Friday, 19 August 2016

Pesona Magelang Yang Akan Membuatmu Terpana


PESONA MAGELANG YANG AKAN MEMBUAT KAMU TERPESONA

Magelang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang menyimpan potensi wisata yang sangat indah. 

Dulu kalau kita mendengar kata Magelang, pikiran kita hanya terbesit di Candi Borobudur saja. Eitss tapi jangan salah karena saat ini potensi wisata di Magelang sedang dikembangkan. 

Mungkin kamu tidak tahu menahu soal wisata yang ada di Magelang, sehingga untuk menuju kesana kamu mungkin juga akan kebingungan.

Tenang sob, karena di tulisan ini kami akan memberikan tips menikmati liburan di Magelang, menikmati pesonanya yang akan membuat kamu semakin kagum dengan keindahan kota yang satu ini.

Bagaimana cara untuk sampai ke Magelang?
Untuk sampai ke Kota Magelang, sebelumnya kamu harus melewati kota - kota lain terlebih dahulu. Dan tahukah kamu bahwa salah satu kota terdekat dari Magelang ini adalah Yogyakarta.

Ya, jadi kalau kamu mau ke Magelang, maka terbanglah ke Yogyakarta terlebih dahulu. Ada banyak sekali penerbangan dari Jakarta ke Yogyakarta.

Dengan banyaknya jadwal penerbangan tersebut, kamu bisa membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari atau bahkan last minute di aplikasi Traveloka yang memudahkan kamu untuk booking tiket pesawat.

baca juga : Tebing Breksi Jogja, Calon Destinasi Utama di Yogyakarta

Sesampainya di Yogyakarta, kamu cukup naik bus Damri trayek Bandara Adi Sucipto – Magelang dengan tarif  35ribu rupiah saja. Jadwal keberangkatan Damri dari bandara ke Magelang ada dari jam 07.00 sampai 20.00, sedangkan Damri dari Magelang ke bandara ada dari jam 04.00 – 18.00.

Bagaimana untuk Istirahatnya?
Banyak sekali penginapan di Magelang, tinggal kamu pilih tuh, mau hotel yang murah atau yang mahal, yang pasti harga akan sepadan dengan kenyamanan.

Kalau kamu ingin menikmati hotel yang harganya tengah-tengah tetapi sangat nyaman, kamu bisa memilih hotel Puri Asri Magelang yang letaknya sangat dekat dengan jantung Kota Magelang. 

Kalau kamu ingin booking hotel Puri Asri Magelang jauh-jauh hari karena takut kehabisan kamar, bisa banget, kamu bisa dipesan di situs booking hotel seperti Traveloka.com yang cukup sering mengadakan promo potongan harga hotel!

Gambar 1 Hotel Puri Asri Magelang. Sumber : yogyakarta.panduanwisata.id 
Transportasi untuk menjelajah?
Nah supaya kamu lebih nyaman, aman, dan pastinya ga buang-buang waktu, kamu lebih baik sewa kendaraan saja untuk menjelajahi Magelang. 

Saat ini sudah banyak kok persewaan kendaraan di Magelang khusus buat wisatawan, jadi lebih hemat waktu dan juga dompet.

Nah setelah kamu tahu bagimana caranya ke Magelang, istirahatnya di mana dan transportasi apa yang cocok kamu gunakan untuk menikmati pesona Magelang, sekarang kami akan memberikan daftar tempat wisata yang patut kamu kunjungi selama kamu berada di Kota Magelang. Check it out!

1.      Berburu Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit setinggi 400 m mdpl yang berada di sebelah barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Puthuk Setumbu merupakan cara lain untuk menikmati Borobudur, yaitu menikmati siluet Borobudur dengan hamparan sinar mentari pagi yang begitu indah. 

Baca juga : Golden Sunrise Terindah se-ASEAN dari Puncak Gunung Prau

Banyak turis yang menyebut bahwa sunrise di bukit ini merupakan “The Golden Sunrise” karena warna matahari yang cenderung keemasan. Di jamin kamu akan terpana melihat sunrise dan kabut tipis yang menyinari Borobudur.

Menikmati Candi Borobudur yang Mempesona!
Gambar 3 Megahnya Borobudur. Sumber : Id.wikipedia.org 

Setelah kamu melihat matahari terbit dan menyinari Borobudur dari atas, sekarang saatnya kamu untuk berkunjung kesana.

Borobudur merupakan candi Budha terbesar yang ada di Indonesia bahkan di dunia, oleh sebab itu candi ini menjadi warisan sejarah yang di akui oleh UNESCO.

Cukup membayar 30ribu saja kamu sudah dapat menikmati indahnya warisan budaya Nusantara ini.

Ada satu mitos yang banyak dipercayai turis ketika dating kesini, yaitu apabila seseorang dapat memegang telapak tangan patung, apapun yang diinginkan akan terkabulkan. Hmmmm tertarik untuk mencoba?

Menikmati Gagahnya Merbabu dan Merapi di Gardu Pandang Ketep Pass
 
Gambar 4 Ketep Pass. Sumber : telusurindonesia.com

Melihat landscape dua gunung besar di Jawa Tengah yaitu Merbabu dan Merapi, dapat kamu nikmati di sini.

Letaknya di Kecamatan Sawangan, sekitar 21 km dari Mungkid, ibukota Kabupaten Magelang. Siapkan kameramu karena pemandangan di sini sangat indah.

Kamu dapat melihat eksotisnya Gunung Merapi dan besarnya Gunung Merbabu. Selain menikmati pemandangan, kamu juga dapat mencicipi berbagai macam makanan yang dijual pedagang-pedagang di sekitaran Ketep Pass ini. Oh ya jangan lupa gunakan jaket ya karena tempat ini cukup dingin.

Segarkan Tubuhmu di Curug Silawe
 
Gambar 5 Segarnyaaaaa. Sumber : Kompasiana.com

Curug ini terletak di kaki gunug Sumbing tepatnya di daerah Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Buat kamu yang pecinta curug, kamu wajib datang ke curug ini ya. Untuk jalur menuju curug ini masih kurang mulus, tetapi pemandangan di kanan kiri jalan dapat meredam ketakutan kamu saat berkunjung kesini.

Curug dengan ketinggian lebih kurang 50 meter ini sanggup untuk menyegarkan tubuh mu lho! Untuk tarif masuknya, kamu cukup membayar 2000 rupiah saja, murah kan?

Rumah Kamera yang Gallery dan gaya Bangunannya yang Nyentrik
 
Gambar 6 Kameranya gede banget, om. Sumber : Phimeo.com

“Buset itu kamera gede amat ya”, atau “ih arsitekturnya lucu!”, kalimat itu pasti akan terucap sama kamu saat pertama kali datang ke tempat ini.

Ya, rumah kamera memang sangat unik, karena arsitekturnya yang meyerupai sebuah kamera DSLR. Lokasi Rumah Kamera ini cukup dekat dari Borobudur.

Oh ya meskipun bentuk rumahnya seperti kamera DSLR, tetapi gallery yang ada di dalamnya kebanyakan lukisan yang dilukis dengan tangan lho.

Tutup Harimu Dengan Menikmati Suasana Alun-alun Kota Magelang

Setelah kamu puas keliling wisata yang ada di Magelang, tutup semuanya untuk bersantai di tengah kota. Banyak pedagang jualan makanan dan minuman, yang pastinya menambah nikmat saat kamu bersantai ria di sini. 

Oh iya, jangan lupa mencicipi makanan khas Magelang ketika kamu sedang santai di sini yaitu  Kupat Tahu Magelang dan Sop Snereknya.

Nah itu dia berbagai tips untuk kamu yang mau berkunjung ke Magelang. Semoga tipsnya bermanfaaat ya!


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon