Monday, 10 October 2016

4 Obyek Wisata Dieng Yang Paling Tepat Untuk Dikunjungi


Obyek Wisata Dieng, apabila Kamu kepo kepingin tahu apa saja obyek wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng maka Kamu beruntung karena Kamu masuk ke tulisan yang tepat.

Tulisan ini berisi informasi mengenai obyek wisata di Dieng Wonosobo. Jika Kamu belum pernah ke sini bacalah tulisan ini sampai selesai karena Dieng memiliki beragam jenis wisata alam yang tipenya berbeda.

Oke, ini dia artikel tentang Obyek Wisata Dieng Jawa Tengah untuk Kamu yang lagi kepo atau cari tahu mengenai tempat wisata apa saja yang menarik di Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng. This is it :

Obyek Wisata Dieng Wonosobo

4 Obyek Wisata Dieng Wisata Dieng Yang Paling Tepat Untuk Dikunjungi


noyvesto.net | Dataran Tinggi Dieng secara administratif berada di dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Dari Kota Wonosobo, pintu masuk Dataran Tinggi Dieng berjarak kurang lebih 30 kilometer, ini merupakan jarak yang tidak begitu jauh, bahkan tergolong dekat.

Di Dataran Tinggi Dieng ada sebuah tempat yang dikenal dengan nama Gunung Prau, sebuah gunung yang di bagian atasnya merupakan tempat paling bagus untuk melihat golden sunrise di Dieng.

Lokasi Dataran Tinggi ini yang tidak terlalu jauh dari dua gunung lainnya, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, memungkinkan para sunrise hunter bisa menikmati golden sunrise dengan view terbaik karena juga bisa melihat sunrise bersiluetkan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Mungkin diantara dari Kamu ada yang pernah melihat tulisan di mesin pencari google dengan kata kunci "dieng simpan 21 objek wisata alam", tahukah kamu memang benar adanya bahwa jumlah obyek wisata di Dieng memang ada sebanyak itu.

Tetapi, dari jumlah sebanyak itu, menurut Kami hanya ada beberapa obyek wisata saja yang benar - benar layak untuk dikunjungi. Untuk itu, noyvesto.net membuat tulisan ini untuk menjelaskan obyek wisata dieng wonosobo apa saja yang layak untuk dikunjungi.

Okeeeeh, saya tahu kalau Kamu sudah ga sabar membaca ulasan tentang obyek wisata Dieng paling ramai pengunjung, langsung saja, ini dia :

        1. Sikunir Dieng        


Obyek Wisata Dieng Wonosobo
Golden sunrise dari Bukit Sikunir

Sikunir bersama Candi Arjuna dan Kawah Sikidang merupakan 3 besar destinasi wisata favorit yang ada di Dieng, ketiganya merupakan alasan utama kenapa orang - orang mau datang ke sini.

Tempat ini sangat cucok bagi Kamu yang girang melihat sunrise dan termasuk seorang sunrise hunter. Jika Kamu sudah cukup lama dan sangat passionate dengan sunrise maka saya yakin kalau Kamu pasti kenal nama Sikunir ini. Kalau belum tahu, ayo cari tahu, lanjut baca.

Sikunir merupakan sebuah bukit dan orang - orang sering menyebutnya dengan Bukit Sikunir (ya eyalah). Bukit Sikunir berada di 2200 meter di atas permukaan laut. 

Dengan ketinggian tersebut sudah bisa dipastikan bahwa hawa di tempat ini sejuk. Sejuk segarrr.. 

Sejarah pemberian nama sikunir untuk bukit ini cukup unik. Konon, nama sikunir diberikan karena bukit ini membuat banyak wisatawan yang datang kembali lagi pada waktu - waktu berikutnya untuk melihat sunrise lagi lagi dan lagi.

Nah, karena warna sunrise yang terlihat dari atas bukit ini seperti kunir (kunir = kunyit dalam bahasa jawa) maka masyarakat setempat memberi nama Bukit Sikunir.

Tenang, walaupun kamu suka melihat sunrise dari atas sini, ga ada yang bakal berani menyebutmu sebagai pencari kunir kok. hehehe. 

Karena tempat ini sudah sangat familiar di telinga mahasiswa Yogyakarta, maka noyvesto.net menganggap bahwa tempat ini wajib masuk TOP 5 tempat wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Lalu, kenapa sih sunrise dari atas sini begitu istimewa? Apakah karena warna sunrisenya sajakah?

Kalau memperhatikan foto yang ada di atas Kamu akan tahu kenapa sunrise dari sini terlihat lebih menarik.

Alasan pertama karena dari puncak Sikunir, selain melihat sunrise, kita akan melihat dua gunung yang arahnya juga berada di barat Bukit Sikunir. Lalu, keindahan sunrise dari sini juga semakin cantik karena awan yang terlihat dari atas sini benar - benar tebal.

Alasan kedua, Dataran Tinggi Dieng memiliki beragam tempat wisata,  tidak hanya satu atau dua saja, sehingga wisatawan senang datang ke Dieng karena bisa mendatangi banyak tempat dalam waktu sehari dua hari, misalnya.

Sebenarnya ada satu tempat lagi yang juga sama baiknya untuk melihat sunrise di Dieng, yaitu dari puncak Gunung Prau. Nah, Gunung Prau ini akan sangat cocok bagi Kamu yang suka naik gunung dan sekalian ingin melihat golden sunrise.

Sebagai informasi, untuk mencapai puncak Gunun Prau ini perlu pendakian selama dua sampai tiga setengah jam, jadi tidak terlalu jauh. Kalau Kamu adalah seseorang pendaki pemula, Gunun Prau ini bisa menjadi tempat latihan survival Kamu di awal - awal pendakian serial Kamu.

       2. Candi Dieng       

obyek wisata dieng, obyek wisata dieng wonosobo
Obyek Wisata Dieng Wonosobo


Dieng yang dikenal sebagai tempat wisata alam ternyata juga memiliki beberapa komplek percandian. Bahkan, ternyata (saya baru tahu) kalau candi merupakan simbol kepariwisataan Dieng.

Candi Dieng adalah sebutan bagi seluruh candi - candi yang ada di Dataran Tinggi Dieng secara keseluruhan.

Ada empat buah kelompok candi, satunya adalah bangunan candi yang berdiri sendiri, tiga lainnya lagi adalah komplek percandian.

3 komplek percandian tersebut adalah Komplek Candi Arjuna, Komplek Candi Gatotkaca, dan Komplek Candi Dwarawati. Itu berarti Kamu sudah tahu 3 dari empat kelompok candi, nah, yang satunya lagi (candi yang sendiri) adalah Candi Bima.

Ke empat kelompok candi ini posisinya tidak terlalu jauh antara satu sama lain. Antar kelompok Candi Dieng ini keseluruhannya berada di atas lahan seluas 1.9 x 0.8 kilometer persegi.

Yang paling favorit atau yang banyak dikunjungi sampai saat ini adalah Candi Arjuna karena komplek Candi Arjuna masih memiliki bangunan candi yang lengkap.

Nah,...., karena noyvesto.net sudah membuat ulasan yang sangat lengkap tentang Candi Dieng, maka Kamu hanya perlu membaca artikel berjudul Candi Dieng : Pesona Candi di 2000 mdpl dan Sejarahnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang obyek wisata Candi Dieng.

Baca aja, pasti seneng..

       3. Telaga Warna       


Obyek Wisata Dieng Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng yang merupakan gunung purba besar memiliki banyak kawah yang beberapa di antaranya masih aktif dan beberapa lainnya sudah menjadi telaga.

Telaga warna. Tempat ini dulunya merupakan kawah gunung berapi, namun sekarang sudah dipenuhi air sehingga saat ini disebut sebagai telaga.

Lalu, kenapa disebut Telaga Warna ya? Usut punya usut, ternyata nama telaga ini memiliki fenomena unik sendiri yang sering terjadi.

Fenomena unik tersebut adalah berubahnya warna air yang ada di telaga. Di suatu waktu warna telaga ini hijau dan kuning, dan berubah di waktu - waktu yang lain dengan warna - warna seperti warna pelangi.

baca juga : Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Dieng Terbaru

Wah, kok bisa yah? Konon, perubahan warna telaga ini mencerminkan suasana hati sosok penunggu yang ada di telaga warna, jika hati sang penunggu sedang badmood maka warna telaga akan berubah sesuai dengan isi hati sang penunggu.

Hmm... cerita karangan saya bagus yah, buktinya Kamu membacanya sampai frasa sang penunggu.

Sebenarnya, fenomena berubahnya warna dari telaga warna ini merupakan fenomena alam (sesuatu yang terjadi secara alami).

Berubahnya warna dari telaga disebabkan karena adanya sulfur atau belerang yang bercampur dengan air telaga. Jadi belerang inilah yang menyebabkan warna dari telaga ini berubah ubah.

Telaga Warna berada di 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl), ketinggian ini merupakan ketinggian rata - rata Dataran Tinggi Dieng.

Keindahan telaga semakin mempesona kaarena dikelilingi oleh bukit - bukit tinggi.

Nah, karena telaga ini dikelilingi oleh perbukitan, maka sebenarnya kesempatan untuk melihat keindahan sesungguhnya dari Telaga Warna ini adalah dari atas bukit. Dan perlu Kamu ketahui juga loh dab, kalau Telaga Warna ini merupakan salah satu permata di antara beberapa obyek wisata dieng lainnya.

Untuk melihat telaga ini dari atas, Kamu bisa melakukannya dari atas batu pandang. Batu Pandang Dieng ini masih berada di Obyek Wisata Telaga Warna.

Obyek Wisata Dieng Wonosobo

Lokasi Batu Pandang berada di sebuah bukit yang masih berada di area Telaga Warna. Dari atas batu ini wisatawan bisa melihat dua telaga, yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Dari atas batu pandang ini pemandangan Telaga warna bisa terlihat sangat jelas tanpa terhalang apapun. Nah, karena Telaga Warna ini berada bersebelahan dengan Telaga Pengilon, jadi dari atas sini Kamu bisa melihat betapa cantiknya dua telaga ciptaan Tuhan tersebut.

       4. Kawah Sikidang       

obyek wisata dieng, obyek wisata dieng wonosobo
Obyek Wisata Dieng Wonosobo


Di pembahasan sebelumnya tentang telaga warna, Kamu tahu bahwa Dataran Tinggi Dieng dulunya merupakan gunung berapi purba besar, sehingga wajar apabila banyak terdapat kawah di atasnya.

Jika Telaga Warna dulunya merupakan kawah aktif dan sekarang sudah tidak aktif lagi, maka berbeda dengan kawah yang satu ini, Kawah Sikidang. 

Kawah Sikidang merupakan cekungan berisi kawah yang timbul karena aktivitas gunung berapi di Dieng.

Kawah Sikidang masih sangat aktif, sampai hari ini, kawah yang berlokasi di daerah Dieng Timur masih menunjukkan aktivitas vulkanisnya seperti mengeluarkan gumpalan gas putih dengan kandungan belerang yang sangat tinggi.

Karena kandungan belerangnya yang tinggi, hal ini berarti gas yang keluar dari kawah merupakan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya, supaya keselamatan dan keamanan pengunjung lebih terjaga  pengelola tempat wisata membuat pagar pembatas agar tidak ada yang tercebur karena terlalu dekat dengan bibir kawah.

Meskipun gas yang keluar dari kawah ini merupakan gas beracun, tapi karena fenomena yang ada di Kawah Sikidang, kabarnya sulit untuk didapatkan di daerah lain, makanya banyak orang yang ke Dieng juga memprioritaskan Kawah Sikidang untuk dikunjungi.

Nah, noyvesto.net ada tips nih untuk Kamu yang berencana main ke kawah ini. Sebelum berangkat ke Kawah Sikidang belilah dahulu  masker agar gas beracun yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak.

Namun jangan khawatir, apabila memang sudah terlanjur lupa membeli masker dan kepalang sudah sampai di lokasi, Kamu bisa mendapatkan masker dengan membelinya di pedagang yang ada di sekitar lokasi wisata.

..........................

Kamu baru saja selesai membaca artikel tentang empat obyek wisata di dieng yang paling menarik untuk dikunjungi.

Label tempat wisata paling menarik ini tentu saja diberikan dengan memperhatikan kelayakan dari tempat wisata terutama dilihat dari sisi kelengkapan fasilitas umum standard yang dimiliki serta volume kunjungan setiap bulan di masing - masing obyek wisata tersebut.

4 Obyek Wisata Dieng Wisata Dieng Yang Paling Tepat Untuk Dikunjungi


pencarian terkait : 
  • Obyek wisata dieng dan sekitarnya
  • obyek wisata dieng Jawa Tengah
  • obyek wisata dieng jateng
  • alamat obyek wisata dieng
  • obyek wisata dieng banjarnegara
  • biaya obyek wisata dieng
  • obyek wisata di dieng wonosobo
  • obyek wisata dieng terbaru
  • obyek wisata dieng 2016
  • harga tiket masuk obyek wisata dieng

Artikel Terkait