Wisata Alam Kalibiru : Haruskah Kamu Ke Sini?

Wisata Alam Kalibiru berada di atas perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Tempat wisata yang satu ini mulai populer sejak 2012, walaupun sudah ditemukan potensinya pada 2008 atau empat tahun sebelumnya.

Kalibiru Wisata Alam

Wisata Alam Kalibiru


noyvesto.net. Sejak awal, Kalibiru murni diurus secara swadaya oleh masyarakat setempat dan belum ada campur tangan pihak pemerintah. Itulah kenapa saat dalam perjalanan ke sini, wisatawan akan bertemu warga yang berjaga di tanjakan - tanjakan curam menuju lokasi.

Lalu, apa sih uniknya atau apa sih yang bikin orang - orang beramai - ramai datang ke sini? Dan kamu harus tahu alasannya sebelum benar - benar memutuskan untuk datang ke tempat ini. Nah, supaya tahu kenapa - kenapa-nya, simak terus tulisan ini sampai akhir. Siip.

Cara Sampai ke Lokasi


Wisata Alam Kalibiru bisa dicapai dari Yogyakarta Kota dengan menggunakan bermacam - macam kendaraan. Pengunjung yang sudah datang ke sini biasanya datang menaiki mobil jenis mobil keluarga seperti avanza dan innova, serta menggunakan sepeda motor.

Kalau Kamu sedang tour bersama rombongan ke D.I Yogyakarta menggunakan bus besar atau sedang, maka Kami menyarankan supaya Kamu tidak membuat agenda ke sini.

Alasannya tentu saja sederhana, yaitu akses jalan ke taman wisata alam kalibiru ini kurang pas untuk dilalui kendaraan berbadan besar dan panjang seperti bus.

Pasalnya, jalan menuju ke lokasi, khususnya saat mulai masuk ke Bukit Hargowilis, memiliki kontur yang ekstrim, menanjak dan berkelok.

Yah, kalau Kamu mau maksain ke sini tentu saja masih bisa sih sebenernya, yaitu dengan menggunakan mobil atau motor sewaan.

Dan...

Kalau membahas tentang bagaimana cara supaya sampai ke lokasi taman wisata alam kalibiru ini, jika yang Kamu pikirkan adalah tentang jenis kendaraan yang pas untuk ke sana, maka informasi dalam beberapa paragraf di atas sudah menjawab apa yang Kamu pikirkan.

Nah, kalau Kamu mau tahu jalur atau jalan untuk sampai ke lokasi, yuk mari, simak tips dan trik untuk sampai ke taman wisata alam kalibiru berikut.

Tempat ini berada di sebelah barat Kota Yogyakarta. jadi nantinya perjalanan Kamu secara keseluruhan mengarah ke barat. Untuk panduan supaya tidak tersesat, Kamu bisa memanfaatkan google maps ataupun waze yang bisa kamu dapatkan secara gratis di app store smartphone Kamu.

For your information, akses sinyal di sepanjang perjalanan dari Kota Yogyakarta sampai ke taman wisata alam kalibiru ini termasuk baik. Sinyal seluler terdeteksi baik di sepanjang perjalanan termasuk di lokasi, di puncak Bukit Hargowilis ini.

Jaringan yang noyvesto.net maksud di sini adalah jaringan seluler dari telkomsel. Bukan promosi ya, tetapi karena provider seluler yang saya gunakan saat ke sini itu milik telkomsel, yaitu kartu simpati.

Untuk mendapatkan panduan dari google maps atau waze tentu saja Kamu harus memasang paket internet terlebih dahulu. Ini karena kedua aplikasi tersebut lebih optimal saat digunakan daring (dalam jaringan).

Dari Kota Yogyakarta, kalibiru berjarak 34 kilometer jika jalur yang ditempuh melalui jalur utama atau jalur lintas antar provinsi.

Jika melalui Godean, jarak tempuhnya bisa menjadi 38.4 kilometer. Tetapi, karena jalur ini merupakan jalur pedesaan, maka Kami menyarankan Kamu supaya menggunakan jalur yang diberi warna biru yang ditunjukkan oleh gambar peta di bawah.

Kalibiru Wisata Alam


Saat memasuki jalan utama Kalibiru, setelah keluar dari Jalan Wates (Jogja - Purworejo) dan sudah melewati rel kereta api, Kamu hanya perlu berjalan lurus terus melewati jalan utama setelah melewati rel kereta api.

Jalur ke Kalibiru yang paling enak untuk diikuti yaitu melalui Jalur yang searah dengan daerah Clereng. Persimpangan ini nanti akan Kamu temui, cirinya adalah sebagai berikut :


  • Jenis persimpangan adalah perempatan (ada empat persimpangan)
  • Jika dari Jogja, pilihan Lurus adalah ke Waduk Sermo, pilihan belok kanan adalah ke Clereng.
  • Pilih jalur ke kanan, lewat Clereng.


Setelah masuk ke jalan ini, nanti Kamu akan dipandu oleh rambu - rambu yang menunjukkan arah ke Kalibiru.

Jika ingin melihat Waduk Sermo dahulu, Kamu bisa memilih jalur lurus (di persimpangan tersebut di atas).

Alasan Kenapa Kamu Harusnya Ke Sini


Tentu saja, selalu ada alasan di balik semua pilihan yang kita putuskan, setuju kan? Nah, begitu juga saat kita memilih destinasi wisata ketika liburan, wajar dong kalau kita perlu beberapa alasan, pasalnya saat kita berlibur ada waktu dan sejumlah uang yang kita korbankan untuk hal tersebut.

Tahukah Kamu kalau Taman Wisata Alam Kalibiru Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini memiliki daya tarik unik yang belum dimiliki tempat wisata alam lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

D.I. Yogyakarta yang terkenal dengan 550-an lebih destinasi wisata-nya ini membuat tempat - tempat wisata ini bisa dikategorikan ke beberapa kelompok. Kategori tersebut bisa disimpulkan menjadi :

  • Wisata Alam (Wisata pantai, wisata goa, wisata gunung atau bukit)
  • Wisata Sejara
  • Wisata Religi
  • Wisata Belanja
  • Wisata Kuliner

Kalibiru, jika melihat klasifikasi atau kategori wisata Jogja di atas, berarti tempat ini termasuk dalam kategori wisata alam. Hmm, makanya, bukan sesuatu yang mengherankan dong kalau namanya disebut sebagai taman wisata alam kalibiru.

Dengan demikian Kalibiru tentu sangat cocok untuk dikunjungi jika :

Kamu pecinta wisata alam dan mengkhususkan untuk mendatangi wisata alam-nya saja saat datang ke Jogja

Kamu ingin nyoba semua kategori wisata yang ada di Yogyakarta dan di akhir liburan Kamu berencana memposting sebuah status + gambar di akun media sosialmu kalau pada liburan ke Jogja kali ini Kamu sudah menjajal semua kategori wisata yang ada.
Kamu merupakan penduduk D.I. Yogyakarta atau sekitanya dan ingin berlibur bersama keluarga

Lalu, mengapa Kami mengatakan bahwa tempat wisata satu ini cocok untuk Kamu yang masuk ke dalam kriteria di atas?

Pertama, Kalibiru merupakan destinasi wisata alam yang unik di Jogja. Keunikan tersebut bisa dilihat dari konsep Kalibiru yang memanfaatkan pemandangan yang terlihat di sekelilingnya untuk dijadikan sebagai background foto.

baca juga : Sisi Romantis Wisata Alam Kalibiru

Ya, di tempat lainnnya, tentu hal ini juga terjadi, pemandangan di sekeliling memang selalu dijadikan sebagai background untuk berfoto. Tetapi, bedanya di sini adalah disediakannya tempat khusus yang disebut spot sebagai tempat untuk pengunjung berdiri di atasnya tepat di depan pemandangan yang viewnya benar - benar indah.

Bukit Hargowilis tempat Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo ini berada memungkinkan kita melihat keindahan alam yang luar biasa dari sini (Kalibiru). Hal ini dikarenakan Bukit Hargowilis yang dikelilingi oleh tempat - tempat menarik yang terlihat keren jika dilihat dari Kalibiru.

Salah satunya adalah Waduk Sermo. Dan tahukah Kamu bahwa secara keseluruhan, spot foto yang ada di Taman Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta ini menghadap langsung ke Waduk Sermo yang ada di sisi selatan dari Bukit Hargowilis ini.

Keberadaan Waduk Sermo membuat pemandangan dari atas Kalibiru semakin cantik, lebih - lebih ketika cuaca sedang mendukung, cerah tanpa awan. Birunya air Waduk Sermo ditambah dengan birunya langit membuat pemandangan dari atas Kalibiru secara keseluruhan berwarna biru dan hijau, bener - bener cantik.

Pastinya, obyek wisata ini akan memberikan pengalaman unik serta memberikan kepuasan batin bagi Kamu ketika datang.

Mau bukti? Foto - foto berikut ini mungkin bisa menjadi obat penasaran Kamu, ini dia :

Kalibiru Wisata Alam

Tetapi, kalau sedang berkabut, jadinya pemandangannya seperti ini..

Kalibiru Wisata Alam
saat noyvesto.net ke sini, cuaca sedang mendung.
Di samping keindahannya, tempat ini juga sudah dikelola dengan baik, dan sudah dilengkapi dengan fasilitas umum standard yang lengkap, itulah kenapa Kami menyebut tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Kalibiru Wisata Alam
Bangku (kursi) ini bisa digunakan untuk rehat sejenak
Selain kursi - kursi seperti ini, di sini juga terdapat warung - warung yang menyediakan tempat lesehan, sehingga bagi pengunjung yang ingin istirahat sejenak sembari menikmati makanan sambil berselonjor kaki, bisa dilakukan di sini.

Kalibiru Wisata Alam
Lesehan di Taman Wisata Alam Kalibiru

Fasilitas umum standard seperti mushalla, toilet, tempat makan, penginapan, halaman parkir, sudah tersedia di sini.

Hebatnya lagi, meskipun obyek wisata ini berada di tempat yang tinggi, tetapi ternyata tidak kekurangan air. Kalau ke sini, jangan khawatir kalau toiletnya tidak tersedia air, airnya pasti ada. Termasuk untuk keperluan wudhu, airnya juga pasti ada.

Kalibiru Wisata Alam
Musholla di Wisata Alam Kalibiru
Selain fasilitas umum tersebut, ada juga wahana permainan yang cocok untuk dicoba oleh remaja hingga orang dewasa. Biaya untuk menjajal wahana permainan atau wahana outbond ini adalah Rp35.000 untuk satu orang.

Jika menjajal wahana outbond ini, Kamu bisa mengabadikan foto yang cukup unik, yaitu foto sedang bergelantungan di wahana flying fox seperti ini :

Kalibiru Wisata Alam
Berfoto kece saat main flying fox
Kalau ingin memiliki foto seperti di atas, Kamu harus main wahana outbond yang ada di sini dahulu. Foto di atas diambil saat pemain melewati tantangan terakhir di wahana outbond, yaitu wahana flying fox. Sebelum ke wahana flying fox ini, pemain harus melewati jembatan tali terlebih dahulu.

Biaya Yang Tergolong Murah

Obyek Wisata Alam Kalibiru termasuk obyek wisata yang tergolong murah. Bagi Kamu yang menginginkan perjalanan wisata low budget tapi tempatnya keren, familiar (lagi hits) dan menarik, maka berkunjung ke sini benar - benar pilihan yang tepat.

Tiket masuk Kalibiru sampai kuartal ke tiga 2016 masih Rp5.000,00. Biaya parkir pun tergolong normal, untuk parkir roda empat, biayanya Rp5.000,- sampai Rp10.000,- sedangkan untuk roda dua ongkos parkirnya tidak lebih dari Rp2.000,-.

Kalibiru Wisata Alam
Wisata Alam Kalibiru Tiketnya masih Rp5.000-an

Jogja memang terkenal dengan obyek wisata-nya yang low budget. Sehingga Kamu tidak perlu heran kalau tiket masuk Kalibiru Yogyakarta ini cuma Rp5.000,- saja.

Oh iya, kalau ingin melihat sunrise dari Kalibiru, Kamu bisa pilih untuk menginap di obyek wisata ini. Di kalibiru ada loh penginapan yang bisa disewa.

Penginapan di Kalibiru biayanya sekitrr Rp250.000,- per malam. Dengan harga tersebut, penginapannya bisa diisi sampai sepuluh orang. Murah ya, iya, tetapi tidurnya hanya beralaskan tikar.

Kalau kamu memang ingin menginap di sini, siapkanlah sleepingbag atau semacamnya yang bisa membuat tidurmu menjadi nyaman.

Wisata Alam Kalibiru

Komentar Pembaca

0 komentar