Wednesday, 27 September 2017

Sejarah Candi Prambanan, Legenda Dan Gambar Di Masa Lalu

Sejarah Candi Prambanan, Legenda Serta Gambar Candi Di Masa Lalu

Gambar Candi Prambanan (legenda dan sejarahnya)

Noyvesto.net, Yogyakarta - Siapa sih yang hari ini belum tahu atau belum pernah mendengar nama candi yang satu ini? Mayoritas penduduk Indonesia pasti tahu namanya.

Tahukah kamu kalau Candi Prambanan sebenarnya beradai di wilayah administrasi dua provinsi. Letaknya memang sungguh unik, komplek candi berada di wilayah administratif Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Sedangkan pintu masuk candi terletak di Desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Letak Candi Prambanan memang berada tepat di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Namun, tahukah kamu kalau kebanyakan orang lebih mengenal atau lebih ingat nama Yogyakarta sebagai lokasi dari Candi Prambanan.

Candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah ini hanya berjarak 16 kilometer dari Jalan Malioboro. Hal ini berarti juga bahwa posisi Candi Prambanan tidak terlalu Jauh dari Kota Yogyakarta.

Dengan demikian, menjadi hal yang wajar kalau kebanyakan orang lebih mengingat Jogja sebagai tempat di mana Candi Prambanan berada.

Saatnya Belajar Sejarah


Sejarah Candi Prambanan Gambar Legenda Foto

Saat membuat tulisan ini, saya mulai menyadari sesuatu. Saya menyadari bahwa setiap kali ke Candi Prambanan, saya tidak mempelajari sejarahnya, tidak memperhatikan relief yang ada di badan candi, dan hanya foto, foto dan foto.

Nah, sekaranglah saat yang tepat untuk mengenal dan belajar tentang sejarah Candi Prambanan, biar enak, nanti kalau kamu ke sini, kamu sudah tahu sejarahnya, jadi bisa tinggal foto, foto dan foto kayak yang saya lakukan.

Pembahasan tentang sejarah candi akan memaparkan tentang siapa pendiri Candi Prambanan, kerajaan apa yang mendirikannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan mahakarya megah karya bangsa yang indah ini.

Asal usul nama Candi Prambanan

Nama Prambanan yang melekat pada candi berasal dari nama daerah tempat candi berdiri. Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa candi terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Ini untuk wilayah administrasi Provinsi D.I.Y. ya.

Untuk wilayah administrasi Provinsi Jawa Tengah, nama kecamatannya ternyata juga bernama Kecamatan Prambanan. Kamu bisa googling informasi ini dengan kata kunci "kecamatan di sleman" dan juga "kecamatan di Klaten". Di halaman hasil pencarian itu akan ada nama Kecamatan Prambanan untuk dua kabupaten tersebut.

Nah, lalu kenapa daerah tersebut bernama Prambanan ya? Merujuk pada artikel yang ada di wikipedia bahasa indonesia yang membahas tentang Candi Prambanan, ditulis di artikel tersebut bahwa nama Prambanan diduga merupakan hasil perubahan dialek bahasa jawa dari istilah teologi Hindu, yaitu "Para Brahman".

Para Brahman ini memiliki makna "Brahman Agung" yang merupakan realitas abadi tertinggi yang tidak dapat digambarkan yang kerap disamakan dengan konsep Tuhan dalam Agama Hindu.

Namun, ternyata ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa kata "Para Brahman" itu merujuk pada masa jaya candi ini yang dulu dipenuhi oleh Para Brahman. 

Lalu ada juga pendapat lain yang mengajukan anggapan bahwa nama Prambanan berasal dari akar kata mban. Kata mban ini dalam Bahasa Jawa makna "menanggung" atau "memikul tugas".

Alasan pengajuan pendapat versi terakhir ini merujuk kepada para Dewa Hindu yang mengemban tugas menata dan menyelaraskan jagat raya.

Banyaknya pendapat yang diajukan ini bukanlah sebuah hal yang harus diperdebatkan karena pada dasarnya pihak yang mengeluarkan pendapat menginginkan makna terbaik bagi nama Prambanan.

Yah, seperti itulah nama Prambanan berasal. Ada banyak pendapat tapi semuanya baik. Bagus bukan?

Ada beberapa topik pokok mengenai sejarah Candi Prambanan, mulai dari sejarah pembangunannya, sejarah penemuannya hingga pemugaran kembali sehingga bisa dinikmati sampai hari ini.

Sejarah Pendirian Candi Prambanan

Sejarah singkat candi prambanan

Pembangunan candi tidak berlangsung cepat, perlu waktu bertahun - tahun agar bangunan candi sempurna. Siapa saja raja yang terlibat dalam pembangunan candi tentu (seharusnya) menjadi hal yang menarik untuk kita ketahui.

Salah satu hal yang menarik untuk diketahui adalah fakta tentang siapakah yang melopori atau memulai pendirian candi. 

Orang yang melopori pendirian candi

Ini adalah salah satu hal yang paling banyak dicari oleh pengguna internet terkait Candi Prambanan. Kata kunci yang sering mereka pakai untuk mencari informasi ini adalah "pendiri candi prambanan", "siapa pendiri candi prambanan" hingga "kerajaan pendiri candi prambanan".

Nah, sebenarnya pembangunan Candi Prambanan itu dipelopori oleh Rakai Pikatan. Beliaulah yang ingin mendirikan Candi Prambanan. 

Konon, niat pendirian Candi Prambanan dimaksudkan sebagai tandingan dari Candi Budha Borobudur dan juga Candi Sewu yang letaknya tidak tidak jauh dari Prambanan.

Rakai Pikatan sendiri adalah raja keenam Kerajaan Medang yang memimpin pada periode 840 - 856. Dalam proses pembangunannya, pembangunan candi dimulai pada 850 Masehi dipimpin langsung oleh Rakai Pikatan.

Estafet pembangunan candi

Setelah masa pemerintahan Rakai Pikatan berakhir, tonggak estafet pembangunan candi dilanjutkan oleh raja setelahnya. Hal menarik dari pembangunan Candi Prambanan ini adalah kesadaran dari para rajanya yang secara sadar meneruskan pembangunan candi.

Setelah Rakai Pikatan tidak lagi menjadi raja di Kerajaan Medang. Pembangunan candi dilanjutkan oleh Raja Lokapala. Lalu, setelah Raja Lokapala tidak menjadi raja, pembangunan Candi Prambanan yang tinggal melewati masa penyempurnaan dilanjutkan oleh kepemimpinan Raja Balitung Maha Sambu.

Raja Balitung Maha Sambu memerintah selama periode 899 sampai 911. 

Tidak hanya sampai masa kepemimpinan Raja Balitung. Pembangunan Candi Prambanan terus dilanjutkan oleh raja - raja setelahnya. Di halaman wikipedia bahasa yang berisi informasi tentang Candi Prambanan disebutkan bahwa raja Kerajaan Medang Mataram berikutnya, seperti Raja Daksa dan Raja Tulodong terus menyempurnakan kompleks Candi Prambanan hingga membangun candi - candi tambahan di sekitar candi utama.

Sejarah Candi Prambanan (foto gambar legenda)

Tujuan pembangunan candi

Merujuk pada Prasasti Siwagrha dengan angka 856 M. Ditunjukkan dalam prasasti tersebut bahwa pembangunan Candi Prambanan bertujuan untuk memuliakan Dewa Siwa. 

Nama asli bangunan Candi Prambanan sendiri dalam Bahasa Sansekerta adalah Siwagrha yang berarti Rumah Siwa atau Siwalaya yang berarti Ranah Siwa atau Alam Siwa.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Candi Prambanan ini dibangun dengan tujuan sebagai sebuah persembahan untuk memuliakan Dewa Siwa.

Fungsi Candi Prambanan lainnya adalah sebagai candi agung Kerajaan Mataram. Pada masa Kerajaan Mataram, Candi Prambanan digunakan sebagai tempat digelarnya berbagai upacara penting kerajaan.

Informasi tersebut memunculkan dugaan dari kalangan sejarawan bahwa pada saat Kerajaan Mataram berjaya ada ratusan pendeta brahmana beserta murid - muridnya berkumpul dan menghuni pelataran luar candi untuk mempelajari Kitab Weda dan melaksanakan berbagai ritual dan upacara Hindu.

Lalu, di mana letak Kerajaan Wedang Mataram-nya ya?

Setelah membaca sampai sini, tentu dari tadi kamu membaca tulisa "Kerajaan Wedang Mataram" atau "Kerajaan Wedang" dan mungkin membuat kamu bertanya - tanya tentang lokasi kerajaan Wedang Mataram ini.

Lokasinya memang berada di sekitar Kecamatan Prambanan, tapi, bagi kamu yang tempat tinggalnya di Jogja, Klaten atau dekat dengan Candi Prambanan mungkin bertanya - tanya "di mana leatak Kerajaan Wedang" ini kalau Candi Prambanannya ada di sini.

Jawaban atas pertanyaan kepo tersebut masih berupa dugaan. Dugaan sementara sampai saat ini menyebutkan bahwa pusat Kerajaan Wedang atau Keraton Kerajaan Mataram terletak di suatu tempat di Dataran Kewu yang terletak di lereng Gunung Merapi.

baca juga : Sejarah Candi Mendut, Magelang

Sempat Ditelantarkan

Tahukah kamu bahwa ternyata Candi Prambanan sempat ditelantarkan? Jaman itu (sekitar tahun 1930-an), Ibu Kota Kerajaan Wedang berpindah ke Jawa Timur.

Penyebab pindahnya pusat kekuasaan ini tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan terbesarnya disebabkan oleh letusan hebat Gunung Merapi yang menjulang hinga (sekitar) 20 kilometer di utara Candi Prambanan.

Namun, penyebab lainnya yang mungkin terjadi adalah peperangan dan perebutan kekuasaan. Setelah ibu kota kerajaan pindah, Candi Prambanan mulai tidak terawat dan terlantar.

Karena tidak dirawat, secara perlahan bangunan candi ini mulai rusak dan runtuh.

Bangunan candi diduga menjadi benar - benar runtuh setelah dihantam gempa bumi hebat yang terjadi pada aba ke-16. Meskipun tidak lagi menjadi pusat keagamaan dan ibadah umat Hindu, candi ini masih dikenali oleh penduduk desa sekitar.

Fakta tersebut menjadi salah satu hal yang memungkinkan penemuan kembali Candi Prambanan sehingga akhirnya berhasil dipugar.

Akhirnya ditemukan kembali

Sempat hilang karena ditelantarkan akibat pindahnya pusat kerajaan, akhirnya Candi Prambanan ditemukan kembali.

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa penduduk lokal sebenarnya masih mengenali candi ini meskipun hanya melihat reruntuhannya.

Sayangnya, mereka hanya tahu sebatas itu saja. Sekadar tahu kalau reruntuhan itu dulunya adalah candi. Namun, mereka tidak tahu latar belakang serta sejarah yang sesungguhnya. 

Mereka tidak mengetahui siapa yang mendirikan bangunan yang runtuh itu. Siapa raja yang menjadi pelopor pembangunannya dan dari kerajaan apa. Mereka tidak tahu informasi tersebut.

Sebagai hasil imajinasi, masyarakat setempat menciptakan dongeng lokal untuk menjelaskan asal mula keberadaan candi - candi di kompleks Candi Prambanan ini.

Diwarnai dengan kisah hebat tentang raja raksasa, ribuan candi yang dibangun oleh makhluk halus, jin dan dedemit hanya dalam tempo satu malam, serta seorang putri cantik jelita yang dikutuk menjadi sebuah arca. Legenda ini akan kita bahas di bawah. Sabar ya.

Setelah sempat terlantar, akhirnya Candi Prambanan bertemu dengan orang - orang yang akan membuatnya berdiri tegak kembali.

Sejarah Candi Prambanan (didirikan kerajaan)

Sejarah penemuan kembali Candi Prambanan

Dalam perjalanan panjang Candi Prambanan dari mulai runtuh hingga ditemukan, ketidaktahuan masyarakat negara penjajah dan pribumi telah membuat beberapa bagian dari candi hilang.

Beberapa dari mereka (masyarakat penjajah dan pribumi) ada yang menggunakannya sebagai bahan bangunan dan ada juga yang menggunakannya sebagai hiasa.

Tak bisa dibayangkan, kalau sampai hari ini tidak ada seseorang yang tahu seberapa megah dan besar bangunan candi tersebut, mungkin kita semua, iya kita, masih bisa melihat rongsokan batu besar di pinggiran Sungai Opak Prambanan.

Penemuan kembali Candi Prambanan terjadi pada 1733. Candi Prambanan ditemukan oleh CA. Lons, seseorang yang berkebangsaan Belanda. Candi ini menjadi pusat perhatian dunia internasional pada masa penduduka Britania atas Pulau Jawa.

Waktu itu, seseorang lainnya bernama Colin Mackenzie, salah satu surveyor yang merupakan bawahan Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan candi ini.

Walaupun waktu itu Sir Thomas Stamford Raffles memerintahkan penyelidikan lebih lanjut, sayangnya reruntuhan candi masih dibiarkan terlantar sampai berpuluh - puluh tahun.

Penggalian tak serius dilakukan sepanjang 1880-an yang sayangnya malah menyuburkan praktik penjarahan batu candi serta ukiran - ukirannya.

Lalu, pada 1855 ada seseorang bernama Jan Willem IJzerman yang akhirnya mulai membersihkan sekaligus memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi.

Beberapa saat berikutnya Isaac Groneman melakukan pembongkaran secara masiv (besar - besaran) membuat batu - batu candi menumpuk secara sembarang di sepanjang sungai Opak.

Sayangnya, sejak saat itu arca - arca dan relief Candi Prambanan diambil oleh warga Belanda dan dijadikan hiasan taman, sementara itu, warga pribuki setempat menggunakan batu candi untuk bahan bangunan dan pondasi rumah.

Sebuah perjalanan panjang reruntuhan Candi Prambanan sebelum dipugar ternyata begitu miris. Saya juga baru tahu tentang ini.

Sejarah Candi Prambanan singkat

Akhirnya dipugar

Setelah melalui waktu ratusan tahun dengan nasib yang tidak jelas, akhirnya Candi Prambanan dipugar.

Proses pemugaran dimulai pada tahun 1918. Namun, upaya yang benar - benar serius baru dilakukan pada tahun 1930-an (belum sampai seratus tahun yang lalu).

Theodoor van Erp memelihara bagian bangunan Candi Prambanan yang rawan runtuh. Pada tahun 1918 sampai 1926, estafet pemugaran dilanjutkan oleh Jawatan Purbakala (Oudheidkundige Dienst) di bawah J.P. Perquin dengan cara yang lebih sistematis sesuai kaidah arkeologi.

Seperti yang sudah kita ketahui dari poin sebelumnya (tentang penemuan kembali reruntuhan candi), beberapa pendahulu yang telah mengurus reruntuhan candi telah memindahkan beribu - ribu bagian candi secara sembarang tanpa melakukan upaya pemugaran kembali.

Pada 1926, proses pemugaran dilanjutkan oleh De Haan, sampai akhir hayatnya pada tahun 1930. Perjuangan De Haan kemudian dilanjutkan oleh Ir. V.R. van Romondt hingga 1942 dan kemudian kepemimpinan renovasi candi diserahkan kepada putra Indonesia dan berlanjut sampai 1993.

Usaha renovasi bangunan candi terus menerus dilakukan bahkan sampai hari ini (September 2017). Terakhir saya ke Prambanan itu Agustus 2017 ini, ada pemugaran bangunan candi di luar bangunan candi utama dan tentu proses tersebut (kemungkinan besar) masih berlangsung sampai tulisan ini dibuat.

Pemugaran Candi Siwa yang merupakan candi utama di kompleks Candi Prambanan dirampungkan pada 1953. Peresmian hasil pemugaran Candi Siwa diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno.

Banyak bagian candi yang direnovasi menggunakan batu - batu baru. Tentu saja kamu bisa menebak kenapa proses pemugarannya menggunakan batu baru.

baca juga : 5 Tempat Wisata Malam di Jogja yang Unch Unch Banget

Benar, batu - batu candi yang asli sudah banyak yang hilang karena dicuri ataupun dipakai ulang untuk keperluan lain seperti membangun rumah.

Sebuah candi itu, katanya, hanya akan direnovasi kalau saja jumlah batu asli masih lebih dari 75%. Nah, kalau nanti kamu ke Prambanan dan melihat banyak sekali reruntuhan candi - candi kecil, itu karena pemugarannya yang sulit dilakukan karena batu candi yang sudah hilang.

Hasil pemugaran Candi Prambanan yang dilakukan telah menjadikan candi ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Status "Situs Warisan Dunia" yang diberikan UNESCO ini diterima pada 1991.

Demi pemugaran dan perbaikan

Pemerintah Indonesia pada 1990-an memindahkan kampung dan pasar yang tumbuh secara liar di sekitar candi.

Pemugaran dan penataan dilakukan secara serius, sampai - sampai kawasan perkampungan dan sawah di sekitar candi dan diubah menjadi taman purbakala.

Dalam perjalanannya dari pertama kali dipugar secara serius sampai hari ini, telah berlangsung beberapa peristiwa penting bagi Candi Prambanan.

Peristiwa penting bagi Candi Prambanan


  • 1992 Pemerintah Indonesia dengan kementrian BUMN - nya membuat badan usaha (PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) yang berfungsi secara khusus hanya untuk mengurus dan mengelola Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Candi Ratu Boko beserta kawasan sekitarnya.
  • 2006 Gempa bumi hebat dengan kekuatan 5,9 skala Richter membuat banyak bagian candi yang rusak. Candi Prambanan sempat ditutup dan dibuka lagi beberapa hari setelah gempat.
  • 2009 Ruang dalam candi utama Candi Siwa tertutup dari kunjungan wisatawan dengan alasan keselamatan.
Itulah cerita tentang sejarah, legenda serta beberapa gambar Candi Prambanan di masa lalu. Terimakasih sudah berkunjung, mohon dishare kalau kamu merasa bahwa tulisan ini bermanfaat untuk (mungkin) teman - teman sekolahmu yang juga sedang mengerjakan tugas atau ke siapapun, seseorang yang penting dalam hidupmu.

Kalau kamu sedang mencari sebuah jawaban sedangkan apa yang kamu cari belum ketemu di tulisan ini. kamu bisa membaca artikel tentang sejarah Candi Prambanan di blog lain yang juga mengulas tentang sejarah dari candi cantik yang berlokasi di Jogja dan Klaten ini.

Berikut artikel lainnya yang bisa kamu baca :
Seeya.

Sejarah Candi Prambanan, Legenda Dan Gambar Di Masa Lalu

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon