Saturday, 23 April 2016

Curup Maung, Eksotisme Air Terjun di Pedalaman Hutan Lahat Sumatra Selatan

Curup Maung Lahat Pagaralam

Curup Maung, Eksotisme Air Terjun di Pedalaman Hutan Lahat Sumatra Selatan


Curup Maung adalah satu dari 76 curup atau air terjun yang ada di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Selain terkenal dengan Sungai Lematang, curup atau air terjun adalah salah satu daya tarik kota lahat yang terkenal.

Ada beberapa curup yang sudah bisa dikunjungi wisatawan yang ingin berwisata alam ke Kabupaten Lahat, diantaranya ada Curup Sambar Nyawe, Curup Perigi, Curup Karang Dalam, Air Terjun Tujuh Tingkat dan Curup Maung ini.

Lokasi Curup Maung ini sering jadi bahan rumpi di kalangan masyarakat, masyarakat Lahat menganggap air terjun ini milik Kabupaten Lahat, dan di lain sisi masyarakat Pagaralam juga menanggap air terjun ini sebagai air terjun milik Kabupaten Pagaralam.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Sebenarnya, secara administratif letak Curup Maung berada di Kabupaten Lahat, tepatnya di Kecematan Gumay Ulu.

Namun, secara geografi, lokasinya lebih dekat ke kota Pagaralam. Makanya terkadang masyarakat suka ngerumpi membicarakan mana sih yang benar, curup maung ini sebenernya berada di kabupaten mana.

Curup Maung memiliki keunikan yang jarang ditemui dari air terjun - air terjun lain. Air terjun ini memiliki tinggi mendekati 80 meter. Curup Maung ini masih sangat eksotis walaupun sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Sepanjang 80 meter tersebut aliran air Curup Maung terbagi - bagi oleh dinding jurang dan rerumputan yang hijau, inilah yang membuatnya nampak indah memukau dan berbeda dari air terjun kebanyakan.

Di sebelah kanan curup maung ini ada dua air terjun kembar yang mengalir deras. Hmm, berarti kita bisa melihat dua curup sekaligus di sini, wow.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Hal yang bisa dilakukan di sini adalah menikmati pemandangan air terjun yang masih alami sambil duduk di batu - batu besar.

Perjalanan yang harus dilakukan supaya sampai ke Curup Maung ini cukup menantang. Lokasi Curup Maung bisa dicapai dengan sepeda motor maupun mobil selama 45 menit sampai 70 menit dari pusat kota.

baca juga : Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah dan Sekitarnya

Sampai di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, kita harus memarkir kendaraan yang kita bawa ke parkiran yang sudah disediakan oleh warga setempat.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Dari sini Anda harus melanjutkan perjalanan dengan tracking atau jalan kaki selama kurang lebih satu jam melewati jalan setapak, melewati hutan sampai perkebunan kopi milik warga setempat dengan medan yang menurun dengan kemiringan 30-45 derajat.

baca juga : Review Jogja Bay Pirates Water Park  Adventure Maguwoharjo Yogyakarta

Berdasarkan informasi dari warga di sekitar sini, curup maung ini airnya berasal dari Ayek Mingkek yang alirannya melewati sebuah goa yang berada di bagian atas air terjun yang kemudian terhempas keluar ke sungai lematang.

Masyarakat yang tinggal di desa tempat air terjun ini berada, bertahan hidup dengan mengandalkan barang - barang yang telah disediakan alam. Mencari kayu bakar dan memancing ikan adalah hal yang sering dilakukan masyarakat setempat untuk kehidupan sehari - hari mereka.

Kalau ke sini, jangan ragu - ragu ya untuk membayar uang distribusi seperti biaya masuk dan biaya parkir kendaraan, karena dari sinilah salah satu hal yang bisa membuat penghasilan warga setempat bertambah.


Lokasi Curup Maung

Curup Maung berada di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu. Desa ini berada 25 meter dari pusat kota Lahat.

Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu ini bisa Anda capai melalui peta di bawah ini :


Nah, untuk guide ke lokasi curup maungnya, mohon maaf, kami belum bisa memberikan koordinat yang bisa menuntun Anda untuk sampai di lokasi curupnya.

Sebaiknya, sewaktu mau ke Curup Maung ini sahabat mengajak teman yang sudah pernah ke sini dan masih ingat jalannya ya, karena lokasinya jauh dari kota dan tidak ada jaminan kalau di perjalanan Anda akan mendapatkan sinyal handphone untuk browsing lokasi.

Kalau dari pagaralam, jalan menuju ke curup maung ini cukup mudah diakses karena jalannya jelas. Dari Pagaralam kota, perjalanan melewati jalur Pagaralam - Lahat.

Setelah 5 kilometer berjalan, kita akan melihat sebuah SPBU di kiri jalan. Beberapa meter dari pom bensin ini ada rambu lalu lintas yang menunjukkan arah ke Gumay, ambil kiri di perempatan tersebut.

Di plang penunjuk arah ke Gumay ini ada juga penunjuk arah ke SMA Negeri 2 Pagaralam, SMP Negeri 4 Pagaralam. Pastikan plang yang Anda ikuti ada penunjuk arah tiga lokasi ini supaya semakin yakin di mana belokan yang kami maksud.

Dari perempatan ini terus saja sampai 15 kilometer dari awal simpangan. Sepanjang jalan, kalau lewaat sini, kita akan melihat pemandangan alam yang indah. Di sepanjang jalan ini kita akan melewati talang milik transmigran di sini.

Jangan lupa bahwa nanti Anda akan melewati pertigaan jalan utama Pagaralam - Lahat ini, jadi jangan lengah ya, soalnya sebentar lagi Anda akan sampai.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Ketika bertemu dengan jalan ini dan melihat plang persis seperti di lokasi ini (kalau belum berubah), maka ikuti petunjuk arah yang ditunjukkan oleh plang kayu. Plang tersebut bertuliskan (curup maung >>)

Dari pertigaan ini (lihat foto di atas), Anda akan melewati jalan batuan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Anda harus jalan terus sampai tiga kilometer ke depan. Oh iya, jika ragu kalau Anda tidak bisa mendapatkan plang - plang penunjuk arah yang kami berikan, bertanyalah kepada penduduk sekitar apakah jalan yang Anda lalui mengarahkan Anda ke curup maung.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Setelah ini Anda akan bertemu talang, di dekat talang tersebut ada pertigaan, ambillah arah ke kanan dan terus ikuti jalan berbatu yang Anda lewati.

Tidak jauh dari pertigaan tadi Anda akan menjumpai tempat penitipan kendaraan. Biaya parkir di sini relatif murah, untuk mobil, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp20.000, kalau motor 5 sampai 10 ribu rupiah saja.

Dari parkiran motor ini Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun atau curup maung. Treknya menurun dan cukup terjal, di beberapa titik kemiringannya lebih dari 45 derajat, jadi Anda harus hati - hati ketika jalan ke curup.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Oh iya, kalau main ke lokasi wisata alam seperti curup maung ini kurangilah rasa acuh terhadap sampah yang akan Anda hasilkan yah. 

Kalau membawa snack, sebaiknya Anda menyiapkan sebuah kantung plastik yang nantinya bisa Anda fungsikan untuk menampung sampah dari snack - snack yang Anda makan.

Cintailah alam maka alam akan mencintai kita, hehehe. 

Salah satu hal yang bisa saya jamin bakal teman - teman temui ketika mencapai lokasi curup maung ini adalah semua jalan yang Anda lewati benar - benar alami dan hijau.

Curup Maung Lahat Pagaralam

Yess, akhirnya sampai di curup maung yang bertingkat dan indah. WoW. Dari sisi ini saja pemandangan yang ditampakkan curup maung ini sangat mempesona. 

Mata jadi adem ketika sampai di sini, rasa lelah hilang seketika, puas ketika melihat bagaimana keindahan yang ditunjukkan oleh air terjun yang berlapis dan bertingkat ini.

Di batu - batu besar ini kamu bisa beristirahat untuk sekedar melepas lelah sebentar sebelum nyebur ke  air.
Curup Maung Lahat Pagaralam

Sekian artikel singkat dari noyvesto.net yang membahas tentag curup maung. Anda juga bisa melihat banyak sekali foto yang berkaitan dengan Curup Maung melalui instagram dengan mencari hashtag #curupMaung.

Keindahan curup maung memang sudah tidak diragukan lagi. Jika teman - temanmu  sudah pernah ke sini, lalu kamu kapan?

Yuk ke curup maung!


foto dan referensi :
https://dewiultralight08.wordpress.com/2015/05/06/finding-curup-maung-1-rute-perjalanan/
https://dewiultralight08.wordpress.com/2015/05/08/finding-curup-maung-2-tracking/

Artikel Terkait

1 komentar so far

artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih


EmoticonEmoticon