Wednesday, 20 April 2016

Pahlawan Nasional dari Papua! Semua (Lengkap) Tentang Pahlawan Nasional Ada di Sini! Yuk Baca!

                                                        

Daftar Isi : 




  • Definisi Pahlawan Nasional Adalah
  • Nama dan Biodata Pahlawan Nasional dari Papua
  • Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Wanita di Indonesia
  • Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia Lengkap

  •                                                             


    Definisi Pahlawan Nasional Adalah

    pahlawan nasional adalah pahlawan nasional adalah

    pahlawan nasional adalah

    pahlawan nasional adalah

    Apa sih arti atau pengertian sebenarnya dari pahlawan nasional? Terkadang, ada yang menganggap bahwa pahlawan nasional adalah mereka yang sudah berjasa dalam membuat Indonesia terbebas dari penjajahan.
    pahlawan nasional adalah
    Atau dengan kata lain, mereka menganggap bahwa pahlawan nasional adalah pahlawan yang berjuang dalam peperangan demi kemerdekan Indonesia.
    pahlawan nasional adalah
    Eits, tunggu dulu. Ternyata pengertian seperti itu belum tepat loh. Ada nih pengertian sebenarnya tentang pahlawan nasional yang pengertiannya sendiri diatur di dalam peraturan pemerintah.
    pahlawan nasional adalah
    Seperti ini nih pengertian pahlawan nasional sebenarnya, (dikutip dari website kemensos)
    pahlawan nasional adalah
    Pahlawan Nasional

    Pahlawan Nasional adalah sebuah gelar yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada seorang warga negara Indonesia yang sewaktu hidupnya telah melakukan tindakan kepahlawanan dan berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

    Nah, dalam kalimat di atas ada yang namanya tindakan kepahlawanan sebagai salah satu syarat supaya seorang WNI bisa mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, tapi apa sih arti dari tindakan kepahlawanan ini? Ini dia artinya.

    Oh iya, gelar pahlawan nasional ini adalah gelar penghargaan tertinggi di Indonesia, lebih tinggi dari pada gelar sarjana, gelar doktor honoris causa dan gelar lainnya, intinya gelar kepahlawanan ini adalah gelar paling puncak di negeri ini.
    pahlawan nasional adalah
    Tindakan Kepahlawanan

    Tindakan kepahlawanan adalah perbuatan nyata yang bisa dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat Indonesia.
    pahlawan nasional adalah
    Contoh dari tindakan kepahlawanan ini misalnya perjuangan Raden Ajeng Kartini yang melakukan aksi untuk menyamaratakan hak antara kaum wanita dengan kaum pria, di mana dampak dari tindakan R.A Kartini ini sendiri bisa dikenang dan dirasakan sampai hari ini.
    pahlawan nasional adalah
    Buktinya sekarang perempuan bisa dan boleh bekerja, sekolah dan melakukan beragam hal yang sama bolehnya dengan yang dilakukan kaum pria.
    pahlawan nasional adalah
    Tindakan yang berdampak besar seperti inilah yang disebut sebagai tindakan kepahlawanan. Lalu ada yang namanya...
    pahlawan nasional adalah
    Nilai Kepahlawanan

    Nilai Kepahlawanan adalah sikap serta perilaku perjuangan yang mempunyai mutu dan jasa pengabdian serta pengorbanan terhadap bangsa dan negara.

    Bahkan, dalam pengertian tentang arti dari Pahlawan Nasional ini juga diatur loh perihal pengertian dari Keluarga Pahlawan.
    pahlawan nasional adalah
    Di dalam website kemensos ini menuliskan bahwa Keluarga Pahlawan adalah suami/isteri (warakawuri) pahlawan, anak kandung, anak angkat yang diangkat berdasarkan perundang-undangan yang berlaku, orang tua apabila Pahlawan yang bersangkutan belum/tidak berkeluarga. Waw, lengkap sekali bukan?
    pahlawan nasional adalah
    Nah, jadi sekarang kita tahu bahwa pahlawan nasional tidak hanya mereka yang berjasa dalam memenangkan peperangan atau telah berjuang melakukan peperangan dan tewas terbunuh, tapi juga mereka yang telah menanamkan pengaruh luas ke masyarakat sekitarnya serta meninggalkan nilai - nilai luhur yang bisa dikenang ataupun diterapkan sampai hari ini.

    Jadi ingat bahwa sebenarnya, pengertian pahlawan nasional adalah ........

    Pahlawan Nasional adalah sebuah gelar yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada seorang warga negara Indonesia yang sewaktu hidupnya telah melakukan tindakan kepahlawanan dan berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

    pahlawan nasional adalah

    Definisi Pahlawan Nasional Adalah



    Nama dan Biodata Pahlawan Nasional dari Papua

    pahlawan nasional indonesia dari papua marthen indey


    Papua, walaupun berada di bagian paling timur dari Indonesia, namun penduduk tanah Papua tidak mau ketinggalan dalam memperjuangkan hak merdeka dari penjajahan.

    Mungkin nama mereka tidak terlalu familiar di telinga masyarakat di wilayah Indonesia bagian barat, namun, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya Papua, pahlawan - pahlawan nasional ini sangat melekat di kepala mereka.


    Saya sempat bertanya kepada teman satu kost saya di Jogja, kebetulan abang saya ini dari lahir tinggal di papua sampai tamat SMA, sekarang doi sedang menjalani masa - masa koas sebelum benar - benar menjadi dokter gigi.


    Bang beti, si abang ini memang bukan keturunan Papua asli, orang tuanya dua - duanya jawa, tapi ia lahir dan besar di tanah Papua. Isenglah hayati nanya ke si abang, "bang, tau sama Silas Papare ga?


    Waaah, langsung tuh dijawab sama dia, "tahu fi, itu pahlawan tuh", katanya. Jadi, nama - nama empat pahlawan nasional di bawah ini, dijamin, pasti familiar di telinga sahabat - sahabat kita dari Papua.


    Nah, sekarang langsung saja ya, ini dia nama dan biodata Pahlawan Nasional dari Papua :




    Biodata Frans Kaisiepo (Pahlawan Nasional)


    InformasiKeterangan
    NamaFrans Kaisiepo
    Tempat, tanggal lahirWardo, Biak, 10 Oktober 1912
    Tempat, tahun wafatJayapura, 10 April 1979
    Ditetapkan sebagai pahlawan1993
    Provinsi pengusul pemberian gelarPapua
    pahlawan nasional indonesia dari papua marthen indey

    Frans Kaisiepo terlibat dalam konferensi Malino
    pada 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan
    Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua.

    Berperan besar dalam masuknya Irian menjadi bagian dari
    Indonesia


    Frans Kaisiepo adalah salah satu pahlawan nasional dari Papua. Frans Kaisiepo terlibat di Konferensi Malino pada 1946, sebuah konferensi yang membahas tentang pembentukan Republik Indonesia Serikat.


    Frans berdiri sebagai wakil Papua pada konferensi tersebut. Frans - lah yang mengusulkan nama Irian. Irian sendiri dalam bahasa Biak berarti beruap, sumber lainnya juga mengartikan sebagai tanah panas.

    Frans Kaisiepo ini juga pernah memimpin Provinsi Papua pada 1964 - 1973. Gelar Pahlawan Nasional yang diterima Frans diberikan pada tahun 1993.


    Frans Kaisiepo disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Cendrawasih yang berada di Jayapura. Demi mengenang jasanya, sebuah bandar udara di Papua, tepatnya di Biak, diberi nama Bandar Udara Frans Kaisiepo.

    Bandara tersebut merupakan peninggalan Belanda yang dibangun saat Perang Dunia II. Sekarang, Bandara Frans Kaisiepo dikelola oleh BUMN P.T. Angkasa Pura I. Diam - diam, bandara ini merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang ke empat di Indonesia loh.



    Biodata Johannes Abraham Dimara (Pahlawan Nasional)





    InformasiKeterangan
    NamaJohannes Abraham Dimara
    Tempat, tanggal lahirKorem, Biak Utara, 16 April 1916
    Tempat, tahun wafatJakarta, 20 Oktober 2000
    Ditetapkan sebagai pahlawan2010
    Provinsi pengusul pemberian gelarPapua
    pahlawan nasional indonesia dari papua marthen indey

    Pemimpin tentara Papua yang membantu dalam
    proses akuisisi Papua

    Johannes Abraham Dimara merupakan salah satu Pahlawan Nasional dari Papua juga. Abraham Dimara menamatkan pendidikan dasar di Ambon pada 1930, lalu lanjut ke Sekolah Pertanian di Laha sampai 1940.

    Pada 1946, Johanes Abraham Dimara turut serta dalam acara pengibaran Bendera Merah Putih, di Namlea, Pulau Buru. Ia merupakan salah satu orang yang memperjuangkan pengembalian wilayah Irian Barat ke tangan Republik Indonesia.

    Ia pernah dibuang ke Digul yang sekarang bernama Boven Digoel, salah satu kabupaten di Provinsi Papua.

    Atas jasa - jasanya dalam pemersatuan kembali wilayah Irian Barat ke pangkuan NKRI, maka ia diangkat menjadi Pahlawaan Nasional Indonesia.

    Dalam hidupnya, Johanes Abraham Dimara telah memperoleh beragam penghargaan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :


    • Satyalancana Peristiwa Perang Kemerdekaan Kedua
    • Satyalancana Satya Dharma
    • Satyalancana Bhakti
    • Satyalancana Gerakan Operasi Militer III
    • Satyalancana Perintis Pergerakan Kemerdekaan

    Biodata Marthen Indey (Pahlawan Nasional)



    InformasiKeterangan
    NamaMarthen Indey
    Tempat, tanggal lahirDoromena, 14 Maret 1912
    Tempat, tahun wafatDoromena, 17 Juli 1986
    Ditetapkan sebagai pahlawan1993
    Provinsi pengusul pemberian gelarPapua
    pahlawan nasional indonesia dari papua marthen indey

    Nasionalis dan aktivis kemerdekaan, menawarkan integrasi Papua di Indonesia.

    Marthen Indey juga merupakan salah satu pahlawan nasional dari Papua. Marthen Indey adalah seorang Purta Papua yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden no.077/TK/1993.

    Pada saat pengangkatan tersebut Marthen Indey diangkat sebagai pahlawan nasional bersamaan dengan Frans Kasiepo dan Silas Papare.

    Marthen sebelumnya merupakan polisi Belanda yang kemudian berbalik mendukung Indonesia setelah bertemu dengan beberapa tahanan politik yang dibuang di Digul. Ketika itu Marthen sedang bertugas untuk menjaga tahanan politik yang secara tidak langsung bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme Marthen dalam pertempuran melawan penjajah.

    Ia pernah berencana menangkap aparat pemerintah Belanda, namun semua usahanya tersebut gagal berkali - kali. Perjuangan  Marthen dalam membela tanah air tidak perlu diragukan lagi, walau sempat gagal berkali - kali, tapi ia akhirnya berhasil.

    Ia adalah orang yang tidak mudah menyerah, niatnya untuk memperjuangkan kemerdekaan tanah Papua tidak pernah surut.

    Perjuangan Marthen menemui titik terang kala ia menyampaikan Piagam Kota Baru yang berisikan keinginan - keinginan kuat penduduk Papua untuk terus setia pada NKRI.

    Berkat piagam ini, Marthen akhirnya dikirim ke New York untuk melakukan perundingan dengan utusan Belanda tentang pengembalian Irian Barat yang selama ini dikuasai oleh pemerintahan sementara PBB ke dalam wilayah NKRI.

    Melalui perundingan ini, akhirnya Irian Barat resmi bergabung dengan wilayah NKRI dan berganti nama menjadi Irian Jaya.

    Atas jasanya, Marthen diangkat sebagai anggota MPRS (Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara) dari 1964 sampai 1986.

    Biodata Silas Papare (Pahlawan Nasional)



    InformasiKeterangan
    NamaSilas Papare
    Tempat, tanggal lahirSerui, Papua, 7 Desember 1918
    Tempat, tahun wafatSerui, Papua, 7 Maret 1973
    Ditetapkan sebagai pahlawan1993
    Provinsi pengusul pemberian gelarPapua
    PeranMemperjuangkan kemerdekaan Papua dari Belanda, menawarkak integrasi Papua di Indonesia.

    Silas Papare dikenal atas perjuangannya dalam penyatuan Irian Jaya atau Papua ke dalam kesatuan wilayah republik Indonesia.

    Silas Papare yang lahir di Serui, Papua, menyelesaikan pendidikan di Sekolah Juru Rawat pada 1935 dan bekerja sebagai pegawai pemerintah Belanda.

    Keyakinannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Papua membuat ia sering berurusan dengan tentara Belanda.

    Usaha Silas Papare dalam mempengaruhi Batalyon Papua untuk melakukan pemberontakan pada akhirnya membuat dirinya berakhir di jeruji penjara, ia ditangkap karena usaha provokasinya tersebut.

    Sewaktu melewati masa tahanan di Jayapura, ia bertemu dengan Dr. Sam Ratulangi. Sam Ratulangi saat itu adalah Gubernur Sulawesi. Sam sedang diasingkan di Jayapura oleh pemerintah Belanda.

    Perkenalannya dengan Dr. Sam Ratulangi membuatnya semakin yakin kalau Papua ini memang harus dibebaskan dan segera bergabung dengan Republik Indonesia.

    Dari sana, Silas Papare akhirnya membuat Partai Kemerdekaan Indonesia Irian atau yang disingkat dengan PKII. Lagi - lagi, pembuatan partai ini membuat Silas Papare harus mendekam di balik jeruji besi untuk kesekian kalinya.

    Kali ini, ia dipenjarakan di Biak. Di Biak, Silas Papare mampu melarikan diri ke Yogyakarta. Pada Oktober 1949, Silas Papare mendirikan Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta dalam rangka membantu pemerintah RI untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam wilayah NKRI.

    Perjuangannya dalam


    Nama dan Biodata Pahlawan Nasional dari Papua


    Ini Dia Nama dan Biodata Pahlawan - Pahlawan Nasional Wanita di Indonesia


    Nama dan biodata pahlawan nasional wanita di Indonesia



    pahlawan nasional wanita di Indonesia pahlawan nasional wanita di Indonesia

    Kenyataannya memang seperti ini, bahwa keberhasilan Indonesia dalam menumpas penjajahan bangsa asing tidak serta merta hanya karena jerih payah kaum pria saja.

    Banyak, ternyata, pahlawan - pahlawan nasional wanita yang telah tercatat dalam sejarah negeri ini sebagai perempuan terkuat di Indonesia.
    pahlawan nasional wanita di Indonesia pahlawan nasional wanita di Indonesia
    Mereka adalah wanita - wanita yang kuat secara mental, teguh dalam pendirian, tegas dalam memutuskan dan tidak ragu dalam mengambil tindakan.
    pahlawan nasional wanita di Indonesia
    Inilah dia, nama dan biodata Pahlawan Nasional Wanita di negara kita tercinta, Indonesia :
    pahlawan nasional wanita di Indonesia
    Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Wanita Republik Indonesia

    Cut Nyak Dhien (Pahlawan Nasional Wanita)




    InformasiKeterangan
    NamaCut Nyak Dhien
    Tempat, tanggal lahirLampadang, Kerajaan Aceh, 1848
    Tempat, tahun wafatSumedang, 6 November 1908
    Ditetapkan sebagai pahlawan2 Mei 1964
    Provinsi pengusul pemberian gelarAceh
    PeranCut Nyak Dhien memimpin banyak peperangan di Aceh
    melawan tentara Belanda. Ia bersama suaminya, Teuku Umar,
    memimpin perlawanan terhadap kompeni sejak 1880.
    Belanda sendiri mengakui bahwa mereka kewalahan
    menghadapi pasukan Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar.
    Perjuangan Cut Nyak Dhien pernah difilmkan melalui sebuah
    film berjudul "Tjoet Nja' Dhien" pada 1988. 


    Cut Nyak Meutia (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaCut Nyak Meutia
    Tempat, tanggal lahirKeureutoe, Pirak, Aceh Utara, 1870
    Tempat, tahun wafatAlue Kurieng, Aceh, 24 Oktober 1910
    Ditetapkan sebagai pahlawan2 Mei 1964
    Provinsi pengusul pemberian gelarAceh
    PeranCut Nyak Meutia mengawali perlawanan terhadap
    Belanda bersama sang suami, Teuku Cit Tunong.
    Tetapi, pada Maret 1905 Cut Tunong ditangkap oleh
    tentara Belanda dan dihukum mati di tepi pantai
    Lhokseumawe.
    Tak kenal menyerah, meskipun suaminya sudah meninggal
    Cut Nyak Meutia tetap melakukan perlawanan terhadap
    Belanda bersama Pang Nagroe sampai akhirnya Cut Nyak
    Meutia tewas terbunuh pada 26 September 1910.


    Fatimah Siti Hartinah Soeharto (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaFatimah Siti Hartinah Soeharto
    Tempat, tanggal lahirSurakarta, 23 Agustus 1923
    Tempat, tahun wafatJakarta, 28 April 1996
    Ditetapkan sebagai pahlawan30 Juli 1996
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Tengah
    PeranIa ikut andil dalam Laskar Putri Indonesia pada saat
    terjadinya perang revolusi kemerdekaan Republik Indonesia.
    Ia pun ikut dalam menyelenggarakan dapur umum dan P3K
    bagi pejuang. Menjadi seorang ibu negara pada masa pemerintahan
    Soeharto, ia mendirikan Taman Mini Indonesia Indah, Taman
    Buah Mekarsari, Rumah Sakit Kanker Dharmais, Perpustakaan
    Nasional, dan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.


    Fatmawati Soekarno (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaFatmawati Soekarno
    Tempat, tanggal lahirBengkulu, 5 Februari 1923
    Tempat, tahun wafatKuala Lumpur, 14 Mei 1980
    Ditetapkan sebagai pahlawan4 November 2000
    Provinsi pengusul pemberian gelarBengkulu
    PeranIa merupakan istri dari Presiden Indonesia pertama,
    Soekarno, dan merupakan wanita yang menjahit
    Bendera Pusaka yang kemudian dikibarkan pada
    proklamasi 17 Agustus 1945. Ia menggalang dana
    untuk pembangunan rumah sakit yang bernama RSUP Fatmawati


    Rangkayo Rasuna Said (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaRangkayo Rasuna Said
    Tempat, tanggal lahirAgam, 14 September 1910
    Tempat, tahun wafatJakarta. 2 November 1965
    Ditetapkan sebagai pahlawan13 Desember 1974
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Barat
    PeranIa pernah dipenjara oleh kompeni, Belanda, pada 1932
    setelah memprotes ketidak adilan pemerintah Hindia
    Belanda. Ia pernah menjadi anggota  serta Dewan
    Pertimbangan Agung serta anggota DPR - RIS. Selama
    hidupnya, ia aktif memperjuangkan persamaan hak pria dan wanita.


    Maria Walanda Maramis (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaMaria Walanda Maramis
    Tempat, tanggal lahirKema, Sulawesi Utara, 1 Desember 1872
    Tempat, tahun wafatMaumbi, Sulawesi Utara, 22 April 1924
    Ditetapkan sebagai pahlawan20 Mei 1969
    Provinsi pengusul pemberian gelarSulawesi Utara
    PeranCita - citanya adalah memberdayakan kaum ibu, ia
    mendirikan sebuah organisasi Percintaan Ibu Kepada
    Anak Turunannya (PIKAT) pada 1917 guna memperjuangkan
    hak pendidikan bagi wanita, khususnya kaum ibu, agar bisa
    meningkatkan kesehatan anak dan kesejahteraan keluarga.
    Di 1919, beliau memperjuangkan supaya setiap wanita
    memiliki hak suara di lembaga perwakilan Minahasa Raad.


    Martha Christina Tiahahu (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaMartha Christina Tiahahu
    Tempat, tanggal lahirNusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800
    Tempat, tahun wafatLaut Banda, Maluku, 2 Januari 1818
    Ditetapkan sebagai pahlawan20 Mei 196
    Provinsi pengusul pemberian gelarMaluku
    PeranIa ikut serta dalam perang melawan tentara Belanda
    untuk membantu ayahnya yang merupakan seorang
    pembantu Kapitan Pattimura.

    Siti Walidah Ahmad Dahlan (Pahlawan Nasional Wanita)



    InformasiKeterangan
    NamaSiti Walidah Ahmad Dahlan
    Tempat, tanggal lahirKauman, Yogyakarta, 1872
    Tempat, tahun wafatKauman, Yogyakarta, 31 Mei 1946
    Ditetapkan sebagai pahlawan22 September 1971
    Provinsi pengusul pemberian gelarD.I. Yogyakarta
    PeranIa lebih akrab dengan panggilan Nyai Ahmad
    Dahlan. Sosok yang memperjuangkan pendidikan
    bagi kaum wanita dalam bidang pengetahuan
    agama. Untuk mewujudkan visi tersebut, kemudian
    ia mengadakan pengajian - pengajian di kalangan
    wanita. Pengajian tersebut lama - lama berkembang
    dan kemudian menjadi sebuah organisasi yang
    isinya adalah kaum ibu, organisasi ini bernama
    "Lembaga 'Aisyiyah" dalam organisasi Muhammadiyah.

    Nyi Ageng Serang (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaRaden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi
    atau Nyi Ageng Serang
    Tempat, tanggal lahirSerang, Purwodadi, 1752
    Tempat, tahun wafatYogyakarta, 1828
    Ditetapkan sebagai pahlawan1974
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Tengah
    PeranPemimpin para gerilyawan Jawa, khususnya daerah
    Serang, yang memimpin penyerangan terhadap
    kolonial Belanda atas beberapa pendudukan. Ia
    memimpin pasukannya dari tandi, membantu Pangeran
    Diponegoro melawan Belanda selama 3 tahun

    Opu Daeng Risadju (Pahlawan Nasional Wanita)



    InformasiKeterangan
    NamaOpu Daeng Risadju
    Tempat, tanggal lahirPalopo, Sulawesi Selatan, 1880
    Tempat, tahun wafatPalopo, Sulawesi Selatan, 10 Februari 1964
    Ditetapkan sebagai pahlawan3 November 2006
    Provinsi pengusul pemberian gelarSulawesi Selatan
    PeranIa melakukan pemberontakan terhada tentara
    NICA pada 1946. Beliau ditangkap beberapa
    bulan setelah perlawanan. Ia disiksa  dalam
    tahanan yang kemudian dampak dari penyiksaan
    tersebut, yaitu beliau menjadi tuli sampai beliau wafat.

    Raden Ajeng Kartini (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaRaden Ajeng Kartini
    Tempat, tanggal lahirJepara, Jawa Tengah, 21 April 1879
    Tempat, tahun wafatRembang, 17 September 1904
    Ditetapkan sebagai pahlawan2 Mei 1964
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Tengah
    PeranR.A. Kartini adalah pelopor kebangkitan
    perempuan karena pikiran dan pandangannya
    mengenai emansipasi wanita. Terbitnya surat - surat
    Kartini sangat menarik perhatian masyarakat Belanda,
    dan pemikiran - pemikiran Kartini mulai mengubah
    pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan
    asli Jawa. Pemikiran - pemikiran Kartini yang tertuang
    dalam surat - suratnya juga telah menginspirasi banyak
    tokoh kebangkitan nasional seperti W.R. Soepratman
    yang kemudian menciptakan sebuah lagu berjudul
    "Ibu Kita Kartini"

    Raden Dewi Sartika (Pahlawan Nasional Wanita)

    InformasiKeterangan
    NamaRaden Dewi Sartika
    Tempat, tanggal lahirBandung, 4 Desember 1884
    Tempat, tahun wafatTasikmalaya, 11 September 1947
    Ditetapkan sebagai pahlawan1 Desember 1966
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Barat
    PeranIa merupakan tokoh perintis pendidikan
    untuk kaum wanita. Hal tersebut dibuktikan
    dengan didirikannyaa Saloka Istri pada 1904.
    Bakat dalam cara Dewi Sartika memberikan
    pelajaran kepada masyarakat, terutama kaum
    wanita di sekitar lingkungan tempat tinggalnya,
    telah menjadikan semangat dan cita - cita untuk
    terus berupaya agar anak - anak dan kaum
    perempuan pribumi bisa mendapatkan kesempatan
    dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.


    pahlawan nasional wanita di Indonesia
    pahlawan nasional wanita di Indonesia
    pahlawan nasional wanita di Indonesia
    pahlawan nasional wanita di Indonesia


    Ini Dia Nama dan Biodata Pahlawan - Pahlawan Nasional Wanita di Indonesia



    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia



    pahlawan nasional indonesia

    Pahlawan nasional. Saat mendengar kata ini, pasti kita langsung membayangkan tentang orang - orang yang telah berjuang hidup mati demi kemerdekaan tanah air Indonesia. Hmm, pengertian seperti ini tidak benar - benar banget loh.

    pahlawan nasional indonesia

    Berdasarkan pengertian Pahlawan Nasional yang tercantum di website kementrian sosial RI, Pahlawan memiliki pengertian sebagai berikut.

    pahlawan nasional indonesia

    Pahlawan Nasional adalah sebuah gelar yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada seseorang yang berkewarganegaraan Indonesia yang semasa hidupnya telah melakukan tindakan kepahlawanan dan berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

    pahlawan nasional indonesia

    Jadi, untuk menjadi pahlawan nasional itu tidak melulu harus melalui peperangan, atau berjuang dengan bertaruh nyawa demi bangsa dan negara. Siapapun, asalkan semasa hidupnya telah melakukan hal yang sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara, bisa menjadi pahlawan nasional.

    pahlawan nasional indonesia

    Oh iya, Pahlawan Nasional adalah gelar tertinggi di negara kita, jadi jangan sombong kalau nanti kamu sudah meraih gelar profesor, doktor, master ataupun gelar s1. Ingatlah ilmu padi ya sobat, semakin berisi semakin merunduk, hehehe.

    pahlawan nasional indonesia

    Oke, berikut ini adalah daftar nama - nama pahlawan nasional khusus pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia beserta biodata masing - masing pahlawan.
    pahlawan nasional indonesia
    pahlawan nasional indonesia

    Biodata Abdoel Halim (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAbdoel Halim
    Tempat, tanggal lahirBukittinggi, 27 Desember 1911
    Tahun WafatJakarta, 4 Juli 1987
    Tahun Penetapan  2008
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Barat
    pahlawan nasional indonesia foto

    Aktivis kemerdekaan dan politisi, perdana menteri Indonesia

    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Abdul Rahman Saleh (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAbdul Rahman Saleh
    Tempat, tanggal lahirJakarta, 1 Juli 1909
    Tempat, tahun WafatMaguwoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta 1947
    Ditetapkan1974
    Provinsi pengusul pemberian gelarD.I. Yogyakarta
    pahlawan nasional indonesia foto

    Tokoh awal dalam Angkatan Udara,
    terbunuh ketika membawa keperluan medis karena
    ditembak oleh Belanda, tokoh radio republik Indonesia (rri)
    Bapak fisiologi kedokteran Indonesia
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Andi Abdullah Bau Massepe (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAndi Abdullah Bau Massepe
    Tempat/Tahun lahirMassepe, Sulawesi Selatan, 1918
    Tempat, tahun WafatPare - pare, 1947
    Ditetapkan2005
    Provinsi pengusul pemberian gelarSulawesi Selatan
    pahlawan nasional indonesia foto

    Panglima pertama TRI Divisi Hasanuddin dengan
    pangkat Letnan Jenderal. Pejuang heroik Sulawesi Selatan
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Achmad Soebardjo (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAchmad Soebardjo
    Tempat, tanggal lahirKarawang, 23 Maret 1896
    Tempat, tahun wafatJakarta, 15 Desember 1978
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Barat
    pahlawan nasional indonesia foto

    Tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat,
    Menteri Luarnegeri Indonesia pertama.
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Adam Malik (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAdam Malik
    Tempat, tanggal lahirPematangsiantar, 22 Juli 1917
    Tempat, tahun wafatBandung, 5 September 1984
    Ditetapkan sebagai pahlawan1998
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Utara
    pahlawan nasional indonesia foto

    Jurnalis dan aktivis kemerdekaan, wakil presiden
    Indonesia ke tiga
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Adnan Kapau Gani (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAdnan Kapau Gani
    Tempat, tanggal lahirPalembayan, 16 September 1905
    Tempat, tahun wafatPalembang, 23 Desember 1968
    Ditetapkan sebagai pahlawan2007
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Barat
    pahlawan nasional indonesia foto

    Aktivis kemerdekaan, menyelundupkan senjata untuk
    mendukung revolusi nasional, wakil perdana menteri
    Kabinet Amir Sjarifuddin 1 dan Kabinet Amir Sjarifuddin 2
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Nyi Ageng Serang (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaRaden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi
    atau Nyi Ageng Serang
    Tempat, tanggal lahirSerang, Purwodadi, 1752
    Tempat, tahun wafatYogyakarta, 1828
    Ditetapkan sebagai pahlawan1974
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Tengah
    pahlawan nasional indonesia foto

    Pemimpin para gerilyawan Jawa yang memimpin
    penyerangan terhadap kolonial Belanda atas beberapa pendudukan.
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Agus Salim (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAgus Salim
    Tempat, tanggal lahirKoto Gadang, 8 Oktober 1888
    Tempat, tahun wafatJakarta, 4 November 1954
    Ditetapkan sebagai pahlawan1961
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Barat
    pahlawan nasional indonesia foto

    Aktivis kemerdekaan, politisi, pemimpin islam minang
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Agustinus Adisoetjipto (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAgustinus Adisoetjipto (dibaca : Adisucipto)
    Tempat, tanggal lahirSalatiga, 3 Juli 1916
    Tempat, tahun wafatBantul, 29 Juli 1947
    Ditetapkan sebagai pahlawan1974
    Provinsi pengusul pemberian gelarD.I. Yogyakarta
    pahlawan nasional indonesia foto

    Tokoh awal dalam Angkatan Udara, terbunuh
    ketika membawa keperluan medis karena ditembak
    oleh Belanda. Pendiri sekolah penerbangan di Yogyakarta,
    tepatnya di lapangan udara Maguwo yang kemudian
    namanya diganti menjadi Bandara Adisucipto.
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Ahmad Dahlan (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAhmad Dahlan
    Tempat, tanggal lahirYogyakarta, 1 Agustus 1868
    Tempat, tahun wafatYogyakarta, 23 Februari 1923
    Ditetapkan sebagai pahlawan1961
    Provinsi pengusul pemberian gelarD.I. Yogyakarta
    pahlawan nasional indonesia foto

    Pendiri Muhammadiyah, pemimpin islam jawa
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Ahmad Yani (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaAhmad Yani
    Tempat, tanggal lahirPurworejo, 19 Juni 1992
    Tempat, tahun wafatLubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965
    Ditetapkan sebagai pahlawan1965
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Tengah
    pahlawan nasional indonesia foto

    Komandan TNI, dibunuh oleh anggota
    G30 September PKI. Komandan saat mengalahkan pasukan Inggris di Magelang
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Bagindo Aziz Chan (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaBagindo Aziz Chan
    Tempat, tanggal lahirPadang, 30 September 1910
    Tempat, tahun wafatPadang, 19 Juli 1947
    Ditetapkan sebagai pahlawan2005
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Barat

    Walikota Pada, melawan pasukan belanda saat Revolusi Nasional
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Teuku Chik di Tiro (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaTeuku Chik di Tiro
    Tempat, tanggal lahirTiro, 1836
    Tempat, tahun wafatAneuk Galong, Aceh Besar, Januari 1891
    Ditetapkan sebagai pahlawan1973
    Provinsi pengusul pemberian gelarAceh

    Tokoh Islam di Aceh dan seorang pemimpin
    gerilyawan yang melakukan perlawanan pasukan
    kolonial Belanda
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Cilik Riwut (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaCilik Riwut
    Tempat, tanggal lahirKasongan, 2 Februari 1918
    Tempat, tahun wafatKota Banjarmasin, 17 Agustus 1987
    Ditetapkan sebagai pahlawan1998
    Provinsi pengusul pemberian gelarKalimantan Tengah

    Prajurit dan politisi, ia menawarkan pengembangan
    ekonomi dan budaya di Kalimantan Tengah. Salah
    seorang yang paling berjasa bagi masuknya Pulau
    Kalimantan ke pangkuan Republik Indonesia.
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Oemar Said Tjokroaminoto (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaOemar Said Tjokroaminoto
    Tempat, tanggal lahirTegalsari, Ponorogo, 16 Agustus 1882
    Tempat, tahun wafatYogyakarta, 17 Desember 1934
    Ditetapkan sebagai pahlawan1961
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Timur

    Politisi, pemimpin Sarekat Islam, Mentor Sukarno.
    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia
    Biodata Ernest Douwes Dekker (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaErnest Douwes Dekker
    Tempat, tanggal lahirPasuruan, 8 Oktober 1879
    Tempat, tahun wafatBandung, 28 Agustus 1950
    Ditetapkan sebagai pahlawan1961
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Timur

    Seorang jurnalis dan politisi Indonesia yang membantu
    kemerdekaan Indonesia.
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Cut Nyak Dhien (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaCut Nyak Dhien
    Tempat, tanggal lahirLampadang, Kerajaan Aceh, 1848
    Tempat, tahun wafatSumedang, Jawa Barat, 6 November 1908
    Ditetapkan sebagai pahlawan1964
    Provinsi pengusul pemberian gelarAceh

    Pemimpin gerilyawan Aceh yang melakukan
    penyerangan terhadap pasukan kolonial Belanda.
    Cut Nyak Dhien juga merupakan istri dari Teuku Umar
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Diponegoro (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaDiponegoro
    Tempat, tanggal lahirNgayogyakarta Hadiningrat, 11 November 1785
    Tempat, tahun wafatMakassar, 8 Januari 1855
    Ditetapkan sebagai pahlawan1973
    Provinsi pengusul pemberian gelarD.I. Yogyakarta

    Memimpin perang Diponegoro, perang selama
    5 tahun (1825 - 1830) melawan Belanda. Perang ini
    adalah perang dengan korban paling besar dalam sejarah.
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Donald Izacus Panjaitan (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaDonald Izacus Panjaitan
    Tempat, tanggal lahirBalige, Sumatra Utara, 19 Juni 1925
    Tempat, tahun wafatLubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965
    Ditetapkan sebagai pahlawan1965
    Provinsi pengusul pemberian gelarSumatra Utara
    Ia adalah Jenderal Angkatan Darat, terbunuh dalam G30SPKI
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Frans Kaisiepo (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaFrans Kaisiepo
    Tempat, tanggal lahirWardo, Biak, 10 Oktober 1912
    Tempat, tahun wafatJayapura, 10 April 1979
    Ditetapkan sebagai pahlawan1993
    Provinsi pengusul pemberian gelarPapua

    Frans Kisiepo terlibat dalam konferensi Malino
    pada 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan
    Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua.
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Gatot Mangkupraja (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaGatot Mangkupraja
    Tempat, tanggal lahirSumedang, 25 Desember 1898
    Tempat, tahun wafatBandung, 4 Oktober 1968
    Ditetapkan sebagai pahlawan2004
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Barat

    Aktivis kemerdekaan dan seorang politisi
    yang menyarankan pembentukan Pembelaan
    Tanah Air.
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Hamengkubuwono IX (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaHamengkubuwono IX
    Tempat, tanggal lahirNgayogyakarta Hadiningrat, 12 April 1912
    Tempat, tahun wafatWashington DC, Amerika serikat, 2 Oktober 1988
    Ditetapkan sebagai pahlawan1990
    Provinsi pengusul pemberian gelarD.I. Yogyakarta

    Aktivis kemerdekaan, pemimpin militer dan politisi,
    Wakil Presiden Indonesia kedua
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Hasan Basry (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaHasan Basry
    Tempat, tanggal lahirKandangan, Hulu Sungai Selatan, 17 Juni 1923
    Tempat, tahun wafatJakarta, 15 Juli 1984
    Ditetapkan sebagai pahlawan2001
    Provinsi pengusul pemberian gelarKalimantan Selatan

    Prajurit selama Revolusi Nasional Indonesia,
    mendukung integrasi Kalimantan di Indonesia
    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Hasyim Asy'ari (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaHasyim Asy'ari
    Tempat, tanggal lahirDemak, 10 April 1875
    Tempat, tahun wafatJombang, 25 Juli 1947
    Ditetapkan sebagai pahlawan1946
    Provinsi pengusul pemberian gelarJawa Timur

    Pemimpin Islam, pendiri Nadhlatul Ulama.
    Kemerdekaan Indonesia tidak bisa lepas dari peran Nadhlatul Ulama dan Muhammadiyah. Oleh karena itulah pada akhirnya negara menetapkana pendiri dua organisasi islam ini menjadi pahlawan nasional.

    K.H Hasyim Asy'ari adalah guru besar Nadhlatul Ulama, ia adalah salah seorang pendiri NU, sebuah organisasi massa islam paling besar di Indonesia.

    Pada 1899, setelah balik dari Mekah, K.H. Hasim Ashari mendirikan Pesantren Tebu Ireng yang pada abad 20 menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Pulau Jawa.

    Pada 1926, K.H. Hasyim Asy'ari menjadi salah seorang pemrakarsa berdirinya Nadhlatul Ulama. Nama tersebut memiliki arti "Kebangkitan Ulama".

    pahlawan nasional indonesia
    Biodata Herman Johannes (Pahlawan Nasional)

    InformasiKeterangan
    NamaHerman Johannes
    Tempat, tanggal lahirRote, NTT, 28 Mei 2912
    Tempat, tahun wafatYogyakarta, 17 Oktober 1992
    Ditetapkan sebagai pahlawan2009
    Provinsi pengusul pemberian gelarNusa Tenggara Timur

    Insinyur, membuat senjata selama Revolusi
    Nasional, membantu pendirian Universitas
    Gadjah Mada.
    pahlawan nasional indonesia
    pahlawan nasional indonesia
    Referensi : 
    https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Pahlawan_Nasional_Indonesia
    http://nasional.sindonews.com/read/920831/163/10-pahlawan-nasional-paling-menginspirasi-1415272577
    https://www.kemsos.go.id/modules.php?name=Pahlawan&opsi=mulai-1
    http://www.biografiku.com/2011/09/biografi-cut-nyak-dhien-pahlawan.html
    https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_tokoh_Papua
    http://www.pusakaindonesia.org/pahlawan-nasional-dari-irian-papua/
    https://insulinda.wordpress.com/2015/09/09/pahlawan-nasional-dari-papua-irian-jaya/
    http://azwirchan.blogspot.co.id/2014/01/nama-pahlawan-dari-provinsi-papua.html
    http://satrialelucon.blogspot.co.id/2013/05/pahlawan-pahlawan-hebat-asal-dari-papua.html
    pahlawan nasional indonesia
    pahlawan nasional indonesia

    Pahlawan Nasional : Daftar Nama dan Biodata Pahlawan Nasional Indonesia

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon