Wednesday, 12 October 2016

Hp Android dengan RAM 4GB Generasi Awal

Hp Android RAM 4GB bukanlah sesuatu yang aneh di 2016 ini, karena sejak akhir 2015, smartphone dengan kapasitas RAM 4 GB sudah mulai diciptakan.

Mungkin saat ini belum banyak pabrikan atau vendor smartphone yang mau menciptakan smartphone dengan RAM 4 GB lebih banyak lagi.

Apa yah alasan smartphone dengan RAM 4 GB seperti ini dibuat, pasalnya memori sebesar itu biasanya dipakai untuk komputer yang notabene memiliki kerja lebih banyak daripada smartphone.

Lalu, hal yang disayangkan adalah harga smartphone dengan kemampuan RAM 4 GB ini adalah harganya yang menjadi lebih mahal dibanding smartphone lain sekelasnya.


Hp Android RAM 4GB Terbaru

HP Android RAM 4GB


Dimulai oleh Asus, perusahaan manufakturi smartphone ini menjadi pelopor kehadiran smarphone android dengan kekuatan random access memory sebesar 4GB.

Asus mengawali produk android RAM 4GB dengan Asus Zenfone 2 dan Asus Zenfone Zoom. Dua smartphone inilah yang pertama kali diciptakan dengan RAM 4 GB.

Tak mau ketinggalan beberapa bulan berselang Xiaomi akhirnya ikut melepas android dengan RAM 4GB - nya yaitu Xiaomi Mi Note Pro.

Kehadiran smartphone dengan RAM 4GB tentu saja membuat pecinta gadget dari seluruh dunia senang setelah sebelumnya merasakan bahwa smartphone mereka masih kurang memuaskan dengan RAM 3GB-nya.

Tentu saja smartphone jenis ini sangat disukai gadget holic yang memiliki budget lebih. Kabarnya, RAM 3GB yang sudah ada masih belum bisa bekerja lebih baik dari RAM 1GB di smartphone Apple.

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kemampuan RAM semakin besar maka kemampuan perhitungannya juga semakin baik dan ujung - ujungnya performa dari smarphone ikutan membaik.

Di samping itu, karena aplikasi - aplikasi yang sudah kita download sering update dan noyvesto.net yakin updatenya ga akan berhenti tapi bakal berlangsung terus menerus, maka wajar apabila RAM menjadi benda yang penting dan vital agar bisa mengimbangi perhitungan komputasi yang lebih baik mengikuti update dari software.

Atau dalam bahasa lain, karena software smartphone di play store selalu diupdate, bahkan ada yang update-annya memerlukan spesifikasi hardware yang lebih canggih, maka setidaknya keberadaan RAM yang lebih besar bisa mengimbangi kecepatan kemajuan dalam teknologi software.

Tak hanya Xiaomi Mi Note 4, Asus Zenfone 2 dan Asus Zoom yang akan menggunakan RAM 4GB kedepannya, pasti bakal ada smartphone - smartphone baru yang  memiliki kapas RAM 4 GB.

Sambil bercerita tentang kemajuan teknologi dari smartphone, kami juga ingin menampilkan review tentang smartphone dengan spesifikasi RAM 4GB supaya Kamu bisa mengenali mereka satu per satu.


1. Asus Zenfone 2

hp android ram 4gb terbaik murah


Zenfone 2 menjadi hp android RAM 4 GB pertama yang ada di bumi. Asus sebetulnya mengeluarkan Zenfone 2 dalam dua varian, varian yang satu menggunakan RAM 4GB sedangkan yang satunya lagi menggunakan RAM 2GB.

Dengan selisih harga yang berkisar antara 500 - 600 ribuan tentu saja memilih varian dengan kapasitas memory 4GB tentu lebih baik.

Ternyata bukan cuma RAM-nya yang mumpuni, smartphone besutan pabrikan asal Taiwan, Cina, ini dilengkapi dengan prosessor 64 Bit Quad Core 2.3 GHz yang diproduksi Intela.

Prosesor 2.3 GHz, RAM 4 GB lalu sistem operasinya dilengkapi dengan android Lollipop, emmm... kurang apa lagi smartphone yang satu ini. Tentu saja kemampuan dari smartphone ini luar biasa, anti nge-lag.

Ada lagi hal yang lebih gila dari hp ini, yaitu dari sisi grafisnya. Grafis Zenfone 2 ternyata menggunakan GPU PowerVR G6430, sebuah prosesor grafis yang juga digunakan pada iPhone 5s, dengan GPU ini tentu membuat Zenfone 2 sangat nyaman untuk digunakan dalam memainkan game - game berkualitas HD sekalipun.

Sebagai gambaran seperti apa canggihnya GPU PowerVR G6430 ini, tabel hasil benchmark  prosesor grafis berikut bisa membantu.

Daftar Hp Android RAM 4 GB Termurah


iPhone 5s dengan grafis tersebut bisa mendapatkan angka benchmark di sektor grafik pada angka 17,669 di mana angka ini merupakan angka yang sangat tinggi dalam perhitungan benchmark saat ini.

Tentu saja dengan dibekali grafik yang sama dengan yang dimiliki iPhone 5s performa grafis dari Zenfone 2 ga bakal jauh beda dengan performa si iPhone 5s ini.

Layar Zenfone 2 memakai layar IPS beresolusi Full HD 1080 pixel dengan diagonal layar sebesar 5.5 inch yang berarti layar hp ini lebarrrrr dan bisa dipastikan bodi hp akan bongsor dan sulit untuk masuk ke kantong saku.

Tak ketinggalan kaca Gorilla Glass 3 yang tahan banget dari goresan ini sudah menempel pada bagian layar Zenfone 2, wah banyak banget ya keunggulan dari smarphone ini.

Dengan spesifikasi yang dimiliknya, Zenfone 2 memungkinkan penggunanya untuk memutar film 4K tanpa mengalami lag atau jeda sesaat. Tak cuma itu, game 3D dengan tuntutan kerja grafis tinggi juga bisa dilibas oleh Zenfone 2, si Android RAM 4GB murah meriah.

Dukungan 4G pada sektor jaringan membuat smartphone ini seperti sesuatu yang futuristik, bisa mengikuti perkembangan jaman sampai lebih dari 5 tahun kedepan.

Maksudnya, sekalipun software dan game yang akan muncul pada 5 tahun mendatang (stelah hp ini dibuat), Zenfone 2 masih tetap kuat menjalankan software tersebut dengan baik.

Biar ga penasaran, simak dulu spesifikasi lengkap zenfone 2 berikut :


Spesifikasi Zenfone 2
HargaRp2.200.000an (varian 2GB)
Rp2.700.000an (varian 4GB)
Sim CardDual SIM
LayarIPS 1080 x 1920 pixel,
5.5 inch (~401 ppi pixel density)
Corning Gorilla Glass 3
Storage Internal16/32/64 GB
Storage EksternalmicroSD, up to 64 GB
RAM4GB
Sistem Operasi (OS)Android OS, v5.0 (Lollipop)
CPU (Central Processing
Unit) / Prosesor
Intel Atom Z3580 Quad Core 2.3 GHz
GPU (Graphic Processing
Unit)
PowerVR G6430
KonektivitasLTE (4G), HSPA+, Bluetooth v4.0, wifi, NFC
NavigasiGPS/A-GPS/Glonass
Kamera Belakang13 MP
Kamera Depan 5 MP
BateraiNon-removeable Li-Po 3000 mAh

Seperti yang disebutkan pada tabel spesifikasi di atas, smartphone besutan ASUS ini didukung oleh  teknologi dual sim.

Dukungan teknologi ini semakin baik dengan pengoptimalan menggunakan LTE cat.4 yang kecepatannya mencapai 150 mbps.

Wah, kalau saja kecepatan internet di Indonesia bisa sampai 150mbs bisa enak banget ya, buka website di internet kayak buka buku, tinggal balik langsung muncul, hehehe.

Masih ada lagi sisi spesial dari hp ini, yaitu pada bagian kamera utama (kamera belakang) yang dilengkapi lensa berkekuatan 13 mega pixel.

Proses pengambilan gambar pasti sangat smooth karena mesin hp ini sangat cepat dalam memproses perhitungan, seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Kamera Zenfone 2 dilengkapi teknologi terbaru PixelMaster yang mampu membuat bidikan kamera menjadi lebih tajam dan kaya warna. Bidikan kamera yang bagus akan membuat kualitas gambarnya menjadi lebih bagus juga.

Kurang apalagi sih hp ini, dengan semua yang ditawarkannya apalagi merujuk kepada harganya yang terhitung murah untuk kualitas yang sebaik ini saya rasa Kamu juga mau kan memiliki Zenfone 2 ini?


2. Xiaomi Mi Note Pro 4GB




Xiaomi yang muncul sebagai jawaban bagi konsumen yang menginginkan sebuah smartphone premium tapi harganya murah, belakangan mulai menciptakan  model - model yang harganya menyentuh angka lima sampai enam jutaan.

Xiaomi Mi Note Pro RAM 4GB merupakan smartphone flagship dari Xiaomi yang diluncurkan Januari 2015. Hebatnya, di antara smartphone flagship lainnya, Xiami Mi Note Pro merupakan smartphone terbai saat release karena dilengkapi dengan teknologi - teknologi canggih yang belum dimiliki flagship lain pada saat itu.

Direlease dengan harga di kisaran 6.8 jutaan, baru kali ini saya berpikiran bahwa harga yang diberikan Xiaomi termasuk wajar - wajar saja. Biasanya ketika melihat spesifikasi smarphone Xiaomi dan harganya saya senantiasa berpikir bahwa smartphone Xiami ini gila, kualitasnya kece tetapi harga tergolong murah.

Bisa jadi bandroll harga tersebut diberikan supaya menimbulkan kesan yang lebih prestisius dan lebih bergengsi. Maklum, smartphone tersebut diciptakan untuk berkompetisi di pangsa konsumen kelas menengah atas.

Konsumen kelas atas biasanya suka membeli barang - barang yang bisa mencerminkan identitas mereka atau siapa diri mereka.

Lalu, apa saja sih kemampuan dari smartphone ini sehingga harganya bisa sampai di angka enam juta rupiah pada saat pertama direlease?

Biar ga kelewat penasaran langsung saja pantengin spesifikasi Xiaomi Mi Note Pro di tabel berikut :


Spesifikasi
Xiaomi Mi Note Pro
HargaRp 6.800.000an (saat release)
Dimensi155.1 x 77.6 x 7 mm
Berat161 gram
Sim CardDual SIM
LayarIPS 1440 x 2560 pixel,
5.7 inch (~515 ppi pixel density)
Corning Gorilla Glass 3
Storage Internal64 GB
Storage Eksternal-
RAM4GB
Sistem Operasi (OS)Android OS, v5.0 (Lollipop)
CPU (Central Processing
Unit) / Prosesor
Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810,
Quad-core 1.5 GHz Cortex A-53 & Quad-
core 2GHz Cortex-A57
GPU (Graphic Processing
Unit)
Adrenoo 430
KonektivitasLTE Cat9 450/50 Mbps. HSDPA 42.2 Mbps,
wifi 802.11, bluetooth v4.0, microUSB v2.0
dan USB On The Go (OTG)
NavigasiGPS/A-GPS/Glonass
Kamera Belakang13 MP
Kamera Depan 4 MP
BateraiLi-Ion 3000 mAh


Dengan bobot yang hanya 161 gram dan dimensi 155.1 x 77.6 x 7 mm membuat smartphone ini enak digenggaman, soal lebar layarnya yang berpengaaruh juga sama lebar bodi, memang smartphone ini akan susah bakan tidak bisa dimasukkan ke dalam saku celana.

Salah satu sisi unik terdapat di bagian kamera, jarang sekali ada produsen smartphone yang membekali sebuah smartphone dengan kamera berkekuatan 4 MP.

Walaupun lensa tersebut adalah lensa kamera depan, tapi tetap saja hal tersebut unik karena seperti yang bisa dilihat sampai saat ini bahwa hampir semua kamera depan smartphone menggunakan lensa 5 MP, kalaupun tidak 5MP biasanya ada di angka 2 MP atau 3 MP.

Hal tersebut bukan sebuah masalah tentunya, yang noyvesto.net sampaikan barusan hanya terkait keunikan dari lensa kamera depan Xiami Mi Note Pro ini saja.

Corning Gorilla Glass 3 sepertinya merupakan barang wajib bagi smartphone yang ditujukan untuk kalangan menengah atas. Sama halnya dengan Xiaomi Mi Note Pro ini yang juga dilengkapi Corning Gorilla Glass 3 pada bagian layar tepatnya bagian kaca.

Kehadiran kaca keras yang sangat tahan gores ini akan membuat smarphone terhindar dari goresan - goresan yang disengaja ataupun tidak. Kalau contoh yang tidak disengaja itu biasanya adalah goresan saat hp dimasukkan di kantong yang sama dengan kunci.

Nah, biasanya kunci - kunci inilah yang membuat layar hp menjadi carut marut kalau tidak dilengkapi dengan Gorilla Glass atau tambahan seperti anti gores.

Chipset mungkin satu hal yang membuat Xiaomi berani memberi harga tinggi bagi smartphone flagship-nya ini.

Xiaomi menyematkan salah satu atau mungkin ini adalah satu - satunya chipset yang paling bagus untuk saat ini, Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 yang beroperasi pada prosesor 64 bit octa-core dan bantuan performa RAM mumpuni sebesar 4GB.

Salah satu hal yang mungkin bagi Kamu yang sudah terbiasa menyimpan banyak hal di smartphone adalah hal yang kurang ada di sektor penyimpanan internal yang kapasitasnya 64 GB tanpa adanya slot memori tambahan.

Kalau bagi saya pribadi slot penyimpanan sebesar 64 GB adalah sesuatu yang lebih dari cukup. Yah, mungkin karena memang sayanya yang kebetulan jarang menyimpan banyak hal di smartphone.

Kalau hanya untuk lagu, dokumen dan beberapa film sepertinya 64GB sudah lebih dari cukup. Tapi, mungkin bagi Kamu yang suka mengoleksi film ikeh ikeh kimochi angka 64GB pada sektor penyimpanan adalah sesuatu yang kurang.

Kamera smarphone flagship Xiaomi yang biasanya menggunakan mesin kamera dari Sony tentu membuat smartphone Xiami Mi Note Pro tidak perlu diragukan lagi kualitas gambarnya.

Mi Note Pro pada dasarnya memiliki kekuatan lensa yang tidak jauh beda dari smartphone Xiaomi lainnya, contohnya pada kamera Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang juga memiliki lensa berkekuatan sama, 13 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan.

Beberapa blogger berpendapat bahwa harga Xiaomi Mi Note Pro tergolong mahal, saya pun berpendapat demikian. Tetapi ga ada salahnya kalau Kamu memiliki banyak uang yang tidak terpakai membeli smartphone Xiaomi ini.

Dalam satu tahun kedepan semua perusahaan manufaktur smartphone pasti akan berlomba - lomba membuat produk yang memiliki memori (RAM) 4GB.


3. Asus Zenfone Zoom 4GB


hp android ram 4gb terbaik murah


Asus Zenfone Zoom 4GB sebenarnya direlease pada waktu yang sama dengan Asus Zenfone 2. Keduanya merupakan smartphone atau hp pertama dari Asus yang menggunakan RAM 4GB.

Dari spesifikasinya Asus Zenfone Zoom ini nampak sama seperti Zenfone 2. Perbedaan keduanya terletak di internal storage.

Jika Zenfone 2 hanya memiliki varian dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB, 32GB dan 46GB, maka Zenfone Zoom memiliki varian dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB, 32GB, 64GB dan 128GB.

Kalau melihat tabel spesifikasi kedua smartphone ini maka saya yakin kalau Kamu juga bakal setuju jika saya mengatakan bahwa perbedaan Zenfone 2 dan Zenfone Zoom hanya terletak pada kapasitas penyimpanan internal saja, di mana pada Zenfone Zoom memiliki varian yang mempunyai kapasitas penyimpanan internal yang 128GB (Zenfone 2 hanya tersedia varian 64GB).

Tapi ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Zenfone Zoom yang dari namanya saja sudah mengisyaratkan bahwa ia adalah smartphone yang identik dengan kamera.

Zenfone Zoom ternyata memiliki kamera dengan 3x optical zoom (biasanya smartphone cuma punya digital zoom). Ini artinya kamera pada Zenfone Zoom bisa melakukan zoom mekanis, tepatnya dengan menggunakan optik kameranya.

hp android ram 4gb terbaik murah


Selain itu, kamera hp ini juga dilengkapi dengan susunan 10-element lensa HOYA yang memungkinkan pengambilan gambar yang sangat detail.

hp android ram 4gb terbaik murah

Ke sepuluh Hoya lens yang ada pada Zenfone Zoom memiliki 4 Aspherical Lens, 4 Kaca dan 2 Lensa Prisma. Dengan adanya HOYA lens, kamera hp ini bisa melakukan zoom sampai 12 kali secara total.

Selain sektor kamera sebagai kekuatan utama hp ini, ada satu lagi hal yang patut menjadi perhatian dari sebuah Zenfone Zoom. Yaitu material frame yang menggunakan logam alumunium paduan yang setara dengan aluminum yang digunakan pada pesawat.

Pemilihan frame ini membuat hp ini menjadi lebih ringan juga tentunya, karena seperti yang diketahui bahwa logam aluminum yang digunakan untuk pesawat itu memiliki kekuatan tinggi tetapi ringan.

Bagian bodi belakang dari Zenfone Zoom dibuat dari jahitan kulit yang dibuat oleh pengrajin kulit di Italia.

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Zenfone Zoom.



Spesifikasi
Zenfone Zoom
HargaRp 5 jutaan (saat release)
Dimensi155.1 x 77.6 x 7 mm
Berat185 gram
Sim CardDual SIM
LayarIPS display 1080p x 1920 pixels,
1080 x 1920 pixels, 5.5 inches
(~403 ppi pixel density)
Corning Gorilla Glass 3
Penyimpanan Internal16/32/64/128 GB
Penyimpanan EksternalmicroSD, up to 64 GB (dedicated slot)
RAM4GB
Sistem Operasi (OS)Android OS, v5.0 (Lollipop)
CPU (Central Processing
Unit) / Prosesor
Intel Atom Z3580 Quad-core 2.3 GHz
GPU (Graphic Processing
Unit)
PowerVR G6430
KonektivitasLTE, HSPA+, Bluetooth V4.0,
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct,
hotspot
NavigasiGPS/A-GPS/Glonass
Kamera Belakang13 MP
Kamera Depan 5 MP
BateraiNon-removable Li-Po 3000 mAh


Dengan spesifikasinya yang menyerupai Zenfone 2 tentu saja Zenfone Zoom bisa dipastikan mampu memutar video jenis 4K dan memainkan game - game berat dengan lancar.

Kelebihan tersebut membuat smartphone ini menjadi lebih istimewa dengan spesifikasinya yang secara khusus sangat fotografer sekali.

Bisa jadi smartphone ini dibuat untuk menyasar kalangan fotografer profesional karena terlihat sekali bahwa hp ini dibuat dengan memperhatikan betul sisi fotografinya.

Internal Storage yang besar sepertinya diciptakan mengikuti kualitas kameranya yang kemungkinan akan menghasilkan gambar dengan ukuran file yang besar.

HP Android RAM 4GB Generasi Awal

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon