Saturday, 30 April 2016

Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah Untuk Liburan Keluarga

Tempat wisata menarik di Solo

Ini dia! Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah yang Sebaiknya Kamu Kunjungi


Kota Solo yang juga dikenal sebagai Kota Surakarta merupakan kota yang memiliki keuntungan geografis karena terletak di lokasi yang strategis. Solo berada di tengah - tengah kota wisata lainnya di Jawa Tengah. 

Solo bisa diakses langsung dari Semarang, Jogja, Sragen, Wonogiri, Pacitan dan lain - lain, melalui perjalanan darat. Oleh karena itu, maka tidak perlu heran apabila kota yang dilewati oleh sungai bengawan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Alasan kenapa banyak orang berwisata ke Solo karena memang solo layak dikunjungi sebagai tujuan wisata. Solo memilki karakter yang mirip dengan Yogyakarta yang memiliki ciri kekentalan budaya yang tinggi.

Hal ini tidak terlepas dari sejarah masa lalu Kota Solo yang juga memiliki bentuk pemerintahan kerajaan, sama seperti Yogyakarta yang masih berbentuk kerajaan sampai saat ini.

Label Kota Budaya sepertinya layak disematkan di kota yang pernah dipimpin oleh Presiden Indonesia saat ini, Bapak Joko Widodo. Pasalnya, jika datang ke Solo, pasti sangat mudah bagi kita untuk menemukan bangunan yang memiliki bentuk - bentuk unik dengan ukiran jawa, di mana pada masalalu ukiran seperti ini hanya ditemukan di wilayah - wilayah yang dikuasai oleh kerajaan.

Solo menyediakan banyak sekali tujuan wisata yang bisa kita kunjungi. Di tulisan ini, saya akan memulai list tempat wisata di solo-nya dengan list tempat wisata yang rekomended untuk dikunjungi oleh Anda yang datang jauh dari luar solo.

Banyak sekali blog yang menulis informasi serupa, namun kurang memperhatikan siapa konsumen dari tulisan tersebut, jika Anda jauh dari Solo, bukan dari Jogja, Boyolali, Semarang, tapi lebih jauh lagi dan jarang sekali ke Solo, maka 5 daftar pertama tempat wisata di Kota Solo ini adalah untuk Anda.

Tempat - tempat ini akan memberikan pengalaman baru yang mengesankan untuk Anda, dijamin sob!

Kita mulai saja ya, ini dia yang pertama.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat


tempat wisata di solo yang menarik

Keraton Surakarta Hadiningrat ini merupakan istana resmi keluarga Kasunanan Surakarta. Jika datang ke sini, tentu saja kamu akan mempelajari budaya dan sejarah, serta apa saja yang ada di dalam Keraton Surakarta ini.

Keraton Surakarta berada di tengah kota, akses menuju tempat wisata budaya ini cuku mudah, dengan memanfaatkan google maps, Anda pasti sampai, karena situs wisata yang satu ini sudah terindeks di google maps sejak dulu.

Keraton yang merupakan pengganti istana/Keraton Kartasura yang porak poranda karena terjadinya tragedi Geger Pacinan (pembunuhan orang - orang Tionghoa), sangat pas untuk dipilih sebagai lokasi tujuan wisata Anda.

Keraton ini dulunya merupakan bagian dari kerajaan Mataram. Tetapi, karena masalah politik yang sempat terjadi dengan pemerintah Belanda pada waktu itu, akhirnya Kerajaan Mataram ini dipecah menjadi dua.

Pecahan pertama adalah Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I, sekaligus menjadi titik permulaan berdirinya Kerajaan Ngayogyakarta.

Di Keraton Surakarta ini sering diadakan upacara adat. Memang tidak setiap hari sih, tapi siapa tahu kalau Anda beruntung, Anda bisa melihat upacara adat tersebut pada saat Anda berkunjung ke sini.

Keraton Surakarta ini dekat dengan pasar klewer, pasar yang cukup terkenal akan kuliner tengklengnya. Iyaak, di pasar klewer ini ada kuliner legendaris "tengkleng Bu Edi" yang sudah terkenal ke mana - mana.

tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnyaKalau main ke Keraton Surakarta, sekalian saja ke sini, nikmatin tengkleng khas Solo di tengkleng Bu Edi ini, dijamin kamu pasti suka. Tapi kalau ke sini jangan pas laper - laper banget ya, karena tengkleng Bu Edi ini selalu rame pembeli sob.

Jadi, kalau ke Keraton Surakarta, sekalian, mampir ke sini ya.

Harga tengkleng ini 15 - 25 ribuan, dan porsinya seperti yang ada di gambar tersebut ya sob. Tenang - tenang, kalau kurang bisa nambah kok, tentunya dengan membayar rupiah lagi untuk tambahan porsi nasi atau tengkleng yang kita minta ya sobat.

tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnyaNgomong - ngomong, tengkleng di sini kalau sedang rame bisa rame banget sob, ramenya itu seperti yang ditunjukkan oleh gambar di sebelah kanan ini loh. Makanya, kalau sudah keburu laper ga apa deh kalau ga ke sini.

Tapi kalau lagi ga laper - laper banget, sayang kalau ga ke sini. Beneran, soalnya tempat ini cukup terkenal, lumayan kan kalau bisa nyobain makan di tempat makan legendaris seperti ini.

Informasi :
peta (google maps) : Lokasi Keraton Surakarta

HTM : Rp10.000/orang


tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnya


Museum Batik Danar Hadi ini terletak di dalam kompleks wisata cagar budaya terpadu tentang batik. Tempat ini dikenal juga dengan HDH atau House of Danar Hadi. Nah, Museum Batik Danar Hadi terletak di dalam HDH ini.

House of Danar Hadi ini didirikan oleh PT. Batik Danar Hadi pada 2008 yang lalu, dan mengkhususkan batik beserta aspek - aspek budayanya menjadi objek wisata utama di sini.

Museum Batik Kuno, begitu pula Museum Batik Danar Hadi ini dikenal, inilah objek wisata di HDH dengan koleksi 10.000 helai batiknya yang sudah diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum dengan koleksi terbanyak.

Tempat wisata di solo yang satu ini, lebih cocok untuk Anda kunjungi jika Anda ingin membawa oleh - oleh batik khas Solo karena di museum ini ada juga otlet penjualan Batik koleksi merek Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi ini sendiri merupakan museum yang dibuat oleh Danar Hadi. Di museum ini, kita bisa melihat koleksi batik yang sangat lengkap.

Koleksi batik yang ada di museum ini merupakan motif batik dari berbagai macam batik dari seluruh penjuru nusantara. Tahu sendiri kan kalau saat ini banyak sekali motif batik yang berasal dari daerah - daerah berbeda.

tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnyaBisa dikatakan, beda daerah motif batiknya beda. Wuih, kapan ya setiap kabupaten di Indonesia membuat motif batiknya sendiri. Nah, di museum batik ini kamu bisa melihat koleksi lengkap berbagai motif batik dari Sabang sampai Merauke.

Kain batik yang ada di museum ini merupakan kain - kain dari jaman - jaman tertentu, lintas jaman ya sob. Jadi bukan kain - kain batik yang diproduksi saat ini, tapi lintas waktu, dari jaman ke jaman.
Pokoknya gitu deh, hehehe. Btw, salah satu koleksi terpenting di museum ini adalah koleksi batik Belanda, yaitu batik - batik yang dipengaruhi oleh budaya Belanda dari orang - orang Belanda yang tinggal di Indonesia pada masa lalu ya sob, bukan masa sekarang.

Informasi :
peta (google maps) : Lokasi Museum Batik Danar Hadi Solo
Buka : Setiap hari, 09.00 - 17.00 WIBB
Tutup : 1 Januari, 17 Agustus dan pemilu/pilkada
HTM : Rp25.000/orang

Kampung Batik Lewayen - Tempat wisata di Solo

Solo yang terkenal dengan batiknya juga ini ternyata memiliki dua kampung batik loh. Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman.

Dua kampung ini adalah destinasi wisata di kota solo yang bagus untuk Anda kunjungi apalagi jika sedang berlibur bersama keluarga.

Kampung Batik Laweyan merupakan salah satu lansekap budaya di tanah air yang memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang diwarisi nenek moyang.

Seni mbatik yang ada di sini merupakan salah satu warisan tak ternilai yang dimiliki oleh Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Warisan ini termasuk dalam kategori warisan budaya non benda atau yang dalam bahasa inggris, yaitu "intangible cultural heritage".

Warisan budaya yang berupa warisan fisik dan nonfisik di Kampung Batik Laweyan ini sangat dijaga dan dipelihara dengan baik oleh warga. Makanya, tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang harus kamu sambangi selagi di Kota Solo.

Pembuatan batik di sini benar - benar masih menggunakan cara lama, lebih tepatnya, cara awal dalam pembuatan batik.

Contohnya adalah prinsip pewarnaan batik yang menggunakan bahan pewarna alami danmenggunakan lilin dalam prosesnya. Warga kampung batik Laweyan secara tegas menolak untuk membuat batik dengan menggunakan mesin modern karena bagi mereka hal tersebut tidak sesuai dengan sejarah pembuatan batik itu sendiri.

Di kampung ini, kita juga bisa belajar membatik, loh. Beberapa kios yang ada di kampung ini,
tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnya
biasanya memberi kesempatan bagi wisatawan yang datang untuk belajar membatik bersama - sama. Jika kamu mengikuti kelas belajar membatik ini kamu berkesempatan menggunakan malam dan canting untuk membuat batik dengan motif apapun yang kamu suka.

Jika sudah puas dengan belajar membatik, pengunjung bisa melakukan shopping, waw pasti kaum wanita suka sekali bagian yang ini ya.

Batik yang bisa kamu bawa pulang dari toko - toko penjual batik di sini beragam sekali jenisnya, tergantung, kamu mau pakai untuk apa, atau mau digunakan untuk apa. Untuk acara santai ada, untuk acara formal ada, untuk semi - formal ada, untuk aktivitas sehari - hari pun juga ada, apa lagi - apa lagi, pokoknya semuanya ada di sini sob.

Harga batik di sini beragam, murah atau mahalnya relatif ya sobat. Rata - rata, untuk batik cap, di sini harganya mulai dari Rp50.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Informasi :
peta (google maps) : Lokasi Kampung Batik Laweyan
HTM : gratis (tidak dipungun biaya)

4. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran ini sebenarnya berada di luar wilayah administratif Kota Solo. Museum Manusia Purba Sangiran berada di Kalijambe, Sragen.

Alasan kami memasukkannya sebagai wisata di Solo yang cocok untuk liburan keluarga karena letak museum ini tidak terlalu jauh dari Solo. Anda bisa mencapai lokasi Museum Manusia Purba Sangiran dalam waktu 45 menit sampai satu jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Jarak Museum Manusia Purba Sangiran dengan Kota Solo hanya 21 sampai 24 kilometer saja sob, jadi tidak terlalu jauh bukan.

Museum purbakala ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal ini beralasan sob, karena museum Sangiran ini adalah situs cagar budaya tempat terhimpunnya berbagai macam penemuan - penemuan arkeologi dari jaman purbakala yang sudah diakui dunia.

Di dalam museum ini kita bisa melihat banyak sekali temuan - temuan purbakala, mulai dari fosil - fosil hewan purbakala sampai fosil manusia purba.

Di sini kita juga bisa melihat proses ditemukannya situs purbakala Sangiran, proses evolusi manusia, proses pembentukan alam raya, pembentukan gunung - gunung berapi, dan proses - proses lainnya yang berkaitan dengan kehidupan manusia purba melalui audio visual yang disediakan di sini.

Di museum ini sudah ada fasilitas umum yang biasanya tersedia juga di tempat wisata lain, seperti taman bermain anak - anak, tempat nongkrong untuk remaja dan taman bunga, kita bisa menikmati liburan bersama keluarga di sini.

Informasi :
peta (google maps) : Lokasi Museum Manusia Purba Sangiran
Harga tiket masuk : Rp5.000/orang (per April 2015)

5. Air Terjun Grojogan Sewu


tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnya
kunjungan saat waktu liburan nasional
Sama seperti Museum Manusia Purba Sangiran di atas yang bukan termasuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Surakarta (Solo), Air Terjun Grojogan Sewu ini juga tidak terletak di wilayah administratif Solo.

Untuk wisata keluarga, tak apalah berjalan lebih jauh sedikit, yang penting kan semuanya bahagia, hehehe.

Air terjun ini berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Jika kamu ke sini, kamu pasti merasakan pengalaman menghirup udara yang enak! Iya, hal ini karena hawa di kawasan wisata ini sangat sejuk. Hutan lebat yang rindang dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor membuat udara di tempat wisata yang satu ini sangat bersahabat.

Di sini, kita bisa menunggang kuda untuk berkeliling satu putaran, biayanya cukup Rp15.000 saja untuk satu orang dan sekali jalan.

tempat wisata di solo jawa tengah dan sekitarnya
Nama grojogan sewu ini memang dalam bahasa jawa memiliki arti air terjun seribu, tetapi ini tidak berarti bahwa di kawasan wisata yang dekat dengan Kota Solo ini benar - benar memiliki seribuan air terjun. Memang ada beberapa air terjun, tetapi tidak banyak, ada air terjun yang tingginya 80 meter dan ada juga air terjun lainnya yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas.

Dengan luas 20 hektar, tentu saja kawasan ini menyediakan cukup ruang untuk menampung ratusan bahkan seribuan wisatawan dari berbagai daerah. Di kawasan wisata ini ada fasilitas kolam renang untuk orang dewasa dan anak - anak.

Jadi jika sudah basah di air terjun dan ingin berenang, main saja ke kolam renang yang ada di sini. Oh iya, kalau jalan menuju air terjun utama, kita akan disambut oleh monyet - monyet hutan.

Hati - hati kalau melewati monyet - monyet ini, jangan menampakkan makanan yang kamu bawa, termasuk menentengnya dengan plastik kresek, saat melewati kawanan monyet - monyet di sini, karena mereka pasti akan meminta makanan yang kamu bawa, hehehe.

Lokasi air terjun ini berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Informasi :
peta (google maps) : Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu
Harga tiket masuk : Rp6.000/orang
Pandawa Waterboom, jalan

*******

Nah, jika memang sengaja datang ke Solo bersama keluarga dan datang dari tempat yang lumayan jauh, rasanya sayang jika Anda tidak ke tempat wisata yang tepat. Lima tempat wisata di atas adalah rekomendasi dari noyvesto.net untuk Anda yang ingin berwisata ke Solo bersama keluarga.

Tidak perlu didatangi semuanya loh sob, cukup satu dari lima di atas saja dan sisanya bisa mengunjungi tempat wisata di Solo lainnya, seperti yang ini nih

Daftar lengkap tempat wisata di Solo dan Sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi :

1. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari terkenal dengan pertunjukan wayang orang-nya. Lokasi taman Sriwedari ini sangat mudah dijangkau karena berada di tengah Kota Solo.

For your information nih sob, Taman Sriwedari ini dulunya dibuat untuk digunakan sebagai salah satu tempat rekreasi keluarga kerajaan. Hmm, ga heran ya jika bentuk  gapura Taman Sriwedari ini kental banget nuansa kerajaannya.

Di sini, kamu bisa beristirahat sejenak sehabis jalan - jalan dari Keraton dan Pasar Klewer. Taman ini terletak di sebelah Stadion Sriwedari.

Di dalam kompleks taman ini ada sebuah tempat pertunjukan wayang orang, yaitu di GWO atau Gedung Wayang Orang. Sesuai namanya, tempat ini merupakan tempat diselenggarakannya pertunjukkan wayang orang. Pertunjukan wayang orang di sini cuma ada jam delapan malam ya, di siang hari tidak ada pertunjukan.

Pada kesempatan tertentu,

informasi :
peta (google maps) : Lokasi Taman Sriwedari
Harga tiket masuk : Rp3.000/orang
Jam buka : Setiap hari, 10.00 - 22.00 WIB
jadwal pertunjukan wayang orang : setiap hari, pukul 20.00 WIB

2. Taman Balekambang

Taman Balekambang berada di Jalan Ahmad Yani yang merupakan jalan lintas antar kota antar provinsi di Solo.

Taman Balekambang ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga, bawa makanan yang banyak, dan bawa tikar, udah deh, serasa liburan di taman kayak di film - film gitu.

Taman Balekambang adalah taman kota yang merupakan jantungnya penghijauan di Kota Solo. Taman ini adalah tempat bersantai yang pas jika sedang berada di tengah Kota Solo.

Taman ini memiliki panggung yang bisa menampung 1.000 penonton dan sebuah gedung pertunjukan yang mampu menampung 300 penonton. Panggung dan gedung pertunjukan ini adalah bukti bahwa taman ini menjadi salah satu tempat berkembanya berbagai seni di Solo.

Jika kamu datang ke sini Sabtu, kamu bisa menonton pertunjukan ketoprak yang selalu rutin diadakan setiap Sabtu malam.

3. Pandawa Water World

Kalau kamu suka wisata yang berkesan, bisa basah - basahan atau berwisata membawa buah hati, maka Pandawa Water World yang berlokasi di Solo Baru ini cocok untuk kamu kunjungi.

Pandawa Water World ini cocok untuk dikunjungi semua umur, jadi sangat pas sekali untuk menjadi tujuan wisata keluarga.

Untuk bisa masuk ke Pandawa Water World Solo Baru ini kita perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp50.000 kalau datang ke sini Senin sampai Jumat, dan Rp100.000 kalau datang pada saat Sabtu dan Minggu.



Referensi dan foto :
http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/pulau-jawa/solo/menikmati-kelezatan-sepincuk-tengkleng-pasar-klewer/
http://www.travellers.web.id/indonesia/central-java/tengkleng-klewer-bu-edy/
http://www.skanaa.com/assets/images/news/20150402/551d2261a81bb792348b4568.jpg
http://jalansolo.com/wp-content/uploads/2014/10/danarhaddi.jpg
http://hicity.co.id/wp-content/uploads/2015/09/kampung-batik-laweyan2.jpg

Artikel Terkait

3 komentar

Sekilas Inpoh:

Bagi Anda yang ada rencana berbisnis atau berwisata di Kota Surakarta Hadiningrat/ Solo, ada banyak jenis transportasi yang dapat digunakan untuk membantu memperlancar acara bisnis atau wisata tersebut.
Ada transportasi massal/ umum seperti bus dalam kota, angkuta, becak, ojeg, taksi, dan ada pula transportasi yang bersifat lebih privat semacam rental mobil atau rental motor.

Bila yang Anda butuhkan adalah jenis transportasi yang bersifat privat semacam rental mobil atau rental motor, kami rentalsolo.com siap membantu kebutuhan Anda.

Makasih Informasinya mas Ridlo Adi Nugroho. Semoga rentalnya bermanfaat untuk turis - turis di Solo :)

sedikit tambahan mas kalau ada tempat wisata barang antik yaitu di pasar triwindu. Disana banyak sekali tempat yang menjual barang-barang antik.
semoga bermanfaat terimakasih.
salam dari saya dari sewa mobil solo


EmoticonEmoticon