Tuesday, 11 October 2016

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online di Indomaret & Tiket.com

Cara pesan tiket kereta api online ini menjelaskan bagaimana memesan tiket kereta api tanpa ke stasiun, yaitu melalui Indomaret & Tiket.com.

Kereta Api yang semakin lama semakin disukai masyarakat karena ketepatan waktu serta pelayanannya yang semakin hari semakin baik, kini semakin menyempurnakan diri dengan menyediakan pelayanan pesan tiket online. 

Seperti apa sih cara pemesanan tiket kereta api online ini? Daripada penasaran, mari langsung saja simak uraiannya berikut ini :

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online di Indomaret & Tiket.com

Internet merupakan sebuah anugerah yang tak terbatas, dengannya pencarian terhadap sebuah informasi menjadi lebih mudah.

Bukan hanya itu, adanya internet juga memangkas biaya komunikasi orang antar negara yang dulunya masih bergantung pada telepon.

Salah satu pemanfaatan adanya internet adalah sistem tiket online. Sistem online ticketing ini memungkinkan kita membeli tiket tanpa perlu datang ke tempat penjualan tiket (stasiun, bandara, hotel, dan lain - lain).

Nah, berhubung ini jaman sudah semakin maju, tentunya sayang dong, ketika pesan tiket sudah bisa melalui hape dan laptop tetapi Kamu sendiri masih belum tahu caranya.

Kalau sekarang belum tahu, ga papa, bukan masalah, yang penting setelah membaca artikel yang menjabarkan cara pemesanan tiket kereta api online yang sedang Kamu baca ini, Kamu jadi tahu bagaimana caranya memesan tiket kereta api secara online.

Saat ini tiket kereta api bisa Kamu dapatkan dengan mudah, di internet saja sudah banyak sekali website yang menjual tiket kereta api.

Tapi, Kamu ga perlu tahu semuanya, Kamu hanya perlu mengetahui bagaimana cara pesan tiket kereta api melalui indomaret & tiket.com. Karena ketiganyalah yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini.

Supaya cepat paham, yuk langsung saja kita pelajari satu persatu, mulai dari yang pertama : melalui Indomaret, ini dia :

Oh iya, sebelumnya noyvesto.net mau kasih informasi penting nih, pemesanan secara online hanya bisa dilakukan maksimal 48 jam sebelum keberangkatan atau 2 hari. Jadi kalau sudah masuk 48 jam sebelum keberangkatan, berarti kamu haru pesan langsung tiket kereta api-nya ke stasiun.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online di Indomaret


Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret



Memesan tiket kereta api di Indomaret adalah pilihan paling mudah karena hampir semua tempat di Indonesia ada Indomaret.

Nah, untuk memesan tiket kereta api di Indomaret ini, Kamu bisa mengikuti langkah - langkah berikut.

1. Datang ke Indomaret terdekat dengan membawa uang untuk membayar tiketnya dan kartu identitas diri (KTP atau SIM).

2. Langsung ke kasir dan sampaikan kalau Kamu ingin memesan tiket kereta api. Petugas kasir akan segera melayani Kamu, setelah itu petugas kasir akan menanyakan beberapa hal kepadamu yaitu


  • Petugas akan menanyakan kartu identitas, berikan saja, nanti dikembalikan.
  • Lalu menanyakan, kamu mau naik dari stasiun mana dan mau turun di kota mana? Tentu saja kamu harus menyebutkan nama kota tempat kamu akan berangkat dan kota yang kamu akan tuju.
  • Setelah itu Kamu akan ditanya mau naik kereta api kelas apa, bisnis, ekonomi atau eksekutif. Tinggal jawab saja sesuai kebutuhan.
  • Lalu petugas akan menyebutkan harga tiket sub kelas, dan minta saja tiket yang paling murah.
  • Tanggal keberangkatan juga akan ditanyakan.


3. Setelah selesai menanyakan hal - hal di atas, petugas kasir akan mengkonfirmasi dengan menyebutkan ulang data diri kamu (biasanya menyebutkan namanya saja, nomer KTP ga), kemudian menyebutkan nama kereta yang akan kamu naiki dan tanggal keberangkatannya.

4. Terakhir, petugas akan menyampaikan besar biaya yang harus Kamu bayarkan. Bayar tiketnya dan pemesanan tiket pun selesai.

5. Petugas akan memberikan struk pembayaran yang berisi kode booking tiket kereta api yang nantinya akan berguna untuk cek in di stasiun sebelum berangkat.

Jika di Indomaret yang kamu datangi ada alat pemesanan tiket kereta api yang bisa digunakan secara mandiri (biasanya diletakkan di dekat pintu), maka Kamu bisa menggunakannya sendiri atau meminta bantuan petugas Indomaret untuk melakukan pemesanan.

Jika ingin memesan sendiri menggunakan alat pemesanan tiket tersebut, langkah - langkah berikut ini bisa Kamu ikuti.


  • Datanglah ke Indomaret, lalu hampiri alat pemesanan tiket kereta api yang biasanya ada di dekat pintu di dalam Indomaret.
  • Di layar utama pilihlah menu Pembelian Tiket Kereta Api, lalu jika mengalami kesulitan (sekali lagi) Kamu bisa meminta bantuan kepada petugas Indomaret. Petugas akan melakukannya dengan senang hati untukmu.
  • Isikan data diri seperti nama calon penumpang, alamat tempat tinggal, nomor telepon seluler, nama kereta api yang akan dinaiki (kalau tidak tahu beritahu saja kota yang akan kamu tuju), jumlah tempat duduk yang dipesan (paling banyak empat kursi), serta kelas kereta yang akan kamu gunakan (ekonomi, bisnis atau eksekutif).
  • Kode booking akan tercetak pada struk pembelian, setelah itu bayar tiket kereta api sesuai nominal yang tercantum pada struk tersebut ke kasir.

Simpan struk yang sudah Kamu dapatkan, jangan dirobek apalagi dibuang, karena ada kode di struk tersebut yang nantinya akan digunakan untuk mencetak tiket di stasiun.

Untuk mencetak tiket, Kamu bisa melakukannya pada hari H dan paling cepat bisa dicetak 3 jam sebelum keberangkatan. Kalau takut struknya hilang atau takut tulisan kode bookingnya kabur, Kamu bisa mengakalinya dengan memfoto kode bookingnya atau mencatat di hape.

Itulah cara pesan tiket kereta api online melalui Indomaret.




Cara Pesan Tiket Kereta Api Online di Tiket.com




Untuk memesan tiket kereta api melalui tiket.com, caranya adalah sebagai berikut : 

1. Buka website tiket.com. Lalu klik tab Kereta Api seperti yang ditunjukkan lingkaran hijau pada gambar di bawah.


Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

2. Pilih stasiun asal dan stasiun tujuan (bisa diketik tanpa perlu scrol ke bawah), 
  • lalu pilih tanggal keberangkatan dan tanggal balik, 
  • kalau hanya berenca pesan tiket berangkat saja silakan klik tanga centang agar hilang,
  •  kemudian pilih jumlah penumpang (maksimal 4 orang)

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Saya contohkan seperti di bawah ini, saya akan berangkat dari stasiun Lempuyangan (Yogyakarta) dan memilih tujuan akhir stasiun Bandung (Bandung), tanggal keberangkatan 21 Desember 2016, tiket untuk sekali jalan (tanda centang dihilangkan) dan jumlah penumpang berjumlah 2 orang. Detilnya silakan lihat gambar di bawah ini.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Nah, karena tidak ada kereta api yang melayani rute dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Bandung, maka saya pun tidak mendapatkan jadwal keretanya. Artinya saya melakukan kesalahan dalam memilih stasiun.

Setelah browsing di google, dan ternyata saya akhirnya tahu kalau kereta yang berhenti di Stasiun Bandung adalah kereta eksekutif dan bisnis saja, maka saya yang ingin naik kereta ekonomi harus mencari alternatif lain yaitu dengan mengganti stasiun tujuan dengan stasiun yang disinggahi kereta ekonomi.

Untuk mengganti stasiun tujuan tadi maka saya memilih menu ubah pencarian.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Ternyata berdasarkan sumber di google, saya akhirnya mengetahui stasiun apa di Bandung yang disinggahi kereta ekonomi. Didapatlah Stasiun Kiaracondong.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

3. Setelah muncul jadwal keretanya, yang harus dilakukan adalah memilih kereta yang akan digunakan. Pilih keretanya, klik Pesan Sekarang

Nah, karena saya mahasiswa (anggap saja) maka saya memilih kereta api yang harganya paling murah yaitu KA Kahuripan (181) yang harga tiketnya Rp84.000.

Sebagai informasi, nomor 181 itu merupakan nomer seri rangkairan kereta. Setiap kereta memiliki nomor seri masing - masing dan berbeda anatara satu sama yang lainnya.


Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

 Setelah memilih kereta, Kamu akan diarahakan ke halaman yang menampilkan informasi seperti di bawah ini.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Tarik layar ke bawah sampai di bagian pengisian data penumpang. Lalu isi data dengan data diri dengan sebenarnya.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Jika Kamu sudah memiliki akun, Kamu bisa memilih menu login sehingga tidak perlu repot mengisi data informasi kontak pemesan seperti pada foto di bawah ini.

Tetapi saya yakin kalau Kamu belum memiliki akun tiket.com, hehe. Iya dong, kalau sudah punya pasti Kamu sudah tahu bagaimana cara memesannya. Iya kan? ^_^

4.a. Isi data pemesan tiket. Nah di sini, karena Kamu yang akan memesan tiket, maka data Kamu lah yang harus diisi di sini.

Semua data yang harus Kamu masukan di sini penting termasuk data kontak email. Masukkan alamat email yang masih kamu gunakan ya, bukan alamat email jadul.

Kalau belum buat email, kamu bisa mempelajarinya di sini > Cara Membuat Email Baru

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

4.b. Isi data pada formulir penumpang (gambar di bawah). Isi nomor KTP yang sesuai karena nanti akan dicek saat mau masuk ke kereta.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Jika memesan satu tiket kereta api maka data penumpang yang harus diisi hanya satu buah, tetapi jika Kamu memesan dua maka data penumpang yang harus Kamu isi ada dua buah.

5. Setelah mengisi semua formulir tersebut maka Kamu bisa memilih kursi, klik pilih kursi jika ingin langsung pesan.


Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

6. Beberapa detik kemudian Kamu akan masuk ke halaman yang menampilkan pilihan kursi yang bisa Kamu pilih.

Untuk kereta yang akan saya naiki ini kebetulan di satu gerbong masih kosong (ditandai dengan kotak berwarna biru).

Yang oranye adalah kursi yang sudah dipilih secara otomatis sebelumnya untuk tiket yang saya pesan.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Jika ingin mengganti kursi, klik dulu pada kursi yang sudah terpilih (warna oranye), nanti setelah di klik warna kursi akan menjadi biru semua seperti di bawah ini.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Setelah itu pilih kursi yang Kamu inginkan, pilihan kursi tergantung ketersediaan. Di kereta yang akan saya naiki ini pilihan kursinya ada banyak banget karena satu gerbong masih kosong.

Jika kotak - kotak ini ada yang berwarna merah, itu berarti kursi tersebut sudah terisi.

7. Setelah itu klik konfirmasi kursi. Dan kursi yang Kamu pesanpun sudah terpesan. :)

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

Setelah klik konfirmasi (di atas) Kamu akan dialihkan ke halaman ini, halaman rincian pembayaran.

8. Klik Bayar Sekarang.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret
Pada menu pembayaran, setelah melakukan langkah di atas, Kamu harus memilih cara pembayaran yang Kamu inginkan.

Pilihlah bank sesuai yang Kamu butuhkan, di sini ada banyak pilihan metode pembayaran yang bisa Kamu gunakan.

Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret

9. Pilih metode pembayarannya. Klik mau pilih Kartu Kredit, BCA, Mandiri, BNI, ATM Transfer, CIMB Clicks atau e Pay BRI.


Cara pesan tiket kereta api online di Indomaret


Lalu lakukan pembayaran setelah mengklik Selesaikan Pemesanan.

10. Segeralah ke ATM atau bank dan lakukan pembayaran, cara pembayaran dan rekening tujuan akan diberitahu via email. Jadi pastikan email yang Kamu masukkan benar.

Seperti itulah pemesanan tiket kereta api online melalui tiket.com. Selamat! Karena sekarang Kamu sudah bisa memesan tiket kereta api secara online melalui tiket.com.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online di Indomaret & Tiket.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon