Wednesday, 14 September 2016

Taman Tebing Breksi Prambanan : Ini Foto2 Bukti Kerennya Tempat Ini

Tebing Breksi Berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berdekatan dengan Candi Ijo, membuat keduanya menjadi paket wisata hemat dan hebat untuk melihat sunset dan keindahan karya seniman Jogja dalam ukiran - ukiran besar di tebing breksi Jogja.

Lihat ukirannya di Taman Tebing Breksi, lalu lihat sunsetnya dari Candi Ijo. Dijamin mantap Gan! ^_^

Tebing Breksi Jam Buka


Tebing Breksi Yogyakarta, Tempat Kece Untuk Hunting Foto. Really?


noyvesto.net. Kami main ke Tebing Breksi Prambanan ini pada Sabtu, 2 September 2016. Berangkat dari Jogja Kota jam 11.30, kami sampai di lokasi wisata ini jam 12.30.

Wow, beberapa bulan ini, Jogja sedang panas - panasnya, termasuk saat kami jalan - jalan ke Tebing Breksi di Prambanan ini. Jadi, huuuu saat kami ke sini hawanya lagi hot banget vrooh.

Ngomong - ngomong, sebenarnya, hari sebelumnya kami tidak berencana pergi ke obyek wisata yang satu ini loh.

Awalnya pengen main ke Taman Hutan Pinus Mangunan, tapi karena beberapa orang di antara kami sudah pernah main ke sana, jadi satu jam sebelum berangkat kami memutuskan untuk pindah haluan ke obyek wisata yang baru nge hits ini.

Saya sangat tertarik dan penasaran dengan tempat ini, "seperti apa ya tempatnya, mudah - mudahan ga zonk ke sana", begitulah batin saya saat di tengah perjalanan menuju lokasi.

Okay, mudah - mudahan ga zonk ya gaes! 

Tebing Breksi Prambanan


Sampai di Lokasi Obyek Wisata Tebing Breksi


Saya sengaja berhenti sebentar di dekat pintu masuk dan mengambil foto di atas. Saat itu saya cukup kaget karena ternyata ada banyak orang yang ke sini, saya mengira tempat ini sepi loh.

Maklum, obyek wisata yang dulunya tebing batu ini terhitung baru sebagai sebuah destinasi wisata, makanya saya berpikir kalau masih sedikit orang yang ke sini.

Untuk masuk ke area tebing, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar dua belas ribu rupiah untuk dua orang. Dua ribu untuk parkir (sepeda motor), dan sepuluh ribu untuk tiket masuk.

For your information nih gaes, sebenarnya biaya masuknya itu bayar sukarela, pengunjung bebas mau ngasih berapapun uang untuk tiket masuknya.

Eits, tapi besarnya biaya ini belum tentu berlaku sama di masa depan ya sob, bisa jadi kalau obyek wisata Tebing Breksi ini dibenahi, dipercantik dan dirawat, bukan hil yang mustahal ya kalau nanti biaya parkir dan tiket masuknya naik. 

Apa Yang Bisa Dilakukan Di Sini?

Tebing Breksi Alamat

"Apa ya yang bisa dilakukan di sini?" begitulah pertanyaan yang juga muncul di benak saya saat tiba di lokasi. Baca terus ya sob, biar tahu jawabannya.

Saat pertama kali sampai di sini, Saya dan teman - teman rehat sejenak, duduk - duduk sambil minum es dan makan gorengan di pusat jajanan yang ada di obyek wisata ini.

Ga jauh beda sama rate biaya masuknya, harga makanan di pusat jajanan ini juga terhitung murah, gorengannya seribuan, dan menurut saya ukuran gorengannya juga sesuai dengan harganya, jadi worth it lah ya, selain itu ada es teh/es jeruk/es susu-nya yang cuma Rp3.000-an saja. Nah lo! Murah ga tuh! Murah bukan?

Setelah puas istirahat dan mengisi perut yang sedikit lapar, kami pun akhirnya menikmati keindahan tebing breksi yang sudah dibentuk sedemikian rupa ini.

Ada sebuah bongkahan batu besar di depan, bongkahan batu yang dilengkapi tangga ini kalau dilihat sekilas terlihat seperti biasa - biasa saja, tapi waktu di foto... hmmm coba lihat sendiri deh gan, ini hasil fotonya... 

Tebing Breksi Kalasan

Gimana? Lumayan bagus kan? Tapi hati - hati ya kalau naik dan turun di tangga ini, karena sisi luar anak tangga ini curam, kalau jatuh bahaya. Ingat, safety can be fun.

Bagian atas dari batu besar ini juga bagus untuk foto - foto, contohnya seperti foto berikut ini Gan.


Tebing Breksi Prambanan

Hmm, saya yang awalnya merasa tempat ini biasa - biasa saja, ketika sampai di atas batu ini baru sadar kalau taman ini bagus banget buat foto - foto.

Apalagi kalau ngebayangin tebing batu ini dipahat seluruh permukaannya, hmm... pasti tempat ini bakal jadi tempat terkeren se Jogja. Di samping itu, bagian atas dan bawah tebing diberi lampu sorot berwarna kuning, wih pasti tempat ini juga bakal rame di malam hari.

Ga hanya itu dari atas bukit batu ini sebenernya kita bisa melihat kota jogja secara langsung, jadi kalau ngelihatnya pas malam hari kita bisa tuh melihat taburan lampu rumah - rumah serta bangunan - bangunan yang ada di Kota Yogyakarta dan Sleman seperti taburan bintang - bintang.

Cara Sampai ke Sini


Seperti rute ke tempat wisata lainnya di Jogja, rute ke Tebing Breksi yang lokasinya juga dekat dengan Candi Kalasan ini sudah dilengkapi dengan plang penunjuk arah yang jelas.

Untuk sampai ke taman ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencapai simpang tiga Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Anda bisa mengandalkan peta untuk sampai ke sini.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan peta dan GPS untuk sampai ke sini, memanfaatkan GPS untuk sampai ke tempat ini memungkinkan untuk dilakukan karena lokasi tamannya yang sudah terindeks di google maps. Cari saja Tebing Breksi Prambanan Jogja di google maps lalu gunakan fitur pemandu arah.

Gimana kalau ga ada sinyal?

Nah, kalau ga ada sinyal, ga perlu takut nyasar sob, ada plang penunjuk arah yang terpasang di jalan utama.

Kalau sekiranya ragu - ragu karena plang penunjuk arah ga ketemu, tanyalah ke penduduk sekitar. Daripada nyasar, mending tanya, setuju kan?

Paket Sunset Dan Wisata Murah Meriah

Taman wisata ini rupanya tidak begitu jauh dari Candi Ijo, bahkan bisa dibilang dekat, dekat banget, dengan tarif yang hampir sama, dua destinasi wisata yang saling berdekatan ini layak untuk kamu kunjungi.

Kalau ingin melihat sunset atau proses terbenamnya matahari, dua lokasi ini juga merupakan tempat yang pas untuk melihat peristiwa alam tersebut.

Supaya enak, berangkatnya jangan terlalu pagi, berangkat saja dari jam 12 siang atau selepas zuhur, supaya tidak terlalu lama menunggu sunset.

Mau lihat sunset dari Candi Ijo atau dari tebing breksi tentu kedua tempat ini bisa diandalkan. View ke arah barat dari dua tempat ini begitu lapang, sehingga kita bisa melihat sunset dengan jelas.

Kesimpulan


Obyek wisata baru yang satu ini memang masih asing di telinga wisatawan dari luar Jogja dan Jawa Tengah, tapi keindahannya sudah berhasil memikat wisatawan - wisatawan regional, khususnya wisatawan dari kalangan mahasiswa.

Biaya masuk yang murah mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin berwisata ke banyak tempat dengan budget minim.

Oh iya, Candi Ijo dan Tebing Breksi adalah dua dari sekian banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di daerah Prambanan, jadi kalau kamu cukup kuat untuk menghampiri semuanya, kamu akan cukup beruntung karena bisa berwisata ke banyak tempat di Jogja dalam satu hari.

Ringkasan


Meskipun tergolong baru, ternyata obyek wisata yang satu ini sudah dikelola dengan serius oleh masyarakat setempat beserta pemerintah.

Beberapa informasi yang Kamu butuhkan sudah kami rangkum ke dalam tabel - tabel berikut, ini dia :


Informasi Keterangan
Tiket Masuk Sukarela
Biaya Parkir Rp2.000/motor
Panduan google maps ke lokasi Guide
Lama Perjalanan ke Lokasi (kecepatan rata - rata 50km/jam) 30 - 45 menit


Fasilitas

  • Mushola
  • Toilet
  • Pusat Jajanan

Emm, sepertinya semua hal yang berkaitan dengan obyek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah saya sampaikan, sampai ketemu di cerita jalan - jalan selanjutnya.

Galeri Foto di Taman Tebing Breksi Jogja



Tebing Breksi Tiket Masuk
Berfoto di depan ukiran keren seperti ini, mau?

Kalo boleh jujur nih gaes, rasanya spot terbaik untuk foto di tebing breksi (per Agustus 2016) itu di sini, di depan ukiran besar yang ada di belakang saya ini. Karena ukirannya keren, alhasil Sayanya juga ikutan keren.

Nah, kalau Kamu berencana untuk mengambil foto di sini, Saya mau kasih tahu sebuah trik mengambil foto di spot ini.

Sebelum saya kasih tahu triknya, saya mau nanya dulu nih apakah foto di atas bagus atau keren? Jika ya! maka ambillah foto seperti gambar di atas. Triknya mudah, ambil fotonya dari jarak yang sama, lalu, orang yang di foto juga berdiri di titik yang sama, yaitu mepet sama dinding.

Pokoknya ikutin cara foto tersebut diambil, inshaAllah foto yang Kamu ambil bakal keren juga.

Tebing Breksi Jogja
Tangga ini keren loh untuk foto - foto
Tangga di obyek wisata tebing bereksi yang ini juga bisa Kamu jadikan sebagai tempat foto - foto, ini karena susunan tangga dan langit di belakangnya tampak cantik jika dijadikan background foto. Kalau melihat foto di atas, Kamu setuju kan dengan apa yang saya sampaikan tentang tangga ini? Ya, tangga ini juga bagus untuk berfoto.

Tebing Breksi Kalasan
Sang Saka Merah Putih di atas tebing

Tebing Breksi Prambanan
Panggung Pertunjukan

Tebing Breksi Yogyakarta, Tempat Kece Untuk Hunting Foto. Miapah?



Pencarian terkait :

  • tebing breksi yogyakarta
  • tebing breksi prambanan
  • tebing breksi kalasan
  • tebing breksi prambanan sleman diy
  • jalur ke tebing breksi
  • rute tebing breksi
  • letak tebing breksi
  • tiket masuk tebing breksi
  • taman tebing breksi
  • rute menuju tebing breksi

Artikel Terkait

1 komentar so far

Mau tanya trasportasi dari kota Jogja ke tebing breksi, apa ada angkutan umum? Atau bisa kah gojek mengantar sampai kesini? thanks


EmoticonEmoticon