Wednesday, 7 September 2016

Kalibiru Kulon Progo Jogja Yang Makin Mempesona

Kalibiru, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya bagi wisatawan yang datang ke Jogja baru - baru ini.

Keindahan lanskap dari Taman Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo memang sudah tersebar ke mana - mana, sampai - sampai Kamu juga penasaran sama tempat wisata yang satu ini. Bener kan? ^_^

Saya yakin loh, kalau Kamu melihat foto - foto yang berhubungan dengan Kalibiru Wisata Alam di google, Kamu pasti makin ingin datang ke tempat ini.

Eits,...... tapi jangan lupa, sebelum ke sana, simak dulu ulasan tentang Kalibiru berikut ini. Ngomong - ngomong, saya sudah tiga kali nih ke sini. Tapi lucunya, tempat ini ga bikin saya bosan sama sekali. ^_^


Kalibiru Kulon Progo Jogja Yang Makin Mempesona



Semakin hari, berlibur ke Jogja semakin membuat pusing. Haa? Maksudnya!? Bagaimana tidak, dari waktu ke waktu tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta selalu bertambah. Bikin pusing kalau milih tempat wisata.

Ke sana pengen, ke sini pengan, ke situ juga pengen. Mau datengin semuanya? Boleh - boleh, hehehe, tapi tentu saja, Kamu harus punya banyak waktu, uang dan tenaga, karena inget kan kalau Jogja itu punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan hebatnya semua tempat wisata tersebut menarik untuk dikunjungi.

Bisa jadi, hal ini akibat pemerintah Provinsi D. I. Yogyakarta yang selalu bekerja keras mengeksplorasi potensi wisata yang ada di Jogja. Jadinya, semakin banyak tempat wisata baru bermunculan. Waah, Jogja itu emang kece ya! ^_^

Salah satu tempat yang masih tergolong baru di D.I. Yogyakarta adalah Objek Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo yang berada di Kabupaten Kulon Progo. 

Nah, khusus di tulisan ini, Kamu akan mendapatkan informasi - informasi mengenai tempat wisata ini.

Saya jamin informasi - informasi ini bermanfaat untuk Anda dan bakal bikin Anda kepingin datang ke KALIBIRU. Lanjut? Lanjut!

Budget

Harga Tiket Kalibiru Kulon Progo
Harga Tiket Masuk ke Kalibiru (Agustus 2016)
Kalibiru termasuk tempat wisata yang tergolong murah kalau diukur dari segi biaya. Ukuran ini dilihat dari besar biaya masuk, parkir kendaraan, harga makanan dan minuman yang ada di pusat jajanannya.

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk main ke sini rinciannya adalah sebagai berikut :
  • Parki motor : Rp2.000 | Mobil : Rp5.000 (koreksi kalau salah)
  • HTM : Rp5.000/orang
Untuk makanan, jangan khawatir di Kalibiru ini tersedia banyak sekali warung yang bisa Kamu pilih. Dan hebatnya, rate harga makanannya masih tergolong murah untuk ukuran tempat wisata. Apalagi kalau Kamu berasal dari kota besar, pasti Kamu setuju kalau harga makanan di sini masih termasuk murah.

Ya iyalah, Jogja gitu loh. hehehe.

Warung jajanan ini tersebar di sepanjang track pejalan kaki. Di depan setelah loket dan pintu masuk ada, dekat spot foto 1 ada, di dekat spot foto 2 dan 3 pun ada.

Alamat Wisata Alam Kalibiru


Jika Kamu yang bertanya di mana lokasi wisata alam Kalibiru,

Kalibiru ini berada di Kabupaten Kulon Progo, lokasinya tidak jauh dari Waduk Sermo. Kalibiru terletak di atas bukit. Kalau Kamu mau tahu alamat pasti Kalibiru, hmmmm..... mohon maaf karena saya juga ga tahu ya alamat pasti (RT, RW, Kelurahan)-nya di mana, hehehe, yang jelas, Kamu bisa mengikuti petunjuk google maps ini untuk sampai ke tempat romantis ini : 

Peta google untuk ke Kalibiru dari Yogyakarta Kota

Untuk panduan dari google maps melalui smartphone, Kamu bisa menggunakan guide berikut : - Guide Maps ke Kalibiru 

Jika datang dari lokasi lain atau bukan dari arah D. I. Yogyakarta, kamu bisa mengubah lokasi asal pada guide di atas menjadi lokasi Anda di kotak pencarian google maps.

Ada Apa Di Kalibiru?


Hmm..... ada apa sih di Kalibiru nan fenomenal ini? Ada fasilitas umum, ada makanan, minuman, ada cewek cantik atau cowok gantengs? Yuhuu... dan tentunya ada Kamu kalau kamu beneran jadi ke sini. ^_^

Fasilitas. Di Kalibiru, fasilitas umum standard bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Objek Wisata Alam Kalibiru telah dilengkapi fasilitas umum yang lengkap. Toilet, mushola, tempat jajanan, parkiran mobil dan motor, semuanya sudah ada di sini.

Wahana dan Spot Foto. Kalau Kamu ke Kalibiru, pada dasarnya hal utama yang bakal Kamu lakuin seperti turis - turis lain yang datang ke sini adalah berfoto.

Iya, berfoto di spot - spot foto yang sudah disetting dan diletakkan di lokasi pilihan yang kalau Kamu naik ke atasnya dan ambil foto dari sana hasil fotonya akan kece badai, hehehe. Ga percaya? Coba saja! ^_^

Untuk wahana permainan, satu - satunya wahana permainan yang ada di Kalibiru itu adalah wahana outbond. Di wahana ini pengunjung bisa menjajal nyali melewati jembatan tali sampai meluncur menggunakan flying fox. 



Makanan dan minuman. Banyaknya warung jajanan, memudahkan pengunjung untuk beristirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman di atas bukit. Di warung ini tersedia beragam snack, mie instan, bakso, air mineral, kopi, teh, dan lain - lain. Sahabat bisa pilih sesuai selera.

Warung jajanan di Kalibiru
Nah, kalau lapar, Anda bisa mengisi perut sambil rehat sejenak di lesehan warung - warung ini. Sebenernya, di seberang warung yang fotonya ada di atas, ada juga lesehan dan tempat duduk, Anda juga bisa pilih tempat di situ.

Nyobain lesehan di atas bukit, mau?
Kalau foto di atas ini adalah lesehan dari sebuah warung yang ada di dekat spot panggung Kalibiru. Kalau Kamu kelelahan dan malas untuk turun ke bawah, lesehan yang ini cocok banget untuk kamu datangi untuk menunda lapar dan ingin rehat sejenak karena kelelahan sehabis melewati jalan menanjak di depan.

Lalu, apa sih hal - hal yang bisa dilakukan di tempat ini, kenapa orang - orang pada ke sini? Hmmm. penasaran? Ini dia!

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Kalibiru?






Hal utama yang membuat orang - orang datang ke sini adalah berfoto di spot - spot foto yang ada di Kalibiru.

Awalnya, spot foto di Kalibiru hanya ada tiga titik, spot 1, spot 2 dan spot 3. Tapi, sekarang ini, spot fotonya sudah bertambah lagi.

Adanya spot foto baru di Kalibiru tentu saja memudahkan pengunjung karena tidak perlu mengantre terlalu lama di sebuah spot foto.

Untuk bisa berfoto dari atas spot - spot foto Kalibiru, ada biaya yang harus kamu keluarkan. Biaya berfoto di atas spot - spot foto ini berkisar mulai dari Rp10.000 sampai Rp15.000 per orangnya.

Kalau tidak membawa kamera, pengunjung bisa minta difoto sama fotografer yang ada di setiap spot. Nanti per fotonya akan dikenakan charge sebesar Rp5.000. Dan, satu orang minimal harus mengambil setidaknya empat foto.

Jadi, untuk menggunakan jasa fotografer yang ada di Kalibiru, pengunjung perlu mengeluarkan setidaknya Rp20.000 untuk jasa fotonya saja.

Kalau ditambahkan sama tiket untuk naik ke spot foto-nya berarti harus keluar berapa ya sob? Yap, sekitar Rp35.000 sampai Rp40.000.

Oh iya, biasanya kalau datang ke sini di atas jam sembilan pagi, bisa dipastikan kalau kamu ke spot foto 1 dan spot foto panggung pasti ngantre.

Nah, kalau waktu yang kamu miliki mepet, dan ga bisa berlama - lama di Kalibiru, Kamu bisa coba ke spot foto 2 dan 3. Plang penunjuk arah akan membantu kamu menemukan di mana spot foto lain di Kalibiru.

Untuk harga masing - masing spot foto, infonya ada di bagian ringkasan di bawah ya.

Berfoto di Spot Love Kalibiru

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kalibiru, selain berfoto - foto di spot - spot yang sudah disediakan, di Kalibiru ini pengunjung juga bisa menikmati indahnya Waduk Sermo dari atas, melihat garis pantai D. I. Yogyakarta (kalau tidak ada kabut yah), dan melihat sunrise.

Jam operasional resmi Objek Wisata Alam Kalibiru sebenarnya jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Tapi, Kalau pengunjung ingin melihat sunrise, datang ke Kalibiru di waktu subuh pun juga diperbolehkan.

Kalau kamu penasaran bagaimana indahnya sunrise dari Kalibiru, Kamu bisa melihat gambar - gambarnya di google ya sob, hehehe, kebetulan, dari sekian kali saya datang ke sini, saya belum pernah ke sini khusus untuk melihat sunrise.

Rindangnya Kalibiru
Melihat kursi - kursi di pinggir jalan setapak ini rasanya kepingin banget duduk - duduk terus di sini. Polesan plitur dan tinner di kursi dan meja membuat benda - benda ini tampak elok dipandang.
kalibiru, kalibiru kulon progo jogja, kalibiru jogja
Duduk - duduk santai adalah salah satu hal yang bisa kamu nikmati di sini. Di bawah pohon yang rimbun, ditambah hembusan angin yang tak henti - hentinya menyapu kulit, rasanya setiap orang akan betah berlama - lama di sini.

Jika antrean berfoto masih cukup panjang, saya menyarankan Anda untuk menunggu di tempat jajanan ini. Tambah pas jika saat menunggu tersebut kamu sedang lapar.

Ada mushola buat yang mau sholat ;)

Menikmati indahnya ciptaan Tuhan sepertinya ga bijak kalau sampai membuat kita lupa beribadah. Jangan lupa sholat meskipun lagi jalan - jalan ya sobat.

Mushola kecil ini bisa untuk berjamaah dua sampai tiga orang. Tempat wudhunya ada di seberang mushola kecil ini.

Jadi, ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, dan yang paling utama dilakukan pengunjung di sini adalah berfoto.

Kalibiru dengan semua fasilitas yang ada sangat layak untuk kamu jadikan destinasi wisata kamu berikutnya. 

Ringkasan 

kalibiru, kalibiru kulon progo jogja, kalibiru jogja
Informasi tentang Kalibiru di atas saya rangkum ke dalam dua tabel di bawah ini. Semoga mempermudah Anda memutuskan mau ke mana di Jogja ya. 
kalibiru, kalibiru kulon progo jogja, kalibiru jogja

Wahana/Spot fotoBiaya/orangInformasiBiaya
Spot 1Rp15.000Tiket MasukRp5.000
Spot 2Rp10.000Parkir MotorRp2.000
Spot 3/LOVERp10.000Parkir MobilRp5.000
Spot PanggungRp15.000Panduan peta google
Spot bundarRp15.000Jam buka07.00-17.00 WIB
Outbond/flying foxRp35.000
kalibiru, kalibiru kulon progo jogja, kalibiru jogja

Kalau melihat harga di atas, saya menyarankan Kamu untuk memilih flying fox-nya, karena waktu main flying fox itu Kamu juga bakal difoto, foto saat sedang bergantung di flying fox.

Selain itu, Kamu juga bisa meminta tolong temanmu untuk mengambilkan fotomu saat sedang bergantungan sebelum menyelesaikan permainan flying fox (tahap terakhir permainan outbond).

kalibiru, kalibiru kulon progo jogja, kalibiru jogja

Bonus : Galeri Foto di Objek Wisata Alam Kalibiru

Pusat Jajanan di bagian depan
Pusat jajanan di Kalibiru ada banyak, salah satu yang pasti dilihat pengunjung adalah tempat jajanan seperti yang ada pada foto di atas.

Ketika menuju ke tempat utama di Taman Wisata Alam Kalibiru, Kamu harus mendaki, karena jalannya memang menanjak.

Tak ayal, nanti Kamu akan merasa lelah saat baru melewati pintu masuk (tempat beli tiket). Nah, Kamu bisa memanfaatkan warung - warung ini untuk sekedar beristirahat sejenak. Ngomong - ngomong es teh dan es jeruk di sini cuma 3 ribu rupiah (per tahun 2016 ini),

Spot foto 2
Nah, rata - rata pengunjung Kalibiru jarang sekali berjalan sampai ke sini. Akibatnya, terjadi antrean panjang di spot 1 dan spot panggung.

Kalau punya waktu sedikit dan males ngantri, coba deh jalan ke spot 2, biasanya di sini lebih sepi, jadi antreannya tidak terlalu panjang. Untuk arahnya ikuti saja palang petunjuk arah yang ada atau kalau petunjuk arahnya sudah ga ada, Kamu bisa tanya ke pedagang di Kalibiru.

Harga di spot 2 adalah Rp10.000 untuk satu orang. Dan, kalau mau difotoin sama fotografer Kalibiru, Kamu bisa meminta sang petugas untuk mengambil fotomu saat Kamu naik ke atas spot foto 2 ini.

Oh iya, nanti Kamu harus bayar Rp5.000 untuk satu fotonya. Dan satu orang yang naik ke spot foto lalu minta di foto sama fotografer di sini minimal harus mengambil 4 foto. Jadi siapkan Rp20.000 untuk menggunakan jasa fotografer di sini.

Kalau Kamu punya kamera profesional (seperti DSLR atau go pro) sendiri, Kamu bisa minta tolong temanmu untuk memfoto. Lumayan kan, Kamu bisa hemat karena tidak perlu keluar uang tambahan untuk foto - foto dari atas spot.

Duduk di sini sambil nunggu antrean atau ngelihatin indahnya ciptaan Tuhan :D
Sambil mengantre nungguin giliranmu naik ke spot foto, kursi - kursi ini siap untuk menjadi sandaran lelahmu. Kalau akhir pekan, biasanya kursi - kursi seperti ini pasti terisi penuh.

Kalau kursi di tempat kamu menunggu sudah penuh, cobalah untuk cari tempat lain untuk menunggu. Hmm, sebagai informasi yah gaes, biasanya mengantre untuk naik ke spot foto ini memakan waktu satu jam. Jadi, yah gitu deh. :)

Spot foto gratis di Kalibiru, hehehe

Kalau yang ini, spot foto yang bisa kamu naiki tanpa perlu bayar alias gratis tis! Tempat ini berada di bagian depan, 50 meter setelah tempat membeli tiket.

Helm perlengkapan outbond

Perlengkapan bermain wahana outbond yang bisa Kamu pakai kalau Kamu main di wahana outbond di sini.

Tempat mulai outbond
Kalau Kamu mau menjajal wahana outbond Kamu bisa mengunjungi tempat ini. Di sinilah permulaan permainan ini dilakukan.

Sebelum bermain, setiap player harus menggunakan alat pengaman seperti helm dan full body harness. Ingat, safety can be fun loh gaezzzz..... ^_^

Uji adrenalin Kamu sambil di sini

Yakin Kamu berani nyobain ini?
Salah satu hal yang belum saya coba saat mengunjungi Kalibiru adalah menjajal wahana outbond yang tiketnya cuma 35ribuan ini.

Kalau dipikir - pikir lucu juga ya, saya sudah beberapa kali ke sini tetapi belum pernah sekalipun nyoba wahana outbond ini.

Mungkin next time kalo ke sini lagi saya akan coba wahana outbondnya.

Seorang turis asing sedang berfoto dari Spot 1

Kalibiru ternyata tidak hanya dikenal oleh turis - turis lokal loh. Sudah banyak turis mancanegara yang sudah datang ke tempat ini.

Tak sulit mendapati turis asing di TWA Kalibiru ini, sewaktu Kami ke sana pun, ternyata ada turis asing yang sedang menikmati hari libur di sini.

Kalau turis yang ada di foto itu berasal dari mana ya?



Hoho... buang sampah pada tempatnya ya.

Hmm.... saya yakin, sewaktu melihat foto di atas, Kamu pasti berpikir dan membatin bahwa saya seperti ingin menyampaikan "buang sampah pada tempatnya", bener kan?

Kalau bener, berarti pikiranmu "pas", tepat! 

Berhubung sudah disediakan kotak sampah, jadi kalau main ke sini ingatlah untuk membuang sampah pada tempat sampahnya ya. Saya yakin kalo kamu suka menjaga kebersihan dan bakal melakukannya saat ke tempat wisata mana pun.


Nah, gambar di atas diambil saat Kami sedang berada di spot bundar. Spot ini merupakan satu - satunya spot foto yang berbentuk bundar di Kalibiru.

Selain itu, jika spot - spot foto lainnya menyatu dengan batang pohon, beda halnya dengan spot foto yang satu ini.

Spot bundar tidak menyatu dengan satu pohon pun. Rasanya, saat datang ke sini, spot ini tidak banyak yang mengantre loh. Mungkin ada baiknya kalau Kamu jadi ke Kalibiru, nanti berfoto di spot bundar saja.



Di bongkahan batu besar ini banyak orang yang duduk menikmati sapuan angin ataupun melihat - lihat pemandangan, bahkan kadang - kadang ngelihatin manusia ciptaan Tuhan juga. ^_^

Di dekat bongkahan batu besar ini ada warung loh, Kamu bisa beli es teh atau es kelapa di situ.


Tangga



Kamu ga perlu khawatir bakal kesasar saat main di tempat ini, karena petunjuk arahnya cukup lengkap.

Sayangnya, tidak ada satupun dari palang petunjuk arah ini yang menginfokan di mana jodoh kita berada. Wah....wah... sayang!

Spot Panggung
Spot panggung. Meskipun posisi spot panggung ini paling depan, ini bukanlah spot pertama yang ada di Kalibiru. Spot panggung ini baru loh.

Kamu bisa mengambil foto di sini, tapi saya yakin kalau kamu pasti akan mengantre cukup panjang supaya bisa berfoto di atas spot panggung ini, kecuali Kamu datang duluan dari orang lain.

Spot panggung ini memiliki kesamaan dengan spot bundar, kesamaannya terletak pada ketiadaan pohon yang menyatu dengan spot fotonya.

Spot panggung adalah spot foto yang paling tinggi di Kalibiru. Saya sarankan, kalau Kamu mau berfoto di sini dan enggan mengantre, datanglah pada waktu pagi misalnya jam 8 atau jam 9 pagi.

Pintu masuk Kalibiru



Itulah review dari saya tentang Taman Wisata Alam Kalibiru. 

Kalibiru, dengan lokasinya yang tak begitu jauh dari Kota Yogyakarta, Kamu bisa mempertimbangkan untuk datang ke sini. Tempatnya sejuk, fotogenik dan menarik untuk dikunjungi.

Cobain!

Kalibiru Kulon Progo Jogja Yang Makin Mempesona

Artikel Terkait