Wednesday, 4 May 2016

Tempat Wisata Kuliner di Yogyakarta (rekomended) yang Dekat Stasiun Tugu

Tempat wisata kuliner di Jogja yang rekomended dan enak

Tempat Wisata Kuliner di Yogyakarta di Dekat Stasiun Tugu yang Rekomendeds


Kali ini noyvesto.net menulis artikel tentang tempat wisata kuliner di Jogja. Pada saat menulis artikel ini saya memutuskan untuk menulis artikel khusus untuk wisatawan dari luar Jogja saja.

Alasan saya memberitahukan ini di depan adalah karena banyaknya blog yang menulis tentang tempat wisata kuliner di Jogja, namun beberapa blog memasukkan tempat jajanan yang menurut saya kurang pas untuk dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata kuliner yang ada di Jogja.

Nah, kali ini saya pastikan bahwa tempat jajanan yang ada di artikel ini benar - benar pas untuk dilabeli sebagai tempat wisata kuliner di Jogja.

Eitss... sebelum lanjut, boleh niih nikmatin dulu video singkat timelapse Tugu Jogja pagi hari

Tulisan ini berisi informasi terkait resto, jarak resto dari dua stasiun besar di Jogja, Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan, berapa budget yang pas untuk makan di sana, kenapa orang - orang suka datang ke sana, dan masih ada beberapa lagi informasi menarik yang menjadikan tempat - tempat makan ini benar - benar cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan seperti Kamu.

Kita mulai dari tempat makan yang paling dekat dengan Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan, Semakin ke bawah berarti lokasinya semakin jauh dari dua stasiun ini ya.

Yang pertama ada :

# Angkringan Lik Man Stasiun Tugu

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak


Angkringan Lik Man ini berada di utara pintu masuk Stasiun Tugu Yogyakarta. Pastikan jangan kebalik ya, karena pintu keluar dan pintu masuk stasiun tugu ini tidak sama, pintu keluarnya ada di Selatan Stasiun, sedangkan pintu masuknya ada dua, satunya di selatan dan satunya di utara.

Nah, Angkringan Lik Man ini ada di pintu masuk utara. Jadi, saat Kamu keluar dari stasiun bertanyalah dengan satpam stasiun ataupun orang yang berada di dekat stasiun angkringan kopi jos di mana ya? 

Loh, kok angkringan kopi jos, bukan angkringan Lik Man? Jadi begini guys, angkringan Lik Man ini merupakan salah satu angkringan kopi jos yang ada di deretan angkringan kopi jos yang ada di utara stasiun tugu.

Supaya ga bingung, peta di bawah ini mungkin bisa membantu Kamu untuk mencapai Angkringan Lik Man.


Cukup dengan berjalan kaki, Kamu bisa sampai ke lokasi angkringan Lik Man ini sob. Jika kamu backpackeran, wah, tempat ini cocok sekali untuk kamu datangi ketika baru sampai di Jogja.

Enam menit berjalan kaki, Kamu akan sampai di Angkringan Lik Man, jaraknya cuma 450 meter kok, ga jauh kan?

Sebelum ke Malioboro, kalau sudah lapar, sebaiknya Kamu ke sini dulu, karena hampir semua jajanan pinggir jalan yang ada di Malioboro harganya mahal - mahal, jadi kalau sudah terlalu lapar, ke sini saja dulu. Tapi cocokan waktunya ya, kalau Kamu sampai di Jogja pagi hari jangan ke sini ya, soalnya belum buka.

Ada apa saja di sini?

Di Angkringan Lik Man ini Kamu bisa menjajal jajanan murah meriah khas Yogyakarta. Sama seperti di angkringan lainnya, di Angkringan Lik Man ini ada gorengan, nasi kucing, sate usus, sate ati, sate telur puyuh, mie goreng, dan beragam minuman mulai dari es teh sampai susu jahe.

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak

Jajanan yang terkenal di sini adalah kopi jos-nya ya guys. Kopi jos ini adalah kopi hangat biasa, sama seperti kopi - kopi lain pada umumnya, tetapi ada tambahan panas dari arang. Dan arangnya ini langsung di masukin ke kopinya.
Tempat wisata kuliner di jogja

Nama joss-nya sendiri berasala dari suara arang yang masuk ke kopi yang mengeluarkan suara "cesssssss", mungkin karena lebih enak mengejanya dengan ejaan joss, maka namanya ga pernah jadi angkringan cess.

Kalau laper, ke sini deh, dijamin lebih murah daripada makan di warung - warung makan pinggir jalan yang ada di emperan malioboro. Bukan ngelarang ya sob, tapi saya cuma ingin memberikan saran terbaik untuk ... , iya Kamu.
Tempat wisata kuliner di jogja

Informasi
peta (google maps) : Lokasi Angkringan Kopi Jos Lik Man
alamat : Jl. Wongsodirjan,Sosromenduran,Gedong Tengen,Kota Yogyakarta.
jam buka : setiap hari, 17.00 - habis
dari stasiun tugu : 450 meter (guide maps)
dari stasiun lempuyangan : 1,3 kilometer (guide maps)
dari terminal jombor : 5,2 kilometer (guide maps)
Budget : 11/100

# Soto "Sampah" Tugu

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak

Kedai Soto Sampah yang ada di utara Tugu Jogja ini memang belum banyak yang melabelinya sebagai tempat wisata kuliner (di jogja). Tapi karena lokasinya yang dekat dengan lokasi wisata "Tugu Jogja", maka tempat ini cocok untuk dikunjungi jika Kamu sedang berfoto - foto ataupun menikmati malam di Tugu.

Soto Sampah, jika mendengar namanya, pasti ada sesuatu yang aneh ya, kok ada kata sampah di nama kedai ini. Bahasa jawa dari sampah sebenarnya adalah uwuh, sebenarnya soto serupa bisa ditemui di tempat lain di Jogja, tapi pemilik kedai ini lebih memilih untuk menggunakan nama Indonesia untuk warung soto miliknya.

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak
Alasan kenapa soto ini dinamakan soto uwuh atau soto sampah adalah bahan dari soto yang berisi gajih ayam. Gajih yang biasanya dibuang karena merupakan lemak, di sini digunakan sebagai bahan utama soto sebagai pengganti daging.

Rasa soto sampah ini enak loh sob, jadi kamu bisa ke sini nih kalau sedang main ke Tugu Jogja.

Ada apa saja di sini?

Di kedai Soto Sampah ini Kamu bisa memesan satu porsi nasi + soto seharga lima ribuan. Selain itu, di sini tidak cuma ada soto saja, tapi ada juga gorengan, ayam, telur dadar, dan lain - lain. Untuk minumannya, di sini ada minuman teh, kopi dan jeruk yang bisa dihidangkan panas atau dingin.

Informasi
peta (google maps) : Lokasi Soto Sampah Tugu Jogja
alamat : Jl. Poncowinatan No.12 A,Cokrodiningratan,Jetis,Kota Yogyakarta.
jam buka : setiap hari, 24 jam
dari stasiun tugu : 1,2 kilometer, 15 menit jalan kaki (guide map)
dari Tugu Jogja : 110 meter, 2 menit jalan kaki (guide map)
Budget : 7/100

# House of Raminten
Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak

House of Raminten ini bagi saya pribadi adalah tempat makan yang top dan out of the box dibanding tempat makan lainnya di Jogja.
Tempat wisata kuliner di jogja

Jika di tempat makan lainnya yang sekelas memadukan antara tampilan indah dari resto dengan musik latar yang bikin nyaman pengunjung. Nah, di House of Raminten ini ada satu hal yang tidak dimiliki oleh tempat makan lain di Jogja.
Tempat wisata kuliner di jogja

House of Raminten memiliki ciri khas berupa bau dupa yang berseliweran di seluruh penjuru bangunannya, mulai dari pintu masuk sampai di meja makannya.

Tapi ini adalah sesuatu yang benar - benar out of the box bagi saya, dan menurut saya Kamu perlu datang ke sini supaya tahu apa yang saya maksud dengan out of the box tadi.

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak
House of Raminten memberikan pengalaman yang berkesan dan berkelas bagi pengunjungnya, di sini pengunjung akan di layani oleh waitress yang berpakaian bak abdi dalem kerajaan.
Tempat wisata kuliner di jogja

Latar musiknya yang berupa musik gamelan jawa nan lembut dan pelan benar - benar membuat pengunjungnya merasakan suasana jawa yang kental. 

Tak hanya itu, di sini juga ada beberapa menu yang disajikan nyeleneh, nanti ada di bawah.

Ada apa saja di sini?

Di House of Raminten ada banyak sekali menu yang bisa Kamu pesan, mulai dari makanan ringan sampai ke yang berat - berat seperti nasi goreng, ada di sini.

Secara keseluruhan, menu yang ada di House of Raminten ini bisa Kamu lihat di sini
Tempat wisata kuliner di jogja

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak
Salah satu menu nyentrik yang ada di sini adalah minuman susu yang dihidangkan dalam sebuah gelas yang berbentuk dada perempuan. Nah, dari sini House of Raminten bisa bikin pengunjungnya terdorong untuk bercerita lagi nih. Wah, benar - benar trik marketing yang cerdas sob.

Kalau sedang ke Jogja, datanglah ke House of Raminten ini, selain karena lokasinya yang berada di tengah kota, dengan datang ke sini kamu juga bakal merasakan pengalaman baru dalam hal makan di resto, dijamin deh.
Tempat wisata kuliner di jogja

Budget untuk makan di sini juga tidak mahal kok sob, semua tergantung pada pilihan menu yang kamu pesan ya, menu di sini tersedia banyak, mulai dari yang murah sampai yang sedikit mahal. Tapi karena mahal dan murah itu relatif, jadi sebaiknya sobat lihat saja menunya di sini  ya.

Jika kamu tidak buru - buru, datang ke House of Raminten adalah pilihan yang sempurna, tapi kalau waktunya mepet, dan Kamu buru - buru datang ke sini bukanlah pilihan yang cocok, karena House of Raminten adalah resto yang selalu ramai dan setiap pengunjung yang datang di malam hari bisa dipastikan akan selalu mengantre untuk mendapatkan meja.

Informasi
peta (google maps) : Lokasi house of raminten
alamat : Jalan Faridan Muridan Noto No. 7,Gondo Kusuman, Kota Baru.
jam buka : Setiap hari, 24 jam
dari stasiun tugu : 1,4 kilometer, 18 menit jalan kaki (guide map)
dari Tugu Jogja : 800 meter, 10 menit jalan kaki (guide map)
Budget : 20/100

# Kalimilk

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak

Kalimilk adalah salah satu tempat yang harus kamu kunjungi jika sedang berburu kuliner di Jogja. Sesuai dengan namanya, Kalimilk memiliki menu utama berupa minuman susu segar yang bisa dipesan dengan berbagai rasa.

Kalimilk pertama kali berdiri pada 31 Desember 2010 dengan TKP atau Tempat Kejadian Produksi pertama di daerah Lempongsari.

Kalau masuk ke kalimilk Kamu pasti merasa nyaman karena memang tempatnya didesain sedemikian rupa sehingga meskipun penuh warna tapi tetap saja suasana ruangannya bisa membuat pengunjung betah.
Tempat wisata kuliner di jogja
Susu yang bisa dipesan di kalimilk ini ada banyak sekali, Kamu bisa pesan sesuai rasa susu yang sesuai dengan selera Kamu. Ada banyak deh pokoknya, emmm, saya tulis beberapa diantaranya ya, ada Kalimilk orange, kalimilk Apple, Kalimilk Coffee, Kalimilk Banana, Kalimilk Corn, Kalimilk Pure, Kalimilk Strawberry, Kalimilk Oat, Kalimilk Cookies, Kalimilk Chocolate, Kalimilk Green Tea dan masih banyak lagi.Tempat wisata kuliner di jogja

Selain menu minuman serba susunya yang banyak abis, di sini juga ada menu makanan loh sob. Diantaranya ada aneka roti panggang dan roti goreng yang harganya cukup murah, yaitu lima sampai enam ribuan saja.Tempat wisata kuliner di jogja

Selain aneka roti panggang dan roti goreng ada juga menu makanan lain, seperti Fettucine, Sandwich, Kalimilk Potato, French Fries, Risoles Keju, Omelette dan menu breakfast Kalimilk Cereal.

Untuk Kamu yang jarang - jarang ke Jogja dan berada di Jogja dalam waktu yang singkat, misalnya cuma sehari dua hari, maka datang ke Kalimilk merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, kita tidak perlu menunggu menu sampai di meja terlalu lama di sini, dan bukan hanya itu, di kalimilk ini Kamu juga tidak perlu mengantre terlalu lama. Tempat wisata kuliner di jogja

Informasi
peta (google maps) : Lokasi Kalimilk TKP #1 (Lempongsari), Lokasi Kalimilk TKP #2 (Jalan Kaliurang), Lokasi Kalimilk TKP #3 (Seturan)
alamat : 
TKP #1 : Jalan Nglempongsari Raya No. 251, Monjali,Sari Harjo,Ngaglik,Kabupaten Sleman.
TKP #2 : Jl. Kaliurang KM. 4.9,Catur Tunggal,Kec. Depok,Kabupaten Sleman
TKP #3 : Perumnas Dusun Mundu, Saren - Turan,Catur Tunggal.
jam buka : Setiap hari, 11.00 - 00.00
dari stasiun lempuyangan : 6,5 kilometer ke TKP #2 (klik untuk guide map)
dari terminal jombor :  4,6 kilometer TKP #1 (klik untuk guide map)
Tempat wisata kuliner di jogja

# Nasi Uduk Palagan
Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak

Nah, yang ini menarik guys. Hidangan yang Indonesia banget dan kabar bagusnya ini adalah tempat paling tepat untuk makan nasi uduk di Jogja. Nasi uduk di sini mantap abis, beneran!
Tempat wisata kuliner di jogja

Nasi uduk di sini, banyak sekali macamnya, ada nasi uduk biasa, nasi uduk bakar yang berisi daging dan ebi, lalu ada "nasi goreng uduk", emm... yang bisa bikin Kamu ngilerr.
Tempat wisata kuliner di jogja

Sebagai lauk, di sini ada ikan Gurame yang bisa dibakar dan digoreng, lalu ada ayam, bebek, otak - otak, daging/empal, rendang daging, pepes, babat, dan masih ada beberapa menu lauk lagi.

Ada satu hal yang bakal bikin Kamu kepingin ke sini lagi jika sudah ke sini satu kali, yaitu rasa nasi uduknya yang bener - bener lezatos! Hmm, Kamu baru tahu deh rasanya kalau sudah ke sini, hehehe.

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak

Menu - menu yang ditawarkan di Nasi Uduk Palagan ini tergolong murah ya sob, apalagi dengan porsinya yang besar, wah tambah kelihatan deh murahnya.
Tempat wisata kuliner di jogja

Jika memesan nasi uduk di sini, nasi uduknya dihidangkan dengan bungkus daun pisang yang bikin nasinya jadi wangi ke mana - mana. Bagi Kamu yang memburu kelezatan dari sebuah nasi uduk atau penasaran dengan nasi goreng uduknya di sini, boleh deh cobain Nasi Uduk Palagan ini.
Tempat wisata kuliner di jogja

Tempatnya cocok untuk bersama keluarga, teman, ataupun sendiri. Kalau backpackeran ke Jogja, dan turun di Stasiun Tugu, Kamu bisa menggunakan jasa ojek dan taksi untuk mencapai lokasi ini dengan cepat.

Informasi
peta (google maps) : Lokasi nasi uduk palagan
alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar No.104, Jogja.
jam buka : Senin - Sabtu, 07.00 - 21.00
dari terminal jombor : 3,2 kilometer (guide map)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon