Sunday, 23 October 2016

Alasan Kenapa Wisata Alam Kalibiru Bagus Untuk Kamu Kunjungi

Wisata Alam Kalibiru adalah sebuah obyek wisata yang lokasinya berada di atas perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tahukah kamu kalau tempat wisata keren ini baru mulai populer di 2012, meskipun keberadaannya sudah ada sejak empat tahun sebelumnya, 2008.

Saat ini, Kalibiru sudah menjelma menjadi obyek wisata fenomenal yang selalu ramai didatangi wisatawan setiap hari. 

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru


Noyvesto.net. Awalnya, obyek wisata alam Kalibiru ini murni diurus secara swadaya oleh masyarakat tanpa adanya campur tangan pemerintah setempat.

Namun, berkat sinergi antara warga setempat bersama pemerintah beberapa tahun setelah eksplorasi obyek wisata ini berjalan, jadilah obyek wisata Kalibiru, saat ini, sebagai salah satu perhiasan yang dimiliki Kabupaten Kulon Progo.

Nah, sebelum membahas topik utama kita di sini, yaitu tentang alasan kenapa sebaiknya Kamu nyobain ke Kalibiru ketika liburan di Jogja,

Saya akan bercerita sedikit bahwa dari waktu ke waktu, obyek wisata alam ini terus mengalami pengembangan, tempatnya makin bagus baik dari segi fasilitas maupun pengelolaan.


Wisata Alam KalibiruNoyvesto.net terhitung sudah empat kali main ke Kalibiru di tahun yang berbeda.

Dari kunjungan - kunjungan inilah kami tahu bahwa obyek wisata ini terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Sebagai informasi, kami terakhir kali ke sini itu pada Agustus 2016, belum terlalu lama dong ya.

Salah satu hal yang membuat kami takjub adalah jumlah pengunjungnya yang juga semakin ramai seiring dengan semakin baiknya obyek wisata alam Kalibiru ini.

Di tulisan ini, Kamu akan membaca informasi mengenai hal - hal menarik khususnya tentang alasan - alasan mengapa obyek wisata Kalibiru ini bagus untuk didatangi.

Mari kita bahas satu per satu.

Cara Sampai ke Lokasi


Okeh, sebelum membahas "alasan kenapa kalibiru bagus untuk kamu kunjungi", sebaiknya Kamu tahu dulu di mana lokasi obyek wisata alam Kalibiru ini berada serta cara bagaimana agar sampai ke lokasinya.

Supaya kamu tahu sulit atau tidaknya untuk sampai ke sini, serta sesuai atau tidak dengan budget yang Kamu anggarkan.

Obyek wisata alam Kalibiru bisa dicapai dari Kota Yogyakarta dengan menggunakan bermacam - macam kendaraan.

Pengunjung yang sudah datang ke sini biasanya datang dengan mobil jenis mobil keluarga seperti avanza dan innova, serta menggunakan sepeda motor.

Kalibiru berada di sebelah barat Kota Yogyakarta. jadi nantinya perjalanan Kamu secara keseluruhan mengarah ke barat.

wisata alam kalibiru
Untuk panduan supaya tidak tersesat, Kamu bisa memanfaatkan google maps ataupun waze yang bisa kamu download secara gratisan di app store smartphone Kamu.

Kami merekomendasikan menggunakan google maps atau waze karena akses sinyal di sepanjang perjalanan dari Kota Yogyakarta sampai ke obyek wisata tergolong bagus.

Selain itu, rekomendasi jalur yang ditunjukkan oleh google maps ke arah Kalibiru merupakan jalur yang tepat, tidak seperti petunjuk arah ke lokasi lain yang terkadang arah "jalurnya" masih kurang pas di beberapa titik.

Sinyal jaringan seluler yang noyvesto.net maksud di sini adalah sinyal dari telkomsel, soalnya , ke-be-ner-an, kartu sim yang saya gunakan saat ke sini adalah kartu dari telkomsel.

Jarak Tempuh

Dari Kota Yogyakarta, jika melewati jalur utama atau jalur lintas antar provinsi, obyek wisata alam kalibiru hanya berjarak 34 kilometer.

Jika melalui Godean, jarak tempuhnya bisa menjadi 38.4 kilometer. Tetapi, karena jalur ini merupakan jalur pedesaan, maka Kami menyarankan Kamu supaya menggunakan jalur yang diberi warna biru (pada gambar peta di bawah).

Wisata Alam Kalibiru


Saat memasuki jalan utama Kalibiru, setelah keluar dari Jalan Wates (Jogja - Purworejo) atau sudah melewati rel kereta api, Kamu hanya perlu membawa kendaraanmu berjalan lurus terus melewati jalan utama setelah melewati rel kereta api yang baru Kamu lewati.

Sekali lagi, manfaatkan google maps yang Kamu miliki.

+ klik untuk memperbesar
wisata alam kalibiru


Jalur ke Kalibiru yang paling enak untuk diikuti yaitu melalui Jalur yang searah dengan Desa Clereng. Persimpangan ini nanti akan Kamu temui beberapa kilometer berikutnya, cirinya adalah sebagai berikut :

  • Jenis persimpangan adalah perempatan (ada empat persimpangan)
  • Jika dari Jogja, petunjuk arah menunjukkan pilihan Lurus adalah ke Waduk Sermo, pilihan belok kanan adalah ke Clereng.
Nah, di persimpangan ini pilihlah jalur ke kanan, lewat Clereng. Ini adalah jalur yang paling cepat untuk ke Kalibiru dari persimpangan tersebut.

Setelah masuk ke jalan ini, nanti Kamu akan dipandu oleh rambu - rambu yang menunjukkan arah ke Kalibiru.

Jika ingin melihat Waduk Sermo dahulu, Kamu bisa memilih jalur lurus (di persimpangan yang kami jelaskan di atas).

Alasan Kenapa Kalibiru Bagus untuk Dikunjungi


Tentu saja, selalu ada alasan di balik setiap keputusan yang kita buat, setuju kan?

Nah, begitu juga saat kita memutuskan ke mana akan berlibur, pasti kita butuh satu dua alasan.

Wajar dong kalau kita mikirin alasannya saat memilih mau berwisata ke mana.

Pasalnya saat kita berwisata, ada waktu dan sejumlah uang yang kita korbankan untuk melaksanakannya.

Dan pastinya, alasan internal masing - masing orang berbeda - beda antara satu dan yang lain dong ya.

Satu - satunya alasan eksternal (di luar diri kita) yang membuat kita memutuskan mau berwisata ke mana adalah kepopuleran dari obyek wisata itu sendiri serta keindahan dan pengalaman berwisata yang ditawarkannya.

Tahukah Kamu kalau Taman Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini, memiliki daya tarik unik yang belum dimiliki tempat wisata alam lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

D.I. Yogyakarta yang terkenal dengan 350-an lebih destinasi wisata-nya ini membuat tempat - tempat wisata ini bisa dikategorikan ke beberapa kelompok. Kategori tersebut bisa disimpulkan menjadi :

  • Wisata Alam (Wisata pantai, wisata goa, wisata gunung atau bukit)
  • Wisata Sejara
  • Wisata Religi
  • Wisata Belanja
  • Wisata Kuliner

Kalau dari jenisnya, tentu saja Kalibiru tergolong sebagai obyek wisata alam.

Wisata Alam Kalibiru
Kalibiru merupakan destinasi wisata alam yang unik di Jogja.

Keunikan tersebut bisa dilihat dari konsep Kalibiru yang memanfaatkan pemandangan yang terlihat di sekelilingnya untuk dijadikan sebagai background foto.

Ya, di tempat lainnnya, tentu hal ini juga terjadi, pemandangan di sekeliling memang selalu dijadikan sebagai background untuk berfoto.

Tetapi, bedanya di sini adalah disediakannya tempat khusus yang disebut spot sebagai tempat untuk pengunjung berdiri di atasnya tepat di depan pemandangan yang viewnya benar - benar indah.

Bentuk dari Bukit Hargowilis, tempat Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta ini berada, memungkinkan kita melihat keindahan alam yang luar biasa dari sini (Kalibiru).

Hal ini dikarenakan Bukit Hargowilis yang dikelilingi oleh tempat - tempat menarik yang terlihat keren jika dilihat dari Kalibiru.

Salah satunya adalah Waduk Sermo.

Dan tahukah Kamu bahwa secara keseluruhan, spot foto yang ada di Taman Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta ini menghadap langsung ke Waduk Sermo yang ada di sisi selatan dari Bukit Hargowilis ini.

Keberadaan Waduk Sermo membuat pemandangan dari atas Kalibiru semakin cantik, lebih - lebih ketika cuaca sedang mendukung, cerah tanpa awan.

Birunya air Waduk Sermo ditambah dengan birunya langit membuat pemandangan dari atas Kalibiru secara keseluruhan berwarna biru dan hijau, bener - bener cantik.

Pastinya, obyek wisata ini akan memberikan pengalaman unik serta memberikan kepuasan batin bagi Kamu ketika datang.

Mau bukti? Foto - foto berikut ini mungkin bisa menjadi obat penasaran Kamu, ini dia :

Wisata Alam Kalibiru

Tetapi, kalau sedang berkabut, jadinya pemandangannya seperti ini..

Wisata Alam Kalibiru
saat noyvesto.net ke sini, cuaca sedang mendung.
Di samping keindahannya, tempat ini juga sudah dikelola dengan baik, dan sudah dilengkapi dengan fasilitas umum standard yang lengkap, itulah kenapa Kami menyebut tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Wisata Alam Kalibiru
Bangku (kursi) ini bisa digunakan untuk rehat sejenak
Selain kursi - kursi seperti ini, di sini juga terdapat warung - warung yang menyediakan tempat lesehan, sehingga bagi pengunjung yang ingin istirahat sejenak sembari menikmati makanan sambil berselonjor kaki, bisa dilakukan di sini.

Wisata Alam Kalibiru
Lesehan yang ada di Kalibiru

Fasilitas umum standard seperti mushalla, toilet, tempat makan, penginapan, halaman parkir, sudah tersedia di sini.

Hebatnya lagi, meskipun obyek wisata ini berada di tempat yang tinggi, tetapi ternyata tidak kekurangan air.

Kalau ke sini, jangan khawatir kalau toiletnya tidak tersedia air, airnya pasti ada. Termasuk untuk keperluan wudhu, airnya juga pasti ada.

Wisata Alam Kalibiru
Mushola di Kalibiru
Selain fasilitas umum tersebut, ada juga wahana permainan yang cocok untuk dicoba oleh remaja hingga orang dewasa.

Biaya untuk menjajal wahana permainan atau wahana outbond ini adalah Rp35.000 untuk satu orang.

Jika menjajal wahana outbond ini, Kamu bisa mengabadikan foto yang cukup unik, yaitu foto sedang bergelantungan di wahana flying fox seperti ini :

Wisata Alam Kalibiru
Berfoto kece saat main flying fox
Kalau ingin memiliki foto bergelantungan di atas flying fox dengan latar belakang Waduk Sermo seperti di atas, Kamu harus menjajal terlebih dahulu wahana outbond yang ada di sini.

Foto di atas diambil saat pemain melewati tantangan terakhir di wahana outbond, yaitu wahana flying fox. Sebelum ke wahana flying fox ini, pemain harus melewati jembatan tali terlebih dahulu.

Biaya Yang Tergolong Murah

Obyek Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo termasuk obyek wisata yang tergolong murah.

Bagi Kamu yang menginginkan perjalanan wisata low budget tapi tempatnya keren, familiar (lagi hits) dan menarik, maka berkunjung ke sini benar - benar pilihan yang tepat.

Tiket masuk Kalibiru sampai kuartal ke tiga 2016 masih Rp5.000,00.

Biaya parkir pun tergolong normal, untuk parkir roda empat, biayanya Rp5.000,- sampai Rp10.000,- sedangkan untuk roda dua ongkos parkirnya tidak lebih dari Rp2.000,-.

Wisata Alam Kalibiru
Wisata Alam Kalibiru Tiketnya masih Rp5.000-an

Jogja memang terkenal dengan obyek wisata-nya yang low budget. Sehingga Kamu tidak perlu heran kalau tiket masuk Kalibiru ini cuma Rp5.000,- saja.

Oh iya, kalau ingin melihat sunrise dari Kalibiru, Kamu juga bisa menginap di obyek wisata ini. Di kalibiru ada loh penginapan yang bisa disewa.

Penginapan yang ada di Kalibiru ini biayanya sekitar Rp250.000,- per malam. Penginapan ini bisa diisi sampai sepuluh orang.

Tetapi, jangan membayangkan kalau penginapan ini bentuknya seperti hotel yang ada kasur dan fasilitas mewah lainnya ya, karena penginapan ini bukanlah tempat yang bentuknya seperti hotel.

Penginapan di Kalibiru ini merupakan penginapan yang diperuntukan untuk wisatawan satu rombongan, karena penginapannya bisa dimuati banyak orang. Sebagai peralatan tidur, di penginapan ini hanya ada tikar saja.

Kalau kamu memang ingin menginap di sini, siapkanlah sleepingbag atau semacamnya yang bisa membuat tidurmu menjadi nyaman.

Nah, akhirnya selesailah sudah cerita dari salah satu obyek wisata alam yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalibiru, ini.

Kalau ada rencana ke Jogja suatu hari nanti, rencanakanlah untuk main ke obyek wisata alam Kalibiru ini.

Cicipilah keindahan alam yang ada di sebuah daerah yang terletak di sisi barat D. I. Yogyakarta.

Inilah, salah satu spot terbaik di atas perbukitan Menoreh, Kulon Progo, yaitu wisata alam Kalibiru.

EKSTRA TIME

Di bagian ekstra time ini Kamu akan melihat berbagai foto wisatawan yang pernah datang ke Kalibiru. Nah, foto - foto mereka ini memiliki gaya yang berbeda beda (ada beberapa yang sama) yang mungkin bisa menjadi inspirasi saat nanti main ke obyek wisata alam Kalibiru ini.

Foto - foto ini Kami kumpulkan dari instagram dari hashtag #kalibiru, berikut foto - foto tersebut :

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Sejujurnya penulis salut sama mas - mas dan mbak - mbak yang ada di foto ini (di atas), meskipun berkabut dan gelap mereka tetap semangat untuk naik ke atas panggung dan berfoto berdua. 

Kerennya lagi foto yang mereka ambil bagus, yah, mungkin karena mereka udah saling klop kali ya, jadi gayanya luwes aja gitu. :)

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru : Haruskah Kamu Ke Sini? 

pencarian terkait :
  • tiket masuk kalibiru
  • wisata alam kalibiru kabupaten kulon progo, daerah istimewa yogyakarta
  • tiket masuk kalibiru yogyakarta
  • penginapan di kalibiru
  • kalibiru kulon progo maps
  • tiket masuk kalibiru kulon progo
  • wisata alam kalibiru kulon progo jam buka
  • wisata alam kalibiru yogyakarta
  • wisata alam kalibiru jogja

Artikel Terkait