologi
Karena dalam berbicara kita biasanya mendapatkan feedback, maka dari pembicaraan, ternyata kita juga bisa menyimpulkan sifat dan karakter seseorang. Tentu saja kita tidak bisa sembarangan membuat kesimpulan, harus ada patokan atau acuan tertentu sebelum kita menyimpulkan sifat atau karakter seseorang.
belajar psikologi
Bagaimana menilai karakter seseorang berdasarkan caranya dalam berbicara. Ayo kita pelajari masalah psikologi ini dengan mengenali empat karakter orang berdasarkan cara berbicaranya. Check it out Gan!
belajar psikologi
Tipe 1.
Kurang Senang Mendengarkan dan Hanya Ingin Didengar

belajar psikologi
Orang dengan cara bicara seperti ini pasti pernah kita jumpai. Pernah lah pasti, coba ingat - ingat kembali sob. Seseorang dengan tipe seperti ini biasanya berbicara dengan barapi - api, kalau sudah ngomong agak sulit berhenti, cenderung sering tidak memberikan kesempatan untuk orang lain menjawab terlebih dahulu, atau dengan kata lain susah untuk membiarkan orang lain berbicara dan ketika mendengar cenderung sulit terlihat antusias dalam mendengarkan.
belajar psikologi
Mungkin aslinya ia mendengarkan suara yang lawan bicaranya keluarkan, namun, matanya tidak menatap mata lawan bicara dan sesekali menunjukkan bahwa ia tidak terlalu peduli dengan apa yang disampaikan oleh si lawan bicaranya sob.
belajar psikologi
Karakter kepribadian orang dengan tipe bicara seperti ini, kurang lebih seperti berikut :
belajar psikologi
  1. Keras Kepala
  2. Mau menang sendiri
  3. Suka merendahkan orang lain
  4. Tidak bertanggung jawab
  5. Sombong dan merasa paling hebat
  6. Cerdik
  7. Pemarah
  8. Pembohong/pembual
belajar psikologi
Tipe 2.
Suka memotong pembicaraan
belajar psikologi
Suka memotong pembicaraan, berarti orang seperti ini cukup sering memotong pembicaraan lawan bicaranya. Mungkin kamu juga pernah kali ya bertemu dengan orang seperti ini, bagaimana, menyebalkan bukan? 
belajar psikologi
Saat kamu sedang menyampaikan sebuah cerita, menyampaikan maksud pikiranmu atau sekadar berbagi pendapat dengan orang tipe 2 ini, orang tipe 2 ini bisa secara mendadak memotong pembicaraanmu, memotong ucapanmu yang belum selesai, atau bahkan dibantahnya.
belajar psikologi
Orang yang seperti ini pada saat kita berbicara biasanya memiliki sifat sebagai berikut :
belajar psikologi
  1. Suka memerintah
  2. Tidak bisa dibantah
  3. Penjilat
  4. Bermuka dua/buaya berkulit ayam
  5. Licik
  6. Sadis
  7. Tidak punya toleransi
  8. Manis di muka tapi busuk di belakang, di belakang kita orang tipe 2 suka menjelek -jelekkan
  9. Keinginannya kuat dan harus bisa terpenuhi dengan segala cara
  10. Keras kepala
  11. Pelit, egois, kirir dan serakah
  12. Jika berbicara suka menyakiti hati orang lain,
  13. Suka membanggakan diri sendiri
belajar psikologi
Tipe 3
Listener atau pendengar yang baik
belajar psikologi
Tahukah kamu bahwa bisa dipastikan seluruh pemimpin top di dunia ini merupakan pendengar yang baik. Anda tidak perlu meragukan statement saya barusan, pasalnya saya menemukan fakta tersebut di dalam buku - buku psikologi best seller karangan Dale Carnegie dan John C. Maxwell.
belajar psikologi
Orang seperti ini betah berlama - lama mendengarkan lawan bicara, ekspresi wajah yang ditunjukkannya bisa sesuai dengan apa yang sedang dibicarakan, jika sedang membicarakan sesuatu yang menarik, tipe pendengar akan menunjukkan ekspresi wajah "merasa tertarik", "antusias" terhadap pembicaraan.
belajar psikologi
Tipe pendengar ini juga sering menjawab hanya dengan gerak tubuh, seperti anggukan, senyum, gelengan kepala, atau pun dengan alisnya. 
belajar psikologi
Orang dengan karakter seperti ini sangat cocok menjadi pemimpin, saya tidak sedang bercanda ya sob, hehehe. Dan orang seperti ini biasanya juga memiliki sifat - sifat sebagai berikut :
belajar psikologi
  1. Berwawasan
  2. Pemikir
  3. Pengalah
  4. Rendah hati
  5. Empati tinggi
  6. Tidak sombong
  7. Suka melamun
  8. Keras kepala
  9. Hemat
  10. Toleran
  11. Tidak suka digurui, tetapi bisa menyembunyikan ketidaksukaannya tersebut
  12. Cerdik
  13. Pendendam, jika hanya mendengar tetapi tidak bisa mengutarakan pesan
  14. Pandai mengambil peran
  15. Pemberontak jika berada di sistem yang kaku
  16. Pantang direndahkan
  17. Mudah bosan untuk urusan - urusan yang biasanya disukai orang lain
  18. Sulit ditebak
  19. Jarang berbicara, kalau berbicara biasanya tajam dan terarah
  20. Emosinya labil
  21. Tidak teratur
  22. Tidak suka pembicaraan yang topiknya diulang
belajar psikologi
Lalu yang terakhir ada
belajar psikologi
Tipe 4
Pendiam yang jika diajak bicara tidak ada ekspresi atau tanpa memberi umpan balik ke lawan bicara
belajar psikologi
Orang yang pendiam seperti ini cenderung mempunyai sifat sebagai berikut :
belajar psikologi
  1. Mudah diyakinkan
  2. Penurut
  3. Sabar
  4. Otaknya kosong
  5. Mengikuti sistem yang kaku
  6. Pelit
  7. Baik
  8. Ramah
  9. Teratur
  10. Kurang memiliki ide
  11. Tidak mau berpikir
  12. Tulus
belajar psikologi
Nah, tapi tipe terakhir ini terkadang bisa juga berubah menjadi tipe ke 3. Sebenarnya setiap tipe bisa berubah menjadi tipe - tipe lainnya, tergantung pengalaman pribadi orang tersebut, dengan siapa ia bertemu setiap harinya pasti akan mempengaruhi kepribadiannya.
belajar psikologi
Tentu saja hal tersebut dengan catatan bahwa orang ini mau belajar, jika tidak memiliki jiwa suka belajar, maka orang dengan tipe - tipe ini akan tetap pada jenis kepribadiannya yang sekarang ini dari waktu ke waktu, sulit bagi orang yang tidak terbuka atau tidak suka belajar untuk menerima perubahan dan menyesuaikan dirinya dengan perubahan itu.
belajar psikologi

Belajar Psikologi Seseorang dari Cara Ia Berbicara

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon