Thursday, 7 April 2016

Pantai di Jogja (yogyakarta) yang paling bagus? Ini dia!

Pantai di Jogja (yogyakarta) yang paling bagus? Banyak sih yang menulis artikel dengan judul yang sama, tapi kebanyakan hanya menulis dendan cara copy writing dari tulisan yang pernah dipublish lebih dulu di blog lain. Ini tulisan yang berbeda dari tulisan - tulisan tersebut. Dijamin

Pantai di Jogja (yogyakarta) yang paling bagus? Ini dia!



Pantai di Jogja yang paling bagus apa ya? Sebuah pertanyaan menarik yang ditanyakan oleh Anda anda semua tentunya, para traveller sejati.

Di Provinsi D.I. Yogyakarta sebenarnya ada tiga kabupaten yang memiliki pantai, pertama ada Kabupaten Gunung Kidul yang berada di sisi paling barat, lalu Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul.

Nah, mungkin Anda, teman - teman traveller, belakangan sudah pernah mendengar istilah "pantai gunung kidul". Kalau belum, bukan masalah! Kami akan ceritakan terlebih dahulu bahwa saat ini (di Jogja) wisata pantai yang sedang booming di Jogja adalah pantai - pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Di Kabupaten Gunung Kidul kabarnya ada lebih dari 40-an pantai. Dari jumlah yang sangat banyak tersebut, belasan diantaranya sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti toilet, musholla, warung makan, dan lain - lain.

Nah, jika dahulu orang - orang mengenal satu pantai saja di Jogja ini, yaitu Pantai Parangtritis, saat ini kita semua harus memperbarui pengetahuan kita tentang pantai - pantai yang ada di Yogyakarta.

Saat ini tujuan wisata pantai di Jogja itu yang paling ramai adalah pantai - pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Parangtritis tentu saja masih ramai pengunjung, namun memang saat ini masyarakat sedang ramai - ramainya senang mengunjungi pantai yang ada di kabupaten paling timur DIY tersebut.

Dari 40-an lebih pantai yang ada di Gunung Kidul tersebut, kami telah menyortirnya melalui pertimbangan - pertimbangan tertentu dan menyisakan lima nama pantai yang kemudian akan dilabeli sebagai pantai paling bagus di Jogja.

baca juga : Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah dan Sekitarnya

Namun, ada satu hal untuk diketahui bahwa pantai - pantai yang masuk di daftar ini dilihat dari beberapa poin seperti bisa lihat sunset atau sunrise tidak, jenis ombaknya bagaimana, enak untuk berjemur atau tidak dan beberapa poin lainnya.

Lalu, pantai apa saja yang masuk ke dalam lima besar pantai paling bagus/indah di Jogja? Yuk simak ulasan noyvesto.net berikut ini :

Pantai Indrayanti

Dari namanya saja pantai ini sudah menunjukkan keunikan, namanya seperti nama seseorang, nama jawa, atau lebih tepatnya nama wanita jawa, iya kalau laki - laki kan biasanya Indrayanto, hehehe.

Pemberian nama indrayanti sendiri cukup unik, konon nama tersebut berasala dari salah satu resto yang mungkin merupakan resto pertama dan satu - satunya di tahun - tahun awal kawasan wisata ini dibuka.

Di depan resto itu ada papan nama bertuliskan "Indrayanti", usut punya usut, katanya inilah yang membuat orang - orang mengenal pantai ini sebagai Pantai Indrayanti.

Nama asli pantai ini sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal, ini nama resmi yang diberikan oleh pemerintah setempat. Namun, karena orang lebih dulu mengenalnya dengan nama Indrayanti, maka cukup sulit untuk membuat nama pulang syawal menjadi lebih dominan. Tapi, nama indrayanti sudah "pas" kok, setuju kan?

Pantai Indrayanti terkenal dengan kebersihan pantainya yang selalu terjaga. Ini tidak lain dan tidak bukan karena peran aktif pihak swasta yang ikut ambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti.

Di Indrayanti, pengelola pantai melarang pengunjung untuk membuang sampah sembarangan. Pengunjung yang membuang sampah sembarangan harus membayar denda di sini, mungkin inilah salah satu alasan mengapa Pantai Indrayanti bersih terawat. Denda membuang sampah sembarangan di sini sebesar Rp10.000.

Kalau bawa duit cukup banyak dan ingin membuktikan kebenaran aturan denda ini sahabat bisa mencobanya. Coba saja. hehehe.

pantai di Jogja yang paling bagus indah keren
foto dari : initempatwisata.com

Tuh, lihat kan,  meskipun pengunjungnya banyak banget seperti itu, kita bisa melihat bahwa tidak ada sampah berserakan di sana.

Pantai Indrayanti adalah pantai paling yang paling banyak pengunjungnya di antara pantai - pantai lain yang ada di  Gunung Kidul. Mungkin, hal ini disebabkan lokasinya yang berada di pinggir jalan utama, sehingga banyak agen wisata memilih pantai ini sebagai lokasi tujuan.

Lalu, kenapa Pantai Indrayanti masuk ke daftar pantai yang paling bagus di Jogja? Ini dia alasannya :

Bisa lihat sunset

pantai di Jogja yang paling bagus indah keren
foto dari : yulnit.blogspot.co.id
pantai di Jogja yang paling bagus indah keren
foto dari : entukk.blogspot.co.id
Salah satu hal yang bisa kita nikmati di sini adalah pemandangan ketika matahari kelelep air, maksudnya sunset atau waktu matahari mulai menghilang di sisi barat bumi.

Dua foto di atas dipilih karena benar - benar mewakili "rasa" melihat sunset di sana. Saya pernah juga melihat sunset di pantai ini, rasanya enak bener, udaranya mulai dingin, warna matahari mulai oranye, enak deh, dijamin.

Tidak hanya sunset, kami juga mendapatkan beberapa foto yang bisa Anda lihat juga, dan ini juga bukti bahwa pantai ini memang bagus untuk dikunjungi.

foto dari : berkelana.net

Kalau lagi sepi, biasanya di weekdays dan bukan bulan bulan liburan maka Pantai Indrayanti bisa terlihat seperti gambar di atas. Tetapi, jika musim liburan pasti pantai ini akan sangat ramai seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Kalau kamu suka pantai yang masih sepi, belum banyak pengunjungnya, bahkan belum ada pedagang di lokasi tersebut, kamu bisa baca artikel berjudul "Pantai Sedahan "pantai private" nan Eksotis". Bahkan, pantai tersebut cocok untuk nge-camp loh.

oke, lanjut ke bawah.

pantai di Jogja yang paling bagus indah keren

Pasirnya bagus banget, pure pasir pantai tanpa tambahan bijih besi, makanya warna pasir pantainya bisa seperti itu. Putih dan halus banget, enak buat duduk dan tidur - tiduran.

Bonus : Video 360 Pantai Indrayanti 


note (penting) :

Sampai saat ini memang hanya pantai indrayanti yang paling bagus secara lokasi, pasir yang pure tidak bercampur batu, bisa lihat sunset.

Sebenernya saya ingin membuat judulnya menjadi "9 pantai yang paling bagus di jogja" atau "5 pantai yang paling bagus di jogja", tetapi setelah saya keliling - keliling di beberapa blog dan website yang membahas beberapa pantai di Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, saya merasa kurang srek untuk menambahi nama - nama pantai lainnya karena standard penilaian untuk menentukan pantai mana yang paling bagus di Jogja bisa dibilang cukup tinggi.

Artikel ini diperuntukkan untuk teman - teman yang berada di luar Jogja, sehingga saya ingin memberikan informasi yang bener - bener "pas" untuk sahabat pembaca yang ada di luar Jogja.

Sayang kan, udah jauh - jauh ke Jogja, mau main ke pantai, terus searching di google dengan keyword "pantai di jogja yang paling bagus" atau "pantai paling bagus di jogja", tetapi pas sampe ke pantainya nilai "bagus"-nya tidak sesuai dengan kriteria "bagus" yang sebenarnya, kan kasihan kaliannya, hehe.

But, saya punya alternatif untuk memberikan informasi yang lebih banyak daripada sekedar menginformasikan "mana pantai yang paling bagus di jogja", saya akan informasikan juga beberapa nama pantai serta keunikannya. Tak perlu pindah halaman, saya akan menulisnya di bawah.

Pantai Baron (cocok untuk seafood lover)

Di pantai ini, yang unik adalah Pantai Baron merupakan pantai tempat perahu - perahu biru nelayan bersandar. Ini berarti dari pantai inilah nelayan berangkat melaut, dan di pantai ini juga - lah mereka merapat ke daratan dengan membawa hasil laut khas laut selatan Jogja.

Jadi, di sini banyak ikan - ikan segar yang bisa Anda makan. Pantai Baron memang lebih cocok untuk wisata kuliner khas hasil laut.

Foto - foto di bawah ini bisa dijadikan bukti kalau pantai baron adalah surganya kuliner, cekidot gan :

dimulai dari sini, pasar ikan pantai baron (foto)

pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk makan pantai baron
foto dari : stefanusaji/kratonpedia

Anda bisa memilih berbagai jenis hasil laut di sini,

ikan - ikan segar dari laut selatan (foto)


pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk makan pantai baron
foto dari : stefanusaji/kratonpedia

Lovester, eee maksudnya Lobster (foto), hehe. maaf jadi baper.


pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk makan pantai baron
foto dari : stefanusaji/kratonpedia

Nah, kalau suka ikan tongkol, di sini ada nih ikan tongkol goreng (foto) yang bisa langsung dimakan.

pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk makan pantai baron
foto dari : stefanusaji/kratonpedia

Terus, ini ada rajungan goreng tepung (foto)

pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk makan pantai baron
foto dari : stefanusaji/kratonpedia

Mau yang dibakar - bakar? bisa!

pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk makan pantai baron
foto dari : stefanusaji/kratonpedia

Kalau di atas kita sudah melihat pantai baron sebagai tempat paling pas untuk makan seafood, sekarang kita ke

Pantai Siung (cocok untuk pemanjat tebing)

Nah, pantai yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam. Tentu, sahabat pecinta alam kepingin ke sini kan, iya lah, di mana lagi pantai di Jogja yang ada panjat tebing seperti ini.

Panjat tebing di pantai siung tentu saja berbeda dengan panjat tebing biasanya, di sini tebing yang dipanjat adalah tebing yang ada di dekat laut, ada suara ombak dan angin yang kencang, kebayang kan seperti apa sensasinya.

Coba deh bayangin kalau yang jadi mamang mamang yang sedang memanjat tebing ini adalah kamu, pasti asik.

pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk panjat tebing pantai siung
foto dari : asokatour.com
Nah, tebing yang bisa dipanjat di sini ternyata cukup tinggi. Wah wah, kapan nih mau ke sini? hehehe.

pantai di jogja yang paling bagus indah keren untuk panjat tebing pantai siung
foto dari : tourwisatajogja.com
Lalu, pantai siungnya seperti apa ya, seperti ini nih :

pantai di jogja yang paling bagus indah keren dan menarik
foto dari : ariefgenter/claudiasolano
Kalau dari atas, penampakan pantai siung terlihat seperti yang ada di foto tersebut.

lalu, setelah pantai siung, kita ke


Pantai Krakal (pantai untuk surfing)

Ternyata ada nih pantai di jogja yang bisa digunakan untuk surfing, pantai yang bisa digunakan untuk surfing tersebut adalah pantai krakal.

Ini buktinya :

foto dari : yogyes.com
Foto di atas bikin mamang mamang yang ada di foto tersebut kelihatan keren ya. Pantai Krakal cocok untuk dijatikan tempat berlatih para peselancar pemula.

Jika Anda tinggal di dekat Jogja dan ingin belajar selancar atau surfing, di sinilah tempatnya, Pantai Krakal.


foto dari : yogyes.com
Ombaknya yang deras, khas ombak pantai selatan, membuat pantai ini dikenal sebagai pantai untuk surfing. Jadi, kapan mau ke sini?

Nah, terakhir, kalau mau nge - camp, buat acara api unggun, Anda bisa melakukannya di Pantai Sedahan yang ada di timur Jogja, pantai ini adalah pantai nomor dua paling timur dari Jogja.

Karena saya sudah menulis tentang Pantai Krakal sebelumnya, jadi saya tidak menulisnya di sini, jika ingin membacanya, sahabat bisa masuk melalui link di bawah :




Semoga liburan Anda menyenangkan. Selamat berlibur.

Artikel Terkait

3 komentar

wah tapi jauh jauh ya pantai yang bagusnya. Kalo saya lebih memilih wisata di Kota aja. Tapi menginapnya di hotel yang ada kolam renang diatas atap hotel. Tuh yang paling terkenal Indoluxe hotel

:) bener. kalo mau ke pantai yg bagus2, jaraknya jauh dari kota.
klo ke jogja ga lama, mending jalan2 ke tmpat wisata yg ada di kota saja. :)

Mantap, Pantai Indonesia Semua Indah2


EmoticonEmoticon